Tradisi Peh Cun Orang Tionghoa di Bangka Belitung

Posted on
Tradisi Peh Cun Orang Tionghoa di Bangka Belitung

Peh Cun yaitu rutinitas beberapa orang Tionghoa untuk menghormati meninggal dunianya seorang bangsawan yang demikian dicintai rakyat bernama Qu Yuan (pada zaman dinasti Chu th. 340 SM). Perayaan ini ditangani masing-masing tanggal 5 bln. 5 penanggalan Imlek. Beberapa orang Tionghoa beramai ramai lakukan ritual di Pantai (di Pangkalpinang dipusatkan di Pantai Pasir Padi). Prosesi ritual ditangani mulai dengan sembahyang lantas dilanjutkan beramai ramai buang kue Chang ke laut (Kue yang terbuat dari Ketan dan diisi daging atau udang) sebagai symbol penghormatan.

RITUAL PEH CUN

Pada cocok tengah hari tanggal 5 bln. 5 penanggalan Imlek ada kekhasan dimana telor Ayam mentah yang masih tetap fresh dapat didirikan dan air laut alami puncak pakai surut yang demikian jauh sekitaran 1 Km.

Siapa yang tahu besok tanggal berapakah? Tepatnya tanggal 2 juni 2014 tepatnya tanggal 5 mei 2565 menurut kalender masyakarat tionghoa. Untuk kita tidak ada yang istimewa dari penanggalan itu. Tetapi, untuk orang yang telah tahu, ada fenomena alam aneh lho… pada hari itu. Hingga sekarang ini ada yang berfikiran pada penanggalan itu ada misteri dibaliknya.

Tradisi Peh Cun Orang Tionghoa di Bangka Belitung

Tuturnya sih hari peh cun telur bisa berdiri dengan sendiri lho, benarkah? Berikut misteri hari peh cun yang tersingkap.

Hmmm… jadi narasi serem nih. Auuunnngg….. hati – hati dibelakang anda waktu membaca artikel ini…. mungkin saja ada suatu hal dibelakang anda… (juicet kidding, sesekali menulis artikel dengan style bhs lebay…. hehe).

Misteri apakah itu?

Berikut misterinya…. Besok yaitu bertepatan dengan tanggal 2 juni 2014 atau 5 mei 2565 menurut kalender orang-orang tionghoa. Ada suatu hal yang tidak sama pada hari itu. Untuk yang telah tahu tentu ajukan pertanyaan – bertanya, kok dapat sih?. Berikut misteri disetiap tanggal 5 bln. 5 bertepatan pada hari peh cun orang-orang tionghoa.

  1. Jika anda menempatkan telur mentah di atas lantai pada pukul 12. 00 pas, jadi telur itu bakal berdiri dengan sendirinya 
  2. Air laut bakal surut begitu jauh pada jam 12. 00 pas puncaknya 
  3. Air sumur bakal merasa tambah lebih dingin dari umumnya pada jam 12. 00 tepat 

Apakah anda memercayainya? silakan dibuktikan.

Tradisi Peh Cun Orang Tionghoa di Bangka Belitung

Mengapa fenomena itu bertepatan dengan hari peh cun? nah, bila dari segi histori mengapa di hari peh cun, cobalah bertanya ke mbah google di wikipedia.

Bila penjelasan dari segi ilmiah menurut Prof. Yohanes Surya :

Fisikawan Prof. David Allan pernah lakukan percobaan membangun telur. Akhirnya, ia merasakan kalau telur bisa diberdirikan setiap saat ia ingin. Tetapi, memanglah lebih gampang membangun telur saat Bumi ada pada posisi equinox (saat sumbu perputaran Bumi serta garis Bumi ke Matahari tegak lurus). Pada posisi equinox, jarak Matahari ke Kutub Utara serta Kutub Selatan sama panjangnya.

Mengakibatkan, lama saat pada siang serta malam sama. Prof. Allan lalu coba menerangkan momen ini lewat teori barunya masalah gravitasi. Dalam teorinya, Prof. Allan memiliki pendapat kalau diantara Matahari serta Bumi ada garis-garis medan gravitasi yang bisa memengaruhi elektron-elektron dalam telur. Gerakan elektron-elektron berikut yang mengakibatkan terjadinya stabilitas pada telur hingga telur bisa berdiri. (yohanessurya. com)

Tradisi Peh Cun Orang Tionghoa di Bangka Belitung

Apakah saya yakin bakal hal semacam ini? masihlah menyangsikan juga, lantaran admin sendiri belum pernah cobanya… hehe.. namun tak ada kelirunya coba, bila ada penjelasan dari segi ilmiahnya demikian.
Selamat menunjukkan.


Wisata tempat lain : 

Tradisi Peh Cun Orang Tionghoa di Bangka Belitung

Tradisi Peh Cun Orang Tionghoa di Bangka Belitung

One thought on “Tradisi Peh Cun Orang Tionghoa di Bangka Belitung

  1. ini lah bangsa Indonesia.
    1 tanah air, beragam suku bangsa dan budaya.
    kita harus saling menghargai budaya, karena dari banyaknya perbedaan menjadikan negara ini bersatu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.