Wisata Alam Gunung Sibayak Sumatera Utara

Posted on
Wisata Alam Gunung Sibayak Sumatera Utara

Danau Toba, Pulau Samosir, serta Air Terjun Dua Warna masihlah belum cukup mewakili keragaman pemandangan alam Sumatera Utara. Menginginkan rasakan wisata mendaki ketinggian gunung? Bila jawabannya Ya, jadi ini yaitu pilihan yang sangat cocok untuk Anda. Terlebih yang suka “bersusah-susah” untuk nikmati keagungan alam ciptaan Sang Kuasa. Gunung Sibayak, cuma dengan berjuang mendaki dari pertama sampai ke puncaknya-lah Anda akan melihat bentangan panorama mengagumkan dengan petualangan yang tidak terlupakan. Seringkali juga gunung ini dimaksud dengan “Gunung Raja”, sebab makna dari kata Sibayak tersebut yaitu “Raja”. Menurut narasi masyarakat, dahulunya tanah karo dikuasai oleh 4 Raja (Sibayak), yakni Sibayak Lingga, Sarinembah, Sukai, Barusjahe serta Kutabuluh.

Objek Wisata 

Puncak Gunung Sibayak Sumatera UtaraGunung Sibayak yaitu kelas gunung berapi aktif yang mempunyai uap panas. Diluar itu, letusan yang berlangsung sekian waktu lalu cukup mengguncang bebatuan di puncak gunung. Keadaan yang cukup “tidak beraturan” pada bebatuan puncak nya ini, malah jadi kekhasan sendiri yang menarik wisatawan yang suka menguji adrenalinnya untuk berupaya mengalahkan Gunung Sibayak sampai meraih puncaknya. Panorama matahari terbit dari puncak gunung bakal bikin anda terperangah. Kilau kemunculan cahaya matahari bakal menimpa muka Anda memberi situasi hangat, menukar udara dingin yang semalaman menyelimuti perjalanan Anda. Ya, untuk lihat sunrise memanglah ramai pendaki pilih mendaki pada malam hari. Idealnya, Anda mesti mulai mengambil langkah dari kaki gunung pada jam 02. 00 awal hari. Tak perlu cemas, sebab situasi pada malam hari tetaplah bakal memukau Anda. Ditambah lagi bebrapa sinar lampu tempat tinggal masyarakat yang menerangi langit Gunung Sibayak. Sebentar bikin Anda terasa tengah ada di bln. lantaran keadaan pijakan sepanjang pendakian yang penuh batuan.

Terkecuali keindahan panorama puncaknya, aliran air dari sela-sela batuan gunung bakal begitu beri kesegaran Anda. Masyarakat banyak yang memakainya sebagai sumber air minum. Air nya dingin serta begitu jernih. Berikut argumen paling utama sumber air pegunungan yang selalu mengalir ini jadi satu diantara sumber air untuk air minum paket merk “AQUA”.

Kawah Belerang Gunung SibayakTerlepas dari lokasi puncak, Gunung Sibayak masihlah menaruh kemegahannya. Lokasi yang lain yang kerap jadikan objek berfoto untuk beberapa pendaki yaitu kawah Gunung Sibayak. Didalam kawah ini terdapat batu cadas dengan kawah belerang seluas 40. 000 mtr.. Kandungan solfatara membuatnya tidak berhenti menyemburkan uap panas. Sisi yang landainya bisa jadikan tempat Anda untuk beristirahat sesaat didalam tenda. Akhir minggu atau hari libur sekolah bakal begitu punya pengaruh pada bertambahnya jumlah pendaki gunung.


Tempat 

Gunung Sibayak berlokasi di dataran tinggi Karo, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Ketinggian Gunung yang sering jadi objek pendakian ini meraih 2. 094 mtr. dpl. Dengan cara administratif, rimba alam pegunungan ini masuk dalam dalam kelompok Taman Rimba Raya (Tahura) Bukit Barisan. Puncak paling tinggi dari Gunung Sibayak bernama “Takal Kuda”. Ini yaitu bhs Karo yang bermakna “Kepala Kuda”. Posisi koordinat puncaknya yaitu ada pada 97°30’BT serta 4°15’LS.

Akses 

Pergi dari Kota Medan, Anda bakal meniti jarak sejauh 77 km dengan saat lebih kurang 2 jam untuk hingga di Berastagi. Anda dapat pilih kendaraan roda dua atau roda empat. Kemudian, untuk meraih tempat, ada dua pilihan rute, salah satunya perjalanan dari Berastagi atau dari Desa Semangat Gunung.

Ada tiga pintu masuk rimba gunung yang dapat Anda tentukan untuk menuju puncak Gunung Sibayak. Menelusuri jalan setapak selama rimba tropis serta hamparan tebing curam. Jalur masuk itu yaitu lewat Desa Raja Berneh (Semangat Gunung), Jalur 54, Penatapan jagung rebus serta Jaranguda yang berjarak sekitaran 500 mtr. dari Kota Berastagi.

Harga Tiket 

Anda bakal disuruhi retribusi sebesar Rp 2. 000, – per orang sebelumnya masuk tempat gunung. Jadi yakinkan Anda sudah mempersiapkan duit cocok untuk membayarnya.

Sarana serta Akomodasi 

Posisi Gunung Sibayak yang terdapat di Kota Berastagi, bakal mempermudah Anda untuk mencicipi kuliner-kuliner khas Berastagi yang dijajakan di selama jalan Kota. Anda juga akan tidak kesusahan temukan tempat penginapan kelas melati sampai hotel berbintang. Hotel yang direferensikan serta dekat dengan tempat wisata ini yakni Grand Mutiara Hotel. Namun, di tempat pegunungan ini, pastinya Anda cuma bakal bercengkerama dengan alam asri rimba tidak ada sarana moderen di dalamnya.


Wisata tempat lain :

Wisata Alam Gunung Sibayak Sumatera Utara

Wisata Alam Gunung Sibayak Sumatera Utara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.