Wisata Alam Lembah Anai Padang Yang Sejuk

Posted on
Wisata Alam Lembah Anai Padang Yang Sejuk

Air terjun Lembah Anai terdapat di tepi jalan yang menghubungkan Kota Padang serta Kota Bukittinggi, dua kota sebagai sentra untuk tata pemerintahan, perkembangan ekonomi, serta pariwisata di Propinsi Sumatra Barat. Tempatnya yang pas ada di segi jalan, bikin air terjun ini dapat menarik perhatian beberapa wisatawan baik wisatawan lokal ataupun mancanegara. Air terjun ini termasuk juga kedalam lokasi konservasi cagar alam Lembah Anai, tetapi sayangnya cagar alam itu seakan tersembunyi dibalik nama besar Air Terjun Lembah Anai.

Keindahan pemandangan yang dipancarkan Air Terjun Lembah Anai dengan “citra alam” yang masihlah asri mendukung penambahan kunjungan beberapa wisatawan ke daerah Sumatra Barat,. Oleh karenanya, Pemerintah Daerah Propinsi Sumatra Barat lewat Dinas pariwisata mengambil keputusan tempat wisata Air Terjun Lembah Anai sebagai satu diantara ikon pariwisata di propinsi itu.

B. Keistimewaan
Sumber Air Terjun Lembah Anai datang dari Gunung Singgalang. Airnya yang jernih mengalir menyusuri perbukitan menuju lereng, lantas mengalir selalu melalui cagar alam Lembah Anai sebelumnya hingga di pinggir tebing yang curam. Dari tebing ini, aliran air lalu terjun ke basic lembah yang mempunyai ketinggian sekitaran 50 mtr. serta membuat kawah tempat air berkumpul. Airnya yang turun dengan cepat sama-sama susul-menyusul serta memercikkan kabut air. Kabut itu membuat gugusan indah yang berwarna-warni saat disinari oleh sinar mentari.

Sebelumnya hingga di tempat, baik untuk beberapa wisatawan yang datang dari Kota Padang ataupun Kota Bukittinggi bakal melalui jalan yang berkelok-kelok dengan panorama yang indah. Di samping kanan serta kiri jalan, beberapa pelancong bisa melihat lembah serta bukit yang menghijau ditumbuhi bermacam pohon. Di selama jalan mendekati Air Terjun Lembah Anai, beberapa wisatawan dapat juga melihat monyet-monyet yang berkeliaran seolah-olah dengan suka hati menyongsong hadirnya beberapa pelancong yang datang dari jauh. Hal itu juga tak jauh tidak sama dengan situasi yang ada di sekitaran tempat wisata, dimana gerombolan monyet banyak juga berkeliaran.

C. Tempat
Air Terjun Lembah Anai terdapat di Lembah Anai, Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat, Indonesia.

D. Akses
Bila wisatawan mengawali perjalanan dari Kota Padang, perjalanan bisa ditempuh sepanjang lebih-kurang 1 jam memakai angkutan umum, dengan biaya sekitaran Rp 15. 000―Rp 20. 000 per orang (Agustus 2008). Terkecuali angkutan umum, kereta api pariwisata dapat juga jadi alternatif.

E. Harga Tiket
Dalam poses konfirmasi.

F. Akomodasi serta Sarana lainnya
Di sekitaran tempat ada banyak sarana yang bisa digunakan oleh beberapa wisatawan manfaat memberi kenyamanan berekreasi. Di selama jalan di tempat wisata ini ada warung yang menghidangkan bermacam makanan serta minuman, dan beragam oleh-oleh khas Sumatra Barat, seperti keripik sanjai, beras rendang, galamai (dodol), serta bermacam oleh-oleh yang lain. Untuk beberapa wisatawan yg tidak pernah menyiapkan makanan mendekati pergi menuju tempat wisata ini tak perlu cemas, lantaran diantara demikian banyak warung yang berjejer di selama jalan juga ada banyak tempat tinggal makan yang menghidangkan bermacam hidangan khas masakan Padang.
Untuk kenyamanan beberapa pelancong yang memakai mobil pribadi, ada parkir yang cukup luas untuk parkir kendaraan. Diluar itu, object wisata ini dapat mempunyai sarana kamar mandi sebagai tempat ganti baju serta mencuci tubuh sesudah usai mandi dibawah guyuran air terjun.


Wisata tempat lain :

Wisata Alam Lembah Anai Padang Yang Sejuk

Wisata Alam Lembah Anai Padang Yang Sejuk

Wisata Alam Lembah Anai Padang Yang Sejuk

Wisata Alam Lembah Anai Padang Yang Sejuk

Wisata Alam Lembah Anai Padang Yang Sejuk

Wisata Alam Lembah Anai Padang Yang Sejuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.