Wisata Edukasi Museum Sang Nila Utama

Posted on
Wisata Edukasi Museum Sang Nila Utama

Satu diantara sebagai basic berdirinya Museum Daerah Riau yaitu banyak benda-benda bercorak budaya ataupun benda sebagai sumber daya alam yang pantas dilestarikan. Terlebih Riau dahulunya adalah pusat kebudayaan serta pernah ada di puncak kejayaan sebagai kerajaan besar di Indonesia.
Usaha penyelamatan itu diawali pada th. biaya 1977/1978 dengan dengan cara bertahap menghimpun benda-benda ‘bernilai museum’ sesudah lewat perjuangan yang panjang, jadi pada th. biaya 1984/1985 dimulailah pembangunan gedung museum.

Museum Daerah Riau diresmikan oleh Direktur Jendral Kebudayaan Departemen Pendidikan serta Kebudayaan Prof. Dr. Edi Sedyawati tanggal 9 Juli 1994. Ketika itu juga nama Museum Sang Nila Paling utama diresmikan. Nama ‘Sang Nila Utama’ datang dari nama seseorang Raja Bintan yang berkuasa sekitaran era XIII di Pulau Bintan.

Wisata Edukasi Museum Sang Nila Utama

Koleksi Museum Daerah Riau


Jumlah koleksi yang dipunyai oleh Museum Daerah Riau hingga th. 2010 yaitu 3. 886 koleksi. Koleksi ini terbagi dalam beragam type yang keseluruhannya bisa diklasifikasikan jadi 10 type yakni geologika/geografika (koleksi yang terkait dengan geologi serta geografi), biologika (koleksi yang terkait dengan biologi), etnografika (koleksi yang terkait dengan suku bangsa), arkeologi (koleksi yang terkait dengan kepurbakalaan), historika (koleksi yang terkait dengan histori), numismatika serta heraldika (koleksi yang terkait dengan mata duit, stempel, serta sinyal layanan), filologika (koleksi yang terkait dengan naskah kuno), keramologika (koleksi yang terkait dengan gerabah serta keramik), senirupa (koleksi yang terkait dengan seni lukis, seni kerajinan, serta seni patung), teknologika/moderen (koleksi yang terkait dengan tehnologi serta rekayasa).

Wisata Edukasi Museum Sang Nila Utama



Aktivitas di Museum Daerah Riau


Aktivitas yang dikerjakan di Museum pada dasarnya bisa dibagi jadi dua yakni aktivitas yang terkait dengan pembinaan museum kedalam serta aktivitas yang terkait dengan orang-orang. Aktivitas yang terkait dengan pembinaan museum kedalam yaitu bebrapa aktivitas penambahan fasilitas serta prasarana museum, sedang aktivitas yang terkait dengan orang-orang yaitu hubungan dengan orang-orang umum, seperti pameran, ceramah-ceramah, penyuluhan serta lomba yang mempunyai tujuan untuk tingkatkan animo orang-orang pada museum.

Sarana yang dipunyai oleh Museum Daerah Riau

Terkecuali ruangan pameran tetaplah sebagai pusat kunjungan orang-orang, Museum Daerah juga mempunyai sarana lain sebagai penunjang manfaat museum. Sarana itu diantaranya taman yang dilengkapi fasilitas bermain, gedung auditorium yang bisa digunakan oleh orang-orang umum, perpustakaan, dan sebagainya.

Ruangan pameran tetaplah Museum Daerah Riau mempunyai luas 1. 123 mtr. persegi dengan bentuk arsitektur tradisional Riau. Ruangan pameran terbagi dalam dua lantai.

Wisata Edukasi Museum Sang Nila Utama

Sumber : Brosur ‘Museum Daerah Riau Sang Nila Utama’. Pemerintah Propinsi Riau, Dinas Kebudayaan serta Pariwisata, 2011

Alamat :
MUSEUM SANG NILA UTAMA
Jalan Jenderal Sudirman 194
Pekanbaru
Telephone 0761 – 334 66

Jam Kunjungan :
Selasa-Kamis 08. 00-15. 00
Jumat 08. 00-11. 00
Sabtu-Minggu 08. 00-13. 00
Senin serta Hari Besar Tutup

Wisata tempat lain :

Wisata Edukasi Museum Sang Nila Utama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.