Wisata Keindahan Alam yang Alami di Rimba Wisata Punti Kayu

Posted on
Wisata Keindahan Alam yang Alami di Rimba Wisata Punti Kayu



Punti Kayu yaitu satu taman atau rimba wisata sebagai tempat rekreasi keluarga di Palembang, Sumatera Selatan. Taman Wisata Alam Punti Kayu terdapat di Kota Palembang, Jalan Raya Palembang – Jambi tepatnya di Jalan Kol H Burlian Km 6, 5 Palembang. Diputuskan jadi Rimba Wisata Punti Kayu seluas 50 ha berdasar pada SK Menteri Kehutanan. Lokasi TWA Punti Kayu sekarang ini sudah diupayakan oleh pihak ketiga (PT Indosuma Putra Citra) untuk aktivitas pariwisata alam dengan Izin Pengusahaan Pariwisata Alam (IPPA) pada areal TWA Punti Kayu seluas 39, 9 ha untuk periode waktu 30 th. terhitung mulai th. 1999.

Mulai sejak lama Taman Wisata Alam Punti Kayu di ketahui sudah berkembang jadi rimba pinus. Tidak banyak tahu, bila lokasi itu berniat ditanam pemerintah Kolonial Belanda mulai sejak th. 1937 lantas. Awalannya, luas tempat diperkembang meraih 98 hektar, saat ini tersisa 50 hektar. Sebelumnya Punti Kayu, taman wisata alam itu pernah diberi nama Taman Sari dan Syailendra. Rimba Punti Kayu adalah hanya satu tempat wisata rimba di Kota Palembang. Rimba yang mempunyai luas 12 hektar ini adalah paru-paru kota yang di dalamnya tumbuh tanaman yang didominasi oleh tanaman type pinus.

Dimuka pencanangannya sebagai rimba wisata, Rimba Wisata Punti Kayu memegang teguh manfaatnya sebagai tempat konservasi, obyek wisata serta rekreasi, tempat riset serta pendidikan, sampai tempat penunjang aktivitas budaya. Tak mengherankan bila masuk saat liburan, banyak siswa yang datang dari beragam sekolah serta mahasiswa yang datang untuk mempelajari, belajar sembari mengetahui kekayaan flora serta fauna Indonesia.

Wisata Keindahan Alam yang Alami di Rimba Wisata Punti Kayu

Berdasar pada survey serta inventarisasi th. 2008, lokasi TWA Punti Kayu mempunyai beragam type flora serta fauna. Type flora yang menguasai yakni pinus serta meranti. Keragaman flora diantaranya mahoni, meranti, pulai, albasia, sengon, ampupu, akasia, kayu putih, bambu, ketapang, beringin, plangas, phillicium, akasia, bungur, jarak, kayu talok, angsana, walikukun, seru, kapuk, lamtoro, asam jawa, keruing, sungkai, laban, kiteja, waru.

Type fauna yang ada di TWA Punti Kayu diantaranya kera ekor panjang, beruk, bajing tanah, ular phiton, biawak, burung raja udang, burung murai, burung kutilang, burung but-but, burung cici, burung sesap madu, burung perkutut, burung prenjak, burung pipit.

Agar bisa ke tempat rekreasi ini bila dari pusat kota di Masjid Agung Palembang rute yang di lewati itu lurus ke Jl. Jend. Sudirman hingga ke KM 7. Apabila naik angkutan umum, dari Masjid Agung kalian dapat naik angkutan umum jurusan KM5 setalah itu turun serta naik lagi angkutan umum jurusan talang betutu, namun terlebih dulu minta sama supir angkutan umum itu stop didepan Punti Kayu. Harga Angutan Umum sekali naik Rp. 4000, -. Ada alternatif angkutan umum yakni Trans Musi, naik dari halte Masjid Agung serta berhenti di halte Punti Kayu sesuai sama tarif transmusi paling baru. Punti Kayu buka dari jam 9 pagi – 4 sore.

Wisata Keindahan Alam yang Alami di Rimba Wisata Punti Kayu

Harga ticket masuk Punti Kayu bermacam, yakni : Anak-anak Rp. 4000, per-kepala, Dewasa Rp. 7000, per-kepala, Kendaraan roda dua Rp. 2000, per-motor, Kendaraan roda empat Rp. 4000, per-mobil. Diluar itu, untuk mendukung aktivitas wisata di ruang rimba, pengelola juga bangun beragam wahana wisata seperti jembatan gantung, perahu bebek, perahu naga, kebun binatang, outbond training yang dilengkapi dengan kanopi bridge serta flying fox. Dengan perahu naga, pengunjung dapat menjamahi rawa rimba serta bermuara di Danau Punti Kayu yang di sekelilingnya ditumbuhi pohon pinus. Bila mujur, pengunjung bakal temukan sekawanan kera ekor panjang serta burung-burung langka yang hinggap di pohon-pohon.

Tak jauh dari areal tempat bermain anak, ada kebun binatang yang ticket masuknya Rp. 5000 saja, di dalam areal kebun binatang banyak bermacam binatang yang didugar, seperti buaya, orang utan, owa, beruang madu, elang serta 25 type satwa liar yang lain. Kita dapat juga berkeliling dengan menaiki kuda/gajah yang ada dengan track yang sudah diten tukan cuma dengan membayar Rp. 5. 000, – hingga Rp. 15. 000, -. Ada lagi wahana yang seru, jembatan gantung serta bebek-bebekkan, dua wahana ini terdapat dalam 1 areal. Harga ticket masuk cuma Rp. 10. 000, dapat bebrapa photo di jembatan gantung.

Wisata Keindahan Alam yang Alami di Rimba Wisata Punti Kayu

Pengelola Rimba Wisata Punti Kayu juga sering melakukan manfaatnya sebagai fasilitas edukasi, dengan mengadakan beragam aktivitas seperti program penanaman pohon, penilaian satwa, sampai paket wisata anak cerdas. Hal itu dikerjakan pasti sebagai usaha untuk mengenalkan anak-anak dengan kekayaan flora serta fauna yang ada Indonesia. Dari aktivitas itu diinginkan tumbuh kepedulian dalam diri anak-anak, hingga nampak hasrat untuk selalu melindungi serta melestarikan alam Indonesia

Wisata tempat lain : 

Wisata Keindahan Alam yang Alami di Rimba Wisata Punti Kayu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.