Wisata Sejarah Terowongan Gua Jepang Sumatera Barat

Posted on
Wisata Sejarah Terowongan Gua Jepang Sumatera Barat



A. LATAR BELAKANG
LUBANG JEPANG BUKIT TINGGI (juga dimaksud LOBANG JEPANG) yaitu satu diantara tempat wisata histori yang ada di kota bukittinggi, sumaterabarat, indonesia. Lubang jepang adalah satu terowongan (bunker) perlindungan yang di bangun tentara pendudukan jepang sekitaran th. 1942 untuk kebutuhan pertahanan. Sejarahnya setau saya terlebih dulu, lubang jepang di bangun sebagai area untuk menyimpan perbekalan serta peralatan perang tentara jepang, dengan panjang terowongan yang meraih 1400m berkelok-kelok dan mempunyai lebar sekitaran 2 mtr..

Terkecuali tempatnya yang strategis dikota yang dahulunya adalah pusat pemerintahan sumatera tengah, tanah sebagai dinding terowongan itu adalah type tanah yang bila bercampur air bakal makin kokoh. Bahkan juga gempa yang mengguncang sumatera barat th. 2009 lantas sedikit mengakibatkan kerusakan susunan terowongan. diprediksikan beberapa puluh hingga beberapa ratus ribu tenaga kerja paksa atau romusha dikerahkan dari pulau jawa, sulawesi, serta kalimantan.

Penentuan tenaga kerja dari luar daerah ini adalah kiat kolonial jepang untuk melindungi kerahasiaan megaproyek itu. Tenaga kerja dari bukittinggi sendiri dikerahkan salah satunya untuk kerjakan terowongan pertahanan di bandung serta pulau biak. saya tak berlama-lama di sana lantaran situasi di tempat itu makin dingin serta mencekam. Buruburu saya keluar lantaran takut suatu hal hal berlangsung.

Wisata Sejarah Terowongan Gua Jepang Sumatera Barat



B. PENDIRI BANGUNAN
Goa jepang didirikan oleh orang jepang yang bernama ROMUSHA didesa promasan lereng gunung ungaran th. 1942. Romusha adalah panggilan untuk beberapa orang yang dipekerjakan dengan cara paksa pada saat penjajahan jepang di Indonesia. Romusha oini berjalan sepanjang 3 th., dari th. 1942 – 1945. Jumlah korban sebagai romusha sekitaran 4 – 10 juta orang, salah satunya beberapa petani, beberapa wanita, serta tokoh-tokoh gerakan.

Maksud jepang yakni menginginkan mengambil rempah-rempah punya indonesia. Dalam menggerakkan romusha itu, jepang jepang merekruitmen calon-calon romusha, dari pola tingkatannya, dan alokasi tenaga kerja paksa itu. jepang juga sukses merekayasa kehadiran romusha ini hingga ke dunia internasional, lewat cara menyamarkan kehadiran romusha dengan ganti arti romusha jadi pekerja ekonomi yang berarti pahlawan pekerja.

Wisata Sejarah Terowongan Gua Jepang Sumatera Barat

A. AWAL KEDATANGAN JEPANG KE INDONESIA 
Sesudah kehadirannya ke indonesia, tentara ke 16 sebagai perwakilan pemerintah militer jepang di indonesia membuat satu tubuh propaganda yang dimaksud dengan sendenbu. Tubuh ini berperan untuk mensupport gerakan jepang di indonesia. Lewat tubuh ini juga, ”gerakan 3A” dipropagandakan, yakni : jepang sinar asia, jepang pemimpin asia, serta jepang perlindungan asia.


B. PENDUDUKAN JEPANG DAN ROMUSHA 
Pasukan-pasukan jepang mulai mengambil makanan serta menangkapi orang untuk jadikan pekerja paksa, hingga pandangan bangsa indonesia pada mereka mulai berbalik. Militer jepang bikin 3 kekeliruan besar pada bangsa indonesia :

1. kerja paksa : banyak lelaki indonesia di ambil dari tengah keluarga mereka serta di kirim sampai ke burma untuk lakukan pekerjaan pembangunan serta banyak pekerjaan berat yang lain dalam beberapa keadaan yang begitu jelek serta beberapa ribu orang mati atau hilang.
2. pengambilan paksa : tentara-tentara jepang dengan paksa mengambil makanan, bajudan beragam supply yang lain dari keluarga-keluarga indonesia, tanpa ada memberi ubah rugi. hal semacam ini mengakibatkan kelaparan serta penderitaan semasa perang.
3. perbudakan paksa pada wanita : banyak wanita indonesia yang jadikan “wanita penghibur” untuk tentara-tentara jepang.

Wisata Sejarah Terowongan Gua Jepang Sumatera Barat

C. ROMUSHA DAN PROYEKNYA 
Umumnya romusha yaitu petani atau buruh, serta mulai sejak oktober 1943 pihak jepang mewajibkan beberapa petani atau buruh jadi romusha. Jumlah beberapa orang sebagai romusha tak di ketahui tentu perkiraan yang ada dari 4 – 10 juta.
Bila diliat dari angka tahunannya, proyek romusha di indonesia jalan dalam tempo dua th.. Tidaklah saat yang pendek untuk membuahkan penderitaan serta kematian seperti yang tersingkap dalam data-data yang ada. Barulah pada th. 1945, Hindia Belanda merdeka jadi indonesia, dan mengakhiri proyek serta yang diimpikan kolonialisasi jepang

Wisata Sejarah Terowongan Gua Jepang Sumatera Barat

BAB III PENUTUP

Rangkuman : gua jepang di bangun pada th. 1942-1945, serta gua itu direncanakan sebagai tempat persembunyian militer jepang dari incaran sekutu pada saat itu.

Anjuran : saya mengharapkan orang-orang lebih memiliki kepedulian pada nilai historis pada gua ini.

Wisata tempat lain : 

Wisata Sejarah Terowongan Gua Jepang Sumatera Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *