Wisata Taman Rimba Raya Sultan Syarif Kasim Pekanbaru Riau

Posted on
Wisata Taman Rimba Raya Sultan Syarif Kasim Pekanbaru Riau

Taman Rimba Raya Sultan Syarif Hasyim (Tahura SSH) adalah lokasi pelestarian alam yang diputuskan berdasar pada Surat Ketentuan Menteri Kehutanan serta Perkebunan No. 348/Kpts-II/1999 tanggal 26 Mei 1999 seluas 6. 172 Ha. Lokasi Tahura SSH mencakup 3 kabupaten/kota yakni Kabupaten Kampar seluas 3. 041, 81 Ha, Kabupaten Siak seluas 2. 323, 33 Ha serta Kota Pekanbaru seluas 806, 86 Ha.

Berdasar pada SK Menteri Kehutanan Nomer : SK. 765/Menhut-II/2012 tanggal 26 Desember 2012 mengenai pembentukan KPHP Jenis Minas Tahura, jadi Tahura SSH jadi sisi dari KPHP Jenis Minas-Tahura yang lokasi kerjanya seluas 146. 734 Ha yang terbagi dalam :
1. Rimba Produksi Terbatas (HPT) : 140. 562 HA
2. Tahura Sultan Syarif Hasyim : 6. 172 HA
KPHP Jenis Minas tahura adalah satu kesatuan pengelolaan rimba paling kecil sesuai sama manfaat pokok serta peruntukannya yang bisa dikelola dengan cara efektif serta lestari. Dengan dibuatnya KPHP Jenis Minas Tahura ini diinginkan pengelolaan Tahura SSH bisa dikerjakan dengan cara lebih intensif, lestari serta sesuai sama manfaatnya.

SEJARAH BERDIRINYA TAHURA 

Mulai sejak th. 1985, Taman Rimba Raya sudah dirintis pembentukannya dengan lakukan persiapan pembuatan Rimba wisata. Lewat Surat Ketentuan Gubernur Kepala Daerah Tk. I Riau Nomer : 367/IV/1985 tanggal 24 April 1985 diputuskan Rimba Wisata seluas 1. 000 Ha di daerah Minas. Setelah itu dengan dana APBD serta IHH sudah dikerjakan pembuatan fasilitas wisata serta sebagian fasilitas penunjang menuju terbentuknya Taman Rimba Raya. Mulai sejak th. 1986 Gubernur Kepala Daerah Tk. I Riau sudah mengusahakan pengukuhan lokasi jadi seluas 5. 000 Ha serta bahkan juga lebih luas lagi jadi 40. 000 Ha, tetapi akibat ada kebutuhan penggunaan serta tumpang tindih areal, jadi hal itu belum bisa diwujudkan.

Pada akhirnya Sesudah dikeluarkannya sebagian kebutuhan dari sebagian pihak didalam lokasi, barulah terwujud luasan Taman Rimba Raya jadi 5. 920 Ha serta pada tanggal 16 Agustus 1994 Kepala Daerah Tingkat I Riau merekomendasikannya pada Menteri Kehutanan untuk diputuskan jadi Tahura. Referensi disebut ditindaklanjuti oleh Menteri Kehutanan dengan Surat Ketentuan No. 349/Kpts-II/1996 tanggal 5 Juli 1996, kalau Grup Rimba Takuana Minas, ditunjuk sebagai Taman Rimba Raya Sultan Syarif Hasyim seluas 5. 920 Ha. Sesudah dikerjakan tata batas,

Menteri Kehutanan serta Perkebunan menetapkannya jadi Taman Rimba Raya Sultan Syarif Hasyim dengan SK No. 348/Kpts-II/1999 tanggal 26 Mei 1999 seluas 6. 172 Ha. Setelah itu atas sumbang anjuran dari tokoh-tokoh budayawan, sejarawan, pemuka orang-orang serta Pemerintah Propinsi Riau, jadi diputuskanlah Taman Rimba Raya dengan nama Tahura Sultan Syarif Hasyim (TAHURA SSH).
Berdasar pada SK Menhut No. 107/Kpts-II/2003 tanggal 24 maret 2003 mengenai penyelenggaraan pekerjaan pembantuan pengelolaan Taman Rimba Raya oleh Gubernur atau Bupati/Walikota, jadi pekerjaan pembantuan pengelolaan Tahura SSH dikerjakan oleh Gubernur Riau. Menindaklanjuti ketentuan itu, Gubernur Riau membuat UPT Tahura sebagai pengelola Tahura SSH lewat Ketentuan Gubernur Riau No. 44 th. 2008 tanggal 24 Desember 2008. Institusi ini ada dibawah naungan Dinas Kehutanan Propinsi Riau.

Lalu, pada th. 2012 sesuai sama SK Menteri Kehutanan Nomer : SK. 765/Menhut-II/2012 tanggal 26 Desember 2012 diputuskan Lokasi Rimba seluas 146. 734 Ha jadi KPHP Jenis Minas-Tahura. Setelah itu berdasar pada Ketentuan Gubernur Riau No. 10 th. 2014 tanggal 17 Januari 2014 diputuskan Unit Pelaksana Tehnis Kesatuan Pengelolaan Rimba Produksi Minas-Tahura, sebagai pengelola KPHP Minas-Tahura yang di dalamnya ada Tahura SSH Propinsi Riau.
Nama Lokasi Taman Rimba Raya Sultan Syarif Hasyim di ambil dari nama ayahanda Sultan Syarif Qasim yang di kenal sebagai pahlawan nasional asal Riau.
Pemakaian nama ini untuk mengabadikan layanan pahlawan yang diinginkan semangat serta nasionalisme kepahlawanannya jadi teladan untuk generasi selanjutnya.


KEUNGGULAN KOMPARATIF TAHURA SSH

1. Lokasi Tahura SSH adalah tempat wisata yang begitu strategis lantaran dekat dengan Ibukota Propinsi. Untuk meraih lokasi itu bisa ditempuh dengan route Pekanbaru – Minas dengan jarak 25 Km dari Kota Pekanbaru dengan saat tempuh perjalanan ± 30 menit.
2. Potensi keenekaragaman flora serta fauna cukup besar.
3. Bentang alamnya sangat mungkin untuk diperkembang untuk beragam aktivitas wisata/rekreasi (seperti taman safari serta dunia fantasi).
4. Berperan sebagai paru-paru Kota Pekanbaru (lantaran dikelilingi oleh perkembangan kota).

POTENSI FLORA
Tahura SSH mempunyai keragaman type flora yang cukup tinggi. Keanekaragaman type Tahura SSH begitu mewakili satu keadaan rimba dengan type rimba hujan dataran rendah. Terdaftar ± 127 type flora yang disebut tumbuhan asli rimba Tahura SSH yang didominasi dari family Dipterocarpaceae, Lauraceae, Euphorpeaceae, Anacardiaceae, Guttiferae, Sapotaceae, Myrtaceae dan lain-lain.

Bahkan juga sebagian type yang sekarang ini telah susah didapati, sebagai akibat pembalakan liar yang ramai berlangsung di Pro-vinsi Riau, di rimba Tahura SSH masihlah bisa didapati seperti type Meranti, Keruing, Kulim dengan ukuran diameter kayu yang begitu besar bahkan juga sebagian type bisa didapati dengan ukuran diameter kian lebih 1 mtr..
Terkecuali type asli juga ada banyak type yang didatang-kan dari luar sebagai koleksi type salah satunya Gaharu, Matoa dan sebagian type tanaman buah seperti Tampui, Leng-keng, Kedondong, Rambutan serta Durian Montong.

Sebagai bentuk pengembangan keanekaragaman type, pihak UPT Tahura SSH sudah lakukan inventarisasi type pohon manfaat jadikan sebagai tegakan sumber benih dan merencanakan bakal memberi sebagian type koleksi tumbuhan seperti Jelutung, Ramin, Bulian (Ulin) dan lain-lain.

POTENSI FAUNA 


Terkecuali keanekaragaman type flora, Lokasi Tahura SSH juga mempunyai keanekaragaman type fauna yang cukup tinggi. Sekurang-kurangnya bisa didapati 42 type burung, 4 type reptilia serta 16 type mamalia. Diantara 42 type burung ada satu type burung yang cuma ada di Sumatera yakni burung Serindit Melayu (Loriculus galgulus), sedang type burung lain yang bisa didapati salah satunya type burung Elang (Halicetus sp), Enggang (Buceros rhinoceros), Beo (Gracul refiigiosa), dan lain-lain.

Beberapa jenis reptilia diantaranya : Ular (Sanca sp), Biawak (Salvator sp), Tokek, bunglon terbang dan lain-lain.

Kera 

Type mamalia diantaranya : Gajah Sumatera (Elephas maximus suma-trensis), Harimau Loreng Sumatera (Panthera tigris sumatrensis), Tapir (Tapirus indicus), Babi Rimba (Sus scrofa), Ungko Hylobates agifis), Beruk (Macaca nemestrina), Siamang (Symphalangus syndactylus), Beruang Madu (Helarctos malaya-nus), Kijang (Mun-tiacus muntjak), Landak (Hystrix brachyura) dan lain-lain.

Track 1 

Sebagian pengunjung yang suka dengan tantangan alam dapat juga nikmati keadaan rimba yang masihlah alami untuk jadikan arena berolahraga seperti sepeda gunung, motor trail, off-road, perjalanan lintas alam serta lakukan perkemahan didalam rimba Tahura SSH. Terkecuali keadaan rimba yang asri, di lokasi Tahura SSH juga ada bentangan alam yang menarik untuk dikunjungi sebagai tempat wisata alam yakni ada danau yang awal mulanya adalah bendungan air dari Sungai Takuana.

Dalam tingkatkan kwalitas Tahura SSH sebagai satu diantara tempat wisata alam, pihak Pengelola Tahura yakni UPT Tahura SSH juga sudah memberi sebagian alternatif wisata untuk beberapa pengunjung. Di mana didalam tempat wisata sudah ada taman bermain untuk anak-anak yang dilengkapi dengan permainan outbond, jogging track, gazebo. Untuk beberapa penggemar alam juga sudah ada fasilitas Bumi Perkemahan yang di bangun oleh Dinas Pemuda serta Berolahraga Pemerintah Propinsi Riau.

Track 2 

Dalam soal penambahan kwalitas fasilitas wisata buatan, Pihak UPT Tahura bakal meningkatkan wisata buatan yang ada di Lokasi Tahura SSH seperti wisata air, pening-katan/pembuatan jalur sepeda gunung serta kendaraan mount track, penambahan/pembuatan fasilitas berolahraga outbond, taman wisata burung dan untuk periode panjang yaitu terdapatnya taman safari di Propinsi Riau.
Pastinya hal semacam ini begitu bergantung pada pendanaan serta hubungan kerja dari semua pihak/stakeholder baik lembaga pemerintah ataupun pihak swasta.


FASILITAS 


Dalam mendukung lokasi Tahura SSH sebagai tempat wisata alam di Propinsi Riau, didalam lokasi Tahura SSH juga dilengkapi dengan beragam sarana untuk pengunjung yang datang baik perseorangan ataupun rombongan/keluarga.

Sebagian sarana yang ada salah satunya yaitu :

  1. · Kantor serta Guest House 
  2. · Fasilitas Ibadah 
  3. · Panggung Kesenian 
  4. · Pendopo 
  5. · Gazebo 
  6. · Jogging Track 
  7. · Taman Bermain Anak 
  8. · Fasilitas Outbond 
  9. · Bumi Perkemahan (Camping Ground) 
  10. · Motor trail track 
  11. · Off road track 
  12. · Jalur sepeda gunung 

Untuk pengunjung yang menginginkan nikmati wisata alam dengan jalan kaki, didalam rimba Tahura SSH ada jogging track melingkari areal berhutan di sekitaran taman bermain anak dengan dilengkapi Gazebo (tempat peristirahatan sesaat) di sebagian titik selama Jogging Track.
Sedang untuk pengunjung rombongan terkecuali ada areal parkir yang cukup luas juga disiapkan sarana pendopo sebagai fasilitas pertemuan serta panggung kesenian untuk beberapa pengunjung yang menginginkan lakukan kegiatan hiburan yang lain.

Sebagai hiburan anak-anak, di Tahura SSH juga ada fasilitas bermain untuk anak–anak seperti luncuran, ayunan dan arena outbond untuk anak-anak seperti Flying Fox, Burma Bridge, Elvis Bridge serta One Line Brigde dengan sedikit tantangan hingga bisa memberi kesegaran fisik serta mental anak-anak dari kejenuhan kegiatan. Hal semacam ini diperuntukkan supaya anak–anak bisa mengetahui lebih dekat dengan alam dan untuk mengajak generasi muda agar bisa melindungi kelestarian rimba. Untuk Beberapa Penggemar Alam yang menginginkan nikmati kehidupan alam bebas didalam rimba, di Lokasi Tahura SSH juga ada Bumi Perkemahan (Camping Ground)


PERMASALAHAN 


Tahura SSH sebagai lokasi rimba dengan manfaat lokasi konservasi, seperti perihal lokasi konservasi yang lain di Indonesia, juga tak lepas dari persoalan lokasi terutama dalam perlakuan pengamanan areal/tempat lokasi dari pihak – pihak maupun oknum – oknum yang mencari keuntungan pribadi didalam lokasi Tahura SSH. Patroli 2 Sekarang ini sekitaran 60 persen dari keseluruhan luas lokasi Tahura SSH dikuasai oleh sebagian oknum yang kuasai tempat baik dengan cara perseorangan maupun grup/perusahaan.

Penguasaan tempat ini sebagai akibatnya karena tingkat bertambahnya masyarakat dan keperluan orang-orang bakal tempat untuk jadikan rumah maupun ladang/kebun.
Tingginya nilai komoditas kelapa sawit di Propinsi Riau juga jadi satu diantara penyebabnya terjadinya perambahan. Hal bisa tampak dari banyak orang-orang di sekitaran bahkan juga dari luar lokasi Tahura SSH lakukan perambahan areal di lokasi rimba terlebih di Lokasi Tahura SSH untuk jadikan ladang/kebun kelapa sawit.

Dalam menangani persoalan perambahan lokasi, pihak UPT Tahura SSH sudah lakukan sebagian aksi yang mempunyai tujuan untuk hentikan terjadinya perambahan tempat di Tahura SSH. Terkecuali lakukan Patroli didalam serta sekitaran lokasi Tahura SSH serta lakukan sosialisasi pada orang-orang, perlakuan lewat jalur hukum juga sudah dikerjakan.

Akan tetapi masihlah kurangnya kesadaran orang-orang, terutama beberapa perambah lokasi, bakal utamanya lokasi konservasi untuk keberlangsungan hidup orang-orang mengakibatkan perambahan lokasi di Tahura SSH masihlah selalu berjalan.Apabila hal semacam ini tak secepat mungkin saja dihindari bukanlah mustahil rimba yang sekarang ini tampak asri serta jadi paru-paru kota Pekanbaru serta sekitarnya bakal musnah serta beralih jadi kebun punya pribadi.

Hal semacam ini masihlah dapat diantisipasi apabila semuanya institusi serta pihak tekait baik aparat pemerintah serta aparat penegak hukum dan ada support orang-orang sekitaran lokasi Tahura serta di dukung oleh Instansi Swadaya Orang-orang (LSM) penggemar lingkungan seperti WALHI, Penyelamat Harimau Sumatera dan lain-lain ikut serta menolong mengatasi permasalahan perambahan lokasi di Tahura SSH.

Wisata tempat lain :

Wisata Taman Rimba Raya Sultan Syarif Kasim Pekanbaru Riau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *