11 Candi Terhebat Di Dunia Sepanjang Sejarah

Posted on

Candi atau kuil yaitu bangunan-bangunan kegamaan tempat melaksanakan ibadah peninggalan purbakala yang datang dari peradaban Hindu-Budha. Bangunan ini dipakai sebagai tempat pemujaan dewa-dewi maupun untuk memuliakan Budha.

Bangunan Candi atau Kuil ini banyak dihiasi oleh seni arsitektur berbentuk lukisan, pahatan, relief atau arca yang tidak terlepas dari unsur spiritualitas, daya cipta serta keterampilan beberapa pembuatnya.

Sebagian candi seperti Borobudur, Prambanan, Angkor Wat, Shawedagon atau Khajuraho di bangun dengan sangat megah, detil, kaya hiasan yang elegan, bercitarasa estetika yang mulia dengan memakai tehnologi maju pada jamannya.

10 Candi Terindah serta Termegah Di Dunia berikut ini adalah bukti begitu tingginya kebudayaan serta peradaban nenek moyang kita.

1. Candi Borobudur Indonesia

Candi Borobudur Indonesia

Borobudur yaitu satu candi Buddha yang terdapat di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Tempat candi yaitu lebih kurang 100 km di samping barat daya Semarang, 86 km di samping barat Surakarta, serta 40 km di samping barat laut Yogyakarta. Candi berupa stupa ini didirikan oleh beberapa penganut agama Buddha Mahayana sekitaran th. 800-an Masehi pada saat pemerintahan wangsa Syailendra. Borobudur yaitu candi atau kuil Buddha paling besar didunia sekalian satu diantara monumen Buddha paling besar didunia.

Monumen ini terdiri atas enam teras berupa bujur sangkar yang diatasnya ada tiga pelataran melingkar, pada dindingnya dihiasi dengan 2. 672 panel relief serta aslinya ada 504 arca Buddha. Borobudur mempunyai koleksi relief Buddha terlengkap serta paling banyak didunia. Stupa paling utama paling besar teletak di dalam sekalian memahkotai bangunan ini, dikelilingi oleh tiga barisan melingkar 72 stupa berlubang yang di dalamnya ada arca buddha tengah duduk bersila dalam posisi teratai prima dengan mudra (sikap tangan) Dharmachakra mudra (memutar roda dharma).

2. Angkor Wat, Kamboja 

Angkor Wat, Kamboja

Angkor Wat yaitu satu kuil atau candi yang terdapat di kota Angkor, Kamboja. Kuil ini di bangun oleh Raja Suryawarman II pada pertengahan era ke-12. Pembangunan kuil Angkor Wat mengonsumsi saat sepanjang 30 th.. Angkor Wat terdapat di dataran Angkor yang juga dipenuhi bangunan kuil yang indah, namun Angkor Wat adalah kuil yang paling populer di dataran Angkor. Raja Suryawarman II memerintahkan pembangunan Angkor Wat menurut keyakinan Hindu yang menempatkan gunung Meru sebagai pusat dunia serta adalah rumah dewa-dewi Hindu, dengan itu menara tengah Angkor Wat yaitu menara paling tinggi serta adalah menara paling utama dalam kompleks bangunan Angkor Wat.

3. Candi Prambanan, Indonesia 

Candi Prambanan, Indonesia

Candi Prambanan atau Candi Loro Jonggrang yaitu kompleks candi Hindu paling besar di Indonesia yang di bangun pada era ke-9 masehi. Candi ini dipersembahkan untuk Trimurti, tiga dewa paling utama Hindu yakni Brahma sebagai dewa pencipta, Wishnu sebagai dewa pemelihara, serta Siwa sebagai dewa pemusnah. Berdasar pada prasasti Siwagrha nama asli kompleks candi ini yaitu Siwagrha (bhs Sanskerta yang berarti ‘Rumah Siwa’), serta memanglah di garbagriha (ruangan paling utama) candi ini bersemayam arca Siwa Mahadewa setinggi tiga mtr. yang menujukkan kalau di candi ini dewa Siwa lebih diprioritaskan.

Candi ini yaitu termasuk juga Website Warisan Dunia UNESCO, candi Hindu paling besar di Indonesia, sekalian satu diantara candi terindah di Asia Tenggara. Arsitektur bangunan ini berupa tinggi serta ramping sesuai sama arsitektur Hindu biasanya dengan candi Siwa sebagai candi paling utama mempunyai ketinggian meraih 47 mtr. menjulang di dalam kompleks gugusan candi-candi yang lebih kecil. Sebagai satu diantara candi termegah di Asia Tenggara, candi Prambanan jadi daya tarik kunjungan wisatawan dari semua dunia

4. Candi Srirangam, India 
Candi Srirangam, India

Candi Srirangam adalah candi yang dipersembahkan pada dewa Ranganatha. Saat ini, candi ini adalah candi paling besar di India serta adalah satu diantara candi Hindu paling besar didunia. Candi ini adalah maksud wisata paling utama untuk Tamil Nadu, India.

5. Tiger’s Nest Monastery, Bhutan 

Tiger's Nest Monastery, Bhutan

Tiger’s Nest Monastery adalah website sakral untuk umat Buddha Himalaya, terdapat di Lembah Paro sisi atas. Pada era ke-8, Guru Padmasambhava meditasi di gua ini sepanjang tiga bln.. Pada th. 1692, di sekitaran gua tersebut di bangun kompleks ini. Kompleks ini terdapat di pinggir tebing yang curam. Kompleks ini dapat adalah ikon wisata negara Bhutan.

6. Kuil Tao, China

Kuil Tao, China

Kuil Tao atau Kuil Surga adalah satu kompleks kuil Tao yang terdapat di samping tenggara kota Beijing. Kompleks ini dikunjungi oleh kaisar-kaisar dinasti Ming serta Qing untuk doa tahunan ke surga supaya memperoleh hasil panen yang baik. Kuil ini adalah satu diantara UNESCO World Heritage Site serta adalah ikon kota Beijing.

7. Wat Rong Khun, Thailand 

Wat Rong Khun, Thailand

Wat Rong Khun adalah satu candi Hindu serta Buddha di kota Chiang Rai. Candi ini di desain oleh Chalermchai Kositpipat, konstruksi diawali pada th. 1997. Kekhasan dari candi ini yaitu warna bangunannya yang berwarna putih. Hingga saat ini candi ini masihlah bakal diperbesar serta di bangun.

8. Monumen Khajuraho, India 

Monumen Khajuraho, India

Monumen Khajuraho yaitu sekumpulan candi (kuil) Hindu serta Jainisme yang terdapat di Khajuraho satu kota di negara sisi Madhya Pradesh, distrik Chhatarpur, sekitaran 620 km. (385 mil) samping tenggara New Delhi. Candi-candi ini yaitu satu diantara daya tarik wisata paling popular di India. Khanjuraho mempunyai banyak bangunan kuil Hindu serta Jainisme periode pertengahan yang populer bakal patung-patungnya yang erotis. Grup monumen Khajuraho masuk dalam daftar Website Warisan Dunia UNESCO, serta dikira sebagai satu diantara “tujuh keajaiban” India.

9. Shwedagon, Burma 

Shwedagon, Burma

Sesuai sama legenda, Kuil Shwedagon yang berusia kian lebih 2500 th.. Dikenal juga dengan sebutan candi emas, candi ini terdiri atas stupa serta pagoda. Candi ini terdapat di pusat kota Yangon, Burma, serta menghiasi panorama kota.

10. Kuil Chion-In, Jepang 

Kuil Chion-In, Jepang

Kuil Chion-In di bangun pada th. 1234 masehi oleh seseorang murid dari guru Honen, Cenchi. Hal unik dari kuil ini yaitu ada banyak ukiran berbentuk simbol keluarga Tokugawa di tiap-tiap atap balok kuil. Satu diantara arsitek yang kembali bangun kuil ini meletakkan sebagian payung di depan kuil yang diakui bisa menolong menurunkan hujan.

Candi Budha Paling besar Di Dunia ini dapat adalah satu diantara Website Warisan Dunia UNESCO.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.