15 Tempat Wisata Di Kalimantan Barat Yang Harus Anda Kunjungi

Posted on

Kalimantan Barat adalah satu diantara provinsi di ujung barat pulau Borneo yang masihlah populer bakal keaneka ragaman flora serta faunanya, sebut saja hewan endemic dari Kalimantan yakni Orang utan yang masihlah dapat kita jumpai di rimba hujan tropisnya. diluar itu Kalimantan barat dikenal juga sebagai propinsi “Seribu Sungai”. Julukan ini sesuai dengan keadaan geografis yang memiliki beberapa ratus sungai besar serta kecil yang salah satunya bisa serta kerap dilayari. Sebagian sungai besar hingga sekarang ini masihlah adalah urat nadi serta jalur paling utama untuk angkutan daerah pedalaman, meskipun prasarana jalan darat sudah bisa mencapai beberapa besar kecamatan. Kalimantan Barat juga adalah salahsatu provinsi yang dilewati garis khatulistiwa tepatnya melalui ibukotanya yakni Pontianak. Oleh karenanya di Provinsi ini sangat banyak ada beberapa tempat wisata menarik yang pantas untuk kalian kunjungi, sekalian dapat juga di untuk jadikan tempat tinggal belajar untuk beberapa penggemar alam.

Serta di bawah ini yaitu 15 referensi obyek wisata menarik yang dapat kalian kunjungi di Kalimantan barat.

1. Tugu Khatulistiwa

Tugu Khatulistiwa

Tugu Khatulistiwa atau Equator Monument ada di Jalan Khatulistiwa, Pontianak Utara, Provinsi Kalimantan Barat. Tempatnya ada sekitaran 3 km dari pusat Kota Pontianak, ke arah kota Mempawah. Tugu ini jadi satu diantara ikon wisata Kota Pontianak serta senantiasa dikunjungi orang-orang, terutama wisatawan yang datang ke Kota Pontianak. Histori tentang pembangunan tugu ini bisa di baca pada catatan yang ada didalam gedung. Waktu yang pas untuk berkunjung ke tugu hatulistiwa ini yaitu pada tanggal 21 – 23 Maret atau 21 – 23 September. Ketika itu, berlangsung fenomena alam dimana matahari ada pas diatas garis khatulistiwa hingga semuanya benda yang ada diatas garis ini akan tidak mempunyai bayangan.

2. Sungai Kapuas

 Sungai Kapuas

Sungai terpanjang di Indonesia ini yaitu nadi kehidupan rakyat Kalimantan Barat, hingga bila anda menjelajahi sungai ini, jadi anda bakal makin mengetahui kehidupan orang-orang di propinsi ini. Menjelajahi sungai ini dapat diawali dengan naik kapal wisata sepanjang 45 menit didalam kota Pontianak, sampai menyewa kapal tradisional yang bakal mengantar anda menjelajahi sungai ini sampai perhuluannya di Kab. Kapuas Hulu.

3. Tempat tinggal Radakng

Tempat tinggal Radakng

Adalah tempat tinggal khas suku Dayak, Tempat tinggal Radakng, Tempat tinggal Betang atau Tempat tinggal Panjang adalah objek yang harus dikunjungi bila berkunjung ke Kal-Bar. Dari mulai tempat tinggal betang yang masihlah tradisional di Kampung Saham Kab. Landak sampai tempat tinggal radakng moderen di kota Pontianak dapat jadikan pilihan anda untuk mengetahui kehidupan keseharian orang Dayak.

4. Masjid Jami Pontianak

Masjid Jami Pontianak

Masjid ini juga dikenal dengan nama Masjid Sultan Syarif Abdurrahman. Berbarengan keraton, masjid ini jadi saksi asal mula kota Pontianak. Atap masjid bertingkat empat serta di dalamnya ada empat pilar paling utama dari kayu belian dengan diameter 0, 5 mtr.. Diluar itu, masjid yang dapat menyimpan 1. 500 orang jamaah ini di buat dengan style tempat tinggal panggung untuk hindari banjir waktu Sungai Kapuas meluap. Masjid Jami Pontianak terdapat sekitaran 200 mtr. dari Keraton Kadriah. Sesudah dari masjid, Anda dapat singgah ke pasar tradisional yang ada di segi kiri pintu masuk masjid. Di pasar ini, Anda dapat beli ikan fresh dari Sungai Kapuas.

5. Istana Kesultanan Kandunganiah Pontianak

Istana Kesultanan Kandunganiah Pontianak

Istana Kesultanan Kandunganiah Pontianak adalah istana peningalan saat kerajan Kandunganiah yang terdapat di pusat kota pontianak serta di pinggir sungai kapuas letaknya di pinggir sungai kapuas jadikan tempat ini begitu nayamn bila di kunjungi sore hari sebatas menggunakan saat sore kata orang pontianak bila anda ke kota pontianak belum ke kraton ini jadi anda di katakn belum hingga ke kota pontianak.

6. Kota Singkawang

Kota Singkawang

Tak perlu jauh ke negeri Tiongkok sana untuk rasakan situasi kental etnis Tionghoa. Kota Singkawang yaitu tempat di mana anda dapat rasakan budaya etnis tionghoa di setiap segi kotanya. Kota yang dijuluki kota seribu kelenteng ini tawarkan atraksi Imlek serta Cap Go Meh, terkecuali pantai pasir putih serta perbukitannya. Tak seperti kota lain yang sama dengan peradaban etnis Tionghoanya di mana Bhs Cina penduduknya telah mulai luntur, Singkawang tawarkan sesatu yang tidak sama di mana Bhs Cina daerah seperti Hakka serta Tio Ciu masihlah dipakai dalam pembicaraan keseharian.

7. Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang sudah lama jadi tempat rekreasi yang populer, menghadap ke laut Natuna dan sebagian pulau kecil di sekelilingnya, diantaranya pulau Lemukutan, pulau Kabung serta Pulau Randayan. Perahu-perahu kecil serta speed boat bisa disewa disini untuk menuju ke pulau-pulau itu. Pantai Pasir Panjang ada di Kecamatan Tujuhbelas, cuma 17 km dari pusat kota Singkawang. Sarana yang komplit serta nyaman bisa anda rasakan waktu berwisata atau liburan ke pantai Pasir Panjang ini. Mulai penginapan, kolam renang keluarga, tempat bermain anak-anak, warung-warung makan sampai sarana berolahraga seperti motorcross, road race serta gokart. Anda dapatlah memancing segera ke lokasi laut.

8. Air Terjun Riam Merasap

Air Terjun Riam Merasap

Air Terjun/Riam Merasap adalah hulu dari Sungai Sajingan. Dimaksud Riam Merasap lantaran air yang deras dari riam ini menyebabkan kabut dingin dari percikan air, oleh karena itu masyarakat sekitarnya menamakan riam ini dengan nama Riam Merasap. Air terjun setinggi 20 mtr., dengan air yang jernih ditambah pemandangan keindahan alam ekosistem rimba hujan tropis serta ditumbuhi habitat pohon belian yang masihlah begitu alami. Kekhasan Riam Merasap, yakni ; sesudah temukan air terjun/riam ini, dengan cuma menyusuri aliran riam wisatawan bakal temukan satu buah riam lagi dengan ketinggian 8 mtr., yang dimaksud ; Riam Naik Kubik.

9. Pulau Randayan

Pulau Randayan

Pulau kecil ini di kenal bakal keindahan pemandangan batu-batu karang, beragam type ikan tropis dan kehidupan laut sekitarnya. Ada villa-villa kecil menghadap ke laut indah nan menghijau. Mengonsumsi saat 2 jam dengan mengendarai speed boat dari Pantai Pasir Panjang.


10. Taman Nasional Gunung Palung

Taman Nasional Gunung Palung

Taman Nasional Gunung Palung (TNGP) yaitu satu taman nasional yang terdapat di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, sekitaran 30 menit penerbangan dari Pontianak. Luas taman nasional ini yaitu 90. 000 hektar, yang terbentang di Kecamatan Matan Hilir Utara, Sukadana, Simpang Hilir, Nanga Tayap, serta Sandai. TNGP memiliki ekosistem yang disebutkan sebagai yang terlengkap diantara taman-taman nasional di Indonesia. Di kawasannya ada Gunung Palung yang memiliki ketinggian 1. 116 mtr.. Diluar itu, TNGP juga yaitu habitat untuk sekira 2. 200 ekor orangutan. Bekantan yaitu mamalia dengan jumlah paling besar di TNGP.

11. Pantai Temajuk

Pantai Temajuk

Rasakan eksotisme pantai perawan di perbatasan Indonesia serta Malaysia pastinya akan jadi masa lalu tidak terlupakan. Perjalanan yang jauh serta melelahkan ke desa terpencil di Kec. Paloh, Kab. Sambas ini bakal terbayar saat lihat birunya laut, serta putihnya pasir pantai Temajuk. Pantai ini cuma berjarak 4 Km dari border Indonesia-Malaysia, serta anda bisa menuju ke sana untuk rasakan kehidupan di titik paling depan negeri ini, atau sebatas berfoto dengan latar belakang bendera dua negara.

12. Pulau Selimpai 

Pulau Selimpai

Masihlah di Kab. Sambas, Pulau Selimpai yaitu pulau yang terpisah dari daratan paling utama oleh satu sungai. Pulau ini bersebelahan segera dengan laut Natuna, serta tawarkan pantai pasir putih serta deretan rimba pinus. Pulau ini dapat jadi tempat penyu bertelur serta ada sisa penangkaran penyu. Dengan medan yang masihlah lebih gampang dari pantai Temajuk, pantai ini dapat jadi alternatif untuk anda yang menginginkan nikmati pantai eksotis yang perawan di utara Kal-Bar.

13. Air Terjun Mananggar

Air Terjun Mananggar

Bukanlah, Air terjun ini bukanlah Niagara di Amerika sana. Air terjun ini terdapat di Kec. Serimbu, Kab. Landak sekitaran 5 Jam perjalanan darat dari Pontianak. Tawarkan air terjun yang masihlah alami di dalam rimba Kalimantan, jadi anda bakal rasakan pengalaman tidak terlupakan di sini. Berhubungan dengan orang-orang Dayak di sekitaran air terjun akan memperkaya pengetahuan budaya anda.

14. Taman Nasional Danau Sentarum

Taman Nasional Danau Sentarum

Taman Nasional Danau Sentarum yaitu taman nasional yang terdapat di Kab. Kapuas Hulu. Perjalanan ke kabupatan ini bisa ditempuh sehari perjalanan jalur darat dari Pontianak, atau 45 menit lewat jalur hawa. Danau Sentarum adalah danau penampung air hujan. Disaat musim penghujan, jadi danau ini bakal gunakan, serta menggenangi pohon-pohon di sana. Disaat musim kemarau, air jadi kering serta bikin areal danau seakan jadi padang Sabana. Danau ini adalah habitat Ikan Arwana serta adalah daerah lingkup perhuluan sungai Kapuas.

15. Bukit Kelam

Bukit Kelam

Bukit Kelam yaitu bukit batu yang terdapat di Kab. Sintang. Bisa ditempuh sekitaran 9 Jam perjalanan darat dari Pontianak. Batu ini beritanya adalah batuan monolit paling besar didunia, semakin besar dari Uluru di Australia. Di kaki bukit ini, ada tempat ziarah jalan salib untuk agama Katolik. Mendaki bukit ini adalah suatu hal yang menantang, serta pas buat mereka yang sukai dengan berolahraga panjat tebing.

Wisata tempat lain :

15 Tempat Wisata Di Kalimantan Barat Yang Harus Anda Kunjungi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *