26 Tempat Wisata Yang Wajib Di kunjungi Di Sulawesi Utara

Posted on

Manadao yaitu ibu kota propinsi Sulawesi Utara, yang terdapat di ujung urata pulau Sulawesi serta bersebelahan segera dengan Filipina. Manado nenempati urutan ke-2 sebagai kota yang paling ramai di Sulawesi sesudah Makassar. Perekonomian di Manado tumbuh amat cepat, hingga pembangunan nyaris sama juga dengan di Jawa.

Mulai sejak dahulu Manado telah populer bakal keindahan wisatanya yakni pesona bawah laut Bunaken. Tetapi terkecuali Taman Laut Bunake, Manado menaruh sebagian destinasi wisata yang menarik serta layak dikunjungi sebagai tempat liburan berbarengan keluarga Anda.

Baiklah di bawah ini obyek wisata yang ada di Manado, Sulawesi Utara yang sukses Indusantara kumpulkan :


1. Taman Laut Bunaken, Manado 

Taman Laut Bunaken, Manado

Ini dia obyek wisata di Manado yang bikin kota ini di kenal dunia. Pada th. 2005, UNESCO mengambil keputusan taman laut ini sebagai satu diantara website warisan dunia. Hal semacam ini tidak mengherankan lantaran biota laut yang ada disini mengagumkan kaya. Anda dapat temukan bermacam bentuk terumbu karang serta ikan dengan warna-warni cantik.

Alam bawah laut disini jadi surga sendiri untuk pengagum aktivitas menyelam, snorkeling serta fotografi air. Dengan 39 titik selam yang ada, pasti Anda bakal kerasan berlama-lama menyelam disini. Bila tidak dapat berenang, Anda tetaplah dapat nikmati keindahan obyek wisata bawah air ini dengan memakai kapal selam yang sudah di desain dengan cara spesial. Dinding kapal berbentuk kaca transparan hingga Anda dapat lihat panorama bawah laut yang mengagumkan dengan terang.

Anda dapat datang untuk menyelam kapan juga disini, namun saat terbaiknya yaitu pada bln. Mei – Agustus. Pada rentang saat ini, airnya lebih jernih hingga jarak pandang dapat tambah baik. Diluar itu, suhu hawa juga ideal untuk menyelam. Obyek wisata ini bisa ditempuh kurun waktu 35 menit dengan memakai speed boat dari Pelabuhan Manado.

2. Taman Laut Tumbak, Manado 

Taman Laut Tumbak, Manado

Bila Anda mencari alternatif wisata menyelam, Taman Laut Tumbak yaitu satu diantaranya. Lantaran disini Anda dapat nikmati sekurang-kurangnya 20 spot menyelam yang oke miliki. Jadi, untuk Anda yang hoby menyelam serta semacamnya, obyek wisata yang terdapat di kabupaten Minahasa Utara ini begitu pas untuk memuaskan hoby Anda. Walau demikian, jarak tempat ini dari Manado condong jauh, yakni sekitaran 3 jam perjalanan.

3. Pantai Malalayang, Manado 

Pantai Malalayang, Manado

Satu lagi tempat wisata pantai di Manado yg tidak bisa anda terlewat, pantai Malalayang yang tempatnya sekitaran 4 km dari pusat kota Manado. Obyek wisata ini dapat mempunyai keindahan alam bawah laut yang tidak kalah menarik. Tidak butuh cemas bila lupa membawa alat menyelam Anda, disini ada tempat penyewaan alat selam.

Ombak di pantai ini relatif tenang hingga Anda dapat bermain air diatas pasirnya yang hitam. Terkecuali menyelam serta bermain air, aktivitas menarik yang lain yaitu nikmati kuliner khas pantai Malalayang yakni pisang goreng dengan sambal dabu-dabu. Obyek wisata di Manado ini di kenal memilikipemandangan matahari tenggelam yang indah. Tidak ada kelirunya nikmati pamandangan cantik ini dengan sepiring pisang goreng ditambah sambal khas Manado.

4. Pantai Ratotok, Manado

Pantai Ratotok, Manado

Obyek wisata di Manado ini ada di salah kecamatan yang ada di Manahasa Tenggara. Sesungguhnya tempat ini punyai penambangan emas punya Newmont. Cuma saja disini mempunyai panorama yang begitu bagus, seperti pantai yang bersih, laut yang jernih, serta pasir yang nyaman. Janganlah lupa, disini juga udaranya bersih serta begitu baik untuk kesehatan.

5. Pulau Siladen, Manado 

Pulau Siladen, Manado

Terkecuali Bunaken, pulau Siladen juga mempunyai keindahan ‘Surga’ yg tidak bisa anda terlewat, untuk meraihnya anda dapat menaiki kapal motor dengan saat sekitaran 45 menit. Pulau Siladen di kenal dengan hamparan pasir pantai yang putih serta bersih. Pulau Siladen ini terdapat di samping timur pulau Bunaken.

Satu diantara tempat wisata di Manado ini mempunyai spot penyelaman paling menarik di tempat bernama Siladen 1 serta Siladen 2. Pulau Siladen ini mempunyai beberapa resort serta homestay dengan sarana akomodasi yang baik. Bila Anda menginginkan nikmati wisata laut dengan ketenangan serta keindahan yang memikat, jadi pulau Siladen di Manado yaitu pilihan yang layak diperhitungkan.

6. Pulau Lembeh (Johanis Noya), Manado 

Pulau Lembeh (Johanis Noya), Manado

Disini Anda bakal menjumpai sekitaran 88 spot menyelam yang asik serta keren, serta tentunya tak kalah dengan Bunaken. Jadi, bila Anda hoby diving atau semacamnya, tempat ini begitu recomended deh. Oya, letak tempat ini di kota Bitung, Sulawesi Utara, serta tak jauh dari Manado. Cost masuk disini Hanya Rp 8. 000 namun bila Anda menginginkan berkeliling di obyek wisata keren di Manado ini, Anda dapat menyewa perahu dengan harga Rp 300. 000/perahu.

7. Pulau Lihaga, Manado 

Pulau Lihaga, Manado

Pulau ini terdapat di daerah Minut, dekat kota Manado. Di obyek wisata eksotis ini Anda dapat merasakan pantai dengan pasir yang putih serta kondisi pantai yang bersih. Selain itu, ombak di pantai ini cukup bersahabat serta tenang. Oya, lantaran pantai ini dikelola oleh entrepreneur, janganlah kaget apabila waktu bertandang Anda bakal dipakai cost masuk.

8. Pulau Manado Tua 

Pulau Manado Tua

Manado tua berjarak sekitaran 10 mil dari kota Manado, anda mesti meniti perjalanan sekitaran 60 menit dengan memakai kapal motor. Di pulau ini ada gunung berapi yang menjulang tinggi serta ditumbuhi pohon-pohon hijau serta rindang.

Tidak tidak sama jauh dengan taman laut bunaken serta pulau siladen, perairan di lokasi ini mempunyai pemandangan bawah laut yang spektakuler. Tidak salah bila pada th. 2009 waktu lalu, tempat ini jadi satu diantara tempat proses World Ocean Conference.

9. Danau Tondano, Manado 

Danau Tondano, Manado

Danau Tondano adalah danau vulkanik yang dibuat dari letusan gunung purba. Seperti Danau Toba di Sumatera Utara, obyek wisata ini dapat mempunyai pulau di tengahnya serta ada di dataran tinggi yakni 600 mtr. diatas permukaan laut. Danau yang mempunyai luas 4. 000 hektar ini diapit oleh Gunung Tampusu, Gunung Kaweng, serta Gunung Masarang.

Disini, Anda dapat lihat kegiatan nelayan yang menangkap ikan dengan memakai keramba. Bila menginginkan memandangnya lebih dekat, silahkan naik perahu motor yang dapat menyimpan 10 orang untuk berkeliling danau. Naik perahu motor ini, Anda dipakai cost Rp. 50. 000 serta mesti menunggunya hingga penuh terisi 10 orang penumpang.

10. Air Terjun Ratahan Telu, Manado 

Air Terjun Ratahan Telu, Manado

Satu lagi obyek wisata alam di Manado yang layak untuk kita kunjungi, yakni Air Terjun Ratahan Telu kerap atau Air Terjun desa Kali, terdapat agak didalam rimba, dengan situasi sepi, cipratan airnya lumayan deras, bikin sekitarnya (termasuk juga jembatan bergaya classic) jadi berlumut namun malah memberi segi artistik.

Untuk menuju air terjun ini cukup gampang, bahkan juga saya menuju kesini dengan naik sepeda (namun ini cuma dianjurkan untuk yg memanglah telah punya kebiasaan bersepeda menanjak). Bila dihitung, jaraknya cuma sekitaran 20 km dari pusat kota Manado menuju gerbang masuk. Untuk menuju air terjunnya sendir masihlah mesti jalan kaki menyusuri rimba sekitaran 20 menit. Tak perlu cemas lantaran meskipun tak ada pedagang di dalamnya, telah ada toilet serta tempat istirahat.

Tempat Air Terjun Ratahan Telu terdapat di desa Kali, kecamatan Pineleng. Dari kota Manado, menuju ke jalan raya Tomohon (arah menuju kota Tomohon atau Danau Tondano). Sesudah meniti jarak 8km bakal menenui gapura bertuliskan Makam Pahlawan Nasional Tuanku Imam Bonjol di samping kiri jalan. Memanglah air terjun Ratahan Telu ini searah dengan makam Tuanku Imam Bonjol, jadi untuk pengunjung yang berwisata ziarah dapat dilanjutkan dengan menuju air terjun.

11. Air Terjun Kima Atas, Manado 

Air Terjun Kima Atas, Manado

Masihlah terkait dengan air, kesempatan ini obyek wisata di Manado yang lain yang layak dikunjungi yaitu Air Terjun Kima Atas. Sesuai sama namanya, air terjun ini ada di Kelurahan Kima Atas, atau sekitaran 15 km dari pusat kota Manado.

Terdapat beberapa pohon-pohon di sekitaran air terjun yang bikin hawa di obyek wisata ini sejuk. Air terjun ini terbagi dalam tiga tingkatan dengan aliran yang tidaklah terlalu deras hingga aman untuk berenang di kolam penampungan airnya. Bila tidak mau bermain air, Anda dapat mengadakan tikar serta duduk bersantai sembari nikmati kuliner yang dijajakan di tempat. Masihlah di obyek wisata ini, Anda dapat temukan mesin ATM hingga tidak butuh cemas bila kehabisan duit tunai.

13. Arung Jeram Sawangan, Manado 

Arung Jeram Sawangan, Manado

Anda sukai dengan berolahraga ekstrim arung jeram? Bila demikian anda mesti mengalahkan sungai Sawangan. Sungai Sawangan jadi satu diantara spot untuk lakukan aktivitas arung jeram yang menarik untuk kita cobalah.

Arus sungai ini cukup deras hingga begitu menantang untuk kita cobalah. Anda bakal di ajak menaklukan arus serta bebatuan yang ada sepanjang lebih kurang dua jam. Panjang lintasan sungai yang ditempuh yaitu 9 km. Perjalanan bakal diawali di Resort River Park, desa Sawangan. Sepanjang diatas perahu, Anda dapat nikmati panorama rimbunnya pohon-pohon di pinggir sungai. Bila mujur, Anda dapat juga lihat monyet-monyet bergelantungan diatas pohon. Untuk dapat nikmati berolahraga ekstrim ini, Anda butuh keluarkan duit Rp. 180. 000.

14. Arung Jeram Timbukar, Manado 

Arung Jeram Timbukar, Manado

Arung jeram ini ada di desa Timbukar, Manado. Disini Anda dapat melatih adrenalin Anda dengan lakukan arung jeram yang cukup ekstrim serta keren. Serta tak jauh dari tempat arung jeram ini, Anda dapat juga coba olah raga panjat tebing di desa Kilo Tiga.

15. Lokasi Boulevard, Manado 

Lokasi Boulevard, Manado

Lokasi Boulevard ini ada di selama Jalan Pierre Tendean. Awal mulanya, lokasi ini cuma jadi tempat berjualan beberapa pedagang kaki lima, hingga lalu pemerintah kota membuatnya sebagai landmark kota Manado.

Pada sore hari, obyek wisata ini ramai dikunjungi warga untuk nikmati panorama matahari tenggelam. Bila Anda menginginkan menunjukkan keindahan matahari tenggelam disini, baiknya datang sebelumnya jam 5 sore supaya memperoleh bangku untuk duduk. Malam harinya, lokasi ini jadi pusat kuliner di Manado. Tidak cuma makanan khas Manado yang dihidangkan disini, tetapi ada juga banyak kuliner dari daerah lain di nusantara. Sembari nikmati makanan, Anda dapat lihat keindahan pulau Manado Tua di seberang laut.

16. Jembatan Soekarno, Manado 

Jembatan Soekarno, Manado

Jembatan Sukarno dapat disebut sebagai tempat wisata paling baru di Manado, lantaran baru diresmikan pada bln. Mei th. 2015 waktu lalu. Janganlah lupa untuk berfoto dengan latar belakang Menara Lilin yang juga berlokasi begitu dekat dengan Jembatan Soekarno. Tunggu sampai langit sore beralih warna merah keemasan tandanya matahari bakal tenggelam. Janganlah khwatir bila Anda tak miliki kamera, sebab beberapa penyedia layanan photo cukup banyak disini. Akhirnya juga dapat Anda bawa pulang selekasnya, lantaran mereka segera mencetaknya demikian usai difoto.

17. Gunung Duasudara, Manado 

Gunung Duasudara, Manado

Gunung yang satu ini populer unik serta mempunyai satwa unik bernama Tarsius. Tarsius sendiri yaitu type monyet kecil memiliki ukuran 15 cm, dengan mata bulat serta besar yang ukurannya nyaris 1/2 dari ukuran berwajah. Namun lepas dari hal itu, gunung yang terdapat di dekat Manado ini mempunyai keindahan yang mengagumkan serta layak untuk jadikan destinasi wisata Anda.

18. Gunung Tumpa, Manado 

Gunung Tumpa, Manado

Gunung Tumpa terdapat di kelurahan Meras, kecamatan Bunaken serta dapat ditempuh sekitaran 50 menit dari pusat kota Manado dengan angkutan darat. Di tempat ini anda dapat melihat pohon-pohon yang menghijau serta perkebunan kelapa rakyat. Waktu ada di puncak gunung, mata anda bakal dimanjakan dengan panorama kota Manado keseluruhannya. Untuk beberapa penggemar dunia fotografi, tempat ini adalah tempat harus buat anda kunjungi lantaran di tempat ini anda dapat mengabadikan pemandangan matahari waktu terbit di ufuk timur (sunrise) serta saat terbenam di ufuk barat (sunset).

19. Patung Yesus Memberkati, Manado 

Patung Yesus Memberkati, Manado

Berkunjung ke Patung Yesus Memberkati jadi satu diantara ikon kota Manado yang layak buat anda kunjungi. Patung dengan tinggi sekitaran 50 mtr. ini terdapat di lokasi perumahan elit Citraland Winangun. Jalan bypass atau Manado Ring Road membelah lokasi ini seakan jadi dua sisi. Pergilah ke segi jalan yang satunya serta janganlah cemas, lantaran meskipun terdapat di perumahan elite, Anda akan tidak dipungut bayaran.

Datang waktu pagi hari adalah saat paling baik, lantaran Anda dapat melihat siraman mentari pagi di tubuh patung waktu matahari keluar dari balik Gunung Klabat dari kejauhan. Anda dapat juga melihat panorama alam sekitaran yang tidak kalah indahnya. Sesudah senang dengan panorama matahari terbit, pergilah ke ruang patung, serta cobalah menyusuri tangga-tangga yang ada dan nikmati beragam fragmen narasi tentang kehidupan Yesus yang diatur sedemikian rupa di tempat ini.

20. Pahatan Tebing Bukit Kasih, Manado 

Pahatan Tebing Bukit Kasih, Manado

Bukit ini berjarak sekitaran 55 km dari pusat kota Manado. Bukit ini sendiri perlambang dari keselarasan umat beragama, hal itu bisa tampak dari ada 5 tempat beribadah dari 5 agama yang tidak sama. Yang fenomenal dari Bukit Kasih yaitu 2 pahatan muka di tebing. Dipercaya sebagai citra dari Dewa-Dewi Suku Minahasa yang bernama Toar serta Lumimuut. Diluar itu, disini Anda dapat juga nikmati sebagian jajan, seperti jagung bakar serta sebagian jajan yang lain.

21. Waruga Sawangan, Manado 

Waruga Sawangan, Manado

Obyek wisata di Manado ini terdapat di desa Sawangan, kecamatan Madidi, Minahasa Utara. Tempat ini yaitu taman purbakala yang melestarikan sebagian benda purbakala punya warga Minahasa, seperti kuburan batu serta benda-benda yang lain. Oya, butuh Anda ketahui, budaya orang Minahasa sendiri populer unik serta eksotis.


22. Museum Negeri Sulawesi Utara, Manado 

Museum Negeri Sulawesi Utara, Manado

Di museum ini Anda dapat lihat beragam jenis budaya serta beberapa barang unik khas Minahasa. Tidak cuma itu, musium yang terdapat di Jalan W. R. Supratman Manado ini dapat mempunyai sebagian benda unik yang lain, seperti miniatur tempat tinggal kebiasaan, pakaian kebiasaan, serta sebagian benda yang lain.

Butuh Anda ketahui, obyek wisata keren di Manado ini termasuk musium dengan koleksi terlengkap di Sulawesi, dengan keseluruhan koleksi musium sejumlah 2. 810 buah. Bila Anda ingin kesini, biayanya murah kok, Hanya Rp. 3. 000/orang.


23. Kerajinan Keramik Pulutan, Manado 

Kerajinan Keramik Pulutan, Manado

Kerajinan keramik disini populer mengahasilkan product dengan kwalitas paling baik. Selain itu, jenis serta corak keramiknya juga begitu bagus serta tak kalah dengan keramik ditempat lain. pengrajin keramik pulutan sendiri umumnya bermukim di desa Pulutan, kecamatan Remboken, kabupaten Minahasa. Bila dari Manado, tempat ini dapat berjarak lebih kurang 31 km dari pusat kota.

24. Taman Tandurusa, Manado 

Taman Tandurusa, Manado

Obyek wisata keren di Manado ini terdapat di kecamatan Aertembaga serta dapat ditempuh sekitaran 2 jam perjalanan dari pusat kota Manado. Disini, Anda bakal nikmati suasa rimbun pohon-pohon serta dapat lihat sebagian type satwa, seperti babirusa, monyet hitam, tarsius, serta sebagian type burung.

25. Taman Bunga Tomohon, Manado 

Taman Bunga Tomohon, Manado

Obyek wisata di dekat Manado ini berjarak 22 km dari pusat kota Manado, atau lebih tepatnya ada di kota Tomohon, Sulawesi Utara. Disini Anda dapat melihat himpunan bunga yang cantik dengan warna yang bermacam. Diluar itu disini juga ada budidaya bunga, jadi apabila Anda tertarik dengan sebagian type bunga, Anda dapat membelinya disini.

26. Kampung Cina, Manado 

 Kampung Cina, Manado

Di pusat kota Manado ada satu kampung Cina yang menarik untuk kita kunjungi. Diberi nama kampung Cina lantaran nyaris semuanya pedagang yang ada disini adalah keturunan etnis Tionghoa. Mereka tempati bangunan-bangunan toko tua yang di bangun mulai sejak penjajahan Belanda. Sebagian bangunannya bahkan juga masihlah dipertahankan seperti aslinya dengan arsitektur bergaya kolonial. Bila siang hari, tempat ini begitu padat dengan hilir mudik beberapa konsumen termasuk juga padatnya kendaraan.

Di kampung Cina ini dapat Anda bisa berkunjung ke klenteng tertua di Manado, Ban Hing Kiong, yang di bangun pada th. 1819 serta berdiri megah berdampingi dengan Klenteng yang lain, Kwang Kong. Bila Anda membawa kendaraan parkirlah di Taman Kesatuan Bangsa yang tidak jauh dari kampung Cina.

Wisata tempat lain :

26 Tempat Wisata Yang Wajib Di kunjungi Di Sulawesi Utara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.