Keindahan Wisata Pahatan Tebing Bukit Kasih, Manado

Posted on
Keindahan Wisata Pahatan Tebing Bukit Kasih, Manado

Orang-orang Sulawesi biasanya, serta orang-orang Minahasa pada terutama mempraktekkan satu semboyan dalam kehidupan kesehariannya. Semboyan itu berbunyi “Torang Samua Ba’saudara”, yang berarti “Kita semuanya bersaudara”. Semboyan ini dapat tercermin pada satu obyek wisata yang juga telah populer hingga ke mancanegara. Obyek wisata itu yaitu satu bukit wisata rohani, satu bukit yang ada di kaki Gunung Soputan, bernama Bukit Kasih.

Bukit ini dinamakan Bukit Kasih lantaran di bukit ini beberapa orang dari beragam agama dapat berkumpul serta berdamai. Dari semboyan yang dipunyai orang-orang Sulawesi, Bukit Kasih adalah bukit lambang perdamaian. Diluar itu juga adalah tempat yang mengingatkan kita pada kerukunan antar umat beragama.

Keindahan Wisata Pahatan Tebing Bukit Kasih, Manado

Object Wisata 

tempat beribadah bukit kasihDi puncak Bukit Kasih ini Anda bakal temukan 5 tempat beribadah dari 5 agama yang disadari di Indonesia, yakni Masjid (Islam), 2 Gereja (Katholik serta Kristen Protestan), Vihara (Budha), serta Pura (Hindu). Ke lima tempat beribadah itu dikaitkan dengan akses jalan berbentuk anak tangga. Beberapa tempat beribadah yang dikaitkan di ketinggian itu, mewakili lambang kalau penganut agama apa pun dapat hidup berdampingan dalam kerukunan. Tempat ini yaitu akhir dari perjalanan di kompleks wisata Bukit Kasih.
tugu perdamaian bukit kasih

Di dekat pintu masuk kompleks wisata ini, Anda bakal menjumpai satu monumen dengan tinggi sekitaran 22 mtr.. Monumen ini dinamakan Tugu Toleransi. Dinamakan Tugu Toleransi lantaran tugu ini berupa sisi lima, serta disetiap sisinya tedapat ukiran gambar serta lambang dan cuplikan ayat Kitab Suci dari semasing agama. Sama seperti dengan tempat beribadah di puncak Bukit Kasih, Tugu Toleransi juga menghadirkan gambar serta cuplikan ayat dari ke lima agama. Tugu Toleransi adalah monumen pengingat bakal kehidupan yang sama-sama bertoleransi antar umat beragama.
object wisata bukit kasihArea wisata Bukit Kasih ada di lokasi sumber belerang, hingga saat beralan-jalan Anda bakal menjumpai sebagian kawah yang bakal Anda lintasi. Walau demikian, pemAndangan di sekitaran bukit ini begitu asri serta hijau. Anda dapat melihat sebagian bukit nan hijau yang mengelilingi obyek wisata ini.

Keindahan Wisata Pahatan Tebing Bukit Kasih, Manado

leluhur minahasa di bukit kasihDari Tugu Toleransi menuju ke puncak Bukit Kasih, Anda bakal menjumpai jalur anak tangga yang telah disiapkan. Dari terlalu jauh Anda dapat lihat rimbunnya perbukitan. Ke lima tempat beribadah yang ada di puncak bukit juga tampak. Anda akan menjumpai pahatan muka yang besar pada dinding tebing, yang dapat juga tampak dari terlalu jauh. Muka yang terpahat pada dinding tebing itu yaitu muka nenek moyang orang-orang Minahasa, Toar serta Lumimuut. Pahatan muka ini punya maksud supaya orang-orang Minahasa tak lupa dengan nenek moyang mereka.

Jalur anak tangga yang menuju ke puncak Bukit Kasih tampak seperti ‘Tembok Cina Kecil’, apabila Anda memandangnya dari atas. Di sebagian titik, jalur anak tangga ini melalui tengah kawah belerang, hingga Anda dapat melihat Kolam belerang yang ada di samping kanan-kiri Anda. Sebagai info, rute anak tangga menuju puncak ini cukup panjang serta melelahkan. Dianjurkan supaya Anda menggunakan alas kaki yang nyaman serta aman, umpamanya sepatu. Selain itu buat persiapan juga stamina Anda, lantaran perjalanan naik yang cukup curam. Walau demikian, perjuangan menuju puncak bukit bakal terbayar, lantaran di puncak bukit bakal Anda jumpai panorama yang lebih mengagumkan.

Keindahan Wisata Pahatan Tebing Bukit Kasih, Manado

Di puncak Bukit Kasih, terkecuali ke lima tempat beribadah Anda akan temukan sebagian kolam air panas memiliki ukuran kecil, cukup untuk merendam kaki Anda sesudah perjalanan jauh. Sambil berendam Anda dapat nikmati asrinya situasi sekitaran yang dipenuhi pohon-pohon yang rimbun. Dan Anda dapat juga nikmati indahnya pemAndangan lansekap, bakal begitu menakjubkan di waktu fajar serta senja hari. Dari puncak bukit ini Anda dapat juga lihat Danau Tondano yang biru.
Di satu diantara tempat beribadah, Anda dapat meluangkan saat untuk melaksanakan ibadah sebentar. Di sini Anda bakal melaksanakan ibadah berbarengan dengan umat beragama yang lain, di mana kita bakal ingat kalau “Torang Samua Ba’sudara”.

Tempat 

Obyek wisata rohani Bukit Kasih terdapat di Desa Kanonangan, Kecamatan Kawangkoan, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. Ada di sekitaran 55 Km samping selatan Kota Manado.

Akses 

Dari Kota Manado, Bukit Kasih dapat diraih dengan memakai kendaraan darat atau angkutan umum, dengan perjalanan sekitaran 1 jam.

Harga Tiket 

Untuk dapat berkunjung ke obyek wisata ini, Anda bakal dipakai cost masik sekitaran Rp. 5. 000. Untuk Anda yang menggunakan kendaraan pribadi, ada cost penambahan berbentuk cost parkir sebesar Rp. 5. 000 – Rp. 10. 000.

Keindahan Wisata Pahatan Tebing Bukit Kasih, Manado



Sarana serta Akomodasi 

Obyek wisata Bukit Kasih mempunyai sebagian akomodasi serta sarana, seperti warung-warung yang sediakan camilan, serta sebagian kolam alami air panas. Untuk Anda yang menginginkan menginap di hotel dekat Bukit Kasih, Anda dapat menginap di hotel yang direferensikan di Kota manado, seperti Novotel Manado Golf Resort & Convention Center serta Sutanraja Hotel Convention & Recreation.

Indeks arti umum : leluhur Minahasa, obyek wisata perbukitan, cerita dibalik pahatan muka di bukit kasih, bukit kasih, obyek wisata bukit kasih kanonang.

Wisata tempat lain :

Keindahan Wisata Pahatan Tebing Bukit Kasih, Manado

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.