Menikmati Sunrise Gunung Bongkok Yang Sangat Indah di Purwakarta

Posted on
Menikmati Sunrise Gunung Bongkok Yang Sangat Indah di Purwakarta

Hari ini kita akan ngajak anda lagi ke Purwakarta. Tanah Pasundan yang umum jadikan tempat transit ini sekian waktu lalu memanglah telah pernah kita bahas sebagian object wisatanya. Tetapi, saat ini kita fokus pada satu tempat saja, yakni object wisata Gunung Bongkok.

Tiga th. paling akhir ini wisata gunung memanglah jadi incaran beberapa orang, terutama untuk mereka beberapa penggemar hiking. Dahulu, sebelumnya mendaki gunung belum sepopuler saat ini, mendaki umumnya cuma dikerjakan oleh beberapa orang yang telah memiliki pengalaman saja. Lantaran mendaki bukanlah suatu hal yang gampang, perlu keberanian tinggi untuk dapat menaklukannya. Tetapi, saat ini mendaki seakan bukanlah jadi suatu hal hal yang perlu ditakutkan : dapat dibuktikan dari bertebarannya bebrapa photo pendaki pemula baik pria ataupun wanita dari anak-anak, remaja, dewasa sampai orang-tua di media sosial.

Gunung Bongkok sendiri yaitu gunung yang didominasi oleh bebatuan. Terdapat di Cikandang, Purwakarta. Tingginya yang cuma 975 mdpl, bikin Gunung Bongkok pas sekali untuk beberapa pendaki pemula. Biasanya, pendakian menuju puncak mengonsumsi saat sekitaran 1, 5 jam. Dianjurkan pendaki mesti tetaplah siaga serta hati-hati, lantaran gunung ini mempunyai medan yang cukup curam serta terjal, terlebih dititik 700 mdpl, 800 mdpl serta 950 mdpl. Serta jalur itu jadi begitu licin waktu turun hujan.

Gunung Bongkok mempunyai pesona sunrise yang menakjubkan. Mempunyai dua puncak yakni Puncak Datar serta puncak Batu Tumpuk. Ke-2 puncak ini keduanya sama mempunyai pesona yang mengagumkan sekali indahnya. Sesampainya di puncak, anda dapat nikmati serasi cantik dari landscape kota Purwakarta yang memukau : Gunung Parang serta waduk Jatiluhur. Bila anda menginginkan selfie atau bebrapa photo di puncak Batu Tumpuk, anda mesti siap mengantri, lantaran puncak Batu Tumpuk ini cuma dapat menyimpan 30 orang saja. Untuk menghidari hal itu, baiknya janganlah kesini waktu akhir minggu atau hari libur.


Sarana yang ada di Gunung Bongkok 

Sebagian sarana yang dapat anda nikmati ditempat ini yakni ; tali untuk menolong pendakian, gardu pandang serta layanan penyewaan saung untuk yang menginginkan camping. Untuk penyewaan saung ini disiapkan untuk beberapa pendaki yang menginginkan camping namun tidak membawa tenda, harga sewa sebesar Rp. 10. 000. Untuk gardu pandang sendiri ada di titik 666mdpl, tepatnya di pos munclu. Gardu pandang ini umum jadikan spot untuk untuk bebrapa photo sambil nikmati angin sepoi-sepoi serta panorama alam sekitaran.

Rute menuju Gunung Bongkok 

Untuk menuju Gunung Bongkok, anda dapat segera tancap gas menuju Purwakarta, lantas teruskan menuju Plered. Nah dari Plered, teruskan lagi perjalananmu menuju Cikandang hingga tiba di Pos Munclu. Sesudah tiba di Pos Munclu, teruskan perjalananmu untuk hingga puncak dengan jalan kaki. Untuk dapat hingga ke Post Munclu, anda dapat memakai kendaraan umum ataupun pribadi, baik kendaraan roda dua ataupun roda empat.

Untuk kamu yang menginginkan lakukan pendakian ke Gunung Bongkok, baiknya cermati beberapa tips tersebut :

  • Lantaran gunung bangkok mempunyai medan yang curam serta terjal, yakinkan keadaan fisikmu dalam kondisi sehat. Lantaran sistem pendakian pastinya bakal memerlukan banyak tenaga. 
  • Pakai sandal atau sepatu yang spesial untuk mendaki gunung, serta yakinkan kakimu memakai alas kaki gunung yang nyaman serta cocok. 
  • Sebelumnya pergi, teliti lagi peralatan pendakianmu jangan pernah ada barang yang kelupaan. Dianjurkan janganlah sangat membawa banyak barang, bawa saja beberapa barang sekedarnya yang sesuai sama keperluan pendakianmu. 
  • Bila menginginkan bebrapa photo, yakinkan batre hp serta kameramu dalam kondisi full. Jika memang perlu bawa batre cadangan atau powerbank. 
  • Janganlah buang sampah asal-asalan. Janganlah kotori alam sekitaran. Janganlah rusak keindahan alam sekitaran dengan sampah-sampah yang dibuang asal-asalan. “Jika anda melindungi alam, jadi alam bakal menjagamu. ” 

Walau mempunyai ketinggian dibawah 1000 mdpl, tetapi keindahan Gunung Bongkok berhasil menyihir beberapa penggemar hiking. Saat paling baik ada ditempat ini yakni sore, malam serta pagi hari. Waktu malam hari, anda bakal disajikan oleh panorama langit yang menawan sekali. Waktu pagi harinya, anda bakal disajikan oleh pesona sunrise yang epic sekali. Oke deh, mudah-mudahan berguna info tentang Gunung Bangkok di purwakrta ini. Selamat hikking rekan-rekan. Serta tidak ada bosan-bosannya untuk mengingatkan : tetaplah jagalah kebersihan serta kelestarian alam sekitaran.

Menikmati Sunrise Gunung Bongkok Yang Sangat Indah di Purwakarta

Menikmati Sunrise Gunung Bongkok Yang Sangat Indah di Purwakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.