Rute Menuju Taman Nasional Wakatobi Tenggara Dengan Mudah

Posted on
Rute Menuju Taman Nasional Wakatobi Tenggara Dengan Mudah

Taman Nasional Wakatobi, Adalah satu diantara 50 taman nasoinal di Indonesia, terdapat dikabupaten Wakatobi – Sulawesi Tenggara. Taman nasional keseluruhan ruang 1, 39 juta ha, menyangkut keanekaragaman hayati laut, taraf serta keadaan karang tempati posisi prioritas paling tinggi dari konservasi laut di Indonesia. Kedalaman air di taman nasional ini beragam, sisi terdalam meraih 1 Kilo mtr. dibawah permukaan air laut, TN Wakatobi sekarang ini jadi pusat riset bawah laut Dunia.

Taman Nasional Wakatobi terbagi dalam empat pulau besar, yakni : Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, serta Binongko yang ada di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara.Gugusan terumbu karang bisa didapati beberapa ratus type dari beberapa puluh famili yang terdapat di selama beberapa ratus km garis pantai. Di sebagian tempat di selama karang, ada banyak gua bawah laut.Mempunyai nyaris seratus spesies ikan yang berwarna warni. raja udang erasia serta sebagian type penyu yang kerap bertelur di pantai.Beragam type burung laut yang bertengger di karang seperti : angsa-batu coklat serta cerek melayu terbang ke laut untuk berburu ikan.

Ke tempat Taman Nasional Wakatobi, baiknya lewat Bau-bau, lalu ke Lasalimu memakai kendaraan roda empat dengan saat tempuh sekitaran dua jam. selanjunya ke Pulau Wangi wangi – Wanci (Ibu Kota Kabupaten Wakatobi) perjalanan ditempuh memakai kapal laut dengan saat tempuh sekitaran satu jam perjalanan.

Pulau Wangi-wangi ini yaitu Pintu Gerbang Taman Nasional Wakatobi.
Ke Pulau Kaledupa, dari Wangi-Wangi, menuju Pulau Kaledupa dengan satu kapal pinisi.
Ke Pulau Hoga, dari Pulau Kaledupa menyeberang ke Pulau Hoga perjalanan sekitaran 30 menit
Ke Pulau Tomia, dari Pulau Kaledupa ke Pulau Tomia perjalan sekitaran 3 jam.
Ke Pulau Binongko, dari Pulau Tomia ke Pulau Binongko. dengan perahu cepat sekitaran 1 jam

Pulau Wangi-wangi 
Didapati sebagian resort yang dengan cara spesial menyewakan sebagian sarana untuk aktivitas menyelam. Pulau ini adalah pintu gerbang Taman Nasional Wakatobi. Di Wangi-Wangi direncanakan di bangun Bandara Matahora.

Wangi-Wangi di kenal sebagai daerah penyuplai barang sisa impor bernilai miring, juga ada Masjid Liya di Wangi-Wangi. Masjid tertua sesudah Masjid Keraton Buton di Pulau Buton. Letak masjid ini diatas bukit, di dekat Benteng Liya Togo. Tak jauh jauh dari benteng, ada makam Talo-Talo, raja kecil, sisi Kesultanan Buton. Talo-Talo dalam bhs setempat bermakna “Jagoan”
Satu aktivitas ritual kebiasaan Posepa yang diadakan tiap-tiap Idul Fitri, sejenis tawuran massal yang disudahi dengan sama-sama ber bermaaf-maafan

Pulau Kaledupa 
Di Kaledupa ada Karang Kaledupa, table coral (karang berupa meja) memiliki ukuran 2-3 meter

Pulau Hoga 
Pulau Hoga yaitu satu diantara tempat favorite penyelam profesional dalam serta luar negeri. serta pada bln. Juni-Agustus begitu banyak pengunjung, terlebih Mahasiswa dari Eropa serta Amerika yang mempelajari biota laut Ada sekitaran 200 penginapan simpel, berupa tempat tinggal panggung kecil dari kayu, menyebar di beberapa pulau. Pantainya begitu indah berpasir putih diiringi dengan nyiur melambai serta begitu bersih. Dari atas dermaga terlihat pemandngan dibawah Air laut yang jernih tampak ikan warna-warni bermain di celah terumbu

Satu dive site atau website penyelaman yang terdapat pada Pulau Hoga serta Kaledupa.
Menyelam sampai kedalaman 20 mtr. memakai baju selam (wet suit), sepatu katak (fin), masker, serta tabung oksigen, atau cuma kacamata snorkel dengan selang menjulur ke atas untuk nyemplung ke laut. Terlihat surga” bawah laut. Karang warna-warni menggerombol disana-sini. Anemon fish atau ikan badut bermain di sela-sela karang lembut anemon yang jadi tempat tinggal mereka.

Terkecuali Hoga Channel, ada sekitaran 20 website penyelaman menyebar di perairan Wakatobi. Website Pinnacle, di dekat Pulau Hoga. Di Kaledupa ada Karang Kaledupa, table coral (karang berupa meja) memiliki ukuran 2-3 mtr. serta di Pulau Tomia ada Karang Mari Mabuk. serta tiap-tiap website ini miliki kekhasan semasing.

Susunan karang terindah di Pinnacle, karangnya bergunung-gunung, sesuai sama namanya, Pinnacle atau “puncak”. Tempat ini dapat jadi habitat ikan barracuda yang khas. Ikan berupa lonjong seperti peluru serta bisa meluncur amat cepat, ikan barracuda hidupnya bergerombol. didapati juga pygmy, kuda laut memiliki ukuran begitu kecil.

Pulau Tomia 
Terkecuali Snorkeling di Tomia. jalan jalan ke Benteng Patua. sebagian bekas meriam kuno masihlah terpasang, Jomba Katepi satu Sumur berlubang kecil sedalam kian lebih 100 mtr., konon untuk menceburkan beberapa orang hukuman.

Pulau Biningko
Pulau Binongko tempat kehidupan orang-orang pintar besi.
Diperairan Binongko, bisa pula diketemukan beberapa ikan lumba-lumba beriringan yang kerap melewati motor laut

Wakatobi Dive Resort. Resor begitu eksklusif bangun Bandar Hawa Maranggo trans Wakatobi Bali hebat

Wisata tempat lain :

Rute Menuju Taman Nasional Wakatobi Tenggara Dengan Mudah

2 thoughts on “Rute Menuju Taman Nasional Wakatobi Tenggara Dengan Mudah

  1. Terimakasih banget infonya min, saya tertarik buat kesana ke baubau… bulan ini saya kesana deh, kalau ada waktu mungkin mampir juga ke wakatobi… kira kira berapa jam ya dari bau bau ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *