Rute Menuju Wisata Air Panas Sipatn Lotup di Kalimantan Barat

Posted on

Sumber air panas Ai Sipatn Lotup jadi unik sebab tak beberapa sumber air panas di pulau Kalimantan. Seperti juga sumber air panas Hantakan di Kalimantan Selatan, air panas Sajau di Kalimantan Timur, air panas Seburuk di Kalimantan Barat serta Poring Hot Spring di Sabah Malaysia, dengan cara geologis pulau Kalimantan tak memiliki gunung berapi hingga sumber air panas itu datang dari mata air yang dipanaskan oleh panas bumi (geotermal).

Seperti di ketahui, makin dalam letak batu-batuan didalam perut bumi, makin bertambah juga temperatur batu-batuan itu. Air merembes kedalam kerak bumi yang begitu dalam, serta dipanaskan oleh permukaan batu yang panas. Air yang telah dipanaskan keluar berbentuk sumber air panas.

Rute Menuju Wisata Air Panas Sipatn Lotup di Kalimantan Barat

Sedikit literatur tentang sumber air panas ini. Namun di ketahui Ai Sipatn Lotup datang dari bhs dayak setempat. Ai berarti air, Sipatn berarti menaruh, Lotup berarti meletup/bergelembung akibat panas/mendidih, hingga Ai Sipatn Lotup berarti area untuk menyimpan air panas/kolam air panas. Kolam ini terdapat di Desa Jangkang, Kecamatan Balai Sebut, Kabupaten Sanggau, Propinsi Kalimantan Barat, sekitaran 6 jam perjalanan dari Pontianak, Ai Sipatn Lotup termasuk juga andalan wisata Kabupaten Sanggau. Tetapi belum banyak yang tahu potensi wisata ini, hingga sedikit yang berkunjung ke sumber air panas yang unik ini.

Pemda setempat nampaknya telah mengemas tempat air panas yang memiliki temperatur pada 52 – 55 derajat Celcius itu jadi tempat yang layak untuk dikunjungi. Kolam pemandian air hangat serta sarana umum penunjang sudah di bangun. Tetapi akses jalan menuju tempat masihlah berbentuk jalan tanah, hingga susah dilalui pada musim penghujan. Walau demikian rasakan sensasi berendam air hangat yang cukup langka di pedalaman Kalimantan ini layak di cobalah.

Rute Menuju Wisata Air Panas Sipatn Lotup di Kalimantan Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *