Rute Wisata Taman Laut Nasional Bunaken Sulawesi Utara

Posted on
Rute Wisata Taman Laut Nasional Bunaken Sulawesi Utara

Beberapa traveler dimana saja ada, pada saat ini kembali Twisata bakal membahas tentang destinasi wisata yang ada di Indonesia, tepatnya di Propinsi Sulawesi Utara yakni Taman Nasional Bunaken. telah pernah mendengar obyek wisata ini bukan?. untuk Anda yang belum pernah mendengar atau tahu lebih jauh tentang obyek wisata ini artikel yang berjudul Objek Wisata Taman Nasional Bunaken Wisata Taman Laut Terpopuler ini bakal memberi info yang dapat Anda menjadikan rujukan sebelumnya pergi ke obyek wisata ini. ok kita segera saja.

Taman Nasional Bunaken adalah obyek wisata yang ada di Teluk Manado – Sulawesi Utara dengan luas sekitaran 8, 08 km persegi, obyek wisata ini adalah satu diantara sisi dari pemeritahan kota Manado yang disebut ibukota Sulawesi Utara. disini ada satu Taman Laut yang begitu indah yang ada di sekitaran pulau Manado Tua (Mantehage serta Siladen). untuk nikmati situasi bawah laut Bunaken Anda mesti menyelam dalam serta bergerak ikuti irama ombak yang mengalir.

Rute Wisata Taman Laut Nasional Bunaken Sulawesi Utara

Gambar Taman Laut BunakenPesona alam bawah laut yang mengagumkan akan anda dapatkan di sini, ada sekitaran 13 type terumbu karang yang menjulang terjal vertikal kebawah sedalam sekitaran 25 – 50 mtr.. Anda akan dimanjakan dengan panorama yang disuguhi oleh sekitaran 91 species ikan yang ada di Taman Laut Bunaken. diantaranya koi putih (Seriola rivoliana), gusimi lokal (Hippocampus), nila gasi (Scolopsis bilineatus), goropa (spilotocepsep hinephelus serta hypselosoma Pseudanthias), lolosi ekor kuning (Lutjanus kasmira), serta banyak yang lain. bukan sekedar itu di sini banyak juga diketemukan moluska seperti ikan kepala kambing (Cassis cornuta), nautilus (Nautilus pompillius), kima raksasa (Tridacna gigas) serta tunikates atau askidian.

Untuk beberapa Traveler yang suka pada scuba diving, tempat ini yaitu satu diantara pas paling baik untuk lakukan aktivitas itu. ada sekitaran 20 titik yang dapat dipakai untuk penyelaman, di mana Anda bakal memperoleh peluang untuk berenang dalam laut dengan disekelilingi bermacam biota laut yang begitu menakjubkan.

Histori Wisata Bunaken 

Bunaken yang satu ini dapat begitu populer seperti saat ini karena keindahan taman lautnya, wisata ini diketemukan pada th. 1975, serta jadikan satu tempat wisata andalan Sulawesi Utara. sebenarnyawilayah dari bunaken sudah ditempati oleh masyarakat sejak th. 1400, serta masyarakat yang pertama kalinya menghuni tempat ini adalah imigran dari kerajaan Bowontehu (Manado Tua) dan lokasi yang dihuni mencakup pulau Bunaken, Mantehage, Siladen, Naen, Talise, pulau Bangka, Gangga serta lokasi pesisir utara semenanjung Minahasa

Rute Wisata Taman Laut Nasional Bunaken Sulawesi Utara

Pada th. 1850 an, orang-orang yang menempati Tanjung Parigi beralih ke Arah Tenggara yang letaknya di pinggir pantai serta pas bertemu dengan Kota Manado sendiri. lalu orang-orang itu membangun satu negeri yang oleh mereka dinamakan “Wunakeng” yang disebut singkatan dari nama “Kinawungakeng”, kata Kinawunakeng sendiri memiliki makna rumah. Lalu pada perubahannya, kata” Wunakeng ” sendiri ditukar jadi Bunaken yang disebut singkatan dari “Pamunakeng” yang memiliki makna tempat mendarat dari satu perahu.

Rute Wisata Taman Laut Nasional Bunaken Sulawesi Utara

Pada awalnya Taman Nasional Laut Bunaken diketemukan oleh sekolompok penyelam dari Kota Manado yang coba lakukan aktivitas ekspedisi penyelaman ditempat ini yang dikerjakan pada th. 1975. Serta ketika mereka lakukan aktivitas penyelaman, nelayan setempat memperingatkan pada beberapa penyelam itu kalau tempat yang mereka selami terdapat banyak roh jahat, walau demikian beberapa penyelam tadi tak gentar serta selalu lakukan aktivitas penyelaman. sesudah mereka menyusuri tempat di bawah air laut Bunaken, penyelam – penyelam tadi temukan tumbuhan laut di dinding karang masihlah murni serta ikan – ikan langka, yang bikin mereka terkagum – mengagumi akan lihat panorama yang begitu fantastis itu. sejak tersebut Bunaken jadi obyek wisata yang begitu menakjubkan di Sulawesi Utara. lalu pada th. 1991 tempat ini jadi satu diantara Taman Nasional di Indonesia serta pada th. 2005 Taman Nasional Bunaken jadi satu diantara website warisan dunia sesudah didaftarkan ke UNIESCO.

Rute Perjalanan Menuju Ke Taman Nasional Bunaken 

Untuk mencapai ke lokasi wisata Taman Nasional Bunaken sangat muda. Jika Anda lakukan perjalanan lewat hawa, Anda dapat segera transit di Bandar Hawa Internasional Sam Ratulangi yang ada di Kota Manado. di mana bandar hawa ini tersambung dengan kota – kota besar yang lain di lokasi Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Makasar, Balikpapan serta Denpasar Bali. diluar itu untuk Anda yang datang dari luar negeri seperti Malaysia, Singapura, Filipina dapat juga segera transit di Bandara ini.

Rute Wisata Taman Laut Nasional Bunaken Sulawesi Utara

Lalu dari Bandara Sam Ratulangi perjalanan Anda dilanjutkan ke Kota Manado dengan memakai transportasi taksi, dari Kota Manado ke Pulau Bunaken sendiri, perjalanan dilanjutkan melalui pelabuhan yang ada Manado menuju Marina Blue Banter serta Marina Nusantara Diving Centre (NDC) di Kecamatan Molas, saat yang ditempuh lebih kurang sekitaran 30 menit. setelah tiba di Marina Blue Banter masihlah dibutuhkan 10 hingga 15 menit perjalanan dengan memakai kapal pesiar menuju ke tempat penyelaman, semantara jika Anda melalui Marina Nusantara Diving Centre (NDC) memerlukan saat 20 menit. Diluar itu alternatif lain untuk hingga ke Pulau Bunaken dari Manado, Anda dapat memakai transportasi kapal yang dapat Anda sewa dari Marina serta Pasar Bersehati

Rute Wisata Taman Laut Nasional Bunaken Sulawesi Utara

Lalu untuk permasalahan ticket masuk ke lokasi wisata Taman Nasional Bunaken, Anda dapat mendapatkannya dengan beli di kota Manado tepatnya di Kantor Taman Nasional Bunaken, diluar itu Anda dapat juga mendapatkannya di sebagian counter penjualan ticket yang ada di desa Liang (Pulau Bunaken) atau di Siladen

Aktivitas Wisata di Lokasi Pulau Bunaken

Aktivitas yang dapat dikerjakan di pulau Bunaken umumnya yaitu snorkeling atau menyelam, supaya Anda bisa nikmati pesona keindahan Bunaken dengan cara utuh serta terang, di sini ada lebih kurang 23 tempat penyelaman yang dapat Anda kunjungi. Untuk Anda yang berkemauan untuk lakukan snorkeling tak perlu bingung serta ribet untuk membawa perlengkapan penyelaman lantaran di sekitar sini sudah banyak penyedia alat – alat selam yang dapat Anda sewa pastinya dengan harga terjangkau kisaran Rp. 100 ribu untuk sehari.

Rute Wisata Taman Laut Nasional Bunaken Sulawesi Utara

Panorama bawah laut Bunaken yang begitu menakjubkan benar-benar sangat sayang untuk ditinggalkan demikian saja, beragam type spesies terumbu karang yang begitu mengagumkan dengan memiliki bentuk yang unik membuat lekukan lekukan indah bikin mata Anda bakal terpukau olehnya, selain itu keindahan yang dibuat dari terowongan – terowongan mungil yang ada di bawah laut, jadikan tempat ini surga bawah laut yang tidak mungkin diketemukan di tempat lain. mengenai tempat penyelaman paling baik yang ada di sekitaran Bunaken serta Manado Tua yaitu seperti berikut.

1. Bunaken Timor 

Bunaken Timor adalah satu diantara tempat snorkeling yang direferensikan, walau demikian butuh diingat tempat ini mempunyai arus bawah laut yang kuat. Anda bakal sangat banyak temukan species ikan yang hidup dikawasan ini. Diluar itu sebagian type terumbu karang juga menghiasi pesona bawah lautnya meskipun mungkin saja tak se-spektakuler yang lainya. Walau demikian Anda dapat melihat kehidupan pari elang, hiu, penyu, serta sebagian ikan besar yang berenang semakin kemari, bukan sekedar itu panorama yang disuguhi oleh juntaian rumput laut dan gua-gua kecil yang menghiasi dinding – dindingnya bakal menghipnotis siapapun yang melihat panorama tempat ini.

2. Mandolin 

Mandolin adalah satu taman laut yang memiliki dinding serta puncak karang yang ditempati oleh beberapa ribu ikan ikan yang hidup bergerombolan seperti unicornfish, surgeonfish, bannerfish, serta ikan penembak. Ikan – ikan di sini begitu jinak hingga gampang sekali untuk didekati.

3. Muka Gereja 

Sama dengan tempat snorkeling lainya di Bunaken, Muka gereja adalah tempat yang begitu indah yang sayang sekali untuk ditinggalkan di sini banyak juga ada beberapa ribu ikan yang ada di perairan dangkal dan palung – palung yang terbentang menuju ke dinding – dinding laut.

4. Puncak Barakuda 

Puncak Barakuda adalah satu diantara tempat snorkeling paling jauh yang terdapat di barat laut Bunaken. di tempat ini Anda bakal temukan Segerombolan Barakuda raksasa yang berenang diantara ikan tuna serta ikan jack. Oleh karenanya tempat ini dimaksud dengan Puncak Barakuda.

5. Reruntuhan kapal di Manado 

Tempat setelah itu yaitu Reruntuhan Kapal di Manado, Kapal panjang yang memiliki ukuran 60 m ini ada dibawah laut dengan kedalaman 78 kaki atau sekitaran 23 m dibawah laut. Konon kapal ini dulunya yaitu kapal punya pedagang Jerman yang terbenam pada th. 1942 di dekat Pantai Molas. Kapal ini terbelah di bagian tengahnya hingga memerlihatkan ruangan kemudi dan pegangan kargonya, di tempat ini jarak pandang yang dapat dijangkau sekitaran 10 hingga 15 m.

6. Siladen 

Tempat snorkeling setelah itu yaitu Siladen. tempat ini memiliki dinding – dinding karang yang halus dan membuat panorama yang indah serta bakal tampak hidup saat arus datang. Tempat Laut dangkalnya memerlihatkan keindahan sendiri dengan ikan-ikan serta schooling snappers.

7. Tanjung kopi 

Tempat lainya yang dapat jadikan maksud penyelaman yaitu Tanjung Kopi. Tanjung Kopi adalah satu tembok kecil yang banyak juga di huni oleh segerombolan ikan barakuda serta ikan sweetlip. di tempat ini jarak pandang di tempat air dangkal kurang demikian baik, namun yang bikin menarik tempat ini yaitu banyak jumlah ikan yang dapat Anda amati. satu diantara contoh species ikan yang hidup ditempat ini yaitu Ikan Nudi branch serta Ikan Api Gobi.

8. Tembok Lekuan (I, II, III) 

Tembok Lekuan (I, II, III) adalah satu tembok panjang yang ada di Bunaken, tempat ini terdiri jadi tiga tempat tempat yakni Lekuan I, II, serta III. Ketiga – tiganya mempunyai satu taman laut yang dapat disebutkan paling baik dari tempat – tempat lain di Bunaken. Tembok Lekuan mempunyai dinding – dinding yang curam dan celah – celah dinding yang dalam, bukan sekedar itu di sini Anda bakal menjumpai kipas angin laut serta spons raksasa dan lokasi-lokasi yang dangkal serta dipenuhi oleh ikan Kakak Tua Besar yang bergerombol berombongan dan penyu – penyu yang hidup di lokasi ini.

Rute Wisata Taman Laut Nasional Bunaken Sulawesi Utara

Panorama indah yang disuguhi di lokasi Bunaken tidaklah itu saja, namun Anda dapat juga nikmati pesona keindahan di permukaan yang disuguhi oleh keelokan lima pulau yang ada di lokasi Taman Nasional Bunaken. di antara lima pulau itu yaitu pulau Bunaken, Manado Tua, Siladen, Mantehage serta Nain. diluar itu Anda dapat juga nikmati wisata budaya suku Bajo yang tinggal di sini. Untuk Anda pencinta burung cagar alam Tangkoko Dua Sudara Nature dapat jadikan maksud wisata Anda di Bunaken.

Oleh – Oleh Khas Bunaken 

Oleh – Oleh yang dapat Anda peroleh jika Anda bertandang nikmati keindahan alam Bunaken umumnya adalah oleh – oleh khas Manado, Mengenai oleh – oleh itu salah satunya yaitu seperti berikut :

  1. Kacang Goyang. 
  2. Klapertaart. 
  3. Kue Lampu-Lampu. 
  4. Kue Balapis Manado. 
  5. Dodol Manado. 
  6. Cakalang Fufu. 
  7. Halua Kenari. 

Tersebut sebagian Oleh – Oleh Khas Bunaken yang dapat Anda dapatkan jika bertandang ke Lokasi Wisata Taman Nasional Bunaken

Rute Wisata Taman Laut Nasional Bunaken Sulawesi Utara

Panduan Berwisata Ke Bunaken 

Berwisata ke Bunaken benar-benar sangat menarik sekali, walau demikian jika Anda belum pernah berkunjung ke tempat ini pastinya belum memiliki strategi – strategi sendiri supaya bisa nikmati keindahan alamnya dengan seutuhnya, di bawah ini Twisata bakal membagikan panduan – panduan berwisata ke Bunaken.

1. Tentukan Bln. Kunjungan Anda Pada Bln. Mei – Agustus 

Mengapa pilih bln. Mei – Agustus jika bakal berkunjung ke Taman Nasional Bunaken?. lantaran pada bln. – bulang itu keadaan air laut di sekitar kepualauan Bunaken begitu jernih serta suhunya yang hangat, keadaan ini begitu sangat baik untuk lakukan aktivitas penyelaman lantaran jarak pandangnya yang dapat dijangkau dapat optimal. Walau demikian pada bln. – bln. pada Desember hingga Januari keadaan air laut tengah gunakan serta air leutpun kotor yang disebabkan banyak sampah yang terbawa arus, hingga kurang demikian bagus jika lakukan aktivitas penyelaman. serta jika Anda bertandang pada bln. Oktober Anda bisa melihat Festival Bunaken yang diadakan oleh pemerintah setempat.

2. Rencanakan Berlibur Anda Jauh – Jauh Hari 

Umumnya dari wisatawan yang berkunjung ke Bunaken memanglah pilih rawan bln. pada Mei – Agustus, hal itu menyebabkan banyak operator serta resort yang telah tak terima wisatawan masuk lagi, karena pemesanan yang telah penuh, oleh karenanya untuk Anda yang punya niat berkunjung ke tempat ini upayakan berencana jauh – jauh hari dengan pesan akomodasi serta peralatan untuk berwisata ke Bunaken.

3. Bawalah Duit Tunai 

Membawa duit tunai begitu dianjurkan jika Anda berwisata ke lokasi Taman Nasional Bunaken, hal itu akan memudahkan Anda jika bakal bertransaksi umpamanya untuk menyewa perlengkapan selam, untuk menyewa photo bawah laut serta lain sebagainya, untuk pembayaran dengan memakai kartu credit maupun kartu debet begitu susah untuk dikerjakan lantaran umumnya masihlah belum terima jenis pembayaran seperti itu disana.

4. Jaga Kebersihan Lingkungan 

Wisata Taman Laut Bunaken adalah obyek wisata yang butuh dilestarikan, hal itu dapat terwujud jika kita minimum dapat melindungi kebersihan lingkungan serta tak mengakibatkan kerusakan kelestarian alamnya. Di sini Anda bakal banyak temukan papan – papan yang diisi himbauan – himbauan untuk melindungi kebersihan serta kelestarian lingkungan. sebagai fasilitas untuk mengingatkan beberapa wisatawan lantaran tingkah laku pengunjung yg tidak seutuhnya bisa termonitor oleh petugas di sana.

Rute Wisata Taman Laut Nasional Bunaken Sulawesi Utara

Tersebut penjelasan tentang keindahan Taman Nasional Bunaken, mudah-mudahan penjelasan tadi dapat berguna untuk Anda yang bakal berkunjung ke keindahan taman laut yang satu ini.

Wisata tempat lain :

Rute Wisata Taman Laut Nasional Bunaken Sulawesi Utara

Rute Wisata Taman Laut Nasional Bunaken Sulawesi Utara

2 thoughts on “Rute Wisata Taman Laut Nasional Bunaken Sulawesi Utara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.