Wisata Keindahan Alam Gunung Duasudara, Manado

Posted on
Wisata Keindahan Alam Gunung Duasudara, Manado

Gunung Dua Saudara dengan Puncak Kembar yang Menawan. Menjelajahi Kota Bitung, Sulawesi Utara, tak komplit rasa-rasanya bila tak nikmati keindahan satu gunung cantik dengan puncak kembar di atasnya. Lantaran puncak kembar tersebut, gunung ini memperoleh sebutan Gunung Dua Saudara.

Gunung Dua Saudara yang jadikan obyek wisata ini terdapat di Kelurahan Madidir Unet, Kecamatan Madidir, sekitaran 12 km dari pusat kota Bitung. Gunung Dua Saudara ini adalah gunung non aktif yang ada di samping timur Gunung Klabat, gunung yang bertemu segera dengan Cagar Alam Tangkoko Batuangus.

Keindahan dua puncak Gunung Dua Saudara ini bakal tampak terang dari pesisir Selat Lembeh. Menskipun lanskapnya begitu mengesankan untuk beberapa wisatawan, tetapi masihlah tidak sering pendaki yang menginginkan mengalahkan gunung setinggi 1. 351 m dpl ini.

Wisata Keindahan Alam Gunung Duasudara, Manado

Lereng kaki Tempat Wisata Gunung Dua Saudara ini dipenuhi oleh pohon enau yang berniat ditanam oleh Pemerintah Kota Bitung. Maksud intinya tidak lain yaitu untuk kelestarian lingkungan lantaran menurut Teori Wallace, Tangkoko, serta Gunung Dua Saudara adalah lokasi yang dilalui hembusan angin panas dari selatan ke utara. Bila tak ada penghambat, jadi angin panas bakal segera menghantam Kutub Utara hingga es bakal mencair.

Komoditi paling utama dari perkebunan warga yaitu jagung, ubi, kelapa, serta pisang. Product perkebunan yang lain seperti pohon rotan, beringin, rimba jati, serta ilalang yang ditempati oleh hewan endemik Sulawesi seperti tarsius, burung maleo, serta kuskus juga ikut meghiasi keanekaragaman satwa di kaki gunung ini.
Transportasi

Jarak 44 km dari Manado ke Bitung, bisa anda tempuh dengan memakai mobil pribadi atau bus umum dari terminal Paal Dua atau Terminal Karombasan. Alternatif yang lain bisa memakai taksi dengan tarif sekitaran Rp 200 ribu. Dari Kota Bitung ke Desa Batu Putih, mikrolet dengan jurusan Terminal Girian dengan tarif Rp 2. 500 bisa anda tempuh sepanjang 10 menit
Kegiatan

Wisata Keindahan Alam Gunung Duasudara, Manado

Walau namanya belum popular, Gunung Dua Saudara jadi primadona untuk pendaki lokal. Tak perlu izin spesial untuk mendaki gunung kembar ini, anda cuma dikenai cost masuk serta cost pemandu sebesar Rp 85. 000, – untuk wisatawan mancanegara, serta Rp 75. 000, – untuk wisatawan lokal. Anda bisa lakukan pembayaran di pos I yaitu bertempat di Cagar Alam Tangkoko-Dua Saudara, Desa Batu Putih.

Bila perjalanan tengah meraih rimba lumut, itu mengisyaratkan kalau puncak telah dekat. Di puncak tesebut, anda dapat bisa lihat barak sisa yang dahulu jadikan tempat latihan TNI AD.
Panduan

Wisata Keindahan Alam Gunung Duasudara, Manado

Gunung ini tak mempunyai jalur pendakian yang tetaplah. Oleh karenanya, begitu dianjurkan untuk membawa alat navigasi seperti kompas serta peta, juga persediaan air yang cukup untuk dipakai sepanjang dalam perjalanan. Cermati juga serangan serangga, janganlah terus-terusan buka tenda waktu menginap disana.


Wisata tempat lain :

Wisata Keindahan Alam Gunung Duasudara, Manado

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.