11 Tempat Wisata Menarik di Bangka Belitung Harus Dikunjungi

Posted on

Keindahan obyek wisata di Bangka Belitung terdapat pada pesona wisata baharinya yang menawan hati. Propinsi yang disebut paduan dari dua buah kepulauan, yaitu Bangka serta Belitung, mempunyai banyak pantai yang menakjubkan dengan ciri-ciriistik bebatuan granit yang khas serta permukaan pantai yang landai. Terkecuali pantainya yang indah, ada banyak pulau yang menarik untuk dikunjungi di lokasi kepualauan ini, umpamanya Pulau Lengkuas serta Pulau Memperak di Belitung.

Bangka Belitung (Babel) yaitu lokasi kepulauan dengan 470 buah pulau serta cuma ada 50 pulau yang sudah berpenghuni. Berikut sebab begitu potensi wisata bahari yang ada disana dapat menyuguhkan Anda pengalaman wisata bahari yang terkesan, seperti snorkeling, memancing, sampai berlayar.

Daerah kepulauan yang populer sebagai penghasil timah paling besar di Indonesia ini dapat ditempati oleh orang-orang Indonesia dari etnis China dengan komposisi meraih 20% dari keseluruhan populasi di Bangka Belitung. Yaitu hal yang wajar apabila Anda bakal menjumpai banyak kelenteng di Babel yang masihlah dipakai sebagai tempat beribadah ketika mengelilingi sebagian obyek wisata Bangka Belitung.

Tempat Wisata di Bangka Belitung 

Dikumpulkan dari beragam sumber, di bawah ini yaitu beberapa obyek wisata di Bangka Belitung paling menawan serta pantas Anda kunjungi.

1. Gunung Menumbing 

11 Tempat Wisata Menarik di Bangka Belitung Harus Dikunjungi

Terdapat di daerah Mentok pada arah Barat Laut Pulau Bangka, Gunung Menumbing ini mempunyai ketinggian sekitaran 355 mtr. dpl. Di Gunung Menumbing jugalah adalah tempat pengasingan Bung Karno serta Bung Hatta oleh Belanda pada th. 1948-1949 di Pulau Bangka.

Ada satu wisma yang masihlah tertangani sampai saat ini sebagai tempat dimana Proklamator RI itu diasingkan.

Wisma pengasingan ini dijaga oleh keluarga yang yaitu juga Abdi Dalam Keraton Yogyakarta dari generasi ke generasi yang dari pertama mempunyai tanggung jawab untuk melindungi Bung Karno serta Bung Hatta sepanjang pengasingan di Bangka.

Alamat Gunung Menumbing : Desa Air Belo, Mentok, Kab. Bangka Barat, Bangka Belitung

2. Pantai Parai Tenggiri 

11 Tempat Wisata Menarik di Bangka Belitung Harus Dikunjungi

Berjarak sekitaran 40 km dari ibukota Propinsi Bangka Belitung, Pangkalpinang, Pantai Parai Tenggiri yaitu pantai paling indah di Bangka Belitung dengan ciri-ciri ombak yang lembut serta permukaan yang landai. Pantai Bangka yang satu ini mempunyai pemandangan yang eksotis dengan hamparan batu granitnya yang khas. Seperti pantai Bangka yang lain, pantai Parai Tenggiri juga mempunyai bebatuan granit yang memiliki ukuran besar dalam bermacam bentuk yang unik serta sejumlah banyak.

Pemandangan pantai yang indah bisa Anda saksikan ketika menaiki bebatuan granit itu, menyuguhkan Anda keindahan Laut Cina Selatan yang teduh. Terdapat beberapa aktivitas wisata menarik yang bisa dikerjakan wisatawan, salah satunya banana boat, parasailing, sampai snorkel di Parai Tenggiri.

Diluar itu, bila Anda sukai memancing di pantai ini, ada penyewaan perahu pancing yang komplit dengan perlengkapannya. Satu diantara obyek wisata di Bangka Belitung ini dapat diperlengkapi dengan sarana akomodasi yang komplit, ada hotel sampai ressort yang bisa Anda menempati dan sarana permainan air.

Agar bisa masuk, Anda mesti membayar ticket masuk Pantai Parai Tenggiri sebesar Rp 25 ribu per orang serta ticket ini kelak bisa ditukar dengan makanan atau minuman yang ada di restoran yang terdapat di tepi pantai.

Alamat Pantai Parai Tenggiri : Desa Cahaya Baru, Sungailiat, Bangka Belitung

3. Pulau Memperak 

11 Tempat Wisata Menarik di Bangka Belitung Harus Dikunjungi

Berikut keindahan obyek wisata di Belitung yang belum di ketahui banyak wisatawan, tetapi populer bakal pesonanya yang memikat. Pulau Memperak terdapat di Kabupaten Belitung Timur, menyuguhkan Anda air laut yang biru kehijauan serta bersih. Keindahan alam bawah laut di pulau ini yaitu satu hal yg tidak bisa Anda terlewat. Berikut sebab kenapa Pulau Memperak ini yaitu satu diantara tempat snorkel di Bangka Belitung yang menakjubkan.

Snorkeling paling baik di pulau ini bisa dikerjakan dibagian utara, timur, serta barat Pulau Memperak. Tersebut spot snorkel paling menarik untuk nikmati keindahan terumbu karang serta bermacam makhluk hidup bawah air Pulau Memperak. Serta tidak lupa, pakai alas kaki ketika snorkel lantaran ada bulu babi yang tajam. Pulau Memperak yaitu pulau yang sepi, cuma ada penjaga pulau saja yang tinggal dalam rumah yang di bangun disana. Oleh karena itu, membawa perbekalan bakal begitu utama untuk nikmati pesona wisata Bangka Belitung yang satu.

Alamat Pulau Memperak : Kabupaten Belitung Timur, Bangka Belitung

4. Pantai Tikus 

11 Tempat Wisata Menarik di Bangka Belitung Harus Dikunjungi

Pantai Tikus yaitu satu pantai di Pulau Bangka yang masihlah termasuk alami, cukup terbangun dari masalah tangan-tangan manusia. Pemandangan indah pantai ini terwujud lewat bukit terjal dengan hamparan bebatuan granit serta air laut yang kebiruan.

Di puncak bukit, Anda bakal melihat ada satu kuil peribadatan yang berdiri cukup megah dengan panorama yang indah. Kuil atau kelenteng ini berupa bulat, jadi satu ciri khas yang ada di Pantai Tikus.

Alamat Pantai Tikus : Desa Rebo Kelurahan Kenanga, Sungailiat, Bangka Belitung

5. Pantai Penyusuk 

11 Tempat Wisata Menarik di Bangka Belitung Harus Dikunjungi

Berikut satu diantara mutiara indah dari beragam obyek wisata Bangka Belitung yang menawan. Pantai Penyusuk terdapat di Bangka sisi utara, mempunyai pemandangan pantai yang indah. Anda bakal menjumpai tumpukan batu granit yang seakan membuat satu ceruk di pantai ini. Ditambah lagi dengan pepohanan hijau yang tumbuh di pesisir pantai dan kehadiran empat buah pulau yang berjajar indah.

Satu diantara destinasi wisata Bangka Belitung yang juga popular di kelompok orang-orang Bangka ini mempunyai ombak laut yang tenang. Oleh karena itu, berenang serta bermain air laut di pantai ini yaitu aktivitas paling favorite yang dikerjakan beberapa orang. Bila Anda menginginkan berkunjung di pulau-pulau yang ada disana, Anda bisa menyewa perahu nelayan dengan kemampuan sampai 10 orang, kisaran harga Rp 150 ribu sampai 250 ribu.

Pulau yang paling favorite untuk disinggahi yaitu Pulau Lampu lantaran memegang manfaat sebagai mercusuar. Di sinilah banyak wisatawan menggunakan waktunya dengan berenang serta bermain air laut. Janganlah cemas, ada dua buah kamar mandi untuk mencuci badan sesudah berenang di air laut.

Alamat Pantai Penyusuk : Jl. Penyusuk, Belinyu, Bangka Belitung

6. Pantai Pasir Padi 

11 Tempat Wisata Menarik di Bangka Belitung Harus Dikunjungi

Pantai Pasir Padi berjarak sekitaran 7 km dari kota Pangkalpinang. Ini yaitu pantai yang jaraknya paling dekat bila Anda sudah tiba di bandara hawa Pangkalpinang. Obyek wisata Pulau Bangka yang satu ini yaitu yang paling populer di Bangka. Tidak ayal, Anda bakal merasakan banyak warga Bangka yang berkunjung ke lokasi wisata Pantai Pasir Padi.

Obyek wisata di Bangka Belitung yang satu ini mempunyai pasir yang mirip bulir-bulir padi, tersebut penyebabnya diberi nama sebagai pasir padi. Agar bisa masuk ke lokasi wisata Pantai Pasir Padi, Anda mesti membayar ticket masuk pantai Pasir Padi sebesar Rp 10 ribu per orang. Di lokasi sekitaran pantai, ada sarana umum yang demikian komplit. Hotel berbintang, restoran, sampai warung makan ada dalam jumlah yang cukup banyak disana.

Alamat Pantai Pasir Padi : Kec. Bukit Intan, Pangkalpinang, Bangka Belitung

7. Pulau Lengkuas 

11 Tempat Wisata Menarik di Bangka Belitung Harus Dikunjungi

Satu diantara yang khas dari pulau di Belitung ini yaitu kehadiran mercusuar yang berumur begitu tua serta masihlah akitf sampai saat ini, yaitu mercusuar peninggalan Belana yang di bangun pada th. 1882. Pesona memikatnya tedapat pada hamparan laut biru nan jernih dengan bebatuan granit yang menakjubkan.

Dengan luas lokasi yang kurang dari 1 hektare, obyek wisata di Belitung ini menyuguhkan Anda pemandangan laut yang memikat. Cukup hanya menaiki mercusuar setinggi 50 mtr. itu, Anda bisa nikmati panorama spektakuler di Pulau Lengkuas. Bila Anda sangat capek untuk hingga di puncak mercusuar, janganlah cemas sebab tiap-tiap lantainya mempunyai jendela yang menghadap ke beragam arah. Berikut sebab kenapa Pulau Lengkuas mempunyai daya pikat yang senantiasa mengundang kehadiran wisatawan agar bisa nikmati pesonanya.

Alamat Pulau Lengkuas : Kec. Sijuk, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung

8. Pantai Tanjung Kelayang 

11 Tempat Wisata Menarik di Bangka Belitung Harus Dikunjungi

Terdapat sekitaran 27 km dari pusat kota Tanjungpandan di Belitung, Pantai Tanjung Kelayang yaitu satu diantara destinasi wisata di Bangka Belitung yang popular di kelompok wisatawan domestik serta internasional. Dengan cara berkala, beberapa ratus perahu yacht dari beragam negara bakal berkunjung di pantai Belitung yang satu ini dalam moment Sail Indonesia. Bebatuan granit yang menawan dengan satu diantara formasi batu yang membuat kepala burung, dan hamparan pasir putih yang bersih yaitu pesona keindahan dari pemandangan pantai yang popular dikunjungi orang-orang Belitung mulai sejak dahulu.

Di lokasi pantai berikut beragam moment akbar maritim internasional sering terselenggara, satu diantaranya yang belum lama berselang yaitu Sail Wakatobi – Belitong.

Alamat Pantai Tanjung Kelayang : Kec. Sijuk, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung

9. Pantai Tanjung Pesona 

11 Tempat Wisata Menarik di Bangka Belitung Harus Dikunjungi

Pantai Tanjung Pesona yaitu satu diantara obyek wisata favorite untuk orang-orang Pulau Bangka. Cuma memerlukan saat sekitaran 15 menit agar bisa hingga di pantai ini dari kota Sungailiat atau 45 menit dari Pangkalpinang. Pantai yang terdapat di Desa Rambak, Sungailiat ini mempunyai banyak wahana permainan yang memikat. Ini bakal begitu mengasyikkan untuk anak-anak, oleh karenanya destinasi ini yaitu satu diantara wisata keluarga yang favorite di Bangka.

Diluar itu, beragam permainan serta berolahraga air juga ikut memberi daya tarik obyek wisata di Pulau Bangka ini. Anda bisa bermain kano, banana boat, jetski, berenang, bermain pasir, sampai memancing. Cukup hanya menyewa speedboat serta perlengkapan memancing yang sudah disiapkan, Anda tinggal melaju ke tengah laut untuk isi berlibur Anda dengan memancing.

Alamat Pantai Tanjung Pesona : Jl. Pantai Rebo, Sungailiat, Bangka Belitung

10. Pantai Tanjung Tinggi 

11 Tempat Wisata Menarik di Bangka Belitung Harus Dikunjungi

Berikut pantai di Belitung paling menawan serta terpopuler, terutama pasca jadikan sebagai tempat syuting film Laskar Pelangi yang populer itu. Berbarengan dengan Pantai Parai Tenggiri, Pantai Tanjung Tinggi yaitu obyek wisata di Bangka Belitung paling popular di kelompok pencinta perjalanan. Terdapat sekitaran 30 km dari pusat kota Tanjungpandan, Pantai Tanjung Tinggi mempunyai pemandangan pantai yang memikat dengan pasir putih serta bebatuan granit layaknya seperti pantai-pantai yang lain di Bangka Belitung.

Bermacam berolahraga air ada di pantai ini, diluar itu sebagian aktivitas yang seringkali dikerjakan wisatawan salah satunya yaitu berenang, berjemur, snorkel, memancing, bermain jetski, sampai berjelajah dengan kano. Sudah pasti, sarana umum serta akomodasi bakal gampang didapati di lokasi pantai indah ini, dari rumah makan sampai hotel serta resort.

Alamat Pantai Tanjung Tinggi : Kec. Sijuk, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung

11. Pantai Penyak 

11 Tempat Wisata Menarik di Bangka Belitung Harus Dikunjungi

Berikut satu diantara pantai di Bangka Belitung dengan garis pantai terpanjang, meraih sampai 3 km. Pantai Penyak mempunyai pesona pada permukaan pantainya yang landai serta ada pas di tepi jalan raya yang menghubungkan Pangkalpinang dengan Koba. Berikut sebab obyek wisata di Bangka Belitung ini sering jadikan sebagai tempat berkunjung serta bersantai untuk mereka yang tengah dalam perjalanan.

Di hari-hari libur serta akhir minggu, lokasi pantai ini senantiasa ramai dikunjungi orang-orang Bangka untuk nikmati pemandangan serta bermain-main di bibir pantai. Nikmati air kelapa muda yaitu langkah lain yang sering dikerjakan wisatawan di Pantai Penyak. Tetapi sayangnya, kurangnya perhatian dari pemerintah berikan peran pada lambannya pengembangan potensi wisata yang dikandung pantai yang popular di Bangka Tengah ini.

Alamat Pantai Penyak : Desa Penyak, Koba, Kab. Bangka Tengah, Bangka Belitung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.