12 Tempat Wisata di Karanganyar Jawa Tengah Yang Harus Anda Ketahui

Posted on

Karanganyar adalah satu kabupaten yang terdapat di Propinsi Jawa Tengah. Kabupaten Karanganyar pernah jadi populer di Indonesia lantaran sebagai ” Kota Jemani “. Ya, dulu ketika demam jemani, Kabupaten Karanganyar adalah satu diantara penghasil jemani dengan kwalitas bagus. Terkecuali Jemani pastinya banyak juga sekali diperkembang tanaman hias di sana seperti anthurium, gelombang cinta, adenium, serta lain sebagainya. Keadaan iklim di Kabupaten Karanganyar yang ada di lereng Gunung Lawu ini benar-benar sangat pas untuk tanaman hias dan tanaman buah serta sayur atau hortikultura. Hingga sekarang ini, tanaman hias masihlah jadikan sebagai satu diantara komoditas unggulan di Karanganyar, tetapi kepopulerannya telah tak seperti dahulu. Beberapa wisatawan yang bertandang ke Grojogan Sewu ada banyak yang beli tanaman hias ini sebagai oleh-oleh keluarga di rumah.
Lokasi Kabupaten Karanganyar yaitu 14 km di samping timur Kota Surakarta atau Solo. Dengan hal tersebut pariwisata di Karanganyar tak dapat dilepaskan dari Pariwisata di Kota Solo. Banyak paket wisata yang tawarkan paket wisata di Kota Solo serta sekitarnya. Umumnya sebagian tempat wsiata di karanganyar juga dimasukkan dalam paket wisata Kota Solo ini.

Di bawah ini yaitu 12 obyek wisata unggulan di Kabupaten karanganyar Jawa Tegah yang perlu anda kunjungi :

1. Grojogan Sewu 

12 Tempat Wisata di Karanganyar Jawa Tengah Yang Harus Anda Ketahui

Bila orang sunda menyebutkan air terjun dengan curug, jadi orang jawa menyebutnya dengan kata grojogan. Di Karanganyar ada obyek wisata yang begitu populer yakni Grojogan Sewu. Grojogan Sewu ada di lereng Gunung Lawu atau tepatnya beralamat di Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar. Tempat Wisata Grojogan Sewu ini adalah obyek wisata unggulan serta begitu populer di Kabupaten karanganyar. Hal semacam itu jadikan tempat wsiata ini ramai dikunjungi oleh beberapa wisatawan dari beragam daerah di Indonesia. Lokasi lokasi wisata ini begitu sejuk lantaran terdapat di lereng gunung yang di sekelilingnya masihlah ditumbuhi rimba yang lebat. Di rimba sekitaran Grojogan Sewu di Tawangmangu ini terdapat banyak kera yang hidup dengan cara liar. Kera-kera ini seperti kera-kera yang lain, kerap merebut tas bawaan beberapa wisatawan. Oleh karenanya anda mesti waspada jika bertandang ke obyek wisata Grojogan Sewu ini. Untuk hingga ke air terjun pengunjung mesti meniti perjalanan dengan menuruni anak tangga sejumlah 1. 250 buah. Cukup melelahkan untuk anda yg tidak punya kebiasaan, tetapi rasa capek itu seolah hilang sesudah lihat panorama Grojogan Sewu yang begitu memukau.

2. Taman Ria Balekambang 

12 Tempat Wisata di Karanganyar Jawa Tengah Yang Harus Anda Ketahui

Tidak jauh dari lokasi parkiran wisata Grojogan Sewu ada satu taman yang begitu bagus untuk wisata berbarengan keluarga. Taman ini bernama Taman Ria Balekambang. Tempat Wisata di Lokasi Tawangmangu ini semakin banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal, terlebih yang menginginkan menggunakan berlibur akhir minggu. Di sini anda bisa nikmati sejuknya hawa khas pegunungan dan nikmati beragam jenis sarana, seperti Kolam Renang, Lapangan Tenis, Sanggar Lukis dan sebagainya. Butuh anda kenali lokasi wisata di Tawangmangu ini dapat ada beragam jenis hotel serta villa yang bisa anda sewa untuk berlibur berbarengan keluarga atau rekan. Ya, mungkin saja nyaris serupa dengan di Puncak Bogor lah. Lokasi ini senantiasa ramai pada Hari Minggu.

3. Astana Giribangun 

12 Tempat Wisata di Karanganyar Jawa Tengah Yang Harus Anda Ketahui

Dimanakah Presiden Ke-2 Indonesia Soeharto dimakamkan? Apakah anda ketahui? Kelihatannya sedikit yang tahu bila Presiden Kedia RI Soeharto dimakamkan di kabupaten Karanganyar, terkecuali mereka yang betul-betul mengidolakannya. Makam Presiden Soeharto ini adalah kompleks pemakaman keluarga yang dinamakan Astana Giribangun. Astana Giribangun di bangun di atas satu bukit yang terdapat di Desa Girilayu, Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. Sebelumnya Ayah Soeharto meninggal dunia, tempat ini telah dipakai untuk pemakaman Ibu Tin Soeharto bersama sebagian keluarga beliau yang telah meninggal dunia juga. Sekarang ini makam Ayah Soeharto ini banyak dikunjungi oleh warga orang-orang yang menginginkan kembali kenang bebrapa layanan beliau dalam bangun Bangsa Indonesia.


4. Candi Cetho 

12 Tempat Wisata di Karanganyar Jawa Tengah Yang Harus Anda Ketahui

Tempat Wisata di Kabupaten Karanganyar setelah itu yaitu Candi Cetho. Candi Cetho adalah satu Candi Hindu yang ada di Dusun Ceto, Desa Gumeng, Kec Jenawi Kabupaten Karanganyar. Menurut histori, Candi Cetho adalah candi peninggalan Kerajaan majapahit. Di kompleks ini dapat ada petilasan Ki Ageng Krincingwesi yang disebut leluhur Dusun Cetho. Apa kekhasan Candi Cetho di Karanganyar ini? Candi Cetho mempunyai kekhasan sendiri yang tidak ada di candi yang lain, yakni ada patung berbentuk kalacakra atau alat kelamin lelaki. Diluar itu candi Cetho ini di bangun pada tempat yang berundak. Ada sebelas teras yang semasing teras mempunyai kekhasan bangunan sendiri.

5. Candi Sukuh 

12 Tempat Wisata di Karanganyar Jawa Tengah Yang Harus Anda Ketahui

Tidak jauh dari object wisata Candi Cetho, ada object wisata lain yang tidak kalah uniknya di banding Candi Cetho, yakni Candi Sukuh. Candi Sukuh ada di desa Berjo, kecamatan Ngargoyoso, yang tempatnya tidak jauh dari Candi Cetho. Seperti di Candi Cetho, di Candi Sukuh ini banyak juga ada patung-patung beraroma erotis. Tetapi berdasar sebagian literatur patung-patung ini mempunyai makna sebagai simbul kesuburan. Ada yang unik di Candi Sukuh ini, yakni susunan bangunan candinya nyatanya berbeda dengan candi lain di Indonesia. Jadi susunan Candi Sukuh ini lebih serupa dengan bangunan suku Maya di Meksiko atau suku Inca di Peru. Penasaran bukanlah, mari bertandang ke Karanganyar Jawa Tengah

6. Perkebunan Teh Kemuning 

12 Tempat Wisata di Karanganyar Jawa Tengah Yang Harus Anda Ketahui

Obyek wisata unggulan di Kabupaten karanganyar Jawa Tengah setelah itu yaitu berbentuk perkebunan Teh Kemuning. Untuk warga Solo serta sekitarnya, jika menginginkan nikmati indahnya perkebunan teh, jadi tak mesti pergi ke puncak Bogor, lantaran di tetangga mereka di Kabupaten karanganyar ada satu perkebunan teh dengan panorama yang tidak kalah memukaunya di banding Puncak Bogor. Perkebunan teh ini dimaksud dengan Perkebunan Teh Kemuning. Ditempat ini pengunjung bisa nikmati indahnya perkebunan teh yang hijau dengan hawa yang sejuk. Diluar itu ditempat ini bisa jadikan sebagai arena untuk hoby aero sport paralayang tepatnya di Venues Bukit Paralayang Ds. Segoro Gunung Kemuning Karanganyar. Tempatnya memanglah di lereng Gunung Lawu hingga hawa khas pegunungan jadi ciri khas daerah ini. Jalur yang ditempuh untuk ke Perkebunan Kemuning ini searah dengan jalur yang ditempuh jika menginginkan ke Candi Cetho, Candi Sukuh serta Air terjun Jumog.

7. Air Terjun Jumog 

12 Tempat Wisata di Karanganyar Jawa Tengah Yang Harus Anda Ketahui

Terkecuali Grojogan Sewu di Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar juga ada Air TErjun Jumog. Obyek wisata di Karanganyar ini dapat disebut masihlah baru serta belum sejumlah dikunjungi oleh beberapa wisatawan. Pengunjung obyek wisata ini cuma terbatas pada keluarga serta rombongan dari sekitar Lokasi Solo Raya. Situasi yang di tawarkan di lokasi wisata Air Terjun Jumog ini yaitu situasi pegunungan dengan hawa yang sejuk dengan ditambah dengan air terjun yang indah. Bila anda pernah ke Grojogan Sewu, air trjun di Jumog ini sedikit lebih kecil dibanding di Grojogan Sewu. Tetapi akses untuk menuju kesini tidaklah demikian susah. cuma menuruni sedikit tangga serta anda bakal hingga di Lokasi wisata, tak seperti di Grojogan Sewu yang perlu menuruni beberapa ribu tangga.

8. Agrowisata Sondokoro 

12 Tempat Wisata di Karanganyar Jawa Tengah Yang Harus Anda Ketahui

Tidak jauh dari Kota Karanganyar ada satu pabrik gula yang masih tetap dalam naungan PTPN IX Jawa Tengah yakni Pabrik Gula Tasikmadu. pabrik gula ini adalah satu diantara pabrik peninggalan jaman Balanda dahulu. Sekarang ini manajemen PTPN IX buka agrowisata di sekitaran Pabrik Gula Tasikmadu yang dipakai untuk wisata keluarga di sekitaran Karanganyar yakni Agrowisata Sondoloro. Di ruang ini wisatawan bisa nikmati beragam jenis sarana permainan yang disiapkan umpamanya flying fox, waterboom serta arena bermain yang lain. Diluar itu juga anda bisa melingkari lokasi wisata dengan memakai kereta tua yang begitu unik serta antik. Hal semacam ini pastinya bisa jadikan pengalaman sendiri untuk anda serta anggota keluarga anda.

9. Wisata ” Tubing ” Goasari Ngargoyoso 

12 Tempat Wisata di Karanganyar Jawa Tengah Yang Harus Anda Ketahui

Bila umumnya orang mengetahui rafting, di Karanganyar anda bisa lakukan tubing. River Tubing atau umum disingkat dengan tubing adalah kesibukan menyusuri sungai dengan memakai ban. Perlengkapan yang dipakai sebagai standard keselamatan nyaris sama denga rafting yakni dengan memakai helm serta pelampung. Permainan tubing di Karanganyar terdapat di ruang Banyu Bening Arena yang ada di Desa Punthukrejo Kecamatan Ngargoyoso Karanganyar. Kesibukan tubing ini begitu mengasyikkan terlebih dikerjakan dengan rombongan. Umumnya rombongan ini dapat sekeluarga, rekan universitas atau rekan sekantor. Di selama rute sungai yang ditempuh ini pesrta bisa nikmati dinginnya air sungai yang begitu jernih dan bebatuan khas pegunungan. Panorama di sekitaran sungai juga begitu menakjubkan.

10. Pemandian Sapta Tirta Pablengan 

12 Tempat Wisata di Karanganyar Jawa Tengah Yang Harus Anda Ketahui

Object wisata di Kabupaten Karanganyar setelah itu yaitu Pemandian Sapta Tirta yang ada di Desa Pablengan, Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar. Mengacu pada namanya, Sapta Tirta, ditempat ini ada 7 buah sumber mata air yang semasing mempunyai rasa yang tidak sama. Walau sebenarnya ketujuh sumber mata air ini terdapat dalam satu ruang. Ketujuh sumber air itu yaitu Pertama, Sumber Air Bleng yang airnya dipakai sebagai bahan pembuatan karak atau kerupuk. Ke-2, Sumber Air Kasekten, airnya diakui bisa memberi kemampuan serta mensucikan tubuh. Ketiga, Sumber Air Mati yang dikira unik sebab airnya senantiasa tetaplah, tak jadi tambah serta tak menyusut, tetapi konon air dari sumber ini tak bisa dipakai untuk mandi, bersihkan muka terlebih diminum. Ke empat yaitu Sumber Air Urus-Urus yang airnya dipakai untuk membuat lancar buang air besar atau obat pencuci perut. Ke lima, Sumber Air Hangat, airnya diakui bisa menyucikan tubuh sekalian untuk menyembuhkan beragam penyakit kulit, gatal-gatal, serta rematik. Ke enam Sumber Air Hidup yang airnya digunakan untuk membersihkan muka supaya seorang awet muda serta terlihat cantik penampilannya, Sedang ketujuh Sumber Air Soda, yang airnya berasa soda alami serta dapat mengobati beragam penyakit dalam seperti ginjal, TBC, liver dan gula.

11. Bumi Perkemahan (BUPER) Camping Lawu Resort serta Sekipan 

12 Tempat Wisata di Karanganyar Jawa Tengah Yang Harus Anda Ketahui

Masihlah di Lokasi Wisata Tawangmangu, tidak jauh dari lokasi Grojogan Sewu, ada satu obyek wisata yang tidak kalah seru, yakni berbentuk Bumi Perkemahan atau Buper. Buper ini kerap dipakai untuk lakukan camping baik oleh siswa-siswi sekolah, mahasiswa ataupun dari kelompok yang lain. Tempatnya yang begitu sejuk jadikan tempat ini ramai dikunjungi. Tidak cuma untuk maksud camping, ketika berlibur tiba banyak pula yang sebatas datang untuk nikmati panorama berbentuk deretan pohon pinus yang begitu indah. Bumi Perkemahan (BUPER) Camping Lawu Resort terdapat di Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar. Orang-orang sekitaran sangatlah familiar dengan Buper SEkipan. Jadi bila anda ke sana anda bisa ajukan pertanyaan dengan orang-orang di sekitaran Tawangmangu, nyaris di pastikan mereka ketahui Buper Sekipan.

12. Puncak Gunung Lawu 

12 Tempat Wisata di Karanganyar Jawa Tengah Yang Harus Anda Ketahui

Wisata di Karanganyar yang juga telah populer selanjutnya yaitu Puncak Gunung Lawu atau di Cemoro Sewu serta Cemoro Kandang. Obyek wisata ini kami masukan lantaran memanglah jadi satu diantara daya tarik sendiri Kabupaten Karanganyar terlebih untuk anda penggemar alam di semua Indonesia. Lokasi jalur pendakian ini terdapat di perbatasan pada Kabupaten karanganyar Jawa Tengah serta Kabupaten Magetan jawa Timur. Untuk mendaki puncak Gunung Lawu ini kami anjurkan didampingi oleh pendaki yang telah memiliki pengalaman. Lantaran memanglah mendaki di puncak gunung manapun tak bisa diremehkan, mesti dengan persiapan yang masak dan pengalaman di pegunungan yang mumpuni. Umumnya beberapa pendaki bakal mengawali mendaki dari pos di Cemoro Sewu serta nanti selesai di Cemoro Kandang. Sebelumnya mengawali mendaki anda bisa nikmati satu gelas kopi serta jajanan yang dijajakan oleh warung di sekitaran lokasi ini. Untuk sistem pendakiannya umumnya diawali saat malam hari, harapannya nanti pada pagi hari telah bisa meraih puncak serta lihat sunrise dari puncak Lawu Hargo Dumilah. Ada kekhasan sendiri dari Puncak Lawu ini, yakni diatas Gunung Lawu sebelumnya hingga puncak ada satu warung yang menjual makanan untuk beberapa pendaki. Warung ini namanya Warung Mbok Yem yang Tempatnya masihlah di jalur pendakian ini. Hal semacam ini pastinya begitu menolong beberapa pendaki, lantaran bisa beristirahat mengadakan tenda sembari nikmati beragam makanan yang dijajakan dan minum beragam minuman hangat yang juga disiapkan. Yang kami tidak mengerti bagaimana perjuangan yang memiliki warung ini untuk membawa beragam jenis bahan makanan untuk dibawa ke atas gunung. Perjalanan yang ditempuh walau sebenarnya nyaris sama juga dengan perjalanan ke puncak Lawu Hargo Dumilah.

Bagaimana informasi mengenai obyek wisata Karanganyar di atas? Menarik Bukan? Sedikit info jika anda tengah bertandang ke Karanganyar lalu menginginkan berkeliling ke obyek wisata Karanganyar dengan memakai mobil rental, anda bisa menyewa layanan rental mobil di Karanganyar dengan terhubung website Docar. co. id. Di sana ada sangat banyak mobil yang bisa anda sewa. Untuk bertandang ke website resminya anda bisa click di DOcar sewa mobil Solo.

Nah, Sekian tadi 12 Tempat Wisata Unggulan di Karanganyar Jawa Tengah. Di Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah sendiri bukan sekedar ada 12 wisata di atas saja, tetapi banyak pula wisata lain yang mungkin saja belum banyak terekspos serta belum banyak dikembangakn oleh pemerintah setempat. Di bawah ini kami berikan juga sebagian obyek wisata yang lain yang tidak kalah menarik yang ada di Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah.

Pemandian Air Hangat Cumpleng terdapat di Desa Plumbon, Kecamatan Tawangmangu
Monumen Joko Songo, adalah Makam Pahlawan dari beberapa Tentara Pelajar (TP) yang tergabung di Pasukan Ala-alap yang gugur melawan penjajah Belanda

Candi Planggatan, letaknya di tidaklah terlalu jauh dari Candi Sukuh

Monumen Tanah Gawat, berbentuk wisata pendidikan untuk kembali kenang kehadiran tanah gawat yang terdapat di Desa Sukosari, Kecamatan Jumantono, Kabupaten Karanganyar.

Waduk Lalung, di bangun untuk kepentingan pengairan, perikanan dan pertanian tetapi belum serius diperkembang untuk Pariwisata.

Website Watu Kandang, adalah website peninggalan jaman pra histori yang terdapat di Dukuh Ngasinan Lor, Desa Karangbangun, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Astana Mengadeg, terdapat di Desa Karang Bangun Kecamatan Matesih adalah komplek makam raja-raja dari Istana Mangkunegaran, Surakarta.

Goa Tlorong terdapat di Desa Lempong Kecamatan Jenawi, adalah goa alami yang mempunyai ukuran mulut goa dua mtr. kali 1, 5 mtr..

Air Terjun Pringgodani terdapat di Kelurahan Blumbang empat km. dari terminal bus Tawangmangu, Karanganyar.

Monumen RRI tersembunyi di Desa Balong Jenawi

Pura Peninggalan Leluhur Bali di Karanganyar yang awalannya berbentuk petilasan yang awal mulanya berwujud makam Ki Ageng Pasek (Pemacekan), Beliau yaitu leluhur Bali yang dimakamkan di Desa Pasekan Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar.

Wisata Gunung Bromo adalah lokasi rimba riset yang ditumbuhi beragam type pohon, termasuk juga pohon-pohon langka, seperti Cendana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.