20 Tempat Wisata Menarik di Sulawesi Tengah Yang Harus Di Ketahui

Posted on
20 Tempat Wisata Menarik di Sulawesi Tengah Yang Harus Di Ketahui



20 Tempat Wisata Menarik di Sulawesi Tengah Yang Harus Di Ketahui – Sulawesi Tengah yaitu satu propinsi dibagian tengah Pulau Sulawesi, Indonesia. Ibu kota propinsi ini yaitu Kota Palu. Luas wilayahnya 61. 841, 29 km², serta jumlah penduduknya 2. 831. 283 jiwa (2014). Sulawesi Tengah mempunyai lokasi terluas diantara semuanya propinsi di Pulau Sulawesi, serta mempunyai jumlah masyarakat paling banyak ke-2 di Pulau Sulawesi sesudah propinsi Sulawesi Selatan.

Sulawesi tengah juga adalah satu diantara propinsi di indonesia yang dilewati oleh garis khatulistiwa oleh karena itu sangat banyak dapat kita jumpai beragam jenis tempat wisata bertopik alam di daerah ini.Kira-kra, ada tempat menarik apa saja ya di Sulawesi Tengah? Dari pada kalian penasaran, Yuk baca Review 20 Tempat Wisata Menarik di Sulawesi Tengah yang pantas untuk kalian kunjungi :

1. Pusentasi 

1. Pusentasi

Obyek wisata ini ada di Desa Towale, sekitaran 12 km. dari Kota Palu. Pusentasi datang dari bhs Kaili yang bermakna pusar air laut atau air sumur laut. Pusar air laut yaitu satu gua yang masihlah tersambung dengan laut oleh sebagian saluran yang tersembunyi. Sumur air laut terdapat di daratan namun airnya merasa asin serta jernih hingga pengunjung bisa lihat ikan-ikan berenang di dalamnya.

2. Pantai Talise 

2. Pantai Talise

Pantai Talise yaitu salahsatu Pantai paling popular yang ada di kota Palu. Lantaran terkecuali tak membutuhkan cost, tempatnya juga cukup gampang untuk diraih yakni di dalam kota Palu serta akses jalan yang telah bagus. Keberadaanya yang dekat dengan pusat kota jadikan pantai ini banyak dikunjungi oleh pendatang ataupun orang-orang sekitaran. Bertandang di siang hari agak kurang pas, lantaran cuaca di Palu biasanya terik serta angin bertiup begitu kencang.

3. Jembatan Palu 

 3. Jembatan Palu

Yaitu satu landmark sebagai ikon paling utama kota Palu. Tempat ini seringkali dikunjungi wisatawan yang hoby berfoto. Umumnya bebrapa photo keindahan jembatan kuning Talise ini dikerjakan malam hari. Jembatan ini diresmikan pada Mei 2006 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Jembatan ini membentang diatas Teluk Talise ini ada di kelurahan Besusu serta Lere, yang menghubungkan kecamatan Palu Timur serta Barat. Jembatan kuning ini adalah jembatan lengkung pertama di Indonesia serta ketiga didunia sesudah di negara Jepang serta Perancis.


4. Gunung Gawalise 

 4. Gunung Gawalise

Gunung yang mempunyai ketinggian sekitaran 2. 023 mtr. diatas permukaan laut (dpl) ini berdiri di lokasi rimba tropis serta ditempati oleh suku Da’a, sub etnis suku Kaili. Suku ini menyebar di sebagian desa yang ada di lokasi gunung itu. Terkecuali tempat pendakian, Gunung Gawalise juga sering jadi tempat observasi untuk beberapa ilmuwan yang menginginkan mempelajari beragam type flora serta fauna. Satu diantara type flora yang bisa diketemukan disana yaitu bunga kekal (edelweiss) atau yang memiliki nama latin anaphalis javanica.

5. Cagar Alam Morowali 

 5. Cagar Alam Morowali

Lokasi taman nasional ini mencakup pulau-pulau yang ada di lokasi teluk, lokasi dataran rendah serta daerah pegunungan dengan ketinggian meraih 2. 421 mtr.. Dalam lokasi cagar alam ini hidup orang-orang tradisional suku Wana yang belum mengetahui kehidupan modern serta hidup dengan berburu serta lakukan perladangan beralih. Lokasi cagar alam ini adalah habitat beberapa hewan seperti anoa, burung maleo, babi rusa serta semacam kelelawar paling kecil didunia.

6. Pantai Tanjung Karang 

6. Pantai Tanjung Karang

Untuk meraih object wisata Tanjung Karang bisa ditempuh dari kota Palu kurun waktu kurang dari 1 jam atau sekitaran 35 km. dengan memakai mobil atau motor. Tanjung Karang di Sulawesi Tengah ini mempunyai pasir putih serta begitu pas untuk tempat berenang serta berjemur. Bahkan juga wisatawan dapat juga lakukan snorkeling serta diving, yang sudah ada persewaan perlengkapannya.

7. Taman Nasional Lore Lindu 

7. Taman Nasional Lore Lindu

Lokasi ini membentang dari Kabupaten Donggala Palu serta lokasi Poso Sulawesi Tengah. Sebagian obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi di dalamnya yakni : Lembah Besoa untuk Lihat habitat maleo serta batu megalit. Danau Lindu sebagai tempat bersampan serta penilaian satwa burung. Lembah Saluki, Lembah Bada, Lembah Napu untuk lihat beragam batu megalit. Gunung Nokilalaki, Gunung Rorekatimbo, serta sungai Lariang sebagai object wisata menarik untuk pendaki gunung serta arung jeram. Serta yang paling akhir yaitu danau Lewuto.

8. Tugu Perdamaian 

8. Tugu Perdamaian

Obyek wisata ini tempatnya di Jalan Soekarno Hatta Palu, tepatnya di bukit Jabal Nur, dengan ketinggian diatas 1000 kaki diatas permukaan laut. Akses jalan menuju Tugu Perdamaian itu beberapa masihlah rusak serta berdebu. Di dalamnya ada Gong Perdamaian Nusantara, yakni Gong yang berdiameter kurang lebih dua mtr. serta terbuat dari perunggu dengan berat meraih satu ton. Di Lokasi ini bakal di bangun sebagian objek rekreasi seperti bumi perkemahan, lokasi konser, ATV Track, arena balap motor cross, pasar indsutri untuk kerajinan lokal Sulawesi Tengah, lapangan berolahraga tembak, dan taman hijau.

9. Danau Poso 

9. Danau Poso

Danau ini adalah danau paling besar ketiga di Indonesia dengan panjang 32 km serta lebar 16 km. adalah satu diantara danau terindah didunia dengan pasir putih yang ada pada pinggir hingga di basic Danau. Danau poso terdapat di kecamatan Pamona Utara dengan ibu kota Tentena, Palu, Sulawesi Tengah. Disini ada ikan Sugili yang saat ini populasinya nyaris punah yang dikarenakan oleh makin menambahnya masyarakat. Di sebagian tempat, anda dapat juga menjumpai beberapa kumpulan batu besar yang nampak dari dalam danau, seolah seperti satu kompleks batu yang terapung. Orang-orang setempat menamai kompleks batu itu dengan sebutan Watu Ngonggi serta Watu Harapan Mpangasa Angga, yang bermakna beberapa kumpulan batu yang dapat keluarkan bunyi bila dipukul.


10. Kepulauan Togean 

 10. Kepulauan Togean

Terkecuali Danau Poso, tempat wisata paling utama yang lain di Poso Sulawesi Tengah yaitu Laut Togean di Kecamatan Tojo UnaUna. Perjalanan menuju Togean bisa ditempuh 4 jam jalan darat yang dilanjutkan naik perahu motor. Tempat wisata yang eksotis ini adalah surga untuk wisatawan, lantaran alam bawah lautnya yang ditempati dengan beragam karang tropis dalam ukuran jumbo dan beragam spesies ikan hias serta kepiting kenari.


11. Pulau Kadidiri 

 11. Pulau Kadidiri

Terdapat tak jauh dari Wakai adalah pusat kunjungan wisata di Kepulauan Togean. Pulau Kadidiri adalah pulau paling popular di kelompok wisatawan lantaran pantainya begitu bagus dengan lokasi snorkeling serta menyelam yang begitu sempurna. juga banyak tersedia penginapan murah serta di samping barat pantai ada jejeran batu karang terjal sebagai habitat kepiting karang.

12. Pulau Pasoso 

12. Pulau Pasoso

Pulau pasoso juga dikenal oleh orang-orang lokal sebagai pulau penyu hijau, lantaran kehadiran habitat dari hewan unik ini. Pulau pasoso sendiri terdapat di kecamatan balaesang, kabupaten donggala serta umumnya dikunjungi pada bln. september serta november tiap-tiap th. oleh pengunjung yang menginginkan lihat penyu bertelur.


13. Air Terjun Saluopa 

 13. Air Terjun Saluopa

Air Terjun Saluopa ini yaitu airterjun bertingkat dengan 2 susun yang menghidangkan panorama air terjun yang begitu indah. Lokasi wisata Air Terjun ini ada di satu lokasi rimba dekat Tentena dimana ada beberapa jeram, air terjun serta sebagian kolam dengan airnya yang bening sejernih kristal. Air Terjun Sulewana terdapat 12 km. dari Tentena. Untuk meraih tempat ini wisatawan bisa meniti dengan kendaraan lantas jalan kaki sejauh 3 km..

14. Pulau Lutungan 

14. Pulau Lutungan

Pulau Lutungan ini berjarak 456 km. dari Palu dengan jalan darat, lantas dilanjutkan dengan naik perahu sepanjang 25 menit dari Pelabuhan Tanjung Batu. Pulau ini terdapat di arah barat Toli-Toli Sulawesi Tengah yang dikelilingi air serta pantai berpasir putih. Pulau ini dikira keramat serta banyak dikunjungi orang-orang dengan maksud mencari barokah. Langkahnya dengan menancapkan pelepah kelapa kedalam tanah lantas mencabutnya. Apabila pelepah jadi pendek, bermakna keinginan tidak diterima, demikian sebaliknya apabila jadi panjang bermakna keinginan di terima.


15. Museum Sulawesi Tengah 

 15. Museum Sulawesi Tengah

Museum Sulawesi Tengah ini terdapat di dalam kota Palu. Disini anda dapat lihat koleksi gajah purba serta bagaimana orang-orang Sulawesi Tengah dahulu kala meramu, bikin kain dari kulit dsb. Apabila anda penasaran dengan budaya serta asal usul nenek moyang kota ini, jadi anda di anjurkan datang ke Museum Sulawesi Tengah.


16. Pantai Talise 

 16. Pantai Talise

Pantai talise yaitu pantai yang terdapat di dekat kota palu serta adalah satu diantara destinasi lokal favorite warga kerena jaraknya itu. Di pantai ini ada hamparan pasir putih dengan ombak yang cukup tenang yang umumnya digunakan pengunjung untuk berenang, menyelan serta nikmati sunset di penghujung hari.


17 . Sou Raja 

 17 . Sou Raja

Sou raja yaitu rumah rumah raja yang dulunya memerintah dengan cara lokal di daerah sulawesi tengah. Rumah ini terbuat dari kayu ulin serta kayu bayam dengan atap bentuk segitiga. Kehadiran rumah ini umumnya jadi maksud wisata budaya yang menunjukkan kalau di daerah ini pada jaman dulu diperintah oleh seseorang raja.

18. Pantai Tanjung Karang 

18. Pantai Tanjung Karang

Pantai tanjung karang yang terdapat di teluk palu ini bisa diraih kurun waktu singkat dari kota sekitaran 30-40 menit. Pantai ini menyuguhkan panorama pantai yang indah dengan gabungan perbukitan rimba yang cukup menarik.

19. Pulau Pasoso 

19. Pulau Pasoso

Pulau pasoso juga dikenal oleh orang-orang lokal sebagai pulau penyu hijau, lantaran kehadiran habitan hewan unik ini. Pulau pasoso sendiri terdapat di kecamatan balaesang, kabupaten donggala serta umumnya dikunjungi pada bln. september serta november tiap-tiap th. oleh pengunjung yang menginginkan lihat penyu bertelur.

20. Pusentasi Pusat laut 

20. Pusentasi Pusat laut

Pusentasi Pusat Laut yaitu satu sumur air laut yang terdapat di daratan serta airnya merasa asin serta jernih. Pusentasi sendiri mempunyai arti kalau pusat air laut atau air sumur laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *