Keindahan Tempat Wisata Pusentasi Pusat Laut Wisata Unik di Donggala Sulawesi Tengah

Posted on
Keindahan Tempat Wisata Pusentasi Pusat Laut Wisata Unik di Donggala Sulawesi Tengah

Keindahan Tempat Wisata Pusentasi Pusat Laut Wisata Unik di Donggala Sulawesi Tengah – Belum banyak yang tahu bila di lokasi Propinsi Sulawesi Tengah, ada satu object wisata yang tidak sama dari wisata yang lain di tanah air. Bagaimana tidak, wisata yang masuk dalam kelompok wisata pantai bernama lokal Pusentasi yang berartikan Pusat Laut ini berupa seperti sumur raksasa yang berdiameter 10 mtr. dengan kedalaman tujuh mtr..

Object wisata pantai ini, terdapat persis di Dusun Simbe, Desa Limboro, Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala. Bila ditempuh darat memakai kendaraan bermotor, seperti sepeda motor serta mobil dari Banawa ibu kota Kabupaten Donggala cuma berjarak 12 kilo mtr.. Sedang bila ditempuh dari Palu ibu kota Propinsi Sulawesi Tengah, dengan kendaraan pribadi cuma berjarak 46 kilo mtr., dengan durasi saat yang anda butuhkan tak kurang dari 45 menit perjalanan.

Ikuti saja papan panduan arah yang memberitahukan lokasi Pantai Tanjung Karang Donggala. Dari pantai ini, lokasi Pusat Laut sangatlah dekat. Pusat Laut Donggala masihlah ada di lokasi Pantai Tanjung Karang, satu pantai yang juga cukup populer keindahannya. Cuma sekitaran 500 mtr. dari bibir Pantai Tanjung Karang. Tentunya, object wisata pantai ini akan tidak Anda jumpai di propinsi lain di Indonesia bahkan juga negara lain didunia, terkecuali di Propinsi Sulawesi Tengah.

Keindahan Tempat Wisata Pusentasi Pusat Laut Wisata Unik di Donggala Sulawesi Tengah

Pusat Laut Donggala berbentuk satu sumur raksasa, sumur itu terbentuk dengan cara alami serta memiliki ukiran bebatuan. Air di dalamnya berwarna biru jernih serta berasa asin seperti air laut. konon ada terowongan yang menghubungkan lubang ini ke laut. Uniknya, air didalam sumur tak pernah keruh walau beberapa orang yang memakainya untuk berenang maupun menyelam. Kekhasan yang lain yaitu, air didalam sumur raksasa ini bakal gunakan apabila air laut tengah surut serta bakal surut saat air laut tengah gunakan.

Panasnya cuaca khas pesisir sambil lihat birunya sumur laut seolah menyihir Anda untuk selekasnya meloncat kedalam lubang raksasa ini. Tetapi janganlah cemas, disiapkan tangga untuk menuju ke daratan lagi untuk pengunjung yang menginginkan berenang di lubang ini. Untuk berenang mesti dengan ketrampilan spesial, mengingat kedalamannya yang tidak umum. Cost masuk ke Pusat Laut cuma Rp 5. 000 untuk anak-anak, Rp 10. 000 untuk dewasa, serta Rp 15. 000 untuk wisatawan asing per orangnya. Cost masuk itu, cuma anda bayar bila bertandang di hari-hari libur, seperti libur Idul Fitri, Natal, Th. Baru serta di hari Minggu umum.

Sedang di hari-hari umumnya, mulai Senin sampai Sabtu untuk pengunjung yang masuk tak dipungut cost sepeser juga. Namun pengunjung yang datang di hari-hari umum mesti melindungi ketentuan yang ada didalam Pusat Laut. Dari mulai melindungi kebersihan serta melindungi semua benda-benda yang ada didalam Pusat Laut, jangan pernah ada yang dirusak atau ada yang dibawa pulang.

Di lokasi Pusat Laut ada juga pantai berpasir putih yang indah untuk berjemur nikmati sinaran surya yang hangat serta pohon-pohon yang rindang pastinya begitu sejuk untuk dinaungi waktu anda bertandang kesana. Terkecuali mempunyai hamparan pasir berwarna putih, pantai ini dapat adalah satu diantara tempat favorite untuk snorkeling ataupun diving.

Apabila anda tak membawa bekal waktu bertandang, tak perlu takut. Lantaran di Pusat Laut juga ada banyak warung-warung makan kecil yang dapat anda cicipi masakannya. Bukan sekedar itu, bila anda menginginkan beristirahat seraya membaringkan tubuh, di Pusat Laut juga disiapkan tempat istirahat berbentuk pondok-pondok kecil yang dapat menyimpan lima hingga enam orang pengunjung.

Anda tak perlu merogoh kocek yang dalam bila menginginkan mencicipi masakan yang ada di warung kecil serta menginginkan menyewa pondok kecil yang ada di Pusat Laut, lantaran ditanggung harga nya begitu terjangkau untuk semuanya kelompok. Orang-orang setempat juga yakin kalau air didalam sumur ini dapat menyembuhkan semua jenis penyakit. Jadi seringkali, banyak pengunjung yang membawa pulang air ini sebagai oleh-oleh. Umumnya mereka memohon tolong anak-anak setempat yang berenang didalam Pusat Laut untuk mengambilkan air, sudah pasti dengan gaji sepantasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *