Keindahan Tempat Wisata Wae Rebo Flores Yang Sangat Indah Unik dan Eksotis

Posted on
Keindahan Tempat Wisata Wae Rebo Flores Yang Sangat Indah Unik dan Eksotis

Keindahan Tempat Wisata Wae Rebo Flores Yang Sangat Indah Unik dan Eksotis – Negara Indonesia yaitu negara yang kaya suku, budaya, serta keindahan alamnya. Tetapi di sini yang bikin kita lebih mengagumi akan yaitu beragamnya obyek wisata yang dipunyai negara Indonesia ini. Kita dapat temukan beberapa tempat yang begitu indah di semua Indonesia. Salah nya ialah Indonesia Timur, sangat banyak potensi wisata yang bermacam. Seperti Wae Rebo umpamanya, satu desa yang eksotis ada di kepulauan Flores.

Tempat serta Akses Menuju Wae Rebo 

Keindahan Tempat Wisata Wae Rebo Flores Yang Sangat Indah Unik dan Eksotis

Wae Rebo adalah satu desa yang ada di Kec. Satarmese Barat, Kab. Manggarai, NTT. Tempat Wae Rebo ini begitu terpencil serta terisolasi sebab terdapat dibalik rimba. Hingga agar bisa meraih desa yang paling dekat dengan Wae Rebo, Anda mesti menelusuri rimba selama 9 km.

Ada cara-cara yang perlu Anda tempuh untuk dapat meraih Wae Rebo. Pertama, Anda mesti lakukan perjalanan yaitu dari Labuan Bajo menuju Ruteng. Lantas perjalanan Anda teruskan memakai ojek sampai hingga ke Dintor. Dintor yaitu satu desa paling akhir yang bisa dibuka dengan memakai kendaraan sebelumnya Anda hingga di Wae Rebo. Perjalanan yang memakai ojek ini mengonsumsi saat dapat hingga 2 jam. Tarif ojek juga tak seperti biasanya, yaitu sekitaran Rp 150. 000. Tetapi harga yang Anda bayar ini sesuai sama perjalan yang ditempuh, menyusuri rimba, melalui bukit terjal, serta tepian pantai.

Pilihan ke-2, Anda dapat memakai truk oto kayu dari Ruteng. Dimulai dari Terminal Bus Mena, lantas melewati Ds. Cancar, lalu ke Pela, Todo, lantas Dintor. Umumnya oto kayu pergi dari terminal saat sore hari yang mengonsumsi saat perjalanan sekitaran 3 – 3, 5 jam.

Desa Wisata Wae Rebo di Flores 

Keindahan Tempat Wisata Wae Rebo Flores Yang Sangat Indah Unik dan Eksotis

Lalu langkah ketiga yaitu dengan memakai perahu. Anda mesti meniti rute dengan lewat Labuan Bajo menuju ke arah selatan desa pesisir Nangalili. Tarif sewa perahu sekitaran Rp 400. 000. Lantaran tak ada jadwal untuk perahu umum, disarankan untuk mencharter kapal di muka. Perjalanan memakai perahu yang membawa Anda ke Pulau Mules ini bakal mengonsumsi saat sekitaran 2 jam. Setibanya di Dintor, perjalanan dilanjutkan ke Denge memakai ojek, dengan tarif Rp 10. 000 serta saat tempuh kurang lebih sepanjang 20 menit.

Langkah ke empat yaitu dengan mendaki atau hiking. Hiking dapat ditempuh dengan mengambil rute pada homestay lokal serta SDK desa. Selama perjalanan, Anda bakal melalui 3 tempat untuk istirahat, yakni Sungai Wae Lomba yang perjalanannya kurang dari 1 jam dari Denge. Sesudah trekking sepanjang 1 jam, Anda bakal menjumpai tempat peristirahatan ke-2, yaitu Pocoroko.

Pocoroko adalah tempat paling utama untuk masyarakat desa serta pengunjung yang akan lakukan panggilan telephone atau kirim pesan singkat dari hp mereka, sebab di Wae Rebo tak ada tanda selular. Sesudah dari Pocoroko Anda meraih pos ketiga, yaitu Nampe Bakok, yang mengonsumsi saat perjalanan sekitaran 40 menit. Dari sinilah, panorama bukit yang indah bisa Anda nikmati sebelumnya Anda meraih Wae Rebo.

Sepintas mengenai Wae Rebo 

Keindahan Tempat Wisata Wae Rebo Flores Yang Sangat Indah Unik dan Eksotis

Wae Rebo yaitu satu desa Manggaraian tua yang letaknya terisolasi di daerah pegunungan. Wae Rebo tawarkan peluang pada wisatawan untuk dapat lihat segi otentik dari perumahan Manggarai dan kehidupan keseharian oleh orang-orang setempat. Disini, Anda mempunyai peluang lihat mbaru niang, yakni rumah kebiasaan tradisional yang berupa kerucut melingkar dengan arsitektur rumah yang begitu unik.

Hingga sekarang ini, mbaru niang tetaplah dipakai sebagai tempat pertemuan atau ritual doa pada Minggu pagi berbarengan. Mbaru niang pernah alami bebrapa saat yang memprihatinkan. Namun th. 2008, rumah ini bisa diselamatkan karena kunjungan dari Yori Antar bersama kawan-kawan,

Lalu th. 2010, yayasan Rumah Asuh mulai melakukan renovasi bangunan rumah-rumah itu. Bahkan juga dalam pembangunannya, pihak swasta serta pemerintah juga ikut menolong. Saat ini rumah yang semulanya cuma ada empat buah saja dengan keadaan yang memprihatinkan, saat ini telah komplit jadi tujuh buah dengan keadaan yang baik.

Jika dibanding dengan wisatawan dari lokal, sebenarnya Wae Rebo sendiri telah lebih dulu populer sebagai obyek wisata di kelompok wisatawan luar negeri. Sejak sebelumnya th. 2000an, sudah banyak wisatawan asing yang datang untuk bertandang ke Wae Rebo ini. Mulai awal th. 2000an masyarakat setempat berupaya untuk memperkenalkan Wae Rebo pada orang-orang luas di Indonesia, langkahnya dengan menempatkan bebrapa photo desa mereka di sebagian hotel atau agen travel di Ruteng.

Alhasil, usaha itu memperoleh kesuksesan, mulai sejak th. 2002 telah banyak turis datang untuk lihat eksotisme Wae Rebo. Serta pada akhirnya dari beberapa turis berikut menyebar narasi tentang keindahan arsitektur serta keadaan budaya yang ada di Wae Rebo.

Keindahan Tempat Wisata Wae Rebo Flores Yang Sangat Indah Unik dan Eksotis

Waktu Anda bertandang ke Wae Rebo, Anda tidak cuma lihat perumahan Manggaraian otentik saja, namun juga memperoleh peluang untuk turut dalam kehidupan keseharian orang-orang setempat.

Beberapa besar orang bekerja di kebun mereka dari pagi s/d subuh, ada pula yang repot dengan panen kopi serta pemrosesan kacang. Tidak cuma itu, Anda dapat juga menjumpai beberapa wanita di Wae Rebo yang tengah lakukan aktivitas menenun kain songket tradisional, meskipun menenun ini bukanlah adalah kesibukan paling utama beberapa masyarakat wanita Wae Rebo.

Bila Anda ingin, dapat juga rasakan bermalam di Niang Mbaru yang sekalian nikmati makan malam serta bersosialisasi dengan orang-orang Wae Rebo dengan cara segera. Sepanjang menginap di Niang Mbaru, Anda bakal tidur dengan beralaskan tikar yang dianyam dari daun pandan komplit berbarengan kehangatan keluarga yang tinggal disana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *