Makanan Khas Lombok Yang Harus Di Coba Ketika Berwisata Ke Lombok

Posted on
Makanan Khas Lombok Yang Harus Di Coba Ketika Berwisata Ke Lombok
Makanan Khas Lombok Yang Harus Di Coba Ketika Berwisata Ke Lombok -Lombok adalah propinsi kaya wisata alamnya, terlebih pantai yang indah, bahkan juga tidak heran bila banyak wisatawan mancanegara yang datang ke Lombok untuk nikmati situasi alam yang telah tak diragukan lagi keindahanya. Di Lombok bukan sekedar kaya pantainya namun juga kuliner khas Lombok, Lombok mempunyai banyak makanan serta pantas anda cobalah, terlebih untuk anda yang sukai bakal wisata kuliner. Karenanya, Anda harus mencicipi satu diantara makanan khas Lombok yang bercita rasa pedas. Di bawah ini sebagian Makanan Khas Lombok yang sudah kami kumpulkan. 
1. Nasi Balap Pucung 
Makanan Khas Lombok Yang Harus Di Coba Ketika Berwisata Ke Lombok
Nasi Pucung adalah satu diantara makanan khas lombok yang mempunyai cita rasa pedas, hal semacam ini lah yang bikin istimewa makanan Lombok ini. Jika bila Anda menginginkan coba, jadi Anda bakal rasakan ketagihan untuk coba lagi walaupun makan ini mempunyai penampilan yang kurang bagus. Hal semacam ini tidak jadi masalah untuk umumnya orang, terlebih orang yang mempunyai hoby pada rasa padas, pastinya akan beli makanan ini saat datang ke lombok. Mengenai beberapa bahan yang digunakan pada makanan ini adalah nasi yang diisi suwiran daging ayam yang di proses bercampur dengan cabai, lalu kedelai kacang, taburan udang yang telah kering, abon dan belut goreng. Untuk beli makanan ini, Anda dapat beli di sekitaran Lombok, walau demikian banyak info yang menyebutkan kalau nasi balap pucung yang paling enak yaitu buatan dari cap Inaq Esun yang ada Lombok Tengah tepatnya di desa Puyung. Jika Anda tak dapat ke desa itu, Anda tak perlu cemas lantaran ada dua cabang lagi yang dapat Anda kunjungi yakni ada di bilangan Plaza Senggigi, Lombok Barat dan jalan Sriwijaya Matara. Bila Anda telah temukan makanan ini segara rasakan sensasinya.  
2. Sate Rembiga 
Makanan Khas Lombok Yang Harus Di Coba Ketika Berwisata Ke Lombok
Untuk Anda yang belum pernah mendengar Sate Rembiga mungkin saja penasaran, terbuat dari apa sih sate ini? Sate Rembiga sebenarnya adalah sate yang memiliki bahan daging sapi sama saperti sate lainya namun yang membedakan dengan sate lainya yakni cita rasa Makanan Khas Lombok, rasa-rasanya kombinasi pada gurih, manis serta pedas. Anda penasaran dengan tiga rasa yang bercampur jadi satu, nah oleh karena itu selekasnya datang kelombok. Lantas mengapa sih kok diberi nama Sate Rembiga, lantaran sate ini datang dari desa Rembiga yang ada didekat sisa Bandara Selaparang yang memanglah di sini lah timbulnya Sate Rembiga, jadi anda tak perlu bingung lagi mengenai asal muasal Sate Rembiga. Lantas di mana sih kita dapat beli, yap, dimanapun Anda dapat beli. Walau demikian, Anda mesti bebrapa pandai pilih Sate Rembiga yang enak. Banyak yang merekomendasikan beli Sate Rembiga yang pas di Warung Rembiga Di Jalan Dakota No 2 Rembiga, lantaran warung ini sangatlah memiliki pengalaman, berdiri mulai sejak 27 th. waktu lalu pastinya telah mahir dalam mengelola kuliner khas yang dipunyai Lombok. Tempat warung itu begitu strategis walaupun tak di tepi jalan. Untuk beli Sate Rembiga di warung ini Anda mungkin saja mesti mengantri lantaran sangat banyak yang menginginkan mecicipi ditempat ini, jadi Anda mesti beli sesegera mungkin saja sebelumnya ketinggal. 
3. Beberuk Terong 
Makanan Khas Lombok Yang Harus Di Coba Ketika Berwisata Ke Lombok
Namanya memanglah unik, lantas apakah Anda sudah mengetahui Beberuk Terong itu?. Beberuk Terong adalah adalah lalapan sebagai pendamping Ayam Taliwang. Nah, bila Anda makan Ayam Taliwang tak ada Beberuk Terong, jadi tak afdol kata beberapa orang Lombok. Beberuk Terong adalah makanan yang gampang di proses, serta tentu Anda dapat bikin sendiri. Bahan basic dari Beberuk Terong yakni terong ungu yang di potong seperti dadu serta tomat. Bumbu halus yang perlu disediakan yakni cabe merah keriting, cabe rawit, bawang merang, bawang putih, kencur, terasi bakar, gula pasir, garam serta minyak goreng. Lalu siram bumbu di atas yang telah digabung diatas terong plus perasan jeluk limau pas diatasnya. Rasa-rasanya manis, pedas, asam serta fresh, tentu Anda menginginkan sekali mecicipi makanan ini. Bila iya silakan anda datang ke Lombok. 
4. Poteng Jaje Tujak serta Iwek 
Makanan Khas Lombok Yang Harus Di Coba Ketika Berwisata Ke Lombok
Tentu Anda penasaran dengan makanan satu ini. Makanan ini adalah satu diantara makanan khas lebaran untuk orang-orang Lombok namun tenang saja, makanan ini dapat diketemukan di hari-hari umum tanpa ada mesti menanti lebaran. Makanan ini ada dua type yakni Poteng atau Tapai serta Jaje Tujuk atau Tetel. Diluar itu yg tidak ketinggal iwek atau kue yang terbuat dari ketan hitam serta umumnya dihidangkan saat ada upacara kebiasaan orang-orang Lombok. Iwel adalah makanan yang tidak sama dari makanan lainya lantaran umumnya makanan Lombok pedas. Walau demikian, Iwel tidak sama yakni merasa manis serta legit. Untuk Anda yang datang ke Lombok dapat coba makanan ini. Atau Anda dapat belajar lalu buat dirumah Anda sendiri. Makanan Pteng Jaje Tujak serta Iwek memanglah unik namun janganlah salah, makanan ini begitu enak. 
5. Plecing Kangkung 
Makanan Khas Lombok Yang Harus Di Coba Ketika Berwisata Ke Lombok
Mungkin saja di rumah Anda kerap masak kangkung seperti di tumis. Untuk di lombok, ada namanya Plecing Kangkung yang disebut masakan khas lombok. Lantas apa yang membedakan dengan masakan kangkung lainya. Yang membedakan adalah kangkungnya tersebut, kangkung di Lombok tidak sama dengan kangkung yang ada didaerah lainya. Di dalam kangkung khas lombok, umumnya ada sayuran penambahan seperti touge serta kacang goreng yang bermanfaat untuk kurangi rasa pedas. Untuk masakan ini, nyaris semuanya rumah makan sediakan masakan khas ini Lombok ini. Satu diantara yang popular yang sediakan masakan Plecing Kangkung yakni Rumah Makan Dua-EM yang ada di jalan Transmigrasi 99 Mataram, untuk Anda yang menginginkan mencicipi silakan datang ke rumah makan itu atau kerumah makan sekitaran Anda saat ada di Lombok. 
6. Ayam Taliwang 
Makanan Khas Lombok Yang Harus Di Coba Ketika Berwisata Ke Lombok
Nah, bila Anda pergi ke Lombok belum mencicipi makanan ini, jadi Anda sebenernya belum ke Lombok. Lantaran makanan ini adalah makanan yang paling popular di Lombok. Ayam Taliwang bisanya dimasak dengan sebagian pilihan seperti di goreng, di panggang maupun dibakar. Umumnya Ayam Taliwang memakai ayam kampung yang masihlah muda supaya rasa-rasanya lebih mantab. Kelezatan Ayam Taliwang terdapat pada bumbu khas Lombok yaitu super pedas. Untuk Anda yang menginginkan coba racikan Ayam Taliwang, Anda bisa datang kerumah makan Ayam Bakar Taliwang Iraman yang terdapat di Cakranegara. Bila tidak paham di mana Cakranegara itu di mana, silakan Anda bertanya sama orang yang ada di sekitar Anda,, haha 
7. Sate Tanjung 
Makanan Khas Lombok Yang Harus Di Coba Ketika Berwisata Ke Lombok
Nah ada lagi makanan sate khas Lombok yaitu Sate Tanjung, lantas apakah sama Sate Tanjung dengan Sate Rembiga, jawabanya tidak sama lantaran Sate Tanjung memakai bahan ikan bukanlah daging sapi atau kambing serta ikan yang dipakai yaitu ikan Cakalang atau ikan Langoan. Kesenangan Sate Tanjung adalah disantap saat masih tetap dalam kondisi panas serta disandingkan dengan nasi atau lontong. Rasa guruh pada daging ini begitu merasa lantaran kombinasi bumbu khas lombok yang wenak, berbentuk santan yang pedas dari barbagai rempah-rempah yang digabungkan ke daging ikan. Bila Anda menyantab masakan ini tubuh bakal merasa hangat, hal semacam ini pas saat Anda setelah berendam air seperti habis berenang di kolam atau di pantai. Mengapa dimaksud dengan Sate Tanjung mungkin saja lantaran sate ini ada di Pasar Tanjung serta untuk Anda yang menginginkan menikmatinya, Anda bisa datang ke Pasar Tanjung untuk membelinya. Silakan coba serta berkeliling ke Lombok. 
8. Sate Bulayak 
Makanan Khas Lombok Yang Harus Di Coba Ketika Berwisata Ke Lombok
Ada lagi sate yang bakal kita ulas kesempatan ini. Anda sudah mengetahui sate Bulayak? apabila belum silakan datang segera ke Lombok serta dapatkan jawabanya. Hehe. Oke segera kita ulas, Sate ini tak saja enak di santap walau demikian unik ‘katanya sih’, lantas di mana keunikanya. Mari kita dapatkan jawabanya, Bulayak yaitu semacam lontong yang dibungkus dengan daun aren atau danau enau dengan bentuk memanjang seperti spiral. Hingga untuk membukanya mesti dengan gerakan memutar. Sedang satenya memakai daging sapi yang tidak sama dengan sate tanjung, sate itu dilumuri dengan bumbu khas sasak, langkah maka dari itu yakni dengan mencocol Bulayak ke bumbu sate yang sudah disiapkan, serta demikianlah kekhasan dari Sate Bulayak. Bila Anda menginginkan mencari sate ini, Anda bisa pergi ke sebagian tempat yang banyak jual makanan ini yakni beberapa tempat wisata seperti Pura Lingsar, Taman Narmada serta Tamana Suranadi. Oke, silakan coba makanan satu ini serta rasakan sensasi serta keunikanya. 
9. Ares 
Makanan Khas Lombok Yang Harus Di Coba Ketika Berwisata Ke Lombok
Kurang lebih menurut pembaca ini type makanan apa ya? mungkin saja banyak yang belum tau ya. Yuk kita ulas makanan satu ini. Ares adalah makanan yang memiliki bahan sayuran khas lombok yang bahanya intinya yakni Kedebok Pisang atau pelepah pisang yang masihlah muda, unik ya nyatanya pelepah pisang dapat dipakai sebagai sayur. Apakah daerah Anda juga dipakai sebagai sayur? ahh kita ulas lagi mengenai masakan ini. Rasa hidangan yang memakai santan ini termasuk unik lantaran rasa-rasanya manis serta gurih, asal muasal makanan ini datang dari makanan suku sasak yang dihidangkan pada acara pernikahan sampai jadi popular sebagai makanan khas lombok. Bila menginginkan lebih nikmat, makanan ini dikonsumsi saat masihlah hangat serta dengan nasi putih. Silakan coba untuk Anda yang menginginkan pastinya di Lombok ya. 
10. Bebalung 
Makanan Khas Lombok Yang Harus Di Coba Ketika Berwisata Ke Lombok
Mungkin saja di daerah lain menyampaikan makanan aneh. Apasih ini, nah tersebut Indonesia, kaya segalanya, demikian halnya kulinernya. Anda mesti coba makanan satu ini lantaran rasa-rasanya begitu ciamik. Lantas terbuat dari apa Bebalung itu? Bebalung terbuat dari tulang iga sapi atau kerbau yang diracik dengan bumbu yang terbagi dalam cabe rawit, bawang putih, bawah merah, lengkuas plus kunyit serta jahe. Bebalung ini disajikan dengan semangkuk yang sudah di beri bawang merah goreng, Lantas apa yang kita makan? silakan makan apa sajakah yang utama makanan ini lezat abiz. 
Sajian Bebalung yang paling popular dari Lombok di Depot Kelebet yang ada di Jalan HOS Cokroaminoto, depot yang terdapat di belakang kantor Gubernur NTB. Namun Anda mesti ikhlas mengantri sampai berkilo-kilo mtr.. Haha. Ini cuma bohong belaka, yang tentu, tempat ini senantiasa dipadati oleh pencinta Bebalung. Jadi, Anda mesti sabar bila beberapa pelayan agak lama melayani. Serta terlebih dulu, selamat nikmati. 
Cuma ini keterangan Makanan Khas Lombok serta Untuk anda yang menginginkan lihat bebrapa photo situasi Lombok serta hotel-hotelnya terlebih pantai yang indah di sana, Anda bisa memandangnya di artikel lainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *