Panjat Tebing di Batu Dinding Kilo Tiga Wisata Alam Sulawesi Yang Asik

Posted on
Panjat Tebing di Batu Dinding Kilo Tiga Wisata Alam Sulawesi Yang Asik

Panjat Tebing di Batu Dinding Kilo Tiga Wisata Alam Sulawesi Yang Asik – Banyak beberapa tempat wisata yang dapat Anda kunjungi di Pulau Sulawesi. Banyak yang menyuguhkan wisata berolahraga outdoor atau olah raga ekstrim seperti arung jeram. Tetapi obyek wisata yang satu ini betul-betul ekstrim.

Tebing Alam TersulitBatu Dinding Kilo Tiga yaitu satu tebing alami yang menjulang tinggi sekitaran 90 mtr.. Batu Dinding Kilo Tiga di kenal sebagai ‘Surga’-nya beberapa penggemar berolahraga ekstrim Panjat Tebing. Terkecuali mempunyai bentuk yang begitu unik, tingkat kesusahan jalur pemanjatan yang dipunyai Batu Dinding termasuk susah. Bahkan juga sebagian olahragawan Panjat Tebing Nasional mengaku kalau Batu Dinding Kilo Tiga yaitu tebing alami yang paling susah diantara tebing-tebing se-Indonesia.

Object wisata 


Batu Dinding Kilo Tiga yaitu tebing alami yang begitu unik. Memiliki bentuk tak seperti tebing-tebing alami biasanya. Batu Dinding (sebutan orang-orang setempat) mempunyai permukaan seperti deretan balok yang bersusun bertingkat terbalik. Seperti balok atas menindih balok bawahnya, hingga makin ke atas makin menonjol permukaan tebing. Kemegahan Batu Dinding bakal nampak apabila Anda memandangnya dari terlalu jauh. Walau demikian, Anda bakal rasakan kekaguman yang lebih saat lihat permukaannya dari dekat. Bagaimana susunan balok itu dapat menyatu serta tersusun sedemikian rupa.

Panjat Tebing di Batu Dinding Kilo Tiga Wisata Alam Sulawesi Yang Asik

Tebing Batu Dinding Kilo TigaBagi Anda penyuka berolahraga ekstrim Panjat Tebing, Batu Dinding bakal memberi sensasi yang cukup menyebabkan adrenalin Anda. Pengalaman pemanjatan Anda bakal jadi tambah sekalian diuji di tebing ini. Susunan balok-baloknya yang terbalik cukup memeras otak dan tenaga Anda. Selain itu, terdapat banyak jalur pemanjatan yang telah di buat di Batu Dinding. Sebagian dari jalur pemanjatan itu juga termasuk unik, lantaran memiliki nama serta ciri khas sendiri. Tersebut nama Jalur-jalur Pemanjatan bersama keterangan secara singkat :

  1. Jalur Ofu. ‘Ofu’ yaitu bhs orang-orang setempat yang bermakna ‘Lebah’. Dinamakan Jalur Ofu lantaran jalur pemanjatanmelewati sebagian sarang lebah. Sudah pasti sarang itu masihlah berpenghuni. Ektrim, bukan? 
  2. Jalur Spider yaitu jalur pemanjatan yang cukup panjang, di mana jalurnya bukan sekedar satu namun banyak dan terputus-putus. Dinamakan Jalur Laba-laba lantaran untuk merampungkan jalur ini, Anda mesti melompat dari jalur satu ke jalur yang lain. 
  3. Jalur Hang Dog. Pada Jalur Pemanjatan ini, Anda mesti sekian kali bergelantungan. 
  4. Jalur Clim Or Swim (COS). Pada satu segi, tebing bersebelahan dengan aliran air. Jalur Pemanjatan COS ini menyilang serta melalui aliran air yang ada di bawah tebing itu. Hingga saat Anda terjatuh di dalam Jalur Pemanjatan, jadi Anda bakal segera ‘berenang’. 
  5. Jalur Teri. Dinamakan Jalur Teri lantaran waktu pembuatan jalur ini, beberapa anggota tim pembuat jalur cuma makan dengan lauk Ikan Teri. 
  6. Jalur Tragedi. Jalur Pemanjatan ini adalah jalur peringatan pada suatu tragedi, yang berlangsung ketika jalur ini di buat. Di mana sebagian anggota tim tewas terseret luapan banjir Sungai Ranoyapo, yang letaknya berdekatan dengan tempat tebing. 
  7. Jalur Malaria juga adalah jalur peringatan, lantaran waktu jalur ini di buat semua anggota team terkena penyakit Malaria. Ketika yang sama, penyakit ini dapat menyerang masyarakat desa paling dekat. Jalur malaria termasuk juga jalur paling sulit di tebing ini, sesudah Jalur Ratapan. 
  8. Jalur Ratapan yaitu Jalur Pemanjatan yang paling sulit. Dinamakan Jalur Ratapan lantaran saat Anda meniti jalur ini, ketrampilan pemanjatan Anda bakal begitu teruji. Stamina, fikiran, serta tenaga bakal terkuras habis untuk menaklukan jalur ini. Hingga kemungkinan besar Anda bakal mengeluh, atau ‘meratap’. 

Hingga sekarang ini baru sebagian orang pemanjat yang dapat lewat Jalur Malaria serta Jalur Ratapan, lantaran memanglah ke-2 jalur tersebut yang paling sulit di Batu Dinding serta se-Indonesia.
Tetapi untuk Anda yg tidak suka pada berolahraga ekstrim Panjat Tebing, janganlah cemas. Lantaran terkecuali kemegahan tebing Batu Dinding Kilo Tiga, panorama yang melingkari tempat ini begitu asri serta sejuk. Tidak jauh dari tempat Batu Dinding, Anda dapat menjumpai kejernihan serta kesegaran aliran Sungai Ranoyapo. Sungai ini dapat kerap digunakan untuk berolahraga air Arung Jeram.

Panjat Tebing di Batu Dinding Kilo Tiga Wisata Alam Sulawesi Yang Asik

Tempat

Tebing yang indah nan megah ini terdapat di Desa Km. 3 (Km3), Kecamatan Amurang, Kabupaten Minahasa Selatan, Sulawesi Utara. Batu Dinding Kilo Tiga terdapat 5 Km samping Barat Daya dari kota Amurang, serta sekitaran 60 Km samping Barat Daya dari Kota Manado.

Akses

Tempat Batu Dinding dapat diraih dari Kota Amurang maupun Kota Manado, dengan memakai kendaraan pribadi atau angkutan umum. Sebagai info, dengan memakai angkutan umum tempat tebing ini tak dapat diraih dengan satu kali perjalanan. Anda mesti naik ojek dari titik penurunan angkutan kota, menuju ke Desa Kilo Tiga. Kemudian, anda akan jalan kaki sebentar untuk meraih tebing ini.

Harga Tiket 

Lantaran masih tetap dalam step gagasan pengembangan, Anda yang menginginkan berkunjung ke Batu Dinding akan tidak dipungut cost. Dianjurkan supaya Anda memberi sumbangan suka-rela pada tempat yang disiapkan, lantaran kebersihan serta perawatan tebing ini dikerjakan dengan cara swadaya oleh orang-orang setempat.

Sarana serta Akomodasi 

Sarana penginapan serta rumah makan cuma ada di kota yang paling dekat dengan Batu Dinding, yakni Kota Amurang serta Manado. Sebagian hotel dekat Batu Dinding Kilo Tiga yang direferensikan seperti Minahasa Lagoon Hotel serta Manguni Terrace Resort. Apabila Anda tertarik coba memanjat tebing Batu Dinding, dianjurkan supaya Anda membawa perlengkapan panjat sendiri. Untuk keamanan serta kenyamanan pemanjatan, dianjurkan supaya Anda menghubungi grup penggemar alam ‘Cliff Hanger Amurang’ atau Komunitas Komunikasi Penggemar Alam (FKPA) Sulawesi Utara.
Indeks arti umum : batu dinding amurang, gambar panjat tebing manado, kilo 3 amurang, panjat tebing kilo 3 di amurang, batu dinding kilo mtr. 3 amurang.

Panjat Tebing di Batu Dinding Kilo Tiga Wisata Alam Sulawesi Yang Asik

Terkecuali object wisata alam serta wisata bahari, pulau Sulawesi juga menyuguhkan macam wisata berolahraga outdoor atau berolahraga ekstrim umpamanya arung jeram. Walau demikian ada satu diantara object wisata Sulawesi, yang betul-betul lebih ekstrim dari wisata yang lain. Serta mungkin saja saja Anda belum pernah mengunjunginya. Object wisata ini terdapat di Sulawesi Utara yang dinamakan Batu Dinding Kilo Tiga. Serta begitu pas untuk Anda suka pada tantangan atau sebatas menginginkan menguji adrenalin sembari lihat keindahan Batu Dinding Kilo Tiga ini.

Object wisata Batu Dinding Kilo Tiga ini adalah satu diantara wisata yang paling ekstrim di lokasi Pulau Sulawesi. Obyek wisata ini adalah satu tebing alami yang menjulang tinggi sekitaran 90 mtr.. Orang-orang setempat banyak yang menjulukinya dengan julukan batu dinding. Batu Dinding Kilo Tiga ini mempunyai bentuk yang unik mirip deretan balok yang bersusun bertingkat terbalik.

Panjat Tebing di Batu Dinding Kilo Tiga Wisata Alam Sulawesi Yang Asik

Kemegahan Batu Dinding ini bakal tampak bila Anda memandangnya dari jarak jauh. Walau demikian, Anda bakal rasakan kekaguman yang mengagumkan bila memandangnya dari dekat. Bagaimana tak, susunan balok itu dapat menyatu serta tersusun sedemikian rupa. Tiap-tiap pengunjung pastinya akan dibuatnya takjub dengan keindahan batu tebing ini.

Terkecuali mempunyai bentuk yang cukup unik, tingkat kesusahan jalur pemanjatan yang dipunyai oleh Batu Dinding ini dapat termasuk susah. Bahkan juga sebagian olahragawan Panjat Tebing Nasional juga banyak yang mengaku kalau Batu Dinding Kilo Tiga ini yaitu tebing alami yang begitu susah diantara tebing-tebing se-Indonesia. Di tebing batu dinding yang eksotik ini, ada sembilan jalur panjat dengan nama yang tidak sama. Serta menaruh narasi menarik pada tiap-tiap nama jalur panjat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *