Rute Dan Harga Tiket Masuk Di Tempat Wisata Danau Kelimutu NTT

Posted on
Rute Dan Harga Tiket Masuk Di Tempat Wisata Danau Kelimutu NTT
Rute Dan Harga Tiket Masuk Di Tempat Wisata Danau Kelimutu NTT – Hari masihlah gelap waktu beberapa turis menyusuri jalan setapak menuju puncak Gunung Kelimutu, Ende, Nusa Tenggara Timur. Mereka jalan cepat ke puncak untuk melihat situasi matahari terbit. Terlihat kabut putih menyelimuti puncak gunung. 1/2 jam lalu, semburat cahaya merah nampak dari arah timur. 
Waktu cahaya itu semakin jelas, tampaklah Danau Kelimutu, yang berbentuk kawah diantara puncak gunung. Belasan orang ramai-ramai mengambil gambar danau itu. Dalam satu lokasi di ketinggian 1. 640 mtr. diatas permukaan laut itu, ada tiga danau yang dibuat melalui sistem vulkanis gunung api. “Saya datang kesini untuk lihat danau unik ini, ” kata turis domestik asal Malang, William Wijaya, pada Tempo di puncak Gunung Kelimutu, pertengahan Desember 2015 lantas. 
Danau yang terdapat 54 km. di samping timur Kota Ende—waktu tempuh sekitaran 2 jam—itu di kenal sebagai danau tiga warna lantaran mempunyai tiga warna : merah, biru, serta putih. Warna itu berubah-ubah dalam periode waktu spesifik. 
Rute Dan Harga Tiket Masuk Di Tempat Wisata Danau Kelimutu NTT
Danau itu dinamakan lokal sesuai sama kepercayaan orang-orang tempat. Danau yang terdalam, sekitaran 127 mtr., dimaksud Tiwu Nua Muri Koo Fai (Danau Pemuda serta Gadis). Pagi itu, danau seluas 5, 5 hektare itu terlihat berwarna hijau lumut. Dibagian tenggara ada Tiwu Ata Polo dengan kata lain Danau yang Menakjubkan sedalam 64 mtr. dengan luas 4 hektare. Danau itu diprediksikan jadi satu diantara sumber air untuk Sungai Ria Mbuli yang mengalir di Gunung Kelimutu. Warnanya pada hari itu hijau. 
Sekitaran 1/2 km. dari puncak, ada Tiwu Ata Mbupu (Danau Orang Tua) yang berwarna hijau. Luasnya 4, 5 hektare dengan kedalaman 67 mtr.. Ketiga danau mempunyai bentuk, keadaan hidrotermal, serta geokimia yang tidak sama. “Itulah sebagai daya tarik Danau Kelimutu, ” kata Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Lokasi I Kelimutu, Benedictus Rio Wibawanto. 
Data Balai Taman Nasional Kelimutu tunjukkan, sepanjang 1915-2011, Ata Polo alami 44 kali pergantian warna, Nua Muri Koo Fai beralih warna 25 kali, serta Ata Mbupu 16 kali bersalin warna. Tidak ada jadwal serta pola pergantian yang tentu. 
Pergantian kadang-kadang membuahkan warna kombinasi. Data Kementerian Lingkungan Hidup tunjukkan, pada Mei 1997, air Ata Polo beralih warna dari cokelat serta hijau tua jadi merah hati. Mbupu beralih dari cokelat tua jadi hijau kecokelatan. Sedang Nua Muri Koo Fai beralih jadi putih telur asin dari biru serta hijau muda. Empat th. lantas, warna danau nyaris seragam hijau. Satu tahun lalu, warna beralih jadi hijau serta hitam. 
Rute Dan Harga Tiket Masuk Di Tempat Wisata Danau Kelimutu NTT
Penelitian Pasternak 20 th. lantas tunjukkan Kelimutu termasuk juga gunung api type stratovolcano yang tidak banyak keluarkan material vulkanis. Gunung ini paling akhir kali meletus pada 1968. Kesibukan vulkanis Gunung Kelimutu terdaftar 11 kali sepanjang 1830-1996. Mengenai pergantian warna air tiga danau itu berlangsung mulai sejak letusan pada 1886. 
Beberapa ilmuwan mengira pergantian warna itu berlangsung lantaran kesibukan gunung api, pembiasan sinar matahari, mikrobiota air, zat kimia terlarut, ganggang, serta pantulan warna dinding serta basic danau. Namun, menurut Kepala Seksi Mencegah serta Penanggulangan Rusaknya Danau Kementerian Lingkungan Hidup serta Kehutanan, Titi Novitha Harapah, riset yang lebih akurat menyimpulkan kalau warna danau yang berubah-ubah dikarenakan oleh sistem geokimia di basic danau yang membuahkan kandungan zat kimia spesifik didalam air. 
Peralihan warna air jadi hijau bisa saja oleh pergantian komposisi kimia air kawah akibat pergantian gas-gas gunung api atau dapat juga efek kenaikan suhu. Sedang naiknya konsentrasi zat besi dalam fluida membuahkan warna merah serta cokelat tua. Warna hijau lumut mungkin saja datang dari biota type lumut. Pergantian warna berlangsung akibat erosi dinding atas danau serta basic kawah yang membuka material-material spesifik. 
Danau ini begitu riskan apabila berlangsung gempa atau getaran hebat. Kepala Subdirektorat Ingindalian Rusaknya Danau Kementerian Lingkungan Hidup serta Kehutanan, Syamsuhari, menyampaikan dinding pemisah pada Nua Muri Koo Fai serta Ata Polo adalah sisi yang paling labil lantaran berbentuk dinding batu sempit yang gampang longsor. Dinding ini begitu terjal dengan pojok kemiringan 70 derajat serta ketinggian 50-150 mtr.. 
Rute Dan Harga Tiket Masuk Di Tempat Wisata Danau Kelimutu NTT
“Bila berlangsung gempa dalam taraf besar, ke-2 danau dapat menyatu, ” kata dia. Karenanya, kata Syamsuhari, dibutuhkan kajian untuk memberi tips pada turis ihwal tempat berlindung saat ada di sekitaran Danau Kelimutu. 
Walaupun ada di taman nasional mulai sejak lokasi itu diputuskan pada 1992, bukanlah bermakna danau ini seutuhnya aman dari ancaman. Satu diantara ancaman paling utama datang dari sampah yang dibuang pengunjung. 
Ada sekitaran 30 pedagang air paket plastik serta camilan di gunung itu. Turis domestik yang malah jadi pembuang sampah asal-asalan. Jumlah mereka semakin banyak di banding turis asing. Th. lantas, keseluruhan jumlah pengunjung sekitaran 54 ribu dengan 41 ribu salah satunya turis domestik. Pengelola memberlakukan tarif “diskriminatif” : turis asing dikenai ticket masuk Rp 150 ribu untuk sekali kunjungan, sedang turis domestik cuma Rp 5. 000. 
Tetapi ada berita baik yang dapat menyelamatkan lokasi taman nasional ini. Disana ada hukum kebiasaan yang melarang jual-beli tanah di sekitaran taman nasional. Apabila dilanggengkan, local wisdom itu bakal menghindar pergantian peruntukan tempat jadi untuk bangunan komersial seperti hotel serta resor. Diluar itu, ada keyakinan orang-orang lokal kalau jiwa atau arwah orang yang wafat akan tiba ke Kelimutu serta masuk ke satu diantara danau. “Tempat ini dikira sakral. Kepercayaan itu menolong menyelamatkan danau, ” kata Wibawanto.
Danau Kelimutu yaitu danau kawah yang terdapat di puncak Gunung Kelimutu (gunung berapi) yang terdapat di Pulau Flores, Propinsi NTT, Indonesia. Lokasi gunung ini tepatnya di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende. Danau ini di kenal dengan nama Danau Tiga Warna lantaran mempunyai tiga warna yang tidak sama, yakni merah, biru, serta putih. Walau bagaimanapun, beberapa warna itu senantiasa berubah-ubah bersamaan dengan perjalanan saat. Danau ini ada di ketinggian 1. 631 mtr. dari permukaan laut. 
Rute Dan Harga Tiket Masuk Di Tempat Wisata Danau Kelimutu NTT
Kelimutu adalah paduan kata dari “keli” yang bermakna gunung serta kata “mutu” yang bermakna mendidih. Menurut keyakinan masyarakat setempat, beberapa warna pada danau Kelimutu mempunyai arti semasing serta mempunyai kemampuan alam yang begitu dahsyat. 
Danau atau Tiwu Kelimutu di untuk atas tiga sisi yang sesuai sama warna – warna yang ada didalam danau. Danau berwarna biru atau “Tiwu Nuwa Muri Koo Fai” adalah tempat berkumpulnya jiwa-jiwa muda-mudi yang sudah wafat. Danau yang berwarna merah atau “Tiwu Ata Polo” adalah tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang yang sudah wafat serta sepanjang ia hidup senantiasa lakukan kejahatan/tenung. Sedang danau berwarna putih atau “Tiwu Ata Mbupu” adalah tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orangtua yang sudah wafat. 
Luas ketiga danau itu sekitaran 1. 051. 000 mtr. persegi dengan volume air 1. 292 juta mtr. kubik. Batas antar danau yaitu dinding batu sempit yang gampang longsor. Dinding ini begitu terjal dengan pojok kemiringan 70 derajat. Ketinggian dinding danau sekitar pada 50 hingga 150 mtr.. 
Pada awalnya daerah ini diketahui oleh Van Such Telen, warga negara Belanda, th. 1915. Keindahannya terkenal sesudah Y. Bouman menggambarkan dalam tulisannya th. 1929. Mulai sejak waktu itu wisatawan asing mulai datang nikmati danau yang di kenal angker untuk orang-orang setempat. Mereka yang datang tidak cuma pencinta keindahan, namun juga peneliti yang menginginkan tahu peristiwa alam yang sangat langka itu. 
Lokasi Konservasi Alam Nasional 
Lokasi Kelimutu sudah diputuskan jadi Lokasi Konservasi Alam Nasional mulai sejak 26 Februari 1992. 
Type hutan 
Rimba Dipterokarp Bukit yaitu lokasi rimba yang ada di ketinggian pada 300 – 750 mtr.. 
Rimba Dipterokarp Bukit 300 – 750 meter 
Rimba Dipterokarp Atas ketinggian 750 – 1. 200 meter 
Rimba Montane 1, 200 – 1. 500 meter 
Rimba Ericaceous 1. 500 meter 
Sebagian flora yang bisa didapati di sekitaran danau diantaranya Kesambi (Schleichera oleosa), Cemara (Casuarina equisetifolia) serta bunga kekal Edelweiss. Sedang fauna yang ada di sekitaran danau, diantaranya Rusa (Cervus timorensis), Babi rimba (Sus sp.), Ayam rimba (Gallus gallus) serta Elang (Elanus sp.) 
Danau Kelimutu yang terdapat di puncak Gunung Kelimutu ini masuk dalam rangkaian Taman Nasional Kelimutu. Danau Kelimutu memiliki tiga kubangan raksasa. Semasing kubangan memiliki warna air yang senantiasa beralih setiap tahunnya. Air di satu diantara tiga kubangan berwarna merah serta bisa jadi hijau tua dan merah hati ; di kubangan yang lain berwarna hijau tua jadi hijau muda ; serta di kubangan ketiga berwarna coklat kehitaman jadi biru langit. 
Dengan cara adminitratif, Danau Kelimutu ada pada 3 kecamatan, yaitu Kecamatan Detsuko, Kecamatan Wolowaru serta Kecamatan Ndona, ketiganya ada dibawah naungan Kabupaten Dati II Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur. 
Akses ke Lokasi ini yakni dari ibukota Provinsi NTT, yaitu Kupang, memakai pesawat menuju kota Ende, di Pulau Flores, dengan saat tempuh meraih 40 menit. lalu perjalanan dilanjutkan dengan memakai angkutan umum berbentuk mini bus, menuju Desa Kaonara, yang berjarak 93 km, dengan saat tempuh sekitaran 3 jam. Dari Desa Koanara menuju Puncak Danau Kelimutu, jalan selama 2, 5 km. 
Sebagai satu diantara tempat wisata andalan, jadi akomodasi di sekitaran danau cukup di perhatikan. Di sekitaran danau ada pondok jagalah, shelter berteduh untuk pengunjung, MCK, kemampuan tempat parkir, dan sebagian losmen kecil. 

One thought on “Rute Dan Harga Tiket Masuk Di Tempat Wisata Danau Kelimutu NTT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *