Rute Menuju Lokasi Wisata Pantai Kolbano Di Nusa Tenggara Timur

Posted on
Rute Menuju Lokasi Wisata Pantai Kolbano Di Nusa Tenggara Timur – Pantai berpasir putih, hitam atau kelabu telah umum. Bagaimana dengan pantai bertabur batu warna-warni? Sempatkah Anda memandangnya? Bila belum, coba pergi ke Pulau Timor, NTT! Disana ada satu pantai yang begitu unik, yaitu Pantai Kolbano! Pantai ini tidak sama dengan pantai umumnya lantaran bibir pantainya tak dihiasi hamparan pasir putih tetapi hamparan batu warna-warni. 
Rute Menuju Lokasi Wisata Pantai Kolbano Di Nusa Tenggara Timur
Jalan berkelok-kelok menuju Pantai Kolbano Pantai Kolbano terdapat di Desa Kolbano, Kecamatan Kolbano, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT). Untuk meraih Pantai Kolbano memanglah cukup melelahkan. Anda mesti meniti jarak sekitaran 135 km dari Kota Kupang atau sekitaran 3 jam berkendara. Keadaan jalan menuju Pantai Kolbano juga cukup meningkatkan adrenalin lantaran di sebagian tempat jalan berkelok-kelok naik-turun bukit, dengan tanjakan serta turunan curam. Di selama jalan, Anda bakal lihat panorama yang bermacam. Dari mulai rimba yang masihlah hijau, sawah yang menghampar luas, sampai perkampungan masyarakat dengan rumah-rumah simpel, berdinding bambu serta beratap ilalang. Semua dapat jadi objek photo yang menarik.
Rute Menuju Lokasi Wisata Pantai Kolbano Di Nusa Tenggara Timur
Jembatan Kayu yang perlu dilalui dalam perjalanan menuju Pantai Kolbano Anda akan melalui sebagian jembatan unik. Salah nya ialah Jembatan Noelmina, yang membentang diatas Sungai Noelmina. Jembatan ini jadi pembatas Kabupaten Kupang dengan Kabupaten Timor Tengah Selatan. Dengan panjang meraih 240 mtr., Jembatan Noelmina memperoleh predikat sebagai jembatan terpanjang di Pulau Timor serta NTT. Terkecuali Jembatan Noelmina, Anda akan melalui dua jembatan kayu yang cukup menantang, dengan lubang disana-sini. Jadi Anda mesti ekstra hati-hati melewatinya. Semuanya kendaraan roda empat yang bakal melalui jembatan ini mesti antri untuk, lantaran terkecuali jembatan itu sempit keadaannya juga telah tua hingga di kuatirkan tak kuat menahan beban yang berat.
Rute Menuju Lokasi Wisata Pantai Kolbano Di Nusa Tenggara Timur
Pantai Kolbano dengan hamparan batu warna-warni Sesudah meniti jarak sekitaran 135 km dari Kupang, Anda bakal tiba di satu pantai dengan pemandangan mengagumkan. Sejauh mata melihat, yang tampak yaitu hamparan batu warna-warni di tepi pantai berpadu laut biru muda (turquoise) yang membentang luas. Sesekali tampak debur ombak berkejaran menjilati tepian pantai yang ditaburi batu bermacam warna. Tidak ada hamparan pasir yang tampak di tepi pantai, terkecuali Anda datang waktu laut tengah surut. Tersebut Pantai Kolbano. Pantai batu warna-warni nan menawan yang menghadap segera ke Samudera Hindia. 
Rute Menuju Lokasi Wisata Pantai Kolbano Di Nusa Tenggara Timur
Batuan dengan warna-warni menarik di Pantai Kolbano Batu kerikil warna-warni memanglah jadi ciri khas Pantai Kolbano yang membedakannya dengan pantai yang lain. Karena batu warna-warni itu Pantai Kolbano jadi unik serta tidak ada duanya didunia hingga bikin penasaran orang untuk mengunjunginya. Uniknya lagi, batu-batu itu memiliki bentuk, ukuran serta warna yang berankea macam. Ada yang bulat, lonjong, oval, kubus, prisma, dan sebagainya. Ukurannya juga beragam, dari mulai yang sebesar kelereng sampai sekepalan tangan orang dewasa. Yang paling menarik yaitu warna-warni batuan itu. Dari mulai beberapa warna standard batuan, hitam, putih, kelabu sampai beberapa warna yang cantik seperti merah, merah muda (pink), coklat, peach, jingga serta abu-abu kehijauan. Bahkan juga ada yang batu yang berwarna gradasi gabungan sebagian warna dengan motif serupa marmer.
Rute Menuju Lokasi Wisata Pantai Kolbano Di Nusa Tenggara Timur
Terkecuali batu warna-warni serta air laut biru muda, daya tarik Pantai Kolbano yakni ada satu batu raksasa di samping kanan pantai. Menurut masyarakat sekitaran, batu sebagai landmark Pantai Kolbano ini bernama Fatu Un. Sepintas, batu ditumbuhi rerumputan serta tanaman perdu ini berupa seperti kepala singa. Hadirnya Fatu Un tidak pelak makin memberi eksotis Pantai Kolbano. Terlebih batu ini dapat dapat didaki hingga puncaknya. Memanglah tidak gampang untuk meraih puncak Fatu Un lantaran di sebagian tempat permukaan batu licin serta terjal. Tetapi, bila Anda ingin sedikit bersusah payah mendaki (sekurang-kurangnya sampai setengahnya), Anda bakal memperoleh hadiah yang menarik berbentuk pemandangan Pantai Kolbano yang mengagumkan indah. Umumnya, beberapa fotografer yang senantiasa mendaki Fatu Un untuk memperoleh bebrapa photo yang mengagumkan. Waktu kesana, saya serta rekan juga mendaki Fatu Un serta memanglah pemandangan Pantai Kolbano yang tampak dari sana begitu menakjubkan. Laut bergradasi biru muda sampai biru tua membentang luas dengan hamparan batuan warna-warni di tepinya. Bukit-bukit kapur yang tampak dari kejauhan juga makin membuat cantik Pantai Kolbano. 
Pantai Kolbano yang mengagumkan diliat dari atas Fatu Un Sayangnya keindahan Pantai Kolbano tak disertai dengan sarana pendukung yang ideal. Hingga sekarang ini, belum ada kendaraan umum yang mencapai Pantai Kolbano. Di pantai juga tak ada sarana apa pun, baik toilet, gazebo, musholla ataupun tempat berteduh. Walau sebenarnya situasi di Pantai Kolbano begitu panas. Memanglah di tepi pantai yang dekata dengan jalan raya ada pohon-pohon yang cukup rindang. Disana lah umumnya pengunjung berlindung dari teriknya matahari Pantai Kolbano. Diluar itu, di pantai ini dapat tak ada restoran atau warung makan. Pengunjung yang datang umumnya membawa bekal dari rumah serta berpiknik dengan mengadakan tikar disana. 
Rute Menuju Lokasi Wisata Pantai Kolbano Di Nusa Tenggara Timur
Pantai Kolbano di samping kanan Fatu Un Terkecuali sarana pendukung yg tidak mencukupi ada permasalahan serius yang meneror keindahan Pantai Kolbano. Tidak lain yaitu penambangan liar batuan warna-warni oleh masyarakat sekitaran serta pengambilan batu-batu itu oleh pengunjung. Batu warna-warni Pantai Kolbano memanglah menawan hingga pas jadikan ornament hiasan rumah, hotel, taman ataupun kolam. Sampai kini batu-batu Pantai Kolbano memanglah sudah di jual ke mana-mana, bahkan juga hingga ke Pulau Jawa. Tetapi, batu-batu itu datang dari pantai lain di dekat Pantai Kolbano lantaran sekarang ini telah ada ketentuan pemerintah daerah yang melarang penambangan batu di Pantai Kolbano dalam radius dua km. dari pantai. Tetapi, saat saya bertandang kesana, saya lihat kesibukan penambangan liar yang dikerjakan oleh masyarakat sekitaran yang masihlah selalu jalan sampai saat ini. Tampak tumpukan batu di tepi pantai serta karung-karung yang diisi batu warna-warni. Saya juga lihat sebagian pengunjung mengambil batu-batu warna di Pantai Kolbano, dengan memasukkannya kedalam karung kecil atau kantong plastik. Saya begitu sedih lihat kenyatan itu. Semestinya pemerintah mengaplikasikan ketentuan serta sanksi yang tegas untuk melindungi kelestarian Pantai Kolbano. Bila tak, saya meyakini satu hari kelak keindahan serta kekhasan Pantai Kolbano cuma tinggal masa lalu yg tidak dapat diliat anak cucu kita.
Rute Menuju Lokasi Wisata Pantai Kolbano Di Nusa Tenggara Timur
Untuk meraih Pantai Kolbano, Anda mesti terbang dahulu ke Kupang, NTT. Sekarang ini, banyak maskapai yang melayani penerbangan ke Kupang dari Jakarta, Surabaya ataupun Denpasar. Dari Kupang, Anda dapat meneruskan perjalanan ke Pantai Kolbano dengan meniti jarak sekitaran 135 km atau sekitaran 3 jam berkendara. Anda mesti menyewa kendaraan di Kupang lantaran hingga saat ini belum ada kendaraan umum yang mencapai Pantai Kolbano 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *