Rute Menuju Tempat Wisata Air Terjun Oenesu Dengan Mudah Di Nusa Tenggara Timur

Posted on
Rute Menuju Tempat Wisata Air Terjun Oenesu Dengan Mudah Di Nusa Tenggara Timur


Rute Menuju Tempat Wisata Air Terjun Oenesu Dengan Mudah Di Nusa Tenggara Timur – Air terjun Oenesu terdapat di daerah Kupang Barat, Nusa Tenggara Timur, sekitaran 30 menit dari Oepura. Berbarengan dengan ka Astyn Julian serta dua orang rekan yang bekerja di PT. Neo (Jago Aki), Oepura yakni Ety Noy serta Fadjri, kami meluncur ke Oenesu dari meeting point kantor jagonya aki itu. Perjalanan kami diiringi derasnya hujan yang memaksa kami untuk berhenti berteduh. 
Hujan tidak menyurutkan kemauan kami untuk meng-explore keindahan air terjun itu. Bukanlah jalanan Timor bila jalannya tak berkelok-kelok, menanjak serta alami penurunan. Jalanan yang seperti ini telah jadi makanan kami, haha… Sebelumnya ke Oenesu kami mengambil keputusan untuk menyinggahi Pantai Tablolong yang ditempuh sekitaran 20 menit dari Oenesu. 
Masuk lokasi pantai Tablolong, terlebih dulu kami mesti membayar ticket masuk untuk dua motor sebesar Rp 10. 000, -. Jalanan menuju ke pantai Tablolong ini dipenuhi dengan batu karang, jadi kurangi kecepatan kendaraan anda ya. 
Kemauan kami memanglah menginginkan mandi dahulu di pantai ini, namun kami urungkan kemauan ini lantaran pantainya banyak sampah. Sayang sekali, pengunjung belum sadar bakal utamanya kebersihan serta kelestarian pantai ini. 
“Ini pantai kan bukanlah tempat pengumpulan sampah? ”, Gumamku waktu lihat sampah-sampah yang berantakan. 
Kami meneruskan perjalanan menuju ke ujung Tablolong, menjumpai sebagian cottage yang kelihatannya tak tertangani. Ah abaikan saja, kita numpang parkir ditempat ini saja. Rupanya tempat ini dipenuhi oleh karang-karang. 
Kami cuma mengabadikan sebagian photo saja ditempat ini, lantaran situasi hati telah dirusak oleh panorama sampah. Saya lihat manusia nikmati keindahan alam karya Tuhan, namun saya juga lihat manusia yang dengan bangganya mengakibatkan kerusakan keindahan itu dengan buang sampah tak pada tempatnya. Miris. 
Kekecewaan bakal sampah ditempat ini meningkatkan kami untuk selekasnya menjejakan kaki di Oenesu. Berpacu dengan kecepatan rata ±80km/jam, kami menuju air terjun Oenesu. Jalanan menuju ke air terjun cukup kronis, ada banyak lubang yang dapat membahayakan ingindaranya. 
Seperti umum mesti bayar ticket masuk dahulu untuk dua motor yakni Rp 10. 000, -. Nyatanya kami yaitu pengunjung paling akhir di air terjun ini. Syukurlah, sekurang-kurangnya kami miliki banyak peluang untuk nikmati kesegaran air terjun ini. 
Pengunjung mesti menuruni tangga-tangga yang telah di bangun untuk menuju ke air terjunnya. Sebelumnya turun, Fadjri menginginkan sholat terlebih dulu. Sayang sekali toilet obyek wisata ini tak mempunyai air walau sebenarnya tempatnya banyak air. Fadjri yang bakal sholat sangat terpaksa segera mengambil air wudhu dibawah air terjun. 

Rute Menuju Tempat Wisata Air Terjun Oenesu Dengan Mudah Di Nusa Tenggara Timur

Ketinggian air terjun ini cuma sekitaran 4 mtr.. Waktu musim kemarau debet air bakal alami penurunan, serta bertambah saat datang musim hujan. Air berwarna cokelat di waktu musim penghujan tiba. Ada dua curug, samping kiri serta kanan. Saya lebih tertarik dengan curug dibagian kanan, tampak lebih menawan dengan sebagian stalagmit serta stalagtit, serta batu-batu besar yang memberi ketampanan air terjun ini. Bersuka hati bermain dibawah derasnya tempaan air terjun untuk rasakan pijat refleksi alami supaya hilang semuanya pegal serta capek di tubuh. 
Selesai bermain air, kamipun bergegas kembali pada Oepura. Sayangnya, kami tak dapat mencuci lantaran ketidaksediaan air bersih dalam kamar mandi umum. 
Harapan penulis, obyek wisata Air Terjun Oenesu dapat dilirik serta jadi perhatian oleh pemerintah setempat lewat dinas berkaitan, sekurang-kurangnya fasilitasnya disiapkan untuk kenyamanan pengunjung. Jalanan tak berlubang lagi supaya pengunjung tak terasa seperti terombang-ambing dalam gelombang. Ini jalanan wisata ke air terjun kan bukanlah wahana roller coaster
Wisata Kupangbukan cuma pantai saja, tetapi ada pula Air Terjun Oenesu yang memilikikeindahan mengagumkan. Kekhasan air terjun yang satu ini yaitu batuan di airterjun yang membuat mulut gorilla atau singa di dalam tengahnya. Kondisiyamasih begitu asri serta sejuk. Airnya jernih serta fresh. Air terjun Oenasu mempunyaitinggi kurang lebih 3 mtr. serta bertingkat. Ditanggung andatidak bakal rugi bila dapat berkunjung ke Air terjun Oenesu di Kupang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *