Rute Menuju Wisata Pulau Kera Yang Luar Biasa Di Nusa Tenggara Timur

Posted on

Rute Menuju Wisata Pulau Kera Yang Luar Biasa Di Nusa Tenggara Timur – Pulau Kera bisa diliat dari tepi Kota Kupang. Untuk menyeberang ke Pulau Kera anda cuma butuh menyewa kapal masyarakat saja. Masyarakat Pulau Kera begitu ramah pada pendatang. Karena itu anda dianjurkan untuk membawa makanan yang banyak manfaat sharing dengan mereka. Pasalnya, masyarakat Pulau Kera hidup dengan simpel sekali.

Pulau ini memiliki hamparan pantai dengan pasir seputih salju. Keindahannya bahkan juga dapat tampak dari seberang lautan. Pasir putihnya bercahaya indah serta mengundang anda untuk mendekat. Ombaknya juga tenang, jadi anda dapat bermain sepuasnya di bibir pantai, berjemur, bermain ombak atau pasir, sembari nikmati keramahan masyarakat pulau Kera.

Apabila Anda lihat satu pulau kecil ini, mungkin saja Anda bakal ajukan pertanyaan pulau apakah itu? Pertanyaan setelah itu, dimanakah itu? Jika Anda menjawab Pulau Kera sebagai sisi dari Taman Wisata Alam Laut (TWAL) Teluk Kupang serta ada di Nusa Tenggara Timur, saya mengacungkan ibu jari untuk Anda. TWAL Teluk Kupang yaitu satu diantara taman wisata alam di Indonesia yang ada di Propinsi Nusa Tenggara Timur.

Teluk ini bersebelahan dengan dua lokasi administratif yakni Kabupaten Kupang serta Kota Kupang. Jika Anda terbang dari beragam daerah menuju Kupang sebagai ibu kota Propinsi NTT jadi sebentar sebelumnya mendarat di Badara Hawa El Tari, Anda dapat lihat pulau ini. Teluk Kupang diputuskan sebagai satu diantara taman wisata alam laut Indonesia berdasar pada Surat Ketentuan Menteri Kehutanan Nomer 83/Kpts-II/1993 tertanggal 28 Januari 1993. Luas TWAL Teluk Kupang yaitu 50. 000 ha. Berdasar pada Undang-undang Nomer 5 Th. 1990 mengenai Konservasi Sumberdaya Alam Hayati serta Ekosistemnya, satu diantara manfaat taman wisata alam laut yaitu sebagai lokasi pelestarian alam yang ditujukan untuk penyelenggaraan wisata.

Jika Anda bertandang ke Kupang jadi obyek wisata alam yang segera dapat Anda nikmati yaitu Teluk Kupang. Pulau Kera yaitu satu diantara pulau kecil didalam lokasi TWAL Teluk Kupang yang terdapat pada Pulau Semau serta Pulau Timor, serta mempunyai ciri khas tersusun atas hamparan pasir putih. Struktur pasir di Pulau Kera begitu tidak sama dengan struktur pasir di Pulau Semau serta Pulau Timor.

Pulau Kera, di samping mempunyai hamparan pasir putih, juga mempunyai beragam type ikan karang, terumbu karang, serta panorama laut yang begitu indah adalah antraksi wisata yang bisa di tawarkan pada beberapa wisatawan. Jika Anda menginginkan berkunjung ke pulau itu jadi kita dapat memakai perahu nelayan dengan saat tempuh 1-2 jam tergantung pada kondisi laut.

Teluk Kupang di Pulau Timor, cuma sekitaran 30 menit memakai speed boad untuk meraih Pulau Kera. Walau sekian, belum semuanya warga Kota Kupang menginjakkan kakinya di Pulau Kera.
Tidak heran saat rasa takjub segera nampak saat pesona pantai Pulau Kera mulai tampak saat speed boad maupun perahu nelayan mendekat. Garis pantai dengan pasir putihnya, dipadukan dengan air laut yang membiru lantaran masihlah bersih dari pencemaran, bikin mata tidak terlepas untuk selalu memandangnya.

Orang-orang Pulau Kera selalu mengakui bila tak di perhatikan oleh pemerintah. Tetapi tak tahu mengapa, mereka tak pernah ingin meninggalkan pulau itu. Walaupun juga tak memperoleh akses semuanya program pemerintah dari mulai raskin, BLM hingga KTP, itu tak bikin mereka yang menempati Pulau Kera punya niat pergi.

Orang-orang yang menempati pulau ini biasanya datang dari Bajo, Propinsi NTB. Semuanya terbatasnya dari mulai akses air bersih, listrik, pendidikan service kantor pemerintah yang belum didapat, tak dapat menggoyahkan kemauan orang-orang untuk tetaplah bertahan di pulau dengan luas sekitaran dua hektar ini.

Ada hal yang bikin masyarkat Pulau Kera kerasan serta ingin bertahan yakni keindahan pantai serta kekayaan lautnya. Keindahan pantai dan kekayaan lautnya jadi sumber kemampuan sekalian hiburan sendiri untuk mereka meskipun suhu panas di itu cukup membakar kulitnya.
Hamparan pasir putih terbentang melingkari pulau ini. Ombaknya yang tenang dengan bermacam terumbuhkarang begitu pas jadikan tempat untuk menyelam. Bermacam biota laut dari mulai ikan, terumbu karang hingga bintang laut, dapat kita jumpai di laut dekat Pulau Kera yang jadikan pulau ini sebagai surga wisata.

Dari Kota Kupang, hamparan pasir putih di bibir pantai telah terlihat tampak. Sekitaran 30 menit perjalanan mesti kita tempuh dari Kota Kupang dengan menumpang perahu motor dari Pelra Oeba. Pulau ini ditempati oleh 102 kepala keluarga (KK).

Warga Pulau Kera, Mahmur Ali Bakar, yang didapati sebagian waktu lalu di Pulau : masa menyampaikan, semestinya bila pemerintah lihat potensi wisata yang ada di pulau itu jadi mesti diberdayakan. Orang-orang yang menempati pulau itu mesti digunakan. ” Kami telah lama tinggal disini. Bahkan juga nenek moyang kami juga dikuburkan disini, ” kata Mahmur.
Telah waktunya Pulau Kera jadikan object wisata. Orang-orang yang telah menempati pulau itu mesti dilibatkan.

” Bila suruh kami pergi dari sini dengan argumen bakal jadikan obyek wisata jadi kami akan tidak pergi. Namun bila pemerintah mengajak kami bekerja bersama mengelolah wisata alam di pulau ini jadi kami bakal bersedia, ” tutur Mahmur.

Tak tahu siapa yang berikan nama, Pulau Kera tak ada hubungan dengan kera. Terdapat beberapa misteri yang belum tersentuh di pulau ini. Sebut saja indahnya sunset yang dapat disaksikan tanpa ada rintangan dari Pulau Kera. Tidak ada yang tahu, tak tahu hingga kapan pulau ini bakal dilewatkan merana

5 thoughts on “Rute Menuju Wisata Pulau Kera Yang Luar Biasa Di Nusa Tenggara Timur

  1. hai.. saya mau tanya.. untuk kapal menuju pulau kera itu apakah ada setiap waktu? jika saya dari bandara kupang, saya menuju ke dermaga apa ya? Terimakasih..

    1. Akses transport :

      Pulau Kera dapat diakses lewat kota Kupang. Salah satu fasilitas transportasi menuju ke pulau ini yaitu dengan memakai perahu.Rutenya yaitu dari pusat kota Kupang, Anda dapat segera menuju ke Pelabuhan Oeba, Kupang. Dari pelabuhan ini, Anda dapat menyewa perahu nelayan untuk menuju ke Pulau Kera. Saat tempuhnya sekitaran 30 sampai 45 menit perjalanan. Baiknya Anda lakukan perjalanan pada pagi hari lantaran perahu nelayan yang menuju ke Pulau Kera umumnya cuma ada di saat itu.

      Memang harus sewa kpal dan mencari perahu sendiri di sana , krn pulau kera itu bukan pulau wisata jadi masih jarang orang kesana. paling cocok banget berangkat pagi2 sekali karena disana sangat panas.selamat berlibur

      1. terima kasih buat infonya..
        apa memungkinkan ya kalau saya kesana sendiri? saya rencana mau ke pulau kera sendiri.. pernah dapat info bahwa setiap hari ada perahu menuju pulau kera dan kita bisa menumpang perahu tersebut..
        apakah informasi yg saya dapet itu bener?
        terima kasih..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.