Rute Tempat Wisata Gugusan Pegunungan Karst Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan

Posted on
Rute Tempat Wisata Gugusan Pegunungan Karst Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan

Rute Tempat Wisata Gugusan Pegunungan Karst Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan – Sulawesi menaruh beberapa macam potensi wisata. Potensi itu tidak cuma wisata pantai, air terjun ataupun kulinernya. Tetapi, yang tidak kalah menarik serta mengagumkan, di daerah ini dapat ada lokasi bukit atau gugusan karst terluas didunia terkecuali karst di Cina Selatan serta Vietnam.

Menyusuri Gugusan Karts Rammang-rammang MarosGugusan Karts Rammang-rammang Maros, Sulawesi Selatan
Ya, Gugusan pegunungan karst itu ada di Dusun Rammang-rammang Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Serta luasnya meraih sekitaran 43 hektare. Wow luas banget ya!

Indahnya pemandangan pebukitan karst dengan warna batuan menguasai hitam di antara aliran sungai serta hamparan persawahan itu, ditambah memiliki bentuk unik, bak pahatan alam dengan tinggi yang beragam dari mulai sebagian cm. hingga beberapa puluh mtr. itu, bikin panorama sungguh mengagumkan mengagumkan.

Bahkan juga tidak sering yang pernah bertandang tak berdecak mengagumi akan serta terasa kerasan berlama-lama di lokasi bukit kapur dengan goa-goa yang banyak tersembunyi di sekelilingnya. Goa-goa itu mempunyai stalaktit, stalakmit, flowstone, helektit, pilar, serta sodastraw mengagumkan.

Terkecuali karenanya, banyak di antara mereka mengaku bila ada di lokasi bukit batu karts itu, seolah dibawa ke Halong Bay Vietnam. Tak tahu lantaran argumen itu atau bagaimana, yang pasti karst Rammang-rammang jadi satu diantara maksud wisata favorite turis mancanegara di Sulawesi Selatan.

Tempat Manusia Purba 

Rute Tempat Wisata Gugusan Pegunungan Karst Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan

Berdasar pada sumber dari beberapa peneliti geologi serta arkeologi nasional serta internasional yang pernah mempelajari di lokasi karst itu, mengatakan ada sekitaran 400-an goa ada di lokasi karst itu. Serta sejumlah 89 salah satunya, adalah goa prasejarah yang disebut sisa rumah manusia purba beberapa ribu th. lantas.

Bahkan juga lokasi bukit karst Rammang-rammang menaruh banyak bukti histori fenomena geologi, terutama fenomena gerakan lempeng bumi yang mempunyai andil dalam pembentukan Pulau Sulawesi.

Keeksotikan lokasi bukit karst Maros makin komplit karenanya ada aliran sungai yang diapit oleh hamparan persawahan, rumah-rumah panggung punya masyarakat, menara karst, taman batu, gua karst, jembatan karst serta yang paling mengagumkan yaitu pada ujung sungai itu ada perkampungan yang dibentengi oleh gugusan menara karst.

Serta di sungai itu menghidangkan keindahan lanskap seperti deretan etalase keragaman kombinasi geodiversity, biodiversity serta cultural diversity yang tidak ada tandingannya.

Berdasar sebagian pakar, lokasi dengan kombinasi menara karst serta sungai seperti yang ada di lokasi itu, begitu tidak sering didapati. Cuma ada di Cina serta di Maros, Sulawesi Selatan Indonesia. Oleh karenanya pantas bila lokasi bukit karst Rammang-rammang ini dinilai sebagai lokasi karst kelas dunia.

Untuk lihat indahnya serta melingkari pegunungan karst Rammang-rammang melalui jalur sungai, Anda cuma butuh menyewa perahu. Namun ingat loh, di sana belum ada penginapan, jadi bila miliki gagasan untuk menginap di sana cuma di rumah warga, jawabannya.

Nah untuk Anda yang menginginkan berwisata serta berpetualang di bukit karts Rammang-rammang ini, jarak tempuh sekitaran 40 km atau 60 menit dari Kota Makassar, atau sekitaran 30 menit dari Bandara Hasanuddin. (Dari beragam sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.