Wisata Kuliner Lampung :10 Makanan Khas Lampung Enak Banget Coy….!!!

Posted on
Wisata Kuliner Lampung  : 10 Makanan Khas Lampung Enak Banget Coy....!!!
Wisata Kuliner Lampung :10 Makanan Khas Lampung Enak Banget Coy….!!! – Orang-orang Lampung adalah satu orang-orang yang sukai dengan berkumpul keduanya untuk sama-sama bersilahturahmi, baik dengan keluarganya sendiri atau mungkin dengan tetangganya. Oleh karenanya, dengan cara kekeluargaan orang-orang Lampung begitu erat keduanya. Dengan cara kultural, orang-orang Lampung memiliki dua kebiasaan yang sedikit tidak sama yakni Lampung Sai Batin dengan Lampung Pepadun. 
Walaupun juga sedikit tidak sama keduanya mempunyai banyak persamaan, satu diantaranya rutinitas sama-sama berkumpul keduanya seperti pernikahan putra-putri mereka, acara kebiasaan yang diselenggaraan pada saat spesifik dan acara keagamaan. Dari acara berkumpul itu umumnya orang-orang Lampung disajikan dengan makanan khasnya, makanan yang senantiasa temani waktu acara berkumpul adalah Seruit, makanan ini jadi makanan khas Lampung yang begitu populer serta jadi makanan yang senantiasa disajikan waktu acara berkumpul. 
Bicara kuliner, Lampung memiliki bermacam kuliner yang perlu anda cobalah. Ingin tahu apa sajakah kuliner yang ada di Lampung, yuk simak daftar kuliner di Lampung di bawah ini ; 
1. Seruit 
Wisata Kuliner Lampung  : 10 Makanan Khas Lampung Enak Banget Coy....!!!
Seperti yang sudah diterangkan sebelumnnya, kalau seriut adalah makanan khas Lampung yang disajikan ketika acara berkumpul baik keluarga besar atau pada acara-acara lainya seperti pernikahan, kebiasaan sampai keagamaan. Untuk orang-orang Pepadun, seruit jadikan makanan pokok yang dikonsumsi keseharian, lantaran rutinitas makan seruit pada hari atau saat spesifik tak dipunyai oleh semuanya orang-orang kebiasaan, hal semacam itu lantaran dikerjakan dengan cara turun temurun saja untuk beberapa orang-orang. Seruit sendiri adalah makana yang terbuat dari ikan bakar yang digabung dengan sambar terasi khas Lampung, tempoyak atau sebagian ada yang berikan mangga. Type ikan yang dipakai seruit bermacam, cuma saja yang dipakai yaitu ikan-ikan dari sungai besar, seperti ikan balide, ikan baung, ikan layis serta beragam ikan lainya. Untuk menyantap seruit biasnya di lebih dengan lalapan supaya lebih nikmat. 
2. Tempoyak 
Wisata Kuliner Lampung  : 10 Makanan Khas Lampung Enak Banget Coy....!!!
Bila anda sukai sekali dengan makanan yang terbuat dari durian, anda dapat coba masakan khas Lampung ini. Tempoyak adalah masakan yang mempunyai bahan basic buah durian yang sudah difermentasi. Selama ini, Tempoyak telah di kenal di beberapa lokasi baik di Indonesia ataupun di negeri mengenaiga seperti Malaysia. Masakan khas Lampung ini dapat kamu bikin sendiri dirumah tanpa ada mesti beli. Untuk pembuatanya, anda dapat mempersiapkan daging durian yang sedikit memiliki kandungan air. Durian yang diambil diupayakan dari durian yang mempunyai kwalitas super serta betul-betul telah masak supaya kwalitas rasa dari Tempoyak lebih nikmat. Kemudian, anda mesti memisahkan daging durian dengan bijinya serta diberikan sedikit garam. Lalu berikan cabe rawit seperlunya, hal semacam ini untuk mempercepat fermentasi serta taruhlah ditempat yang tertutup rapat serta memiliki suhu hawa yang dingin, bila perlu input dalam kulkas. 
Sesudah 2 sampai 5 hari, anda dapat mengolahnya dengan ikan seperti Teri, Mujair, ikan mas serta ikan lainya. Bila di buat sambal, anda mesti mencampurkan bawang putih serta merah, cabe halus atau yang sudah dipotong-potong kecil, berikan sedikit gula untuk pengganti sedikit gula. Lalu goreng sekitaran 3 menit, sesudah di rasa cukup, sambal Tempoyak siap disajikan dengan makanan lainya. 
3. Geguduh 
Wisata Kuliner Lampung  : 10 Makanan Khas Lampung Enak Banget Coy....!!!
Bila anda sukai dengan makanan yang memiliki cita rasa manis, anda dapat coba makanan khas Lampung ini. Gegaduh yaitu makanan semacam kue yang terbuat dari pisang yang sudah dihaluskan. Makanan ini jadi makanan yang dapat dihidangkan untuk tamu serta dapat di nikmati berbarengan keluarga waktu tengah kumpul. Beberapa bahan yang dibutuhkan untuk bikin Gegaduh, anda dapat membuatnya dirumah. Untuk memperoleh bahan juga tak susah, untuk membuatnya anda mesti mempersiapkan pisang yang sudah dihaluskan sampai lembut, tepung terigu, susu serta selai. Pisang serta tepung terigu diaduk sampai rata serta digabungkan juga susu serta selai, sesudah cukup rata, kemuadian bentuk sesuai sama hasrat serta goreng hingga masak. Pisang yang dipakai untuk bikin Gegaduh yaitu pisang kepok, sedang bila menginginkan memberi aroma kuliner lebih enak, masyarakat Lampung memakai air sekapur sirih atau daun pandan. Nah sesudah jadi, makanan siap dihidangkan, dapat di nikmati berbarengan kopi atau dapat pula dipakai sebagai hidangan acara-acara spesifik.  
4. Gulai Taboh 
Wisata Kuliner Lampung  : 10 Makanan Khas Lampung Enak Banget Coy....!!!
Makanan khas Lampung lainya yg tidak kalang adalah Gulai Taboh. Makanan ini memiliki cita rasa yang cukup unik serta terbuat dari kacang-kacangan dan umbi-umbian. Anda bakal nikmati masakan dengan rasa santan yang di proses dengan kombinasi kacang hijau serta tanah, serta type kacang lainya, kentang serta rebung pada masakan Lampung ini. Diluar itu, ada bahan yang bakal membuat kamu berasa tidak sama dilidah lantaran ada juga kombinasi seperti daun sirih atau bahkan juga terasi. Kombinasi rasa manis pada ubi-ubian seperti labu dengan gabungan rasa khas terasi bakal memberi rasa yang bermacam pada lidah kita. Makanan khas ini pantas anda cobalah bila ada di Lampung. 
5. Umbu 
Wisata Kuliner Lampung  : 10 Makanan Khas Lampung Enak Banget Coy....!!!
Bila anda yaitu orang yang penyuka dengan makanan yang merasa pahit seperti pare, jadi anda dapat coba satu diantara makanan pahit yang ada di Lampung. Makanan ini dimaksud dengan Umbu yakni makana yang terbuat dari rotan yang masihlah muda lalu di rebus hingga lunak. Sesudah rotan telah di rebus sampai lunak, rotan ini umumnya digunakan sebagai bahan basic sayur seperti oseng, bahkan juga dapat di nikmati seperti lalapan. Rotan muda yang sudah di rebus ini dapat juga dipakai untuk bahan kombinasi masakan lainya, supaya dapat memperkaya masakan. Makanan ini dapat juga anda jumpai di banyak daerah lainya di Indonesia dengan ciri yang tidak sama, sesuai sama kebiasaan lokal. Orang-orang Lampung sendiri memakai rotan muda untuk jadikan bahan makanan telah mulai sejak lama, cuma saja, sekarang ini telah mulai tidak sering kita jumpai lantaran rotan telah mulai langka.
6. Engkak 
Wisata Kuliner Lampung  : 10 Makanan Khas Lampung Enak Banget Coy....!!!
Engkak adalah makanan khas Lampung yang memiliki cita rasa manis. Engkak terbuat berbahan telur serta mentega yang diolah sampai jadi makanan yang mempunyai struktur lembek. Makanan ini pas disantap sebagai sarapan atau camilan pada pagi hari. Daftar bahan yang dipakai Engkak adalah Tepung ketan putih, gula pasir, telur ayam, santan, susu kental manis serta mentega. Dari semuanya bahan itu digabung serta diaduk sampai rata. Lalu sediakan Loyang 20×20 yang sudah dioles mentega dengan di alasi kertas berih yang kerap dipakai untuk mengalasi masakan, panggang kue seperti lapis legit. Untuk 3 lapis pertama pakai api bawah lalu geser api atas, balik adonan jika adonan sudah usai. 
7. Gabing 
Wisata Kuliner Lampung  : 10 Makanan Khas Lampung Enak Banget Coy....!!!
Gabing adalah salah masakan khas Lampung yang mungkin saja pernah anda temui di daerah lainya. Gabing sendiri memiliki bahan baku yang cukup unik lantaran terbuat dari batang kelapa yang masihlah muda. Pembuatan gabing sendiri cukup sederhana tetapi cukup khas sesuai sama masakan Lampung. Batang kelapa muda iris sampai mirip lempengan kecil memanjang memiliki ukuran 3 hingga 4 cm. Lalu di rebus sampai lunak serta dimasukan bumbu rempah hingga tercium aroma yang kuat dengan rasa yang nikmat. Gabing adalah masakan berkuah, walaupun kadang-kadang ada pula sebagian orang yg tidak memberi kuat pada masakan itu. Untuk memberi cita rasa pada makanan Gabing, anda dapat mencampurkannya dengan daging fresh, jamur, serta olahan lainya yang bakal memperkaya masakan. 
8. Kue Lapis Legit 
Wisata Kuliner Lampung  : 10 Makanan Khas Lampung Enak Banget Coy....!!!
Kue yang kerap kita temui di beberapa tempat ini adalah kue asal Lampung yang telah populer. Nah, bila anda datang ke Lampung dapat nikmati kue yang mempunyai struktur lembut dengan cita rasa manis ini, lidahmu bakal ketagihan bila telah coba kue Lapis Legit. Kue ini umumnya di nikmati untuk camilan enjoy dirumah serta ditemani dengan teh hangat, bahkan juga dapat pula dihidangkan pada beragam acara untuk temani acara itu dengan hidangan kue lapis legit. Bahan untuk bikin lapis legit diantaranya, telur, gula halus, susu kental manis, mentega, tepung terigu, Bumbu spekoek, vanili serta kayu manis. Untuk bikin kue ini, anda butuh melakukan eksperimen supaya dapat memperoleh hasil yang bagus, lantaran untuk membuatnya bebrapa gampang susah. 
9. Bakso Soni Haji Sony 
Wisata Kuliner Lampung  : 10 Makanan Khas Lampung Enak Banget Coy....!!!
Bakso adalah makan yang umum kita jumpai keseharian, tetapi Anda butuh mencicipi bakso yang begitu populer di Lampung ini, yakni umum dikatakan sebagai Bakso Sony. Bakso ini terbuat dari daging sapi asli serta fresh yang mempunyai struktur kenyal serta memiliki serat, lada hitam pada kuah cukup menguasai dengan digabungkan rasa guris yang bakal bikin lidahmu ketagihan untuk coba lagi. Untuk temukan bakso ini cukup gampang lantaran ada beberapa puluh cabang yang menyebar di Bandar Lampung serta semua Lampung. Untuk satu hidangan bakso anda cuma merogoh kecek sekitaran 15 ribu hingga 25 ribu per jumlah, cukup murah dengan cita rasa yang bakal anda peroleh. 
10. Pindang 
Wisata Kuliner Lampung  : 10 Makanan Khas Lampung Enak Banget Coy....!!!
Lampung juga menaruh masakan khas yang pantas anda cobalah, masakan itu adalah Geser. Pindang umumnya hidangkan pada mangkok dengan kuah yang mempunyai warna kuning. Uniknya, Pindang khas Lampung ini memiliki cita rasa seperti asam gurih, tak jauh tidak sama dengan Tom Yam dari Thailand. Aroma pindang tercium lebih kuat karena ada daun kemangi sebagai kombinasi pada kuah. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *