15 Tujuan Tempat Wisata di Purwakarta serta Sekitarnya Yang Populer

Posted on

15 Tujuan Tempat Wisata di Purwakarta serta Sekitarnya Yang Populer – Sangat banyak beberapa tempat yang menarik, unik, serta harus dikunjungi di Jawa Barat, tepatnya di Purwakarta serta sekitarnya. Obyek wisata yang tawarkan keindahan alam, panorama indah yang menarik, dan kuliner yang pasti bikin wisatawan menginginkan kembali pada ke kota yang dituju. Terlebih bila kita jemu dengan obyek wisata kuliner di Jakarta serta sekitarnya.

15 Tujuan Tempat Wisata di Purwakarta serta Sekitarnya Yang Populer

Pergi ke luar kota jadi jalan keluar yang gampang. Walau kerapkali jadi tempat untuk berkunjung sesaat sebelumnya meneruskan perjalanan dengan mobil atau kereta, Purwakarta sesungguhnya mempunyai sangat banyak obyek wisata yang menarik serta unik. Kota yang terdapat tidak jauh dari Bandung ini terakhir mulai dilirik oleh wisatawan lantaran banyak beberapa tempat unik yang tak ada di daerah lain. Dari mulai wisata air mancur hingga wisata religi beberapa tempat bersejarah yang menarik, hingga obyek wisata yang pas untuk keluarga. Mari coba wisata kuliner di sekitaran Jawa Barat, dengan berkunjung ke obyek wisata kuliner Purwakarta yang terlezat.

Tersebut disini obyek wisata di Purwakarta : 

1. Air Mancur Sri Baduga Purwakarta

Air Mancur Sri Baduga

Tidak dapat disangkal kalau semuanya obyek wisata di Jawa Barat unik. Dari mulai wisata air terjun hingga wisata kuliner. Wisata di Purwakarta juga tak kalah uniknya. Air mancur yang terdapat di Jalan KK Singawinata, Kampung Situ, Desa Nagri Kaler ini begitu strategis hingga kita dapat mendatanginya dari semua penjuru Purwakarta.

Patung badak berwarna putih yang terdapat di depan taman ini dapat jadi lambang yang berarti untuk kota Purwakarta. Tidak cuma keindahannya saja, namun air mancur Sri Baduga ini mempunyai histori yang menarik untuk dikaji. Taman serta air mancur di dalam kota memanglah senantiasa jadi fokus perhatian masyarakat sekitaran serta tak pernah sepi pengunjung terlebih di akhir minggu, terlebih lantaran air mancur Sri Baduga begitu cantik diliat saat malam hari. Argumennya, saat malam, air mancur bakal “menyala” serta memberi warna warni indah yang siap hiasi kota Purwakarta di saat malam serta “menari” dengan diiringi musik.

2. Bale Panyawangan Purwakarta

Bale Panyawangan

Karena memastikan obyek wisata yang pas tak perlu sangat jauh. Seperti obyek wisata di Bandung yang harus dikunjungi, obyek wisata di Purwakarta juga harus dikaji. Namun, berkunjung ke museum saat tengah berwisata terkadang bukanlah jadi pilihan paling utama semuanya wisatawan. Museum kerapkali berkesan menjemukan lantaran berisi yang itu-itu saja serta tak menarik.

Namun, museum Bale Panyawangan Diorama yang ada di Purwakarta ini tidak sama dengan museum umum. Berjarak tak jauh dengan kantor Bupati, museum ini mempunyai banyak koleksi literature histori, serta dikemas dengan rencana video serta photo. Ada teater yang nyaman serta menerangkan tentang histori kota juga jadi nilai lebih museum ini.

Satu diantara atraksi yang menarik yaitu kita dapat berkeliling kota Purwakarta dengan memakai sepeda onthel berupa simulator serta berfoto virtual berbarengan Bupati Purwakarta. Bale Panyawangan Diorama adalah museum yang begitu menghormati kesungguhan histori. Diliat dari langkah menaruh, melindungi serta memajang benda-benda bersejarah, ditambah dengan sedikit kombinasi modern berbentuk video, photo yang dikemas dengan menarik bikin kunjungan ke museum tak akan menjemukan.

3. Taman Pancawarna Purwakarta

Taman Pancawarna

Taman Pancawarna mempunyai arti lima warna, sesuai sama nama yang disandangnya. Kolam yang mempunyai air mancur di sekitar bangunan Pendopo ini menghiasi pelataran kantor Bupati Purwakarta. Bukan sekedar untuk diliat saja, taman Pancawarna ini dapat juga dimasuki. Kita dapat nikmati keindahan air mancur serta kantor Bupati yang dihiasi kereta kencana dari dekat, namun cuma pada saat yang ditetapkan saja.

Tempat yang asri serta ramai dengan wisatawan lokal ataupun masyarakat sekitaran ini mempunyai tempat yang mengasyikkan untuk jadikan objek photo. Janganlah lupa untuk menyebrangi jembatan kecil serta berfoto di saat yang ditetapkan agar wisata ke kota Purwakarta merasa komplit. Pastinya, sebagai wisatawan baiknya kita senantiasa melindungi kebersihan dengan tak buang sampah asal-asalan serta tak menginjak-injak rumput taman.

4. Gunung Parang Purwakarta

Gunung Parang

Purwakarta juga mempunyai panorama alami yg tidak kalah dengan kuliner serta wisata dalam kotanya. Gunung Parang terdapat di Kampung Cihuni, Desa Sukamulya. Satu diantara gunung batu andesit yang titiknya kulminasinya ada 963 mtr. diatas permukaan laut (dpl) ini terbagi dalam tiga puncak yang mempunyai tinggi tidak sama.

Perkampungan di dekat Gunung Parang bernama Badega Gunung Parang didaulat oleh bupati Purwakarta pada th. 2013 sebagai perkampungan yang mengakomodir keperluan pemanjat tebing. Oleh karena itu, keselamatan serta keamanan untuk mendaki tebing serta trekking telah terjamin sepanjang wisatawan tetaplah ikuti ketentuan basic dalam mendaki tebing.

Untuk beberapa wisatawan yang kurang suka pada aktivitas panjat tebing namun tetaplah menginginkan nikmati panorama indah yang di selama perjalanan, Gunung Parang mempunyai jalur trekking yang menarik, dengan menyuguhi panorama berbentuk Waduk Jatiluhur, pegunungan serta kota tampak dari atas gunung.

5. Grama Tirta Jatiluhur Purwakarta

Grama Tirta Jatiluhur

Mulai di bangun th. 1957, waduk Jatiluhur mempunyai manfaat paling utama berbentuk penyedia air irigasi untuk sawah, air minum, perikanan, serta mengatur banjir. Waduk Jatiluhur telah mempunyai sangat banyak manfaat yang menolong masyarakat sekitaran. Namun, nyatanya bukanlah itu saja yang di tawarkan oleh waduk Jatiluhur.

Panorama serta sarana rekreasi yang ada di sekitaran waduk juga menarik perhatian beberapa wisatawan. Salah nya ialah Grama Tirta Jatiluhur, berjarak 15 menit dari pusat kota, serta adalah tempat rekreasi air yang mengasyikkan. Pengunjung dapat olahraga seperti mendayung, ski air, serta jalan-jalan memakai kapal pesiar.

Diluar itu, ada Jatiluhur Water World (JWW) yang ada kolam renang beragam ukuran, kolam berseluncur, kolam dangkal serta kolam permainan. Panorama di sekitaran waduk Jatiluhur juga tak menjemukan. Pas untuk tempat berfoto serta bersantai dengan sekedar duduk sembari memancing di sekitaran waduk, dapat pula untuk nikmati matahari tenggelam.

6. Wisata Oleh-oleh Keramik Plered Purwakarta

Wisata Oleh-oleh Keramik Plered

Berjalan-jalan pastinya tak komplit bila kita tak beli oleh-oleh untuk sanak keluarga serta rekan-rekan yang ada dirumah. Hasil kerajinan keramik yang ditangani segera oleh pengrajin mempunyai kwalitas ekspor dengan harga yang pastinya terjangkau.

Kerajinan keramik memanglah telah jadi satu diantara mata pencaharian orang-orang sekitaran mulai sejak dahulu, serta hasil kerajinan yang dibuat juga tak terus-terusan berupa sama. Sudah pasti, kita tak mesti beli keramik. Wisatawan dapat juga jalan-jalan serta melihat-lihat sistem pembuatan oleh pengrajin keramik segera, serta jadi kesenangan sendiri untuk pencinta seni serta hasil karya yang indah. Orang-orang yang telah di kenal sebagai pengrajin mempermudah kita untuk berkomunikasi. Pastinya, ini yaitu satu diantara keunggulan object wisata di Indonesia.

7. Bendungan Cirata Purwakarta

Bendungan Cirata

Salah satu bendungan paling besar di Asia Tenggara, Bendungan Cirata terdapat dengan strategis diantara tiga kabupaten, yakni Bandung, Purwakarta, serta Cianjur. Walau demikian, bendungan ini sangatlah lekat dengan Purwakarta. Panorama yang tenang, alami, serta tidaklah terlalu ramai walau pada saat akhir minggu meskipun bikin Bendungan Cirata jadi satu diantara obyek wisata yang menarik beberapa wisatawan.

Pengunjung dapat coba memancing ikan di daerah bendungan, nikmati matahari terbenam, jalan-jalan di sekitaran bendungan waktu matahari mulai turun atau baru naik, bertegur sapa dengan masyarakat sekitaran yang ramah, atau dapat nikmati hasil ikan yang telah dipancing dirumah makan yang ada sekitaran bendungan.

8. Air Terjun Cipurut Purwakarta

Air Terjun Cipurut

Air terjun yang keindahannya dapat diadu air terjun di Jawa Timur yang terindah ini memanglah belum sangat terkespos. Air Terjun Cipurut atau umum dimaksud dengan Curug Cipurut oleh masyarakat sekitaran terdapat di kaki gunung Burangrang yang cuma terdapat satu jam perjalanan dari kota Purwakarta serta adalah lokasi cagar alam Burangrang.

Memanglah tak seistimewa air terjun di Bidadari Sentul Bogor yang harus dikunjungi, namun air terjun ini mempunyai tiga sisi. Air terjun paling utama berketinggian 25 mtr., serta dua tempat yang lain yang tidaklah terlalu tinggi. Pengunjung dapat berendam serta bermain air di kaki air terjun, serta berkemah di dekat air terjun. Panorama yang alami serta asri dan tempat yang masihlah belum terekspos jadi nilai plus untuk air terjun Cipurut ini. Karenanya, tambah baik bila kita tak buang sampah asal-asalan serta melindungi kebersihan tempat yang asri ini.

9. Taman Maya Datar Purwakarta

Taman Maya Datar

Taman yang awalannya berperan sebagai alun-alun ini mempunyai arti dibalik namanya. Pada saat Kerajaan Pakuan Pajajaran, Maya Datar bermakna alun-alun yang di mana orang yang ada di ruang sekitaran itu dikira sejajar walau dengan latar belakang suku, pekerjaan, ras, serta kebutuhan yang tidak sama.

Taman Maya Datar masihlah menjaga namanya hingga saat ini, walau saat ini telah tampak lebih indah serta tertangani dengan bunga-bunga, pohon-pohon serta penambahan pencahayaan. Taman yang indah serta asri ini berperan sebagai lapangan alun-alun kota, serta di buka untuk umum.

10. Taman Citra Resmi Purwakarta

Taman Citra Resmi

Terletak di jantung kota Purwakarta, tak jauh dari air mancur Pancawarna serta kantor Bupati, Taman Citra Resmi mempunyai arsitektur yang lebih modern serta rapi. Satu tahun lebih paling akhir, taman Citra Resmi serta Pancawarna memanglah di buka untuk umum, walau dengan saat waktu spesifik.

Di taman Citra Resmi, pengunjung dapat nikmati keindahan kota Purwakarta, bersantai nikmati orang yang berlalu lalang serta berfoto dengan latar belakang taman yang elok serta patung kuda menjulang yang diapit gapura, sembari melihat keindahan matahari tenggelam. Hawa yang fresh serta pengaturan yang rapi bikin orang-orang kerasan sekedar duduk sembari mengobrol di taman ini. Walau untuk masuk kedalam taman tak dipungut cost, namun pengunjung harus buang sampah pada tempatnya serta melindungi tumbuhan yang teratur rapi dengan tak mencapai rumput.

11. Bukit Pinus Panyawangan Purwakarta

Bukit Pinus Panyawangan

Bukit dengan pohon-pohon yang rindang serta nada burung berkicau yang dapat menandingi obyek wisata dengan panorama indah di Bandung ini jadi tempat yang pas untuk berkemah serta trekking. Udara sejuk yang tidaklah terlalu dingin bikin pendaki serta wisatawan kerasan berlama-lama jalan-jalan di bukit ini.

Karenanya ada camping ground serta saung-saung yang terdapat begitu strategis, bikin pengunjung serta pengagum backpacking nyaman untuk berkemah serta menggunakan malam disini. Untuk beberapa pengunjung yang menginginkan nikmati panorama indah, berkunjung ke bukit pinus Panyawangan adalah hal yang harus.

Walau pendakiannya cukup melelahkan, namun begitu terbayar dengan panorama yang ada. Bukan sekedar panorama pohon-pohon saja, namun ada pula goa Jepang tak jauh dari tempat perkemahan, serta untuk pengunjung diharuskan untuk memakai masker lantaran hawa yang tidak tebal didalam gua. Ada juga air terjun yang indah serta menentramkan.

12. Wisata Gedung Antik Purwakarta

Wisata Gedung Antik

Telah pernah berkunjung ke serta coba wisata kota tua Jakarta – object wisata serta kuliner? Telah waktunya lihat wisata kota tua di Purwakarta serta kulinernya. Terkecuali wisata alam serta kuliner yang di tawarkan, Purwakarta pastinya masihlah mempunyai banyak lagi pesona yang belum sangat terekspos oleh media.

Salah nya ialah banyak gedung-gedung antik yang bersejarah serta masihlah mempunyai arsitektur seperti saat jaman kolonial Belanda. Dengan style arsitektur yang kental dengan budaya Eropa, satu diantara gedung antik bersejarah di Purwakarta yaitu kantor Bupati. Diluar itu, ada pula Gedung Karesidenan Purwakarta yang ada di jantung kota, juga mempunyai style arsitektur yang bergaya kuno namun tak menyeramkan. Pemerintah Purwakarta malah menjaga serta melindungi kondisi bangunan namun tetaplah lakukan peremajaan bangunan supaya orang-orang dapat juga nikmati serta tahu histori bisu kota Purwakarta.

13. Masjid Agung Purwakarta

Masjid Agung Purwakarta

Wisata religi pastinya tak dapat diabaikan demikian saja. Terkecuali obyek wisata religi di Aceh yang perlu dikunjungi, obyek wisata religi di Purwakarta juga tak dapat ditinggalkan. Masjid yang di bangun tak jauh dari Situ Buleud ini adalah satu diantara saksi histori yang mustahil ditinggalkan.

Didirikan nyaris berbarengan dengan pendopo, Masjid Agung kota Purwakarta tampak simpel serta berniat dilewatkan tak jauh tidak sama dengan kondisi awalannya. Atap yang berupa tumpang berciri khas masjid tradisional masihlah dipertahankan. Walau dalamnya telah dirubah serta diperbarui agar tetaplah awet serta tak termakan saat, namun kita masihlah dapat lihat bentuk bangunan asli Masjid Agung ini.

Pemerintah bangun dekorasi taman yang bersih dan rapi, bikin kondisi di sekitaran masjid jadi sejuk serta beri kesegaran. Terkecuali nikmati keindahan, pastinya kita dapat sekalian berwisata religi, sembari memahami faedah wisata religi yang harus di ketahui oleh wisatawan.

14. Gedung Kembar Purwakarta

Gedung Kembar Purwakarta

Gedung yang mempunyai arsitektur khas Belanda ini terdapat tak jauh dari taman air mancur Sri Baduga, serta begitu gampang diliat lantaran bentuk gedung yang walau berkesan antik namun tetaplah teratur rapi.

Sesuai sama namanya, Gedung Kembar ini mempunyai 2 bangunan yang sama serta susah dibedakan lantaran persamaannya. Kerap jadikan tempat untuk berwisata serta bebrapa photo, gedung kembar disangka didirikan pada era ke-19M, tak lama sesudah Kota Purwakarta diputuskan jadi ibukota Karesidenan Karawang, sekitaran th. 1854.

Dengan bangunan yang kaya histori ini, di dalamnya ada museum Diorama Bale Panyawangan, serta jadi tempat yang pas untuk belajar histori kebudayaan Sunda. Pastinya pengunjung bisa nikmati guratan-guratan histori sebagai sisi yang satu dari gedung ini.

Tak diduga, kota Purwakarta mempunyai sangat banyak histori, obyek wisata di purwakarta yang menarik, keberagaman kuliner serta panorama alam mengagumkan indah yang tersembunyi dibalik kesederhanaannya. Ada banyak lagi beberapa tempat unik yang dapat kita eksplor di semua Indonesia yang pastinya tak kalah unik serta menarik dari pada obyek wisata diluar negeri.

15. Situ Wanayasa Purwakarta

Situ Wanayasa Purwakarta

Situ Wanayasa adalah satu obyek wisata yang ada di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Nama tempat ini mungkin saja masihlah kalah tenar dibanding Waduk Jatiluhur atau Taman Sri Baduga yang terakhir makin banyak dibicarakan

Tetapi, situasi yang ada di waduk kecil ini tidak kalah asyik dibanding beberapa tempat lain. Ditambah lagi, latar belakang pegungungan yang bikin panorama di sekitaran waduk bikin makin cantik serta fotogenik

Situ atau Waduk Wanayasa memanglah tidaklah terlalu luas, cuma sekitaran 7 ha saja. Tetapi, beberapa hal yang bikin tempat ini tampak istimewa. Salah nya ialah kehadiran satu pulau kecil di tengah-tengah danau. Pulau itu tidaklah pulau asal-asalan karna disana ada makam satu diantara pendiri Kabupaten Purwakarta yaitu RA. Suriawinata

Panorama di sekitaran Situ Wanayasa bakal tampak makin menarik dengan latar belakang Gunung Burangrang. Tempat Website Wanayasa sendiri ada pada ketinggian sekitaran 600 mdpl. Tempat waduk ini ada di Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Dari pusat kota Purwakarta jaraknya sekitaran 23 km ke arah tenggara. Memanglah cukup jauh, tetapi situasi sejuk serta tenang yang ada di sekitaran danau bakal bikin kunjungan kita tidak sia-sia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *