22 Tempat Wisata Di Banten Yang Populer Serta Harga Tiket Masuk Dan Khas Kulinernya

Posted on

22 Tempat Wisata Di Banten Yang Populer Serta Harga Tiket Masuk Dan Khas Kulinernya – Propinsi Banten memiliki destinasi wisata yang pastinya tidak kalah menawan dari beberapa daerah yang lain. Tersebut info tentang obyek wisata yang ada di Banten.

1. Pantai Sawarna 

Pantai Sawarna

Pantai SawarnaTempat wisata di banten yang pertama yaitu pantai sawarna yang telah tidak asing di telinga orang-orang. Satu diantara wisata pantai yang ada di Banten yaitu Pantai Sawarna sebagai wisata paling utama kota banten. Disini kita bisa melihat keindahan alam yang masihlah terbangun serta demikian alami, dengan pasir putih luas terbentang serta air laut yang warnanya biru bening.

Ditambah perbukitan hijau mengelilinginya, object wisata yang satu ini jadi obyek wisata yang pas untuk bersantai berbarengan keluarga atau sebatas memanjakan mata. Alamat : Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten.

2 Tanjung Lesung 

Tanjung Lesung

Tanjung LesungLagi, wisata pantai dengan batuan karang serta pemandangan alami yang ada di Banten bernama Tanjung Lesung. Pantai ini memiliki pasir berwarna putih dengan bentuk karangnya yang unik. Rancangan pantai ini memiliki nuansa khas Bali.

Wisatawan lokal bahkan juga turis mancanegara banyak yang datang bertandang untuk nikmati indahnya object wisata Tanjung Lesung. Pantai tanjung lesung populer dengan pantai dengan angin tengah, hingga begitu pas untuk lakukan berolahraga baik, seperti berselancar dengan ombak yang cocok. Tidak cuma itu, pantai yang ditumbuhi pohon-pohon kecil di sekelilingnya ini memberi nilai plus pantai dengan kerindangannya serta lingkungan yang masihlah asri.

Alamat : daerah Labuan, Banten.

3 Pulau Burung

Pulau Burung

Pulau BurungTempat wisata di banten setelah itu ada pulau burung. Pulau Burung atau Pulau Dua yaitu obyek wisata bahari di Banten yang mempunyai laut yang indah. Kekhasan pulau yang satu ini yaitu, setiap th. banyak type burung yang bertandang kemari. Ada sekitaran 60 type burung dari berbagai negara yang datang pada bln. April-Agustus.

Terkecuali beragam macam burung, disini juga ada berbagai type ikan laut. Luas lokasi Pulau Burung yakni sekitaran 30 hektar. Beberapa ribu burung yang datang, aslinya dari Benua Afrika, Australia, serta Asia. Untuk hingga ke object wisata Pulau Burung, anda bisa menyewa perahu motor atau perahu tradisional. Bila anda suka jalan kaki, ke Pulau Burung dapat juga ditempuh dengan jalan kaki sepanjang 15 s/d 30 menit melalui daerah pertambakan yang ada di Desa Sawah Mulia, Kasemen. Pulau ini saat ini sudah menyatu dengan daratan Jawa lantaran ada sistem sedimentasi.

4 Gunung Krakatau 

Gunung Krakatau

Gunung KrakatauSelain letusan gunung yang teramat dahsyat, Krakatau juga populer lantaran medan yang menantang. Jadi Gunung Krakatau begitu disenangi oleh beberapa penggemar alam s/d wisatawan mancanegara. Gunung yang meletus pada 1883, nada letusannya terdengar s/d Benua Australia, awan panasnya juga hingga ke sebagian tempat di Eropa. Letusan itu membuat satu gunung baru yang saat ini di kenal dengan nama Gunung Anak Krakatau.

Anak Krakatau muncul ke permukaan pada th. 1928 serta termasuk juga dalam gunung yang aktif hingga saat ini. Walaupun tempat wisata ini ada di Selat Sunda serta masuk ke Propinsi Lampung, walau demikian begitu gampang mencapai Anak Krakatau dari Pantai Anyer-Carita. Izin mendarat di Pulau Gunung Anak Krakatau, bisa kita dapatkan juga ditempat ini. Perjalanan kesana ditempuh memakai perahu motor. Kita dapat lakukan beragam aktivitas waktu berlibur ke destinasi wisata yang satu ini, salah satunya yaitu berkemah, mancing, nikmati keindahan pemandangan alam laut yang memikat.

5 Pulau Umang

Pulau Umang

Pulau UmangPulau Umang populer dengan keindahan pantainya. Pulau ini letaknya tidak jauh dari object wisata Tanjung Lesung. Ada satu resort yang mempunyai sentuhan artistik alami di Pulau Umang. Sarana yang di tawarkan oleh resort itu diantaranya ruangan pertemuan, spa, sunset lounge, kolam renang, dan sebagainya.

Luas tempat wisata ini lebih kurang 5 hektar. Pengelola tempat wisata yaitu perusahaan swasta yang lengkapinya dengan bermacam sarana rekreasi serta hiburan untuk pengunjung yang tengah berlibur disini. Agar bisa hingga ke tempat wisata, cukup gampang. Ada penyewaan mobil dari Jakarta ke Pulau Umang yang memanglah spesial disiapkan pihak pengelola. Diluar itu, bakal gampang mencapainya dari Ujung Kulon.

6 Taman Nasional Ujung Kulon 

Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung KulonTaman Nasional Ujung Kulon adalah lokasi konservasi alam yang ada di Indonesia serta bertindak utama untuk dunia. Sebagian daya tarik object wisata ini yaitu ada rimba tropis dataran rendah yang menakjubkan dan badak bercula satu.

Taman Nasional Ujung Kulon yaitu habitat alami dari berbagai hewan yang dilindungi. Contoh hewannya yakni badak jawa, banteng, babi rimba, kukang, beragam macam burung serta primata, rusa, s/d kijang. Untuk menuju tempat ini dapat memakai perahu. Sarana yang ada di Ujung Kulon diantaranya jaringan listrik, air, telekomunikasi yang baik, penginapan, pusat info, s/d fasilitas transportasi juga komplit.

7 Pantai Bagedur 

Pantai Bagedur

Pantai BagedurPantai yang ada di Banten ini termasuk juga pantai yang landai dengan ombaknya populer cukup besar. Begitu cocok digunakan sebagai tempat wisata keluaga. Begitu mengasyikkan bermain di tepian pantai ini.

Dataran pasir yang luas pas sekali untuk beraktivitas outdor, seperti bermain layang-layang, berolahraga voli, serta bersepeda. Liburan ke pantai bagedur jadi pilihan yang pas untuk di nikmati berbarengan keluarga ataupun rekan.

Alamat : Desa Sukamanah, Kecamatan Malingping, Lebak, Banten.

8. Masjid Agung Banten 

Masjid Agung Banten

Masjid yang kaya nilai histori ini adalah masjid paling tua di Indonesia. Masjid ini setiap hari senantiasa ramai kunjungan wisatawan, tidak cuma yang datang dari daerah Jawa Barat saja, walau demikian juga yang aslinya dari luar Jawa Barat.

Masjid ini di bangun pertama oleh Sultan Maulana Hasanuddin th. 1552-1570. Beliau adalah anak pertama Sunan Gunung Jati serta Sultan Pertama Kesultanan Banten. Lantaran masjid yang penuh dengan histori ini jadi banyak dikunjungi sebagai wisata religi untuk sebagian orang, terutama pengunjung yang datang dari luar banten.

Alamat : Desa Banten Lama (sekitaran 10 km samping utara Serang).

9. Pantai Anyer 

Pantai Anyer

Pantai AnyerPantai yang termasuk juga wisata favorite di Banten ini memiliki hamparan pasir putih luas membentang dengan ombak yang tenang. Satu diantara obyek wisata di Banten yang ramai dikunjungi wisatawan atau pelancong.

Sebagian kesibukan yang dapat kita kerjakan saat liburan kemari diantaranya berenang, banana boat, main pasir, snorkeling, diving, jetski, s/d jalan nikmati indahnya pantai. Tidak cuma itu saja, ada ruang perkemahan di sekitaran Pantai Anyer.

Sebenarnya Pantai Anyer terdiri atas sebagian pantai dengan nama yang tidak sama, walau demikian lantaran tempatnya di garis pantai yang sama, beberapa orang berasumsi semua yaitu lokasi Pantai Anyer.

10 Perkampungan Suku Baduy

Perkampungan Suku Baduy

Suku asli Banten yang sudah bertahun-tahun menetap disini yaitu suku baduy. Kekhasan dari Perkampungan Suku Baduy yaitu kita bakal disajikan panorama begitu murninya budaya suku itu dan kebiasaan istiadatnya.

Disini kita tidak cuma bersenang-senang saja, tetapi dapat juga pelajari serta mengetahui lebih jauh kebiasaan istiadat suku baduy. Lingkungan yang asri jadi konsentrasi paling utama wisatawan dalam bertandang ke tempat ini.

Alamat : Kabupaten Pandeglang, Banten.

11 Rawa Dano 

Rawa Dano

Rawa DanoRawa Dano juga dikenal dengan nama Cagar Alam Rawa Danau. Bila ditempuh dari Jakarta, jaraknya sekitaran 101 km. Di obyek wisata ini terdapat banyak rawa serta ada juga danaunya. Luas Rawa Dano sekitaran 2. 500 hektar.

Bermacam jenis pohon-pohon banyak tumbuh disini. Hewan-hewan yang ada di Rawa Dano diantaranya yaitu beragam reptil, sekurang-kurangnya ada 250 type burung yang habitatnya yaitu Rawa Dano.

Untuk hingga ke tempat Rawa Dano bisa ditempuh melalui 3 jalur, diantaranya yaitu Jakarta-Serang-Padarincang-Rawa Dano, melalui jalur Serang-Anyer-Cinangka, melalui jalur Cilegon-Anyer.

12 Pantai Sambolo 

Pantai Sambolo

Pantai SamboloApabila anda suka pada berolahraga air, anda dapat pilih Pantai Sambolo sebagai destinasi wisata. Mengajak keluarga untuk liburan disini, pasti bakal begitu mengasyikkan.

Kesibukan yang dapat dikerjakan ketika ada disini diantaranya yaitu berenang, selancar, nikmati kuliner di sekitaran lokasi Sambolo. Keindahan pantai yang menakjubkan dengan pasir putihnya, bikin kita kerasan untuk tinggal lebih lama. Jadi tek heran apabila pengunjung pantai ini bakal senantiasa jadi tambah serta tidak pernah sepi sehari-harinya.

13 Pantai Cibeureum 

Pantai Cibeureum

Pantai CibeureumAnda sukai situasi pantai yang teduh? Pantai Cibeureum jadi pilihan obyek wisata di banten yang pas buat anda. Disini terdapat banyak pohon-pohon kelapa serta tempat pantai juga dipelihara serta dirawat dengan baik oleh warga sekitaran.

Satu diantara langkah nikmati wisata Pantai Cibeureum yaitu dengan mencicipi kuliner Pantai Cibeureum yang dijajakan oleh warga sekitaran. Banten yang populer dengan kuliner unik seperti rabeg sebagai menu andalah serta istimewa ketika jaman kesultanan banten yang cukup melegenda.

14 Pantai Marina 

Pantai Marina

Pantai Marina BantenTempat wisata di banten setelah itu yaitu pantai marina. Pantai Marina begitu cocok untuk anda yang suka dengan wahana permainan air lantaran disini ada banyak permainan air. Kian lebih yang ada di Pantai Sambolo. Anda dapat senang nikmati bermacam wahana yang ada.

Diluar itu kelebihan dari object wisata Pantai Marina yaitu terdapatnya fasilitas akomodasi berbentuk penginapan, villa, atau resort, yang ideal serta banyak pilihannya. Fasilitasnya juga termasuk komplit, jadi kita bakal nyaman waktu berwisata. Dengan sarana yang cukup komplit ini bikin pantai marina unggul serta banyak disukai sebagai destinasi wisata untuk liburan.

Pantai marina nyatanya ada juga di sebagian kota di Indonesia, yakni di kota semarang jateng serta di propinsi sulawesi selatan yang tidak kalah indahnya untuk menggunakan saat libur. (baca juga : obyek wisata di semarang serta obyek wisata di sulawesi selatan)

15 Pantai Marbella

Pantai Marina

Pantai MarbellaWisata pantai ini diberi nama Pantai Marbella lantaran tempatnya memanglah pas ada di depan hotel bintang lima pinggir pantai bernama Hotel Marbella. Pantai Marbella mempunyai situasi yang bersih dengan saung yang banyak di pinggir pantainya.

Pantai yang dekat dengan Pantai Sambolo ini ramai dikunjungi terutama saat berlibur tiba. Serta tempat ini juga pas untuk wisata romantis pengantin baru. Untuk pasangan pengantin baru bisa lakukan bln. madu ke tempat ini, yang bakal ditemani panorama yang indah dari birunya air laut serta pasir pantai yang lembut serta putih. (baca juga : obyek wisata untuk bln. madu)

16 Pantai Jambu 

Pantai Jambu

Pantai JambuTempat wisata di banten selanjutnya yaitu pantai jambu. Pantai di Banten yang mempunyai keindahan alam menakjubkan yaitu Pantai Jambu. Pasirnya berwarna lebih putih dan butirannya halus. Pantai ini suasananya demikian alami serta masihlah asli. Pantai ini terdapat tidak jauh dari Pantai Karang Bolong serta begitu gampang untuk dijangkau.

Keindahan alam serta hamparan laut biru jadi panorama paling utama waktu pengunjung tiba ditempat ini. Situasi yang tidak demikian ramai jadi nilai lebih lantaran situasi yang masihlah asri. Oleh karena itu wisata pantai jambu jadi pilihan yang pas untuk sebagai orang untuk liburan di lokasi pantai serta situasi yang tenang.

17 Pantai Pasir Putih Florida 

Pantai Pasir Putih Florida

Pantai Pasir Putih FloridaDestinasi wisata di Banten yang popular setelah itu yaitu Pantai Florida. Hamparan pasir putihnya lebih luas dibanding pantai lain di Banten. Dari sinilah kita bisa lihat panorama matahari terbenam yang mengagumkan dan pesona pantai nan cantik.

Kesibukan lain yang bisa dikerjakan saat berlibur kemari yaitu bermain serta enjoy di pinggir pantai atau main voli pantai. Harga tiketnya Rp 10. 000, – per orang.

Pantai inipun tidak pernah sepi pengunjung, sehari-hari tentunya ada saja wisatawan yang datang serta nikmati keindahan pantai ini dengan rasa takjub. Pasir pantai yang putih serta lembut ini bikin pengujung ikhlas buka alas kaki mereka untuk merasaka segera keindahan alam pantai pasir putih florida.

18 Pantai Karang Bolong 

Pantai Karang Bolong

Pantai Karang BolongSalah satu obyek wisata unik Banten yang lain bernama Pantai Karang Bolong. Pada zaman dulu, nama pantai ini tidaklah Karang Bolong tetapi Karang Suraga yang disebut nama orang pandai dengan pengetahuan tinggi yang dulu pernah bertapa ditempat itu hingga akhir hayat. Walau demikian lama kelamaan, pantai ini lebih di kenal dengan sebutan Karang Bolong karena di sekitaran pantai memanglah ada satu karang besar yang berlubang (Karang Bolong).

Perkiraan beberapa pakar, terbentuknya lubang lantaran ada pengikisan oleh air laut dalam periode waktu panjang. Walau demikian ada pula yang menyebutkan kalau terbentuknya lubang di karang itu dikarenakan letusan Gunung Krakatau. Sampai saat ini penyebabnya tentu Karang Bolong itu belum di ketahui.

Aktivitas yang bisa dikerjakan saat bertandang ke Pantai Karang Bolong diantaranya yaitu berpiknik seraya nikmati indahnya pantai dengan mengadakan tikar sembari enjoy, bila air laut tengah surut kita dapat menyusuri bebatuan karang yang tidak terbenam, main perahu serta banana boat, tracking ke puncak karang dan lihat indahnya Gunung Anak Krakatau dari jauh. Tetapi sayangnya di pantai ini tidak bisa berenang, lantaran banyak batu karang. Namun janganlah cemas, untuk anda yang masihlah menginginkan berenang, berubahlah ke kanan lantaran disini ada pantai yang berpasir bisa digunakan untuk berenang.

19 Pantai Carita 

Pantai Carita

Pantai CaritaPantai Carita pastinya tak asing lagi di telinga anda. Pantai yang popular di Banten ini begitu ramai terutama saat akhir minggu. Tidak cuma turis lokal yang bertandang, namun juga pelancong luar negeri.

Pasca terjadinya tsunami yang menerjang Aceh, tempat wisata yang satu ini pernah sepi pengunjung. Mereka terasa cemas bakal berlangsung hal sama di Carita. Walau demikian seiring waktu berjalan, pantai ini kembali padat pengunjung. Pantai ini letaknya tidak jauh dari Anyer.

Alamat : Jalan Raya Pandeglang-Labuan, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten.

20 Pulau Sangiang 

Pulau Sangiang

Pulau SangiangPulau Sangiang yaitu taman wisata laut yang ada di Banten. Oleh beberapa wisatawan yang bertandang, tempat ini juga dijuluki Seven Wonders of Banten. Sesuai sama julukan yang didapatkan, Pulau Sangiang mempunyai pemandangan alam yang memukau. Ada pantai indah dengan pasir putih serta air laut jernih, diantaranya Tanjung Raden, Batu Mandi, Pasir Panjang serta Legon Waru.

Beragam macam tanaman khas misalnya cemara laut, ketapang bayur, waru laut, walikukum, dadap laut, serta nyamplung. Berbagai hewan yang dilindungi juga bisa kita saksikan di pulau ini, salah satunya, berbagai biota laut, elang laut, belibis, camar, dara laut. Ditambah dengan pohon-pohon hijau yang tumbuh di pantai, bikin Pulau Sangiang semakin terlihat menakjubkan. Bermacam aktivitas yang bisa kita kerjakan waktu berlibur ke Sangiang yakni menyelam serta snorkeling, dan berwisata ke Gua Kelelawar yang ada dekat Pulau Sangiang. Jika anda berkunjung ke Pantai Tanjung Raden, anda bisa melihat indahnya bermacam biota laut menggunakan glass bottom boat.

Untuk meraih Pulau Sangiang, anda bisa meniti perjalanan sepanjang 2 hingga 3 jam ke Anyer, barulah menyeberang ke Sangiang. Perlu saat lebih kurang 1 jam untuk menyeberang. Banyak pula layanan travel yang tawarkan wisata ke Sangiang, tarifnya sekitar pada Rp 400. 000, – s/d Rp 600. 000, – per orang. Bila menginginkan snorkeling, peralatannya juga bisa anda sewa di tempat. Alamat : Desa Cikoneng, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Banten.

21. Danau Tasikardi 

Danau Tasikardi

Danau TasikardiDanau Tasikardi yaitu object wisata alam sekalian wisata histori di Banten. Disini banyak didapati peninggalan Kerajaan Banten. Nama danau yakni Tasikardi datang dari 2 kata bhs sunda, yakni Tasik serta Ardi yang mempunyai arti danau buatan.

Dalam sejarahnya, danau ini di buat saat pemerintahan Panembahan Maulana Yusuf yang disebut sultan ke-2 dari Kesultanan Banten. Dulunya danau ini dimaksud dengan Situ Kardi serta konon basic danau terbuat dari ubin batu bata. Pada masanya danau ini digunakan untuk menyimpan air Sungai Cibanten yang mengairi tempat ini.

Danau Tasikardi dengan panorama indah serta ada persawahan hijau di sekelilingnya, bikin beberapa pengunjung kerasan menggunakan saat liburannya di object wisata yang satu ini. Didalam danau, terdapat banyak ikan-ikan yang bisa dipancing, terkecuali aktivitas mancing, hal-hal lain yang bisa dikerjakan yaitu camping di ruang camping yang terdapat dekat Danau Tasikardi, berperahu ke pulau kecil yang dulunya yaitu tempat rekrerasi untuk keluarga sultan. Di pulau kecil itu, bisa didapati bermacam peninggalan Kesultanan Banten. Menuju tempat wisata Danau Tasikardi, apabila ditempuh dari Kota Serang anda bisa naik angkutan umum ke Kramatwatu. Atau dapat juga gunakan kendaraan pribadi mengambil jalur Cilegon.

Ticket masuk danau begitu terjangkau serta tempat ini pas sekali untuk anda yang menginginkan menggunakan saat libur berbarengan keluarga. Sekarang ini Danau Tasikardi berbarengan dengan Masjid Agung Banten, Keraton Kaibon, Pasar Lama Serang, Keraton Surosowan, Vihara Avalokitesvara serta Benteng Spelwijk diputuskan kedalam Website Banten Lama. Alamat : Desa Margasana, Serang, Banten.

22. Arung Jeram Sungai Ciberang 

Arung Jeram Sungai Ciberang

Untuk anda yang sukai petualangan yang menantang serta meningkatkan adrenalin, coba lakukan rafting atau arung jeram di Sungai Ciberang. Sungai ini terdapat di pedalaman Banten serta termasuk masil asli (alami). Sebagian jalur pengarungan yang ada di tempat ini diantaranya, jalur pemula selama 700 mtr. s/d jalur selama 25 km serta bisa ditempuh dalam kurun saat sekitaran 5 jam.

Saat menyusuri sungai ini, panorama alam hijau di kiri serta kanan dari Taman Nasional Gunung Halimun demikian memanjakan mata. Kita juga bisa lihat berbagai aktivitas warga waktu melalui satu kampung ke kampung yang lain. Wisata yang satu ini begitu cocok untuk anda penyuka wisata alam yang meningkatkan adrenalin. Alamat : Kampung Muhara

Kuliner di Kota Banten Yang Terkenal

Rabeg Banten 

Rabeg adalah satu diantara ikon kuliner Serang, Banten. Makanan ini terbuat dari daging dan jeroan kambing yang di proses dengan bermacam jenis bumbu rempah. Kuliner lezat ini mempunyai citarasa yang gurih serta manis. Aromanya yang fresh datang dari daun jeruk serta serai. Ditambah sebagian rempah yang bikin rasa-rasanya semakin kuat seperti pala, kayu manis, dan cengkeh. Lengkapi mantapnya rasa kuliner Banten itu.

Nasi Sumsum 

Anda menginginkan mencicipi nasi bakar dengan sumsum tulang yang gurih? Datanglah ke Banten, tepatnya di Kota Serang lantaran kuliner ini tidak akan anda dapatkan di kota yang lain. Nasi panas disiram sumsum tulang kerbau. Mantap! Terutama bumbu-bumbunya ditumbuk, bukanlah memakai jus, makin menguatkan rasa-rasanya. Menu kuliner ini semakin lebih komplit bila dikonsumsi berteman sate lidah kerbau atau otak-otak.

Nasi Belut 

Belut banyak dibudidayakan oleh warga Serang, Banten. Jadi ada beragam jenis masakan Serang yang menggunakan bahan basic belut. Salah satunya yaitu nasi belut. Langkah mengolahnya dengan dikeprek, hingga tulang belut jadi lebih empuk. Belut ini lalu dibumbui dengan bumbu rempah khas Serang yang setelah itu digoreng hingga kering. Rasa-rasanya krispi serta gurih.

Nasi Uduk Serang 

Nasi uduk bisa kita temui di semua lokasi nusantara. Walau demikian nasi uduk dari Serang sedikit tidak sama. Yang membuatnya lain yaitu pemakaian bumbu rempah khas Kota Serang. Nasi uduk disini umum dikonsumsi dengan penambahan lauk bakwan, sayur tempe, tempe goreng, s/d sambal telur yang pedas.

Sate Bandeng Serang 

Madura populer dengan sate berbumbu kuah kacang manis gurih. Walau demikian tidak cuma Madura saja yang miliki sate khas, lho. Daerah Serang, Banten, juga mempunyai kuliner sate yang khas bernama sate bandeng. Makanan ini tak terbuat dari daging ayam atau sapi, tetapi daging ikan bandeng yang telah tidak berduri. Satu diantara yang unik dengan makanan khas yang satu ini yaitu langkah penyajiannya yang tidak memakai sambal kacang atau kecap yang umum disiram di atasnya. Hal semacam ini dikarenakan oleh bumbu dan rempahnya telah sekalian digabung ke daging bandeng, jadi tidak butuh siraman sambal lagi.

Pecak Bandeng 

Serang, Banten, daerah yang kaya hasil ikan air tawarnya. Satu diantara ikan disini yang kerap di proses jadi makanan lezat yaitu bandeng yang di buat jadi pecak bandeng. Makanan yang satu ini terbuat dari ikan bandeng fresh yang dilumuri bumbu rempah, setelah itu dibakar, lalu digabung sambal. Umumnya di nikmati dengan penambahan lalapan fresh dan nasi putih hangat. Mantap!


Ketan Bintul 

Satu diantara kue tradisional khas Serang, Banten, bernama ketan bintul. Makanan yang satu ini terbuat berbahan ketan yang dikukus, terlebih dulu ketan dibungkus dulu memakai daun pisang. Nikmati ketan bintul langkahnya dengan menaburkan serundeng (abon kelapa) yang mempunyai citarasa manis gurih. Paling pas dikudap pagi hari dengan rekan teh atau kopi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *