Pantai Lombang Madura Harga Tiket Masuk Dan Rute Menuju Lokasi

Posted on
Pantai Lombang Madura Harga Tiket Masuk Dan Rute Menuju Lokasi – Belum banyak yang tahu, pulau Madura di Jawa Timur juga mempunyai wisata pantai yang indah. Satu diantaranya adalah Pantai Lombang. Satu pantai yang ada di Kabupaten Sumenep, Madura. Dari kota Sumenep, pantai ini berjarak sekitaran 25 km. Pantai Lombang adalah satu diantara tempat wisata unggulan di Madura. Apa keistimewaannya? Simak penjelasan tersebut. 

Pantai Lombang Madura Harga Tiket Masuk Dan Rute Menuju Lokasi

Tempat 
Dengan cara administratif, Pantai Lombang ada dalam lokasi Desa Lombang, Kecamatan Batang-Batang, kabupaten Sumenep, Madura. 
Pemandangan Pantai Lombang 
Pasir putih yang lembut terhampar di selama garis pantai. Dengan ombak yang tenang, pantai lombang juga mempunyai air laut yang jernih kebiruan. Di pantai Lombang, pengunjung bisa berenang dengan cukup aman. Uniknya, pantai Lombang mempunyai sangat banyak tumbuhan cemara udang dibagian pinggir pantai. kehadiran pohon cemara itu, sekalian jadi tempat yang asik untuk piknik atau sebatas beristirahat dari teriknya cahaya matahari. 
Pasir putih yang lembut terhampar di selama garis pantai. Dengan ombak yang tenang, pantai lombang juga mempunyai air laut yang jernih kebiruan. Di pantai Lombang, pengunjung bisa berenang dengan cukup aman. Uniknya, pantai Lombang mempunyai sangat banyak tumbuhan cemara udang dibagian pinggir pantai. kehadiran pohon cemara itu, sekalian jadi tempat yang asik untuk piknik atau sebatas beristirahat dari teriknya cahaya matahari. 
Sejarah 
Konon, orang-orang sekitaran yakin kalau tumbuhan cemara udang cuma tumbuh di sekitaran Pantai Lombang serta sebagian pantai lain perairan laut Tiongkok. Cemara udang sendiri adalah tumbuhan endemi khas Pantai Lombang. Penyebaran cemara udang di perairan Sumenep, mempunyai kaitan erat dengan ekspedisi besar yang dikerjakan kekaisaran Tiongkok dalam mengarungi perairan nusantara. Ekspedisi yang dikerjakan pada era ke-15 ini di pimpin oleh Jenderal Ma’huan, The Ho (Shampo Thai Kam) serta Jenderal Ong Keng Hong. Ketiga jenderal itu di kenal dengan nama Sam Po Toa Lang. Sam Po Toa Lang bermakna Tiga Pendekar Besar. 
Pelayaran yang di pimpin Sam Po Toa Lang disebut-sebut sebagai pelayaran paling besar di saat itu. Bagaimana tak, sejumlah 62 armada dengan pasukan perang beberapa 27. 800 orang turut dan dalam ekspedisi ini. Sayangnya, demikian hingga di tanah Jawa, satu diantara kapal induk yang ditumpangi Jenderal Ong Keng Hong hamcur menabrak karang. Atas peristiwa itu, sang jenderal juga wafat dunia. 
Sesudah peristiwa itu, semua armada dikomando untuk merapat ke pantai. Tempat merapatnya kapal-kapal itu diabadikan dengan nama Mangkang. Tempat Magkang terdapat sekitaran 10 km dibagian barat Kota Semarang. Lantaran sang jenderal yang sudah meninggal dunia beragama Islam, jadi ia juga dimakamkan dengan tata cara Islam di Gedongwatu. 
Sesudah acara pemakaman selesai, ekspedisi dilanjutkan ke pusat kerajaan Majapahit. Sayangnya, nasib jelek kembali menghinggapi pasukan ini. Pada perjalanan menuju Majapahit, kapal-kapal terbawa arus menuju ke arah timur. Saat hingga di perairan Masalembu, kapal-kapal mereka dirundung angin topan dahsyat. Peristiwa naas itu bikin banyak pasukan terbenam serta kapal mereka hancur. Peralatan mereka juga berceceran serta banyak yang terdampar di sekitaran pulau Jawa serta Madura. Peninggalan histori itu masihlah bisa Anda saksikan di mana tiang kapal diketemukan di perairan Sumenep, jangkarnya di Pati serta satu piring di Pantai Kamal yang lalu membuatnya diabadikan dengan nama Pantai Ujung Piring. 
Dari cerita itu, bisa diambil kesimpulan kalau kehadiran tumbuhan cemara udang di perairan Sumenep adalah sisi dari beberapa bekas bawaan pasukan yang terdampar. 
Fasilitas 
Pantai Lombang telah mempunyai sebagian sarana seperti kamar basuh serta warung makan yang terdapat tak jauh dari pantai. Sedang bila Anda menginginkan menginap di sekitaran pantai, Anda mesti membangun tenda sendiri. Lantaran apa? Sarana penginapan belum ada di sekitaran pantai. Atau Anda bisa pergi ke penginapan yang terdapat banyak di kota Sumenep dengan harga cukup terjangkau dari mulai Rp 35. 000/malam sampai Rp 100. 000/malam. 

Akses 
Dari Pusat Kota Sumenep, Pantai Lombang bisa ditempuh dengan jarak sekitaran 30 km. Untuk meraih pantai ini, Anda bisa memakai kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi. Mengenai bila Anda datang dari luar Pulau Madura, Anda bisa menyeberang dari Pelabuahn Tanjung Perak di Surabaya menuju Pelabuhan Kamal di Bangkalan Madura memakai kapal ferry. Dari Bangkalan, perjalan bisa Anda teruskan memakai angkutan umum.
Terkecuali memakai jalur laut, Anda dapat juga menyeberang segera dengan melalui Jembatan Suramadu baik memakai kendaraan umum (bus) ataupun kendaraan pribadi. 

Harga Ticket Masuk
Untuk nikmati pemandangan Pantai Lombang yang indah, Anda cukup membayar ticket masuk sebesar Rp 7. 000/orang. 
Tunggulah apa lagi? Let’s explore Madura

One thought on “Pantai Lombang Madura Harga Tiket Masuk Dan Rute Menuju Lokasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.