Pasar Apung Muara Kuin Pemandangan Wisata Yang Indah Di Atas Sungai

Posted on

Pasar Apung Muara Kuin Pemandangan Wisata Yang Indah Di Atas Sungai – Di Kota Banjarmasin terdapat banyak sungai-sungai yang lebar, satu diantaranya Sungai Barito yang memiliki muara Sungai Kuin yang terdapat di Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Propinsi Kalimantan Selatan. Uniknya di muara sungai ini ada pasar tradisonal yang lain daripada yang lain. Beberapa pedagang serta konsumen di pasar ini beraktivitas jual beli di atas perahu tradisional yang kerap dimaksud jukung dalam bhs Banjar atau perahu motor yang kerap dimaksud klotok oleh masyarakat lokal. Pasar ini telah ada dari 400 th. waktu lalu serta masihlah selalu terbangun hingga sekarang ini.

Pasar Apung Muara Kuin Pemandangan Wisata Yang Indah Di Atas Sungai

Bila Anda menginginkan rasakan sensasi sendiri belanja sembari terapung di perahu, jadi luangkan saat Anda untuk bertandang ke pasar terapung ini waktu Anda traveling ke Banjarmasin. Tetapi Anda mesti bangun pagi buta agar bisa rasakan kesibukan pasar terapung ini lantaran selepas subuh beberapa pedagang telah repot berkumpul bersiap membenahi dagangannya. Umumnya beberapa penjual disini yaitu ibu-ibu. Barang dagangannya adalah hasil kebunnya sendiri seperti sayur mayur serta buah-buahan. Janganlah kian lebih jam 7 pagi bila Anda menginginkan bertandang kesini.

Pasar Apung Muara Kuin Pemandangan Wisata Yang Indah Di Atas Sungai

Singgah juga ke warung makan terapung untuk sarapan. Pesanlah menu makanan khas Banjarmasin yakni soto banjar. Tidak sama dengan soto di daerah lain, soto banjar berkuah kental serta dihidangkan dengan lontong yang pasti bakal menggoyang lidah Anda.

Transaksi barter masihlah sering berlangsung di pasar terapung ini. Jual beli itu dikerjakan lewat cara sama-sama ganti menukar pada penjual serta konsumen dengan komoditas yang tidak sama. Bila Anda tertarik untuk bertandang ke pasar unik ini Anda dapat menyewa perahu klotok di sekitaran ruang pasar. Yang memiliki perahu dengan suka hati bakal mengantar Anda berkeliling. Cost sewa perahu klotok yakni sekitaran Rp 100. 000, -. Perahu ini dapat menyimpan sekitaran 10 penumpang. Atau bila Anda bermalam di satu diantara hotel di Kota Banjarmasin, tanyakan ke pengelola mengenai paket wisata keliling pasar apung. Umumnya pihak hotel sediakan sarana ini.

Pasar Apung Muara Kuin Pemandangan Wisata Yang Indah Di Atas Sungai

Akses transport

Apabila memakai perahu Klotok dari pusat Kota Banjarmasin bakal membutuhkan saat sekitaran 45 menit untuk menuju pasar apung. Atau dapat pula memakai angkutan darat dengan meniti rute Kota Banjarmasin menuju Desa Alalak. Sesampainya di Desa Alalak Anda dapat menyewa klotok dengan tarif sekitaran Rp. 70. 000 untuk menuju Pasar Apung Muara Kuin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *