Rute Dan Harga Tiket Pantai Samas Nan Eksotis di Bantul Yogyakarta

Posted on

Rute Dan Harga Tiket Pantai Samas Nan Eksotis di Bantul Yogyakarta  – Terkecuali Kabupaten Gunungkidul, Kabupaten Bantul di Yogyakarta juga mempunyai banyak tempat wisata pantai yang populer. Satu diantara sebagai favorite banyak wisatawan adalah Pantai Samas. Dengan hamparan pasir hitam nan eksotis, Pantai Samas tawarkan panorama laut yang khas serta sayang untuk ditinggalkan.

Rute Dan Harga Tiket Pantai Samas Nan Eksotis di Bantul Yogyakarta

Tempat 

Pantai Samas ada di samping barat Pantai Parangtritis. Dengan cara administratif ia masuk dalam lokasi Desa Srigading, Sanden, Bantul. Dari pusat Kota Bantul, jaraknya sekitaran 14 km atau sekitaran 24 km dari pusat Kota Yogyakarta.


Pemandangan Pantai Samas 

Pantai Samas tersohor dengan ombak dahsyatnya, danau air tawar yang membuat telaga dan delta-delta sungai serta angin laut yang kencang. Telaga-telaga di sekitaran Pantai Samas dipakai sebagai tempat pengembangan perikanan, udang galah serta penyu. Telaga itu juga digunakan sebagai tempat pemancingan. Tidak cuma ombak yang dahsyat, pantai Samas juga mempunyai bibir pantai yang curam hingga pengunjung umumnya dilarang bermain air di sini.

Pada beberapa peristiwa spesifik, Anda dapat juga melihat orang-orang sekitaran mengadakan ritual kebiasaan di Pantai Samas. Ritual kebiasaan yang umum dikerjakan oleh orang-orang adalah Upacara Labuhan (sedekah laut) serta Upacara Kirab Tumuring Maheso Suro.

Mercusuar Patehan 

Pas ada di samping barat pantai, Anda bakal temukan bangunan setinggi 40 m yg tidak lain adalah Mercusuar Patehan. Dari puncak mercusuar, Anda bisa melihat panorama laut yang begitu memukau. Di bangun pada 1997, sampai saat ini Mercusuar Patehan masihlah dikelola dengan baik oleh Kementerian Perhubungan. Agar bisa hingga di puncak mercusuar, Anda mesti mempunyai stamina yang cukup kuat. Lantaran apa? Mercusuar yang mempunyai keseluruhan delapan lantai ini mesti Anda naiki dengan dengan cara manual memakai anak tangga. Seringkali sebagian pengunjung beristirahat sebentar sebelumnya meneruskan pendakian ke puncak mercusuar. Namun panorama yang bakal Anda saksikan dari ketinggian bakal membayar lunas semuanya perjuangan Anda. Dari atas mercusuar, Anda bisa nikmati pemandangan Laut Selatan yang mengagumkan. Dari tempat ini juga, Anda bisa lihat panorama 380 derajat ke semuanya arah.


Konservasi Penyu 

Pasir hitam Pantai Samas sering jadi tempat bertelur sebagian type penyu langka seperti Penyu Blimbing, Penyu Sisik, Penyu Hijau serta Penyu Lekang. Berbarengan orang-orang setempat, beberapa instansi swadaya lingkungan serta Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta jadi didirikan Komunitas Konservasi Penyurvasi Penyu Bantul. Komunitas ini lakukan penetasan telur penyu dengan cara semi alami. Umumnya, telur-telur yang telah ditempatkan ke pasir oleh iduk penyu, bakal selekasnya dipindahkan ke sarang buatan yang sudah disediakan. Bila telah menetas, penyu-penyu kecil bakal dibawa ke kolam pemeliharaan. Baru sesudah tiga bln. dipelihara, penyu-penyu ini bakal kembali dilepaskan ke laut.


Fasilitas 

Tempat wisata Pantai Samas telah mempunyai sebagian sarana standard yang ada untuk beberapa pengunjung. Diantaranya tempat makan, toilet, tempat parkir, jaringan listrik, tim SAR, serta penginapan.

Akses 

Untuk menuju Pantai Samas, Anda bisa memakai kendaraan baik roda dua ataupun roda empat, bahkan juga bus dapat juga meraih tempat ini. Tak perlu cemas tersesat, bakal terdapat beberapa penunjuk jalan yang memudahkan perjalanan Anda. Mengenai rute perjalanan menuju Pantai Samas adalah dari pusat Kota Yogyakarta, Anda bisa menuju Bantul. Di Bantul saat Anda hingga di perempatan Palbapang, Anda bisa lurus ke arah selatan sampai menelwati Jl. Samas. Dari sini Anda tinggal ikuti penunjuk jalan untuk hingga ke Pantai Samas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.