Rute Puncak Trikora Papua Wisata Keindahan Alam Yang Menyentuh Jiwa

Posted on

Rute Puncak Trikora Papua Wisata Keindahan Alam Yang Menyentuh Jiwa – kesempatan ini mengulas mengenai keindahan puncak Trikora Papua yaiutu satu diantara gunung paling tinggi di Indonesia yang betul-betul membuat kamu terasanya tinggal diatas awan semua ada di daratan Papua. Pada peringkat tiga ada Puncak Trikora dengan ketinggiannya yang meraih 4. 750 mdpl jauh meninggalkan Gunung Kerinci yang cuma ada di kisaran 3, 8 ribu mdpl.

Puncak Trikora di kenal mempunyai nama lain sebagai Wilhelmina Peak serta dapat diketemukan di samping timur Barisan Sudirman. Sebelumnya th. 1962, puncak gunung ini diselimuti salju tetapi kemudian salju menghilang lantaran pemanasan global. Ketinggian gunung ini pernah jadi yang paling tinggi ke-2 sebelumnya pada akhirnya dikerjakan pengukuran lagi memakai SRTM (Shuttle Radar Topography Mission) yang membuka kalau Puncak Mandala yang ada di sampingnya nyatanya lebih tinggi 10 mtr..

Rute Puncak Trikora Papua Wisata Keindahan Alam Yang Menyentuh Jiwa

Masihlah di Papua, Puncak Trikora (Wilhemina Peak) bisa diketemukan di samping timur Barisan Sudirman. Sama dengan Puncak Mandala, satu diantara puncak paling tinggi di Papua ini dulunya diselimuti oleh salju tetapi mulai sejak th. 1962, tidak tampak lagi salju di Berdiri kokoh setinggi 4. 750 mtr., Puncak Trikora pernah dikira sebagai gunung paling tinggi ke-2 di Indonesia sesudah Puncak Jaya. Tetapi, data dari SRTM (Shuttle Radar Topography Mission) tunjukkan kalau Puncak Trikora kalah tinggi dari tetangganya, Puncak Mandala.

Puncak Trikora atau Ettiakup adalah satu gunung yang ada di Papua Barat, Indonesia. Puncak Trikora memiliki lokasi rimba Dipterokarp Bukit, rimba Dipterokarp Atas, rimba Montane, serta Rimba Ericaceous atau rimba gunung. Di jaman pemerintahan Belanda gunung ini di kenal dengan nama Wilhelminatop

Rute Puncak Trikora Papua Wisata Keindahan Alam Yang Menyentuh Jiwa

Di dalam euforia orang-orang pemula mendaki gunung, jauh dari ingar-bingar kabar berita, satu catatan manis di buat Mahasiswa Pencinta Alam Kampus Indonesia (Mapala UI). Pas pada 27 Januari 2013, tim Mapala UI sukses menyelesaikan ekspedisi Puncak Trikora, Papua. Mereka sukses bikin jalur baru ke Puncak Trikora lewat jalur panjat (direct climbing).

Ekspedisi ke Puncak Trikora yang berketinggian 4. 750 mtr. diatas permukaan laut itu dikerjakan enam anggota Mapala UI Pendakian ke Puncak Trikora lewat cara panjat ini yaitu yang pertama kalinya dikerjakan orang. Terlebih dulu, pendaki meraih Puncak Trikora memakai jalur normal, ” kata Agi, sapaan Fandhi, yang melakukan tindakan sebagai ketua tim ekspedisi, Selasa, 12 Februari 2013, di Sekretariat Mapala UI, gedung Pusgiwa, Depok, Jawa Barat.

Dalam usaha meraih Puncak Trikora, tim memakai tehnik memanjat Himalaya. “Cara ini dikerjakan dengan argumen lebih aman serta lebih menanggung kesuksesan, ” kata Agi, yang telah 2 x ke Puncak Trikora serta enam kali ke Puncak Carstensz Pyramid.

Rute Puncak Trikora Papua Wisata Keindahan Alam Yang Menyentuh Jiwa

Dalam tehnik Himalaya, pemanjatan dikerjakan dengan cara bertahap, yang dapat mengonsumsi saat sekian hari. Demikian tim mencapai ketinggian spesifik, mereka bakal kembali pada kamp untuk istirahat serta dilanjutkan esok harinya. Ini tidak sama dengan tehnik Alpen, dimana pemanjat tak kembali pada kamp, namun menggantung di tali.

Ekspedisi yang diawali pada Sabtu, 19 Januari 2013, ini pada akhirnya berbuah manis. Pada Minggu, 27 Januari 2013, sekitaran jam 13. 30 saat setempat, tim pada akhirnya berhasil menyelesaikan ekspedisi. Agi, Agung, serta Rinanda hingga ke pucuk Trikora serta kembali pada kamp melalui jalur normal. Sedang tiga yang lain bertugas sebagai tim cleansing yang bersihkan jalur pemanjatan dari tali-tali serta perlengkapan panjat yang lain. “Meskipun pernah dihantam badai salju berhari-hari, kami bersukur tim ini sukses menyelesaikan tugasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *