Tempat Wisata Pantai Sanur Di Bali Keindahan Yang Mempesona

Posted on

Keindahan Tempat Wisata Pantai Sanur Di Bali Yang Mempesona – Pantai ini terdapat di samping timur kota Denpasar. Pantai indah ini kerap jadikan tempat untuk surfing oleh wisatawan mancanegara. Diluar itu, wisatawan umumnya berkunjung ke Museum Le Mayeur. Pantai ini sangat cocok untuk melihat matahari terbit lantaran tempatnya dibagian timur. Sedang Pantai Kuta sesuai sama untuk lihat matahari tenggelam.

Keindahan Tempat Wisata Pantai Sanur Di Bali Yang Mempesona

Pantai Sanur adalah satu diantara pantai di Pulau Bali yang menarik untuk dikunjungi. Keindahan pemandangan alamnya bikin Pantai Sanur populer bahkan juga mulai sejak zaman dulu. Dalam histori Bali kuno, Pantai Sanur sudah di kenal sebagai pantai yang indah, hal semacam itu terlihat dalam Prasasti Raja Kasari Warmadewa, seseorang raja yang berkeraton di Singhadwala pada th. 917 M. Saat ini, prasasti itu ada di daerah Blanjong, sisi selatan Pantai Sanur.

Keindahan Tempat Wisata Pantai Sanur Di Bali Yang Mempesona

Pada saat kolonial Belanda, Pantai Sanur populer sebagai tempat pendaratan bala tentara Belanda saat bakal menyerang Kerajaan Badung yang dikira membangkang pada pemerintah kolonial. Perang yang berlangsung pada tanggal 18 November 1906 itu lalu di kenal sebagaiPuputan Badung, yakni semangat perang hingga mati yang dipraktekkan oleh Raja Badung serta pengikut-pengikutnya.

Dari sisi pariwisata, Pantai Sanur mulai diperkenalkan ke dunia internasional oleh A. J. Le Mayeur, seseorang pelukis dari Belgia yang datang ke Bali pada th. 1932. Lihat daya tarik Pantai Sanur yang begitu indah, jadi Le Mayeur mengambil keputusan untuk menetap di Sanur dengan membangun sanggar melukis. Le Mayeur lalu menikah dengan gadis Bali bernama Ni Nyoman Pollok, seseorang penari Legong yang populer serta adalah satu diantara jenis lukisannya. Lewat lukisan Le Mayeur, Pantai Sanur mulai di kenal oleh dunia internasional. Sekarang ini, sanggar lukis itu sudah jadi Museum Le Mayeur serta bisa dikunjungi oleh umum. Museum Le Mayeur ada dalam ruang wisata Pantai Sanur.

Keindahan Tempat Wisata Pantai Sanur Di Bali Yang Mempesona

Tidak sama dengan Pantai Kuta yang menghidangkan keindahan matahari tenggelam (sunset), Pantai Sanur populer lantaran keindahan pemandangan mentari terbitnya (sunrise). Topografinya yang melengkung dengan hamparan pasir putih yang membentang membuat gugusan pantai yang elok. Pada pagi hari, sambil nikmati detik-detik terbitnya mentari yang menakjubkan, wisatawan bisa melihat gugusan pulau Nusa Penida di samping tenggara dan pemandangan pantai selatan Pulau Bali.

Keindahan Tempat Wisata Pantai Sanur Di Bali Yang Mempesona

Panorama di sore hari juga tidak kalah menarik. Surutnya air laut memperjelas pandangan mata pada gugusan Pulau Serangan serta bukit batu karang yang menjorok ke laut di samping selatan Pantai Sanur. Tidak cuma itu, bila gelombang air laut tak demikian besar, wisatawan bisa melihat keindahan batu karang yang membentang berwarna-warni.

Pantai Sanur terdapat di Desa Sanur, Kecamatan Denpasar, Kota Denpasar, Propinsi Bali.
Pantai Sanur berjarak sekitaran 6 km dari pusat kota Denpasar serta bisa diraih dengan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor. Bila menginginkan memakai kendaran umum (bemo), wisatawan tidak butuh cemas lantaran kendaraan umum begitu ramai mondar-mandir pada Sanur-Denpasar.

Keindahan Tempat Wisata Pantai Sanur Di Bali Yang Mempesona

Lokasi Sanur adalah lokasi pengembangan wisata pertama di Bali, ditandai dengan hadirnya hotel-hotel berbintang dan beragam jenis restoran. Oleh karenanya, wisatawan tidak butuh cemas bila memerlukan penginapan atau warung makan di sekitaran pantai ini. Diluar itu, lokasi wisata Pantai Sanur juga sediakan kios-kios suvenir yang jual beragam barang kesenian dan oleh-oleh khas pantai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.