Wisata Pantai Parangkusumo Bantul Legenda Pintu Gerbang Keraton Laut Kidul

Posted on

Wisata Pantai Parangkusumo Bantul Legenda Pintu Gerbang Keraton Laut Kidul – Untuk beberapa orang-orang Jawa yang yakini legenda Ratu Laut Selatan (Nyi Roro Kidul), Pantai Parangkusumo yang terdapat di Bantul pasti tak asing lagi. Terkecuali sebagai tempat diselenggarakannya beragam ritual spesial pada beberapa peristiwa spesifik, pemandangan di pantai ini dapat cukup eksotis dengan deburan ombak besar khas pantai Laut Selatan.

Wisata Pantai Parangkusumo Bantul Legenda Pintu Gerbang Keraton Laut Kidul

Histori Pantai Parangkusumo 

Dalam kehidupan orang-orang Yogyakarta, tumbuh subur satu cerita mengenai jalinan spesial pada Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat dengan Nyi Roro Kidul, penguasa Laut Selatan. Jalinan ini sudah tersambung mulai sejak saat Panembahan Senopati pendiri Mataram. Jalinan spesial itu dipercaya awalnya tersambung di Pantai Parangkususmo.

Untuk masyarakat sekitaran lokasi Bantul, Kretek serta DIY pada umumnya, Pantai Parangkususmo adalah tempat yang keramat. Kebiasaan Jawa yakini Pantai Parangkususmo sebagai gerbang masuk paling utama menuju kerajaan Gaib Laut Selatan yg tidak lain adalah kerajaan punya Nyi Roro Kidul.

Beragam kebiasaan labuhan, bukan sekedar di gelar oleh Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, tetapi juga orang-orang di sekitaran pantai yang sering mengadakan kebiasaan labuhan. Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat mengadakan acara labuhan sebagai bentuk ikatan kekuasaan pada keraton serta Laut Selatan.

Seseorang sesepuh sekalian juru kunci Pantai Parangkususmo, almarhum Mbah Nono menyampaikan, acara labuhan yang dipersembahkan pada Nyi Roro Kidul yaitu ritual utama untuk Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Nyi Roro Kidul sudah berjanji untuk melindungi Panembahan Senopati bersama semua keturunannya serta Kerajaan Mataram waktu tengah hadapi kesusahan. Waktu itu, Ki Juru Mertani menasihati Panembahan Senopati untuk lakukan meditasi di Pantai Parangkususmo yang semula cuma di kenal sebagai pantai kecil di tepian Laut Selatan.

Cerita yang dikisahkan dengan cara turun temurun ini masihlah jadi keyakinan kuat untuk orang-orang Yogyakarta. Oleh karenanya, sampai saat ini beragam ritual masihlah selalu di gelar di lokasi Cepuri. Cepuri sendiri adalah tempat pertemuan pada Panembahan Senopati dengan Nyi Roro Kidul di lokasi Pantai Parangkususmo.

Bukan sekedar kental bakal situasi mistisnya, di Pantai Parangkususmo Anda tetaplah bisa nikmati pemandangan pantai yang indah. Dengan hamparan pasir hitam yang luas dipadukan dengan ombak besar, tempat wisata ini tetaplah menghidangkan keindahan khas pantai yg tidak kalah dengan tempat lain.

Memanglah tak di pungkiri, Pantai Parangkususmo demikian tersohor sebagai tempat keramat di mana banyak diadakan ritual-ritual seperti labuhan ditempat ini. Tetapi, terkecuali melihat ritual labuhan, Anda bisa berwisata dengan melingkari ruang pantai dengan naik kereta kuda yang beroperasi di sekitaran pantai. Memakai kereta kuda, Anda bakal diantar ke tiap-tiap pojok pantai ini. Mulai dari segi timur sampai ke barat, diatas kereta kuda Anda bisa nikmati hamparan panorama laut yang mengesakan ditemani hembusan angin sepoi-sepoi.

Apabila rasa lapar menimpa, Anda bisa beristirahat serta menyantap hidangan yang disiapkan beberapa warung makan di sekitaran pantai. Sebagai pantai yang dipadati banyak pengunjung terutama mereka yang punya niat berziarah ke tempat yang dikira keramat, bikin Pantai Parangkususmo senantiasa dipadati oleh pengunjung. Bahkan juga sampai malam hari, situasi di pantai ini masihlah saja tampak ramai. Beberapa peziarah bahkan juga ada yang pilih untuk bermalam di pantai manfaat memanjatkan doa.

Harga Ticket Masuk 2016 

Untuk masuk lokasi Pantai Parangkususmo, Anda dipakai cost ticket masuk 2016 sebesar Rp 5. 000/orang. Mengenai tarif parkir kendaraan roda dua adalah Rp 2. 000/unit serta Rp 5. 000/unit untuk kendaraan roda empat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.