Tempat Wisata Pulau Panjang di Perairan Jepara Yang Elok

Posted on

Tempat Wisata Pulau Panjang di Perairan Jepara Yang Elok – Pulau Panjang adalah satu diantara obyek wisata menarik yang terdapat di perairan Jepara. Terkecuali begitu populer dengan ukiran kayunya, Jepara nyatanya menaruh destinasi wisata yang indah, menakjubkan serta menarik untuk dikunjungi waktu berlibur berbarengan keluarga atau teman dekat dekat.

Wisata Pulau Panjang di Perairan Jepara Yang Elok
Wisata Pulau Panjang di Perairan Jepara Yang Elok

Wisata pantai serta pulau memanglah senantiasa menarik untuk dijelajah, wisata bahari yang tawarkan keindahan pemandangan laut serta pantai yang bersih serta asri di pulau tak berpenghuni dapat memberi sensasi sendiri. Berlibur jadi lebih mengasyikkan lantaran sesaat kita dapat terlepas dari hiruk pikuk situasi kota yang ramai.

Baca juga : Harga Ticket Masuk Wisata Jepara Ourland Park Terbaru

Pulau tak berpenghuni yang harus dikunjungi yaitu Pulau Panjang di Jepara, jaraknya sekitaran 1, 5 mil laut atau 2, 5 km. dari Pantai Kartini dengan luas sekitaran 19 hektare. Pulau ini kerap dikunjungi oleh orang-orang setempat serta wisatawan yang menginginkan berenang, menyelam (diving) atau snorkeling.

Wisata Pulau Panjang di Perairan Jepara Yang Elok
Wisata Pulau Panjang di Perairan Jepara Yang Elok

Pulau Panjang mempunyai hamparan pasir pantai yang putih serta halus, dikelilingi laut dangkal, airnya jernih, gelombang ombaknya kecil hingga aman untuk bermain air, berenang, menyelam serta snorkeling untuk melihat terumbu karang dibawah laut Pulau Panjang.

Baca juga : Wisata Di Pantai Kartini Jepara Jawa Tengah Yang Mempesona

Terkecuali lakukan aktivitas wisata air, wisatawan Pulau Panjang dapat juga jalan-jalan di bibir pantai sembari nikmati keindahan alamnya yang menawan. Rimba tropis yang ada di dalam Pulau Panjang memberi daya tarik sendiri, pohon-pohon, perdu serta semak bikin burung laut kerasan berkembang biak disana.

Wisata Pulau Panjang di Perairan Jepara Yang Elok
Wisata Pulau Panjang di Perairan Jepara Yang Elok

Untuk pengunjung yang sukai aktivitas wisata religi atau berziarah ke makam beberapa wali, di samping barat pulau Panjang juga ada makam tokoh ulama yang berjasa menebarkan agama Islam di Jepara, yakni Syeikh Abu Bakar. Di sekitaran makam Syeikh Abu Bakar ada mata air yang dimaksud “air barokah”. Konon, airnya diakui bisa memberi kesehatan serta keselamatan.

Jika kita bertandang ke Pulau Panjang Jepara pada event haul atau peringatan, seperti bln. Syuro atau Muharam, jadi di Pulau Panjang umumnya banyak pengunjung yang berniat datang untuk berziarah ke makam itu.

Baca juga : 4 Tempat Wisata Di Jawa Tengah Yang Sangat Populer Sampai Ke Manca Negara

Jika kita merencanakan berwisata ke Pulau Panjang, kita dapat menyeberang lewat Pantai Kartini, Pantai Prawean atau Pantai Bandengan. Cermati, jangan pernah pilih dermaga yang salah supaya tak tertukar dengan dermaga yang menuju ke pulau Karimun.

Wisata Pulau Panjang di Perairan Jepara Yang Elok
Wisata Pulau Panjang di Perairan Jepara Yang Elok

Dari Pantai Kartini, penyeberangan umumnya memakai Perahu Sapta Pesona dengan tarif Rp. 13. 000 per orang serta memerlukan saat tempuh sekitaran 10 menit. Bila menyeberang dari Pantai Prawean, kita bisa menyewa perahu nelayan dengan tarif Rp. 100. 000 – 200. 000 per rombongan. Apabila menyeberang dari Pantai Bandengan, kita dapat memakai perahu wisata bahari dengan tarif sebesar Rp. 10. 000 per orang.

Wisata Pulau Panjang di Perairan Jepara Yang Elok
Wisata Pulau Panjang di Perairan Jepara Yang Elok

Jadi, untuk wisatawan perseorangan lebih pas untuk menyeberang lewat Pantai Kartini serta Pantai Bandengan lantaran biayanya lebih murah, sedang wisatawan rombongan dapat menyeberang dari Pantai Kartini, Bandengan atau Pantai Prawean.

Baca juga : Wisata Air Terjun Jurang Nganten, Tanjung, Pakis Aji, Jepara

Untuk masuk ke lokasi wisata Pulau Panjang, di hari-hari umum kita diwajibkan membayar cost retribusi sebesar Rp. 2. 500 per orang, sedang di hali libur cost retribusinya sebesar Rp. 3. 000 per orang. Cost yang begitu murah dibanding dengan keindahan alam yang bakal diperoleh di pulau Panjang. Untuk sahabat yang kurun waktu dekat ini tengah mencari lokasi untuk berlibur, berwisata ke Pulau Panjang di perairan Jepara dapat jadikan pilihan.

Tersebut penjelasan singkat tentang obyek wisata alam Pulau Panjang di Jepara. Mudah-mudahan berguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.