10 Oleh-Oleh Dan Kuliner Khas Tulungagung Yang Enak Serta Terkenal

Posted on

Makanan Khas Tulungagung – Mengetahui sedikit daerah Tulungagung. Tulungagung yang disebut daerah penghasil marmer paling besar Indonesia terdapat di 154 km barat daya Kota Surabaya serta jadi ibu Kota Propinsi Jawa Timur.

oleh-oleh khas tulungagung jenang grendul
oleh-oleh khas tulungagung jenang grendul

Terkecuali populer dengan hasil marmernya, Tulungagung juga populer dengan sebagian makanan khasnya yang tuturnya buat ketagihan beberapa penggemar makanan. Untuk beberapa penggemar wisata kuliner benar-benar sangat dinantikan makanan khas dari satu daerah. Terlebih bila makanan itu memanglah telah populer di Indonesia.

Lantas seperti apakah makanan khas yang telah populer itu serta cuma ada di Tulungagung saja. Simak penjelasan komplitnya, serta jangan pernah ngiler ya. Nih..

1. Makanan Khas Tulungagung – Sate serta Gule Kambing

Sate Khas Tulungagung
Sate Khas Tulungagung

Makanan yang satu ini memanglah telah banyak di beberapa daerah lain di Indonesia. Namun sate Tulungagung ini tidak sama dengan sate-sate dari daerah lain. Sate ini terbagi dalam sate kambing dengan racikan bumbunya yang lebih meresap sampai bikin gurih.

Yang bikin khas serta lain dari pada sate-sate yang lain yakni dari sistem pembakarannya. Sate kambing ini ketika dibakar di celupkan dalam kuah gulai serta jadikan rasa-rasanya yang khas Tulungagung-an.

2. Oleh-Oleh Khas Tulungagung – Kue sagon

sagon khas Tulungagung
sagon khas Tulungagung

Satu diantara kue tradisional ini dapat diketemukan di beberapa daerah di Pulau Jawa, satu diantaranya Tulungagung. Kue sagon ini telah cukup popular lantaran memiliki cita rasa kue yang enak, manis serta gurih dan aromanya yang wangi.

Kue sagon memakai bahan basic berbentuk kelapa, tepung ketan, tepung sagu maupun tepung kanji. Dapat disebut pengambilan nama kue “sagon” ini lantaran memakai ulas basic tepung sagu. Anda dapat nikmati sajian nikmat kue sagon ini ditemani dengan secangkir kopi atau teh sebagai kue kering di hari-hari besar seperti hari raya maupun hari-hari umum.

3. Kuliner Khas Tulungagung – Ayam Lodho/Nasi Lodho

Makanan ayam lodho
Makanan ayam lodho

Tak jauh tidak sama dengan opor ayam, makanan khas nasi lodho ini yaitu pada sajian ayamnya yang dipanggang terlebih dulu supaya aroma ayam lebih merasa serta membuahkan rasa yang enak serta lezat pastinya.

Baca juga : 10 Tempat Wisata di Malang Yang Menarik Untuk Liburan

Penasaran dengan sajian serta rasa-rasanya? Anda dapat datang ke tempatnya yakni di jalan Semeru. Umumnya sajinan makanan ini ditemani dengan longtong, ketupat maupun nasi putih.

4. Oleh-Oleh Khas Tulungagung – Enting-Enting Kacang/Geti

enting-enting yang khas Tulungagung
enting-enting yang khas Tulungagung

Enting-enting kacang atau umum juga dimaksud geti ini begitu gampang didapati. Lantaran Tulungagung memanglah adalah produsen geti yang disebut makanan ringan yang terbuat dari kacang tanah serta wijen.

Kacang tanah serta wijen yang dimasukkan kedalam larutan gula merah yang dimasak sampai kering serta dikemas kedalam plastik-plastik kecil, memiliki rasa yang cocok tidaklah terlalu manis serta gurih bikin si-pemakan bakal ketagihan serta sulit untuk berhenti.

Namun mesti waspada juga lantaran bila umumnya makan makanan ringan ini dapat bikin sakit gigi. Sekarang ini, geti cuma dapat diketemukan di daerah aslinya saja.

5. Jajanan Khas Tulungagung – Getuk Pisang

Jajanan getuk pisang tulungagung
Jajanan getuk pisang tulungagung

Salah jajanan khas Tulungagung ini kerap jadikan sebagai oleh-oleh khas Tulungagung untuk beberapa wisatawan yang bertandang ke Tulungagung. Mempunyai rasa yang lezat serta khas, jajanan khas Tulungagung ini dapat memiliki paket yang begitu unik.

Paket memiliki bentuk yang nyaris sama juga dengan lontong. Diluar itu getuk pisang juga gampang dalam membuatnya juga beberapa bahan yang simpel serta gampang untuk didapat.

6. Makanan Khas Tulungagung – Ayam Goreng Tulungagung

Ayam Goreng Tulungagung
Ayam Goreng Tulungagung

Telah kenal dong dengan makanan ini. Makanan yang telah tak asing ini memanglah di semuanya daerah ada. Untuk kamu yang sukai nongkrong di cake-café atau menggunakan saat berbarengan rekan. Di Tulungagung ada café yang sediakan menu ayam goreng khas Tulungagung.

Baca juga : Wisata Kampung Coklat Di Blitar Menikmati Liburan Akhir Pekan

Anda dapat datang ke café AG One yang berada di MT Haryono no. 77B Kabupaten Tulungagung.

7. Makanan Khas Tulungagung – Kepiting Sambal Ijo

makanan Kepiting sambal ijo
makanan Kepiting sambal ijo

Menu masakan khas Tulungagung setelah itu yakni kepiting sambal ijo yang dapat menggoyang lidah beberapa pengunjung dengan bumbu khasnya yang bikin ketagihan. Type kepiting yang diambil yaitu kepiting fresh yang memiliki ukuran besar agar dapat memuaskan perut-perut lapar beberapa pengunjung.

Bila anda tertarik, anda dapat menyantapnya di tempat jl MT Haryono no. 77B Kabupaten Tulungagung.

8. Oleh-Oleh Khas Tulungagung – Jenang Syabun

Jajanan jenas syabun yang khas
Jajanan jenas syabun yang khas

Makanan khas Tulungagung ini terkecuali adalah makanan khas dapat juga sebagai oleh-oleh untuk beberapa wisatawan. Jenang yang terbuat dari beras ketan serta rasa-rasanya yang manis serta legit dan struktur yang lembut, jadikan makanan jadi referensi oleh-oleh khas Tulungagung yg tidak bisa ditinggalkan.

9. Makanan Khas Tulungagung – Jenang Grendol

oleh-oleh khas tulungagung jenang grendul
oleh-oleh khas tulungagung jenang grendul

Bila terlebih dulu ada jenang syabun semacam makanan ringan khas Tulungagung, untuk jenang grendol ini yaitu makanan kuah dengan rasa-rasanya yang manis serta gurih. Jenang ini terbuat dari tepung kanji yang umum dihidangkan dengan jenang baning. Anda dapat menemukannya di pasar tradisional Tulungagung.

10. Kuliner Khas Tulungagung – Sompil

Sompil kuliner khas tulungagung
Sompil kuliner khas tulungagung

Makanan khas Tulungagung yang paling akhir yakni sompil. Makanan ini umum dihidangkan dengan ditemani irisan lontong serta diberi tambahan lotho. Supaya merasa lebih nikmat, masakan khas Tulungagung ini di beri toping bubuk kedelai yang lezat. Untuk anda yang sukai pedas juga pas coba makanan ini lantaran menguasai dengan rasa pedas yang buat ketagihan.

Sekianlah penjelasan komplit tentang sebagian makanan khas Tulungagung yang perlu anda cobalah. Bila ada makanan khas yang lewatkan, dapat dimasukan di kolom komentar ya. Terimakasih sudah bertandang.

Baca juga : 5 Wisata Pantai di Tulungagung Yang Menarik Dan Sangat Terkenal

One thought on “10 Oleh-Oleh Dan Kuliner Khas Tulungagung Yang Enak Serta Terkenal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *