10 Tempat Wisata di Balikpapan Kalimantan Timur

Posted on

10 Tempat Wisata di Balikpapan Kalimantan Timur – Obyek wisata di Balikpapan mungkin saja pilihan alternatif untuk berlibur th. baru yang mengasyikkan.Kota di Propinsi Kalimantar Timur ini memperoleh julukan kota minyak, lantaran Balikpapan di kenal sebagai kota penghasil minyak yang melimpah di Indonesia.

10 Tempat Wisata di Balikpapan Kalimantan Timur
10 Tempat Wisata di Balikpapan Kalimantan Timur

Dibalik kekayaan alamnya yang melimpah ruah, Balikpapan juga mempunyai obyek wisata yang begitu mungkin, indah serta tak kalah menarik dari destinasi wisata ditempat lain.Berikut ini saya bakal hidangkan penjelasan singkat beberapa tempat wisata di Balikpapan yang begitu indah serta menarik untuk dikunjungi.

1. Di Pusat Kota Pantai Kemala

Di Pusat Kota Balikpapan ada Pantai
Di Pusat Kota Balikpapan ada Pantai

Pantai Kemala terdapat di pusat kota Balikpapan tepatnya di Jalan Jenderal Soedirman Balikpapan. Letaknya yang strategis serta gampang dijangkau, hingga obyek wisata yang satu ini tak pernah sepi pengunjung. Di hari libur seperti libur lebaran atau libur th. baru ataupun hari-hari umum banyak wisatawan yang bertandang ke ini.

Baca juga :7 Tempat Wisata Di Tanjung Selor Kalimantan Utara Paling Populer

Pesona Pantai Kemala ini begitu indah, bahkan juga banyak orang yang memiliki pendapat pantai Kemala ini serupa dengan Pantai Jimbaran di Bali. Pasir pantai yang berwarna putih, deburan ombak dihiasi panorama sunset di sore hari jadi daya tarik yang kuat untuk beberapa wisatawan.

Terkecuali dapat nikmati panorama alam di pantai nan elok, pengunjung dapat juga bermain flying fox, jet sky, banana boat serta permainan air yang lain di pantai ini.

2. Pantai Melawai

Dari Pantai Kemala Lanjut ke Pantai Melawai
Dari Pantai Kemala Lanjut ke Pantai Melawai

Letak Pantai Melawai ini ada tak jauh dari Pantai Kemala. So, sesudah senang bemain di Pantai Kemala, Anda dapat meneruskan perjalanan wisata ke Pantai Melawai.

Saat yang pas untuk bertandang ke Pantai Melawai yaitu sore hari, lantaran di sore hari panorama alam pantai ini begitu indah. Disini Anda bisa melihat panorama berbentuk sunset yang begitu menakjubkan.

Bila lapar, pada sore hari bakal banyak pedagang yang buka lapak bermacam makanan murah meriah di sekitaran pantai Melawai ini.

3.Taman Bekapai Balikpapan

Nikmati Senja di Taman Bekapai Balikpapan
Nikmati Senja di Taman Bekapai Balikpapan

Senang berkeliling ke beberapa tempat wisata di Balikpapan, sempatkan diri malam Anda untuk bertandang ke Taman Bekapai di Pusat Kota Balikpaan. Di taman ini ada satu monumen berupa patung abstrak yang bisa keluarkan air mancur. Saat malam hari, air mancur ini disorot dengan lampu hingga tampak seperti pancuran minyak bumi.

4. Pantai Manggar Segara Sari

Pantai Manggar Segara Sari, pengunjungnya ramai lho!
Pantai Manggar Segara Sari, pengunjungnya ramai lho!

Berlibur ke Pantai Manggar Segara Sari Balikpapan? Cocok banget. Pantai ini adalah satu diantara pantai di Balikpapan yang senantiasa ramai pengunjung.

Semakin lebih seru berlibur ke destinasi wisata di Balikpapan yang satu ini bila dikerjakan berbarengan keluarga serta anak-anak. Disini Anda bukan hanya disajikan panorama laut saja, namun dapat nikmati beragam jenis sarana wisata serta lakukan aktivitas rekreasi seperti mandi di air laut, main layang-layang, bermain voly pantai, sepak bola atau menyewa jet ski.

Baca juga : Wisata Pulau Maratua Kalimantan Timur Surga Tersembunyi

Bila Anda hoby dengan kuliner laut, Anda dapat nikmati beragam hidangan kuliner laut yang telah ada di warung-warung yang menjual bermacam kuliner laut di selama Pantai Manggar Segara Sari.

5. Pantai Lamaru

Sebelumnya ke Penangkaran Buaya di Desa Teritip Berkunjung Dahulu ke Pantai Lamaru
Sebelumnya ke Penangkaran Buaya di Desa Teritip Berkunjung Dahulu ke Pantai Lamaru

Pantai Lamuru berada di Desa Teritip, tak jauh dari tempat penangkaran buaya Teritip yang begitu populer. Pantai Lamuru mempunyai hamparan pasir yang luas dan permukaan yang landai, hingga pas sekali untuk kegiatan berenang.

Untuk tiba di obyek wisata yang indah ini Anda mesti meniti perjalanan darat dari pusat Kota Balikpapan sepanjang lebih kurang 30 menit perjalanan. Dengan membayar ticket masuk seharga 10 ribu rupiah saja Anda dapat bermain di pantai ini sepuasnya.

6. Penangkaran Buaya Teritip

Penangkaran Buaya Teritip
Penangkaran Buaya Teritip

Penangkaran Buaya Teritip termasuk juga satu diantara obyek wisata andalan di Balikpapan. Jumlah buaya yang ada ditempat penangkaran seluas 5 hektar ini telah meraih 1500 ekor lebih. Disini Anda bisa lihat sistem penangkaran buaya.

Bukan sekedar lihat sistem penangkaran, disini ada pula warung makan yang sediakan kuliner memiliki bahan basic daging buaya. Bila ingin pulang, janganlah lupa beli oleh-oleh souvenir keren yang memiliki bahan baku kulit buaya.

7. Kampung di Atas Air Margasari

Nikmati Situasi Kampung di Atas Air Margasari
Nikmati Situasi Kampung di Atas Air Margasari

Di Balikpapan ada satu kampung terapung yang berniat di buat oleh pemerintah daerah setempat yang diberinama Kampung Atas Air Margasari, agak serupa dengan yang ada di Venice, Eropa.

Apabila bertandang ke Balikpapan, singgahlah ke tempat ini untuk nikmati situasi kampung yang mengapung di atas air. Disini Anda dapat melingkari kampung serta berhubungan dengan warga memakai perahu. Asik bukan?

8. Bukit Bangkirai Balikpapan

Berpetualang di Bukit Bangkirai Balikpapan
Berpetualang di Bukit Bangkirai Balikpapan

Balikpapan ini begitu pas untuk aktivitas adventure. Disini ada satu bukit yang bernama Bukit Bangkirai. Diberi nama Bukit Bangkirai lantaran di bukit ini memanglah ada sangat banyak pohon Bangkirai.Bangkirai yaitu nama semacam kayu yang banyak digunakan sebagai bahan bangunan. Di Pulau Jawa, kayu ini umum dimaksud dengan Kayu Kalimantan.

Baca juga : Wisata Taman Maskot Kalimantan Selatan Rekreasi Keluarga Murah

Di Bukit Bangkirai ini ada pohon bangkirai yang berumur 150 th. lebih dengan tinggi 50 mtr. serta diameter 2, 3 mtr.. Disini Anda dapat menguji nyali dengan menyusuri canopy bridge atau satu jembatan yang menghubungkan 5 buah pohon bangkirai.

9. Hutan Bakau Margomulyo

Rimba Bakau Margomulyo Balikpapan
Rimba Bakau Margomulyo Balikpapan

Pulau Kalimantan memanglah populer dengan Rimba Tropisnya yang begitu lebat yang perlu dijaga serta dilestarikan. Tak jauh dari pusat Kota Balikpapan, tepatnya di SMAN 8 Balikpapan ada satu lokasi konservasi mangrove. Lokasi konservasi ini dinamakan Rimba Bakau Margomulyo.

Di obyek wisata yang satu ini ada jembatan kayu yang di buat sebagai jalan untuk pengunjung untuk dapat nikmati sejuknya hawa serta melihat keindahan alam di lokasi Rimba Bakau Margomulyo ini.

10. Pasar Kebun Sayur

Beli Oleh-oleh di Pasar Kebun Sayur Balikpapan
Beli Oleh-oleh di Pasar Kebun Sayur Balikpapan

Pasar Kebun Sayur yaitu obyek wisata berbelanja untuk berburu oleh-oleh khas Balikpapan. Tempat Pasar Kebun Sayur ini dapat cukup terjangkau lantaran dekat dengan bandara.Disini Anda dapat memborong souvenir mulai batu mulia, akik, delima, berlian, gantungan kunci, gelang, serta beragam benda khas suku Dayak.

Baca juga : Rute Menuju Pantai Tanah Kuning Bulungan Kalimantan Utara

Tersebut referensi obyek wisata di Balikpapan, Kalimantar Timur. Mudah-mudahan bermanfaat Selamat liburan!

One thought on “10 Tempat Wisata di Balikpapan Kalimantan Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *