12 Tempat Wisata di Wonogiri Yang Unik Dan Populer

Posted on

12 Tempat Wisata di Wonogiri Yang Unik Dan Populer – Obyek wisata di Wonogiri yang indah siap menyongsong hadirnya Anda. Dari mulai tempat wisata alam, wisata petualangan hingga wisata spiritual ada di Kabupaten Wonogiri. Destinasi wisata popular di Wonogiri yang dapat Anda kunjungi salah satunya Wisata Gantole serta Waduk Gajah Mungkur.

12 Tempat Wisata di Wonogiri Yang Unik
12 Tempat Wisata di Wonogiri Yang Unik

Kabupaten Wonogiri adalah satu diantara kabupaten yang ada di Propinsi Jawa Tengah. Luas kabupaten ini yaitu 1. 882, 37 km2 dengan populasi 1, 5 juta jiwa yang menyebar di 25 lokasi Kecamatan. Ibukota Kabupaten Wonogiri ada di Kecamatan Wonogiri.

Dengan cara geografis, Kabupaten Wonogiri ada di samping selatan dari Kota Solo, bersebelahan dengan Kabupaten Karanganyar dibagian utara, samping selatan bersebelahan segera dengan Pantai Selatan, samping timur bersebelahan dengan Propinsi Jawa Timur serta samping barat bersebelahan dengan Gunung Kidul di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sisi selatan Kabupaten Wonogiri bersebelahan segera dengan Samudera Indonesia, hingga Kabupaten Wonogiri mempunyai obyek wisata pantai yang indah yang tidak bisa ditinggalkan apabila Anda bertandang ke Kota Gaplek ini.

Untuk memberi rujukan lokasi untuk berlibur Anda, di bawah ini bakal saya hidangkan informasi 12 obyek wisata di Wonogiri yang indah serta menarik untuk dikunjungi.

1. Waduk Gajah Mungkur, Tempat Wisata di Wonogiri yang Paling Populer

Waduk Gajah Mungkur obyek wisata di Wonogiri
Waduk Gajah Mungkur obyek wisata di Wonogiri

Baca juga : Wisat Air Terjun Girimanik Wonogiri Jawa Tengah

Waduk Gajah Mungkur adalah ikon obyek wisata di Wonogiri, Jawa Tengah. Bila Anda bertandang ke Kabupaten Wonogiri, jangan pernah melupakan destinasi yang satu ini. Jaraknya tak jauh dari pusat kota, yaitu cuma sekitaran 3 kilo mtr. saja.

Pembangunan waduk seluas 8. 800 hektar ini berjalan sepanjang lebih kurang 8 th., yaitu diawali pada 1970 serta usai pada 1978. Maksud pembangunan Waduk Gajah Mungkur yaitu untuk pengairan tempat pertanian. Beberapa ribu hektar sawah yang ada di Kabupaten Sragen, Sukaharjo, Klaten serta Karanganyar juga bisa terairi oleh Waduk Gajah Mungkur ini.

Lantaran keindahan serta kekhasan yang dipunyainya, Waduk Gajah Mungkur kerap dikunjungi sebagai obyek wisata di Wonogiri yang menyuguhkan pemandangan alam sendiri, baik oleh wisatawan lokal ataupun pelancong dari luar kota.

Terkecuali melihat keindahan tempat wisata Wonogiri yang satu ini, pengunjung dapat juga nikmati iklan dari Waduk Gajah Mungkur yang lezatnya nempel di lidah.

2. Wisata Petualangan di Arena Papan Luncur Berolahraga Gantole

Wisata Petualangan di Arena Papan Luncur Berolahraga Gantole
Wisata Petualangan di Arena Papan Luncur Berolahraga Gantole

Wisata gantole adalah wisata petualangan yang memerlukan nyali besar untuk cobanya. Waktu Anda bertandang ke Wonogiri, Anda dapat meningkatkan adrenalin dengan coba berolahraga gantole serta paralayang di Desa Sendang, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Arena papan luncur Desa Sendang mempunyai 2 tingkat ketinggian, yakni 200 mtr. serta 400 mtr.. Obyek wisata di Wonogiri ini telah dapat dipakai oleh atlet gantole serta paralayang tingkat Propinsi Jawa Tengah. Anda tertarik? Silahkan datang ke Desa Sendang.

3. Pantai Banyutowo, Tempat Wisata di Wonogiri yang Tidak Bisa Dilewatkan

pantai banyutowo obyek wisata di wonogiri
pantai banyutowo obyek wisata di wonogiri

Pantai Banyutowo datang dari kata “Banyutowo”, artinya air tawar. Diberi nama Banyutowo lantaran di obyek wisata Wonogiri ini ada air tawar yang datang dari beberapa sungai yang bermuara di Pantai Banyutowo.

Tempat Pantai Banyutowo masihlah ada di kecamatan yang sama juga dengan Waduk Gajah Mungkur, yakni ada di Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri.

Panorama tempat wisata pantai di Wonogiri ini begitu eksotis dengan view batu karang yang indah. Akses jalannya juga cukup gampang, jadi Anda yang tengah berjalan-jalan ke Wonogiri harus berkunjung ke destinasi Pantai Banyutowo Paranggupito.

4. Pantai Sembukan, Destinasi Wonogiri yang Kental Nuansa Misteri

pantai sembukan obyek wisata di wonogiri
pantai sembukan obyek wisata di wonogiri

Pantai Sembukan yaitu satu diantara obyek wisata alam di Kabupaten Wonogiri yang menyuguhkan keindahan pemandangan pantai eksotis serta kental dengan nansa misteri. Pantai indah di Wonogiri ini kerap jadikan tempat meditasi serta ngalap barokah oleh masyarakat setempat.

Pada saat spesifik, di Pantai Sembukan juga sukai diselenggarakan acara wayangan serta larung sebagai bentuk rasa sukur pada Tuhan Yang Maha Esa.

Terkecuali menyuguhkan pesona pantai serta laut yang menawan, Pantai Sembukan juga adalah surga untuk beberapa pemancing.

5. Pantai Nampu, Tempat Wisata Alam di Wonogiri yang Masihlah Asri

pantai nampu obyek wisata alam di wonogiri
pantai nampu obyek wisata alam di wonogiri

Baca juga : Wisata Sungai Marona Yang Luar Biasa Cakepnya Di Pacitan Jawa Timur

Pantai Nampu terdapat di Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri. Pantai ini tawarkan panorama alam yang begitu indah serta asri. Pasir pantainya berwarna putih serta air laut jernih berwarna kebiru-biruan jadi magnet sendiri untuk wisatawan untuk mengeksplor tiap-tiap pojok obyek wisata di Wonogiri ini.

Destinasi Kabupaten Wonogiri ini bisa dijangkau oleh kendaraan umum. Bila Anda pergi dari Kota Solo, Anda dapat naik bus umum jurusan Paranggupoto. Untuk masuk lokasi wisata pantai Nampu, pengunjung mesti membayar ticket masuk sebesar Rp. 2. 000, – per orang.

Baca : Pantai Nampu Wonogiri, Destinasi Wisata yang Tidak Bisa Terlewatkan

6. Wisata Air Terjun Binangun Watu Jadah

Wisata Air Terjun Binangun Watu Jadah
Wisata Air Terjun Binangun Watu Jadah

Air Terjun Binangun Watu Jadah yaitu obyek wisata alam di Kabupaten Wonogiri yang menarik tetapi masihlah tersembunyi. Destinasi Wonogiri ini ada di lokasi Dusun Grenjeng, Desa Girimulyo, Kecamatan Jatipurno.

Letaknya cukup tersembunyi, untuk tiba di obyek wisata ini pengunjung mesti jalan kaki sekitaran 1 jam melewati perbukitan gunung Lawu selatan.

Suasananya masihlah alami, hawa di tempat wisata begitu sejuk serta beri kesegaran. Hingga obyek wisata di Wonogiri ini pas untuk Anda yang hoby liburan ke alam terbuka dengan petualangan yang menantang.

7. Objek Wisata Air Terjun Setren Girimanik

Objek Wisata Air Terjun Setren Girimanik
Objek Wisata Air Terjun Setren Girimanik

Air Terjun Setren terdapat di Desa Setren, Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri, Propinsi Jawa Tengah. Berjarak sekitaran 30 km. ke arah timur dari pusat kota Wonogiri.

Obyek wisata di Kabupaten Wonogiri ini tak pernah sepi pengunjung, sehari-hari beberapa wisatawan serta penggemar alam datang silih bertukar ke object wisata ini.

8. Hutan Riset Alas Ketu Kabupaten Wonogiri

Hutan Riset Alas Ketu Kabupaten Wonogiri
Hutan Riset Alas Ketu Kabupaten Wonogiri

Baca juga : Keren Object Wisata Air Terjun Banyu Tibo Gunung Kidul

Alas Ketu yaitu lokasi rimba riset yang disebut paru-paru kota Kabupaten Wonogiri. Rimba Alas Ketu luasnya meraih 40 hektar, tumbuhan yang ada di rimba ini seperti pohon jati, mahoni serta kayu putih ada yang telah berusia beberapa ratus th..

Terkecuali berperan sebagai rimba riset serta paru-paru kota, Alas Ketu juga sering jadikan satu diantara tempat wisata di Kabupaten Wonogiri.

9. Wisata Goa Putri Kencono

Wisata Goa Putri Kencono
Wisata Goa Putri Kencono

Goa Putri Kencono yaitu obyek wisata di Wonogiri yang begitu indah. Tempatnya ada di Desa Wonodadi Kecamatan Pracimantoro Wonogiri, berjarak 40 km dari pusat Kota Wonogiri.

Di selama Goa Putri Kencono ada stalagtit serta stalagmit yang begitu indah serta menarik. Satu diantara kekhasan Goa Putri Kencono yaitu luasnya meraih lebih kurang 1000 m2. Diluar itu, jalur goa ini dapat juga menembus bukit yang ada dibalik goa itu.

10. Wisata Spiritual Kahyangan

Wisata Spiritual Kahyangan
Wisata Spiritual Kahyangan

Baca juga : Wisata Curug Banyu Biru Curug Kembar Baladewa Semarang

Wisata Spiritual Kahyangan ada di Kecamatan Tirtomoyo Kabupaten Wonogiri. Obyek wisata di Wonogiri ini umumnya dipakai untuk tempat tirakat (sejenis semedi) oleh warga setempat.

Konon, Kahyangan adalah tempat tirakat Sutowijoyo yang bisa berkomunikasi dengan Ratu Kidul untuk membangun kerajaan Mataram. Wallahu a’lam.

11. Museum Karst Dunia

Museum Karst Dunia
Museum Karst Dunia

Museum Karst Dunia adalah obyek wisata di Wonogiri yang terdapat di Desa Gebangharjo Kecamatan Pracimantoro.

Menurut Wikipedia, pengertian karst yaitu satu bentuk permukaan bumi yang biasanya dicirikan karenanya ada depresi tertutup (closed depression), drainase permukaan, serta gua.

Museum Karst Dunia membentang dari Kabupaten Gunungkidul, Kabupaten Wonogiri serta Kabupaten Pacitan. Museum Karst Dunia di bangun dengan maksud untuk sediakan info mengenai lokasi karst pada orang-orang luas untuk kebutuhan ilmu dan pengetahuan, wisata mendidik, konservasi serta pemberdayaan orang-orang.

12. Museum Wayang Indonesia

Museum Wayang Indonesia
Museum Wayang Indonesia

Museum Wayang Indonesia di Wonogiri menaruh koleksi wayang warisan budaya Jawa, seperti wayang kulit, wayang golek, wayang suket, topeng dan sebagainya. Untuk Anda yang tertarik untuk mengeahui beberapa hal mengenai wayang dapat berkunjung ke museum wayang Indonesia di Kecamatan Wuryantoro Kabupaten Wonogiri, Propinsi Jawa Tengah.

Tersebut 12 obyek wisata di Wonogiri yang indah serta menarik untuk dikunjungi sepanjang masa berlibur, baik berbarengan teman dekat ataupun keluarga terkasih.

Baca juga : Wisata Air terjun curug jendor Tegal Jawa Tengah

Mudah-mudahan penjelasan singkat tentang tempat wisata di Wonogiri ini bisa memberi rujukan lokasi untuk berlibur Anda. Terima kasih.

2 thoughts on “12 Tempat Wisata di Wonogiri Yang Unik Dan Populer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.