14 Makanan Khas Manado Ternikmat Yang Paling Populer

Posted on

Makanan khas Manado – Halo teman dekat disiniaja yang berbahagia. Sudah mengetahui dong Manado itu populer dengan apanya? Yap, Manado adalah kota yang ada di Sulawesi Utara yang populer dengan tempat wisatanya. Untuk anda penggemar diving sejati, tidak afdol jika belum nyoba diving ke kota Manado, tapatnya di Taman Laut Bunaken.

Namun, terkecuali populer dengan spot divingnya, Manado populer dengan makanan khasnya yang dapat penuhi keinginan lapar waktu liburan ke kota Manado. Nah, jadi saat anda akan berlibur ke kota Manado, janganlah cuma coba spot divingnya saja ya, cobalah juga makanan khasnya yang tuturnya memiliki rasa yang special.

Referensi Makanan Khas Manado Buat Anda Yang Tengah Bertandang ke Kota Manado

Tersebut penulis hidangkan spesial untuk kamu, makanan, minuman, sampai oleh-oleh khas Manado yg tidak bisa anda terlewat waktu liburan atau bertandang ke Kota Manado. Agar liburanmu komplit nikmati semuanya kekayaan alam serta kuliner khas Kota Manado.

1. Makanan Khas Manado – Nasi Kuning Janur Bumbu Spesial Ala Manado

Nasi Kuning Janur Bumbu Spesial Ala Manado
Nasi Kuning Janur Bumbu Spesial Ala Manado

Man-teman, nih yang pertama ada nasi kuning ala Manado. Memang sih, nasi kuning kebanyakan orang tentu pernah cobanya serta ada di tiap-tiap daerah. Namun, tak ada kelirunya juga untuk cobanya tulis berlibur ke Manado. Lantaran nasi kuning ala Manado ini mempunyai rasa yang lain serta khas ala Manado.

Baca juga : Keindahan Tempat Wisata Air Terjun Kima Atas, Manado

Nasi kuning janur ini memiliki bumbu spesial serta penyajian yang tidak sama lantaran di sini memakai bungkus dari janur. Nah, disinilah letak rasa lezatnya. Bungkus janur yang dipakai nyatanya bisa bikin rasa nasi kuning itu merasa lain dari yang lain. Diluar itu nasi kuning janur ini diberian bumbu khas diatas nasinya agar merasa lebih lezat.

2. Minuman Khas Manado – Es Kelapa Muda Gula Merah

Es Kelapa Muda Gula Merah
Es Kelapa Muda Gula Merah

Minuman khas yang pertama yakni es kelapa muda dengan gula merah. Baru denger namanya saja, telah pada ngiler yaa.. terlebih bila di nikmati waktu bersantai di pantai lihat beberapa pen-diving yang tengah menyelam. Wih.. segernya. Atau anda dapat pesan kopi dingin. Banyak yang jual biji kopi serta jual kopinya di dekat-dekat pantai.

3. Sarapan Pagi Sehat dengan Bubur Tinutuan Ala Makanan Khas Manado

Bubur Tinutuan Ala Makanan Khas Manado
Bubur Tinutuan Ala Makanan Khas Manado

Pagi-pagi lagi tidak mod makan nasi? Cobalah deh bubur Tinutuan khas Manado ini! meskipun telah banyak yang jual bubur di tiap-tiap daerah, namun isi dari bubur khas Manado ini termasuk sangatlah tidak sama dengan bubur-bubur yang lain.

Bubur Tinutuan ini dalam berisi tak memakai daging sekalipun. Lho kok, selalu berisi? Nah, berisi yaitu penuh dengan sebagian type sayuran sehat seperti beras bayam, sambiki, jagung, kangkung, singkong, daun gedi, serta kemangi. Pastinya bubur ini begitu pas buat kamu beberapa vegetarian untuk cobanya.

4. Makanan khas Manado – Cakalang Fufu

Cakalang Fufu
Cakalang Fufu

Bukan sekedar memakai laut sebagai spot diving, kota Manado juga memakai hewan-hewan lautnya yakni ikan cakalang. Bentuk ikan yang besar dan bumbu yang didapatkan memakai resep spesial, bikin makanan ini jangan pernah ditinggalkan bila akan bertandang serta berlibur ke Manado.

Ikan cakalang fufu yang di beri bumbu dari garam, bubuk soda serta bumbu yang lain diolah lewat cara pengasapan. Yang mana sistem pengasapan itu memerlukan saat sekitaran 4 jam pengasapan supaya ikan merasa lembut waktu dikonsumsi. Makanan ikan cakalang ini dapat juga bertahan cukup lama.

5. Segarnya Es Kacang Merah, Minuman Khas Manado

Segarnya Es Kacang Merah
Segarnya Es Kacang Merah

Alangkah indahnya nikmati panorama pantai bunaken dengan secangkir es kacang merah manis serta seger. Nah, satu lagi minuman khas manado yang bakal lengkapi liburanmu di Kota Manado. Minuman es kacang ini begitu pas di nikmati waktu siang hari. Rasa-rasanya yang manis serta seger, bakal membuat kamu merasa nyaman temani panasnya sinar matahari.

6. Nikmatnya Kue Khas Manado – Klappertaart

Kue Khas Manado – Klappertaart
Kue Khas Manado – Klappertaart

Tart atau kue kelapa ini adalah kue khas dari Belanda. Tetapi oleh orang-orang Manado digabungkan dengan sebagian sentuhan khas budaya Indonesia, jadi jadilah kue khas klappertaart khas Manado. Sama dengan kue-kue yang lain, kue klappertaart ini memiliki bahan basic kelapa muda, susu, tepung, margarin, gula serta air kelapa.

Baca juga : Keindahan Wisata Pahatan Tebing Bukit Kasih, Manado

Dalam penyajiannya, kue klappertaart bakal begitu enak bila dihidangkan dalam kondisi dingin. Sebagian rasa yang pastinya begitu enak bakal anda rasakan saat makan kue khas Manado. Terlebih bila mengkonsumsinya waktu bersantai di pantai sembari nikmati beberapa pendiving di laut. Rasa yang manis dan struktur yang lembut siap memanjakan perut beberapa pengunjungnya.

7. Makanan Khas Manado – Ikan Woku Belanga

 Ikan Woku Belanga
Ikan Woku Belanga

Bila tadi yaitu makanan ikan cakalang fufu, kesempatan ini di kota Manado juga ada banyak makanan seafood yang lain yakni ikan wofu belanga. Ikan wofu belanga juga memiliki ciri yang tidak sama dari yang lain, yaitu sistem pemasakan dengan memakai wadah dari tanah liat lantaran diakui bisa membuahkan aroma serta rasa yang tidak sama. Ikan kerap yang dipakai juga bermacam, ada ikan nila, ikan mas, ikan kerapu, udang serta kepiting.

Beberapa bahan basic yang dipakai yakni daun jeruk, daun pandan, daun kunyit, kemangi serta serai agar membuahkan aroma yang harum serta menggugah selera. Emm.. rasa peda serta fresh siap memanjakan lidah anda.

8. Makanan Khas Manado – Ikan Tude Bakar Gurih

Ikan Tude Bakar Gurih
Ikan Tude Bakar Gurih

Baca juga : Keindahan Wisata Sejarah Waruga Sawangan, Manado

Masihlah type makanan seafood yakni ikan tude. Ikan tude ini semacam ikan kembung yang di proses lewat cara dibakar atau digoreng. Walau bagaimanapun, rasa yang dibuat mempunyai rasa yang lezat serta gurih. Lantaran makanan ikan tude ini dapat adalah makanan yang disukai oleh orang-orang Manado.

9. Makanan Khas Manado – Nasi Jaha Yang Unik serta Lezat

Nasi Jaha Yang Unik serta Lezat
Nasi Jaha Yang Unik serta Lezat

Pernah lihat sistem masak nasi dengan memakai bambu? Nah, di kota Manado ada masakan khas dengan sistem pemasakan memakai bambu yakni nasi jaha. Nasi jaha adalah makanan khas yang memiliki bahan paling utama beras ketan, jahe serta santan.

Walau sistem masaknya sedikit unik, tetapi dalam rasa, pastinya memiliki rasa yang lezat serta unik. Sistem masaknya yaitu dengan langkah memasukan beras ketan dan bahan lainya lantas bambu itu dibakar hing gak nasi itu masak. Penasarankan bagaimana rasa uniknya? Bila tertarik anda dapat menemukannya di rumah-runah makan.

10. Kue Khas Manado – Kueku

Kue Khas Manado – Kueku
Kue Khas Manado – Kueku

Baca juga : Wisata Edukasi Museum Negeri Sulawesi Utara, Manado

Kueku atau kue Manado ini adalah kue yang khas dari Manado. Menurut orang-orang Kota Manado, kue ini yaitu kue dalam membuatnya paling gampang di banding kue-kue lain. Kue Manado yang memiliki bahan basic gula pasir, minyak goreng, terigu, abon, bawang goreng dan biskuit marie yang diblender halus ini begitu praktis dalam membuatnya.

11. Kue Apang – Kue Khas Manado

Kue Apang – Kue Khas Manado
Kue Apang – Kue Khas Manado

Kue apang atau kue basah tradisional khas Manado ini banyak disukai oleh semuanya orang-orang Indonesia. Lantaran rasa-rasanya yang istimewa, juga memiliki bentuk yang unik serta menarik yakni merekah begitu serupa seperti kue mangkuk. Memiliki aroma yang wangi dan warna yang kecoklatan lantaran bahan dasarnya dari gula merah.

Yang paling menarik, kue apang ini mempunyai struktur yang begitu lembut serta legit, bikin kue ini begitu laris serta banyak disukai orang-orang Indonesia.

Terkecuali beberapa makanan khas diatas, kota Manado juga memiliki oleh-oleh khasnya loh.. Tersebut oleh-oleh khas yang telah populer di Manado.

12. Oleh-Oleh Khas Manado – Manisan Pala Manis

Manisan Pala Manis
Manisan Pala Manis

Pala manis yang disebut makanan khas Manado, sebagai oleh-oleh khas Manado yg tidak bisa ditinggalkan waktu bertandang ke Kota Manado. Memiliki struktur yang yang bersih serta mengkilat, membuatnya di kenal di negara tetangga lho.

Resep makanan ini terbuat berbahan buah pala yang digabung dengan gula cair. Bila di daerah lain, umumnya manisan pala memakai gula pasir.

13. Oleh-Oleh Khas Manado – Kacang Goyang/Kacang Kembang

Kacang Goyang/Kacang Kembang
Kacang Goyang/Kacang Kembang

Dari namanya saja, makanan ini telah bikin penasaran, bagaimanan bila dikonsumsi ya, apakah bakal goyang-goyang. Hehe, arti dari goyang di sini bukanlah rasa-rasanya yang goyang-goyang, namun langkah membuatnya yakni lewat cara digoyang-goyang.

Makanan ini kerap nampak waktu ada acara hajatan di orang-orang Kota Manado. Kacang goyang yang disebut kacang atom yang dibalut dengan tepung terigu serta dulumuri gula yang manis dilapisan luarnya. Kota yang populer pembuat kacang goyang ini yakni Kotamobagu. Makanan ini pas sebagai makanan ringan di saat enjoy.

14. Oleh-Oleh Khas Manado – Dodol Amurang

Oleh-Oleh Khas Manado – Dodol Amurang
Oleh-Oleh Khas Manado – Dodol Amurang

Dodol memanglah satu diantara makanan yang telah umum di beberapa daerah. Tidak kecuali dodol asli manado ini yakni dodol amurang. Dodol amurang yang terbuat dari beras ketan, gula aren, santan, kacang dan minyak kelapa murni serta kayu manis memiliki ciri khas sendiri dengan dodol dari daerah lain, yaitu bungkusnya yang terbuat dari daun kelapa.

Baca juga ; Tempat Wisata Taman Bunga Tomohon, Manado

Tersebut referensi makanan khas untuk kamu yang menginginkan liburan ke Kota Manado. Sebernarnya terdapat beberapa sekali makanan khas yang dihidangkan, namun makanan diatas adalah makanan paling disukai serta rasa-rasanya yang lebih enak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *