5 Makanan Khas Purwakarta Istimewa Yang Sangat Unik

Posted on

Makanan Khas Purwakarta – Siapa sih yg tidak sukai makan, pasti semuanya sukai. Bukanlah sukai lagi sih lantaran makan yaitu satu keperluan pokok untuk manusia. Dengan makan kita memperoleh daya untuk lakukan aktivitas kebiasaan kita keseharian. Buat kamu yang tengah mencari makanan khas, iya anda. Tentu tengah mencari info tentang makanan khas kota purwakarta kan? Ngaku deh, hehe.

Tenang saya bakal memberi info untuk anda yang tengah mencari rasa baru dari sejuta rasa makanan nusantara yang pastinya bisa menggoyang lidah anda. Sebelumnya itu ada pepatah menyampaikan kalau tidak kenal jadi tidak sayang, mari kita sedikit mengetahui kota yang ada di propinsi Jawa Barat ini yakni Kota Purwakarta, Kabupaten Purwakarta.

Satu kota dengan sebutan Purwakarta Istimewa ini adalah daerah yang bersebelahan segera dengan Kabupaten Karawang, Subang, Bandung dan Cianjur. Purwakarta yang berada strategis ini yaitu jalur paling utama dalam jalan raya, lantaran daerah Purwakarta sendiri ada pada titik-temu dari tiga koridor paling utama lalu-lintas, yakni jalur Bandung-Purwakarta, Jakarta-Puwakarta serta Cirebon-Purwakarta.

Telah di pastikan kalau daerah ini bakal dilalui oleh beberapa pemakai jalan yang hilir mudik melalui daerah Purwakarta. Yang membuatnya jadi tempat untuk mencari oleh-oleh untuk wisatawan maupun yang cuma melalui daerah ini saja.

Untungnya Kota Purwakarta ini memiliki satu makanan yang khas yang menarik mata wisatawan lokal maupun mancanegara untuk mengunjunginya. Lantaran bukan sekedar tempat wisata Purwakartanya, Kota Purwakarta mempunyai daya tarik untuk tiap-tiap wisatawan dengan keanekaragaman wisata kulinernya lho. Serta saya jamin akan tidak bikin anda kecewa deh waktu singgah serta coba makanannya.

Untuk anda yang tengah liburan ke Purwakarta maupun yang merencanakan menginginkan liburan serta singgah ke Purwakarta, jangan pernah berbeda sekali mencicipi makanan khasnya. Tersebut disini makanan khas Purwakarta yang istimewa.

1. Makanan Khas Purwakarta Yang Mendunia – Sate Maranggi

Sate Maranggi
Sate Maranggi

Apa sih yang ada di fikiran anda saat menyebutkan kuliner apa yang khas dari Purwakarta, Jawa Barat? Tentu banyak yang mengatakan nama Sate Maranggi. Sate Maranggi ini memanglah masihlah jadi primadona pengunjung serta wisatawan mulai sejak 1990. Rasa-rasanya yang demikian khas bikin Maranggi populer seantero nusantara.

Struktur dagingnya yang empuk serta dibumbui dengan irisan tomat, kecap, serta cabe rawit hijau. Daging yang dihidangkan yakni daging ayam, kambing, serta sapi yang dibakar sampai renyah.

“Di sini spesialnya yakni bumbu tomat serta rasa-rasanya. Soalnya hanya dari bumbu kecap serta sambal tomat yang diulek. Bila untuk daging semua lokal, ” kata Rabbulkhair, seseorang karyawan, Sate Maranggi Cibungur, Purwakarta, Jawa Barat.

Baca juga : Taman Air Mancur Sri Baduga Purwakarta Kembali Di Buka

Untuk tempatnya, warung sate maranggi Cibungur mulai diperluas mulai sejak didirikan th. 1990 oleh Hj. Yetty. Warung itu saat ini diisi kian lebih 105 meja dengan tempat parkir yang luas di kelilingi rimba jati. Keseluruhan ada 200 karyawan yang bekerja disana.

Untuk anda menginginkan coba serta memanglah mesti cobanya, anda dapat datang ke Jalan Raya Bungursari, Bungursari, Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Tentang harga nya, Sate Maranggi termasuk cukup murah serta terjangkau. Harga sate per tusuk cuma Rp4 ribu, sedang untuk satu jumlah yakni Rp40 ribu.

2. Oleh-Oleh serta Makanan Khas Purwakarta – Simping

Simping
Simping

Satu makanan yang berupa bulat serta pipih ini adalah makanan khas Purwakarta. Simping yaitu camilan yang terbuat berbahan adonan tepung terigu serta tepung tapioka ini di buat lewat cara di panggang dengan cetakan spesial.

Dulu simping cuma memiliki satu varian rasa saja, walau demikian bersamaan mengembangnya industri kuliner serta keinginan dari beberapa customer, bikin simping sekarang ini memiliki banyak varian rasa yang renyah seperti rasa bawang, pisang, nangka, pandan, coklat strobery, sampai keju.

Agar lebih menarik, warna dari simping ini juga sesuai dengan varian rasa-rasanya. Makanan khas Purwakarta ini bisa anda punyai dengan harga 5. 000-10. 000 rupiah saja, simping dapat juga jadi pilihan anda sebagai oleh-oleh khas Purwakarta dengan harga yang begitu terjangkau.

Satu diantara simping yang cukup populer di daerah Purwakarta yakni simping MA’ANI Golongan yang dapat didapati di daerah Golongan Babakan di Jl. Baing Marjuki No. 8 Rt. 07/02 Purwakarta.

3. Makanan Khas Purwakarta – Ayam Goreng “Sajolna” Juaranya Purwakarta

Ayam goreng juara makanan Purwakarta
Ayam goreng juara makanan Purwakarta

Saat bertandang ke Purwakarta, belum komplit rasa-rasanya bila tanpa ada coba satu diantara makanan khas juara Purwakarta yaitu ayam goreng Sajolna, untuk anda penggemar Ayam goreng, serta Pemburu kuliner, mesti rasakan sensasi makan Ayam goreng basah yang di hidangkan di Tempat tinggal Makan Sajolna.

Ayam goreng kampung yang digoreng 1/2 kering ini begitu pas di santap dengan sambal dadak yang memiliki rasa pedas mengagumkan yang dihidangkan diatas cobek tanah liat, sungguh nikmat rasa-rasanya bila di santap dengan sepiring nasi panas dengan lalapan yang fresh.

Diluar itu Tempat tinggal Makan Sajolna juga sediakan beragam jenis kuliner khas Jawa Barat yang lain, seperti karedok serta ikan peda goreng juga adalah menu andalan dari RM Sajolna.

Nih yang anda dapat cobanya di Jl. LetJend. Basuki Rahmat 157, Purwakarta. Buka tiap-tiap jam 09. 00-21. 00. Tidak butuh khawatur lantaran harga nya yang terjangkau, hingga tak perlu merogoh kocek yang cukup dalam.

4. Makanan Khas Purwakarta – Peuyem Bendul

Peuyeum Purwakarta
Peuyeum Purwakarta

Nih ada lagi oleh-oleh yg tidak bisa anda terlewat waktu bertandang ke Purwakarta yaitu peuyeum bendul. Peyeum bendul yang disebut makanan khas yang terbuat dari tape singkong ini bakal digantung serta sedikit tampak mencolok dari terlalu jauh.

Baca juga : 5 Kolam Renang Di Purwakarta Istimewa Yang Populer

Walau bagaimanapun cita rasa-rasanya yang khas bikin demikian enak serta lezat waktu disantap. Jadi, janganlah terlewat untuk coba makanan peuyeum ini. Anda dapat memperolehnya di Jalan Raya Bendul.

5. Makanan Khas Purwakarta – Colenak

makanan colenak
makanan colenak

Makanan khas setelah itu yakni colenak. Colenak sendiri masihlah saudaranya peuyeum lantaran adalah makanan yang memiliki bahan peuyeum atau tape yang lalu dibakar. lantas ditambahkan satu bumbu manis dari gula merah serta kelapa yang disangrai. Hingga merasa gurih serta kriuk waktu mengkonsumsinya.

6. Minuman Khas Purwakarta – Es Ciming

makanan colenak
makanan colenak

Untuk masalah kuliner, es campur di kota-kota mana juga tentunya ada saja sebagai andalannya. Seperti di Kota Purwakarta, satu diantara es campur sebagai pilihan serta favorite wisatawan yakni Es Ciming.

Bila anda tengah menuju jalur timur dari Jakarta, coba sekali-kali singgah serta menyambangi wisata kuliner yang khas serta telah populer di Purwakarta ini. Sekalian menjajal bermacam wisata kuliner lain yang banyak bertebaran di Purwakarta.

Es campur ini diracik oleh seseorang perintis usaha yakni Ko Ciming, di mana usaha yang tengah digeluti oleh lelaki Tionghoa ini tetaplah laku manis sampai sekarang ini. Es ciming ini di kenal dengan rasa-rasanya yang mantap juga sediakan beragam bermacam kuliner khas yang lain dari batagor hingga pempek.

Es yang begitu pas di nikmati waktu ganasnya matahari membakar bumi ini dapat adalah begitu ramai waktu bln. puasa datang. Es ciming senantiasa pilihan menu berbuka puasa yang fresh, lantaran simpel namun begitu nikmat.

Nah, tersebut sebagian makanan khas Purwakarta yang paling hits serta paling istimewa pastinya di Purwakarta. Pokoknya jangan pernah terlewati serta berbeda sekali mencicipinya ya, sayang bila hanya lewat atau bertandang saja. Hehe

Mudah-mudahan artikel ini berguna, dapat memberi wawasan serta janganlah lupa tinggalkan tinggalkan pesan lewat cara click berbagi serta komen ya. Terimakasih sudah berkunjung.

Baca juga : 8 Oleh-Oleh Khas Purwakarta Istimewa Yang Sangat Populer

One thought on “5 Makanan Khas Purwakarta Istimewa Yang Sangat Unik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.