6 Kuliner Khas Banyuwangi Yang Paling Aneh

Posted on

6 Kuliner Khas Banyuwangi Yang Paling Aneh –  Bicara mengenai kuliner nusantara memanglah tidak ada habisnya. Kita ketahui Indonesia ini begitu kaya dengan warisan budaya, kesenian serta cita rasa kuliner yang lezatnya luarbiasa.

Dalam Kesempatan ini kita bakal bicara tentang kuliner lezat khas Banyuwangi. Seperti kota-kota yang lain di Indonesia, Banyuwangi mempunyai kuliner khas yang beragam macam. Meskipun tak semuanya type makanan yang bakal kita ulas dibawah adalah kuliner asli Banyuwangi, tetapi disadari sebagai makanan khas Banyuwangi lantaran mempunyai akar budaya dari orang-orang Banyuwangi.

Apa sajakah kuliner khas Banyuwangi? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

1. Sayur Klentang

Sayur Klentang
Sayur Klentang

Sayur klentang adalah menu makanan keseharian orang-orang Banyuwang. Kuliner khas Banyuwangi ini menyebar nyaris di semua Kabupaten Banyuwangi. Makanan ini terbuat dari klentang atau buah dari kelor dengan bumbu dari lombok besar, terasi, laos, lengkuas serta belimbing wuluh. Langkah nikmati Sayur klentang yaitu dengan mengisap sisi tengah buah klentang yang memilki struktur lembut serta fresh.

2. Sayur Daun Kelor

Sayur Daun Kelor
Sayur Daun Kelor

Baca juga : 4 Pantai Di Banyuwangi Nikmati Liburan Anda Sekarang Bersama Keluarga

Daun kelor umumnya di pakai untuk acara spiritual, tetapi di Banyuwangi daun kelor jadi makanan keseharian. Sayur daun kelor atau sayur daun kelor yaitu satu diantara kuliner khas Banyuwangi serta jadi masakan favorite untuk orang-orang, rasa-rasanya nyaris sama dengan sayur bayam. Makanan khas Banyuwangi ini dihidangkan dengan nasi ditambah sambel tempong, ikan asin, tempe, tahu serta gimbal jagung.

3. Rujak Soto

Rujak Soto
Rujak Soto

Rujak Soto adalah satu diantara kuliner khas Banyuwangi yang pantas dicicipi waktu Anda bertandang kesana. Makanan ini yaitu kombinasi pada rujak serta soto. Beberapa bahan makanan khas Banyuwangi yang satu ini yaitu bermacam sayuran, tahu, lontong serta tempe, digabung bumbu kacang serta disiram dengan soto kulit sapi atau babat serta cabe rawit.

4. Nasi Cawuk atau Sego Cawuk

Nasi Cawuk atau Sego Cawuk
Nasi Cawuk atau Sego Cawuk

Baca juga : 10 Tempat Wisata Paling Menarik di Kota Banyuwangi Untuk di Kunjungi

Nasi Cawuk yaitu satu diantara kuliner khas Banyuwangi yang unik serta mempunyai cita rasa yang khas. Sayang sekali bila pelesir ke Banyuwangi Anda melupakan makanan yang satu ini.

Nasi Cawuk umumnya disiram dengan kuah pindang yang bening serta manis yang dimasak lewat cara gendam, yakni langkah memasak yang cuma ada di Banyuwangi. Terkecuali kuah pindang, ada pula lauk penambahan seperti pepes ikan laut, kikil, dendeng, serta telur.

5. Sego Tempong

Sego Tempong
Sego Tempong

Kuliner khas Banyuwangi setelah itu yang perlu kalian cicipi yaitu Sego Tempong yang artinya nasi serta tempong (tempeleng). Dapat pula disimpulkan bila Anda mencicipi Sego Tempong seakan-akan terasa ditempeleng lantaran sambalnya pedas mengagumkan.

Menu Sego Tempong dihidangkan dengan lauk tahu, tempe goreng, ikan asin, perkedel jagung, bermacam sayuran seperti daun singkong, ketimun, kacang panjang, terong, dan sambal khas yang pedasnya nendang di lidah.

6. Pecel Pitik

Pecel Pitik
Pecel Pitik

Pecel pitik yaitu kuliner khas Banyuwangi berbentuk ayam bakar yang dihidangkan dengan bumbu pecel. Dalam Bhs Indonesia, pitik bermakna ayam. Ayam yang dipakai dalam pembuatan pecel pitik yaitu ayam kampung muda berusia sekitaran 8 bln..

Sedang bumbu pecel pitik terbuat dari parutan kelapa muda, digabung dengan bumbu kacang yang telah disangrai lalu dihaluskan. Bumbu kacang tadi digabung dengan rempah-rempah serta bumbu pedas dengan ditambahkan sedikit air kelapa muda.

Tetapi Pecel Pitik Banyuwangi cuma dihidangkan saat orang-orang mengadakan acara kebiasaan atau ritual. Bila menginginkan nikmati makanan khas Banyuwangi yang satu ini, datanglah ke desa kebiasaan Kemiren, Banyuwangi. Desa maksud wisata ini bakal membikinkan pecel pitik buat Anda serta beberapa wisatawan yang lain.

Tersebut penjelasan singkat tentang 6 kuliner khas Banyuwangi yang harus kalian cobalah. Mudah-mudahan berguna.

Baca juga : Wisata Kampung Warna Sungai Kalilo Banyuwangi Tersimpan Keceriaan Warganya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.