7 Makanan Khas Kalimantan Timur Yang Populer Dan Nikmat

Posted on

Makanan khas Kalimantan Timur – Berlibur ke KalTim (Kalimantan Timur) belum komplit rasa-rasanya bila tak mencicipi makanan khas dari propinsi yang ber ibu kota Samarinda itu. Sesudah jalan-jalan sebentar di pinggir Sungai Mahakam yang anggun serta jadi kebanggaan untuk orang-orang Kalimantan Timur, yuk kita jelajahi wisata kulinernya.

Seperti propinsi yang lain, Kalimantan Timur juga memiliki kuliner khas serta jadi andalan dengan rasa-rasanya yang bisa diadu dengan hidangan khas daerah yang lain yang ada di Indonesia. Nah, tersebut disini daftar makanan khas dari Kalimantan Timur yang perlu anda cicipi waktu bertandang kesana.

1. Nasi Kuning Samarinda – Makanan Khas Kalimantan Timur

Nasi Kuning Samarinda
Nasi Kuning Samarinda

Nasi kuning? Siapa yg tidak sukai. Hidangan makanan yang satu ini mungkin saja sangatlah umum diketemukan nyaris semua daerah di Indonesia. Tetapi Nasi Kuning Samarinda ini tidak sama dari yang lain. Memiliki cita rasa yang khas dan lauk yang sedikit tidak sama dari nasi kuning biasanya.

Nasi kuning Samarinda adalah nasi yang berwarna kuning (kuning dengan kunyit) yang dihidangkan dengan ikan gabus (ikan haruan), bawang goreng, telur bumbu bali, serta serundeng. Bila anda tengah di Samarinda, anda dapat menyantap hidangan menu nasi kuning ini saat pagi atau malam hari.

2. Makanan Khas Kalimantan TImur – Ayam Cincane Yang Nikmat

Ayam Cincane Yang Nikmat
Ayam Cincane Yang Nikmat

Di Kalimantan Timur, dulunya makanan ini yaitu menu makanan yang cuma dihidangkan ketika acara-acara spesifik saja, seperti pernikahan atau acara kelahiran. Tetapi, sekarang ini menu ayam cincane telah bisa diketemukan di warung-warung serta tempat tinggal makan yang ada di Kalimantan Timur.

Baca juga : Wisata Taman Maskot Kalimantan Selatan Rekreasi Keluarga Murah

Bahan basic ayam cincane yakni ayam kampung. Ditambah dengan santan serta rempah-rempah lain, seperti lengkuas, jahe, dan kemiri, terang begitu merasa sekali saat anda melahap ayam cincane yang di proses lewat cara dibakar ini. Ayam cincane bakal merasa begitu nikmat bila disantap berbarengan sepiring nasi putih yang hangat dan sambal tomat yang pedas manis. Emm….

3. Makanan Khas Kalimantan – Nasi Bokepor Yang Khas

Nasi Bokepor Yang Khas
Nasi Bokepor Yang Khas

Nasi bekepor adalah nasi putih yang digabung dengan lauk serta bumbu khas seperti ikan asin, rempah-rempah, dan minyak sayur. Nasi bekepor ini umum dihidangkan dengan sayur gangan asam kukar, yakni semacam hidangan sayur asem yang di proses berbarengan ubi manis serta kepala ikan.

Diluar itu, anda dapat juga pilih menu lauk Daging Masak Bumi Hangus yakni hidangan semacam daging yang dimasak dengan kecap untuk di nikmati berbarengan dengan nasi bekepor. Hehe, nama makanan di KalTim memanglah unik-unik ya, walau bagaimanapun dalam hal rasa telah janganlah di tanya lagi deh.

4. Oleh-Oleh Khas Kalimantan Timur – Bingka

Oleh-Oleh Khas Kalimantan Timur – Bingka
Oleh-Oleh Khas Kalimantan Timur – Bingka

Bingka adalah satu dari demikian banyak oleh-oleh khas Balikpapan, Kalimantan Timur. Makanan yang memakai bahan basic kentang ini meskipun tak tahan lama, walau demikian dapat jadikan sebagai oleh-oleh yg tidak kalah mengesankan. Kombinasi padan kentang, telor, mentega, susu, gula, serta santan bakal membuat satu citarasa yang gurih, manis serta lezat.

Baca juga : Wisata Pulau Maratua Kalimantan Timur Surga Tersembunyi

Saat ini bingka telah banyak mempunyai beragam farian bingka, seperti bingka kentang gabungan pisang, gula merah, keju, bahkan juga bingka dari labu merahpun ada juga. Anda dapat beli bingka khas kentang ini di Stal Kuda atau di dekat pelabuhan Semayang. Ke-2 tempat ini menurut warga Balikpapan adalah pembuat bingka paling enak.

5. Pepes kepiting Nikmat ala Makanan Khas Kalimantan Timur

Pepes kepiting Khas Kalimantan Timur
Pepes kepiting Khas Kalimantan Timur

Saat mendengar makanan pepes, tentu yang kita ketahui yaitu pepes ikan, tahu serta udang. Tetapi, di Kalimantan Timur ada menu hidangan pepes namun bukanlah pepes yang telah kita ketahui. Apakah itu? Yakni pepes kepiting.

Pepes kepiting ini memakai bahan basic kepiting soka yang dimasak dengan bumbu yang lain seperti cabe rawit, cabe merah, serai, daun kemangi, dan rempah-rempah yang lain. Lantas kepiting soka serta bumbu tadi ditumis serta dibungkus dengan daun pisang. Kemudian, pepes kepiting dikukus serta dibakar diatas bara api sampai masak.

6. Makanan Khas Kalimantan Timur – Sate Payau Lezat serta Langka

Sate Payau Lezat serta Langka
Sate Payau Lezat serta Langka

Ada satu hidangan khas yang cukup populer di Kalimantan Timur, yakni Sate Payau. Sate payau adalah sate yang terbuat dari daging rusa. Tetapi sayangnya, makanan khas yang satu ini telah mulai langka, sebab rusa yaitu satu diantara hewan satwa yang dilindungi.

Baca juga : 10 Tempat Wisata di Balikpapan Kalimantan Timur

Walau demikian, makanan khas yang satu masihlah dapat anda temui di acara kebiasaan atau di beberapa acara festival yang di gelar di KalTim. Sate payau memiliki struktur daging yang lembut serta empuk, bila dibanding dengan daging sapi. Terkecuali dihidangkan sebagai sate, daging rusa juga dimasak dengan bumbu pedas atau dipepes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.