Candi Cangkuang Tempat Wisata Sejarah Di Garut

Posted on

Candi Cangkuang Tempat Wisata Sejarah Di Garut – Candi Cangkuang Garut yaitu hanya satu candi Hindu sekalian candi pertama yang diketemukan di Jawa Barat. Candi Cangkuang terdapat di Kabupaten Garut samping utara, tepatnya di Kampung Pulo, Desa Cangkuang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Propinsi Jawa Barat. Tak jauh dari bangunan candi, ada makam Embah Dalam Arief Muhammad. Beliau yaitu seseorang pemuka Agama Islam di Desa Cangkuang.

Candi Cangkuang Wisata Sejarah Di Garut
Candi Cangkuang Wisata Sejarah Di Garut

Candi Cangkuang yang dapat kita saksikan saat ini yaitu hasil rekayasa rekonstruksi, sebab bangunan asli yang diketemukan cuma sekitaran 40%-an, selebihnya memakai semen, batu serta koral. Bentuk bangunan Candi Cangkuang yang asli hingga saat ini belumlah di ketahui.

Baca juga : Sunset di Pantai Puncak Guha Garut Yang Mempesona

Bangunan Candi Cangkuang yang saat ini yaitu berupa persegi empat memiliki ukuran 4, 22 x 4, 22 m dengan tinggi 2, 49 m. Pintu masuk Candi Cangkuang setinggi 1, 56 m dengan lebar 0, 6 m ada di segi utara.

Candi Cangkuang Wisata Sejarah Di Garut
Candi Cangkuang Wisata Sejarah Di Garut

Nama Candi Cangkuang datang dari nama desa dimana candi cangkuang ada. Sedang Cangkuang sendiri datang dari nama tanaman semacam pandan (pandanus furcatus) yang ada di sekitaran makam Embah Dalam Arief Muhammad.

Candi Cangkuang Wisata Sejarah Di Garut
Candi Cangkuang Wisata Sejarah Di Garut

Baca juga : Wisata Pemandian Air Panas Cipanas Garut Jawa Barat

Dengan cara geografis, desa Cangkuang dikelilingi oleh pegunungan, yakni Gunung Haruman (1. 218 mdpl) di samping timur – utara, Pasir Kadaleman (681 mdpl) di samping timur selatan, Pasir Gadung (1. 841 mdpl) di samping selatan, Gunung Guntur (2. 849 mdpl) di samping barat-selatan, Gunung Malang (1. 329 mdpl) di samping barat, Gunung Mandalawangi di samping barat-utara serta Gunung Kaledong (1. 249 mdpl) di samping utara.

Candi Cangkuang Wisata Sejarah Di Garut
Candi Cangkuang Wisata Sejarah Di Garut

Situ Cangkuang Garut

Untuk dapat hingga di tempat Candi Cangkuang, pengunjung mesti menyeberangi Situ Cangkuang dengan memakai rakit. Dulunya kampung Pulo dikelilingi oleh situ (danau), tetapi saat ini telah beralih. Sisi selatannya telah jadi tempat persawahan. Di sekitaran Candi Cangkuang juga ada komplek tempat tinggal kebiasaan Kampung Pulo yang termasuk juga sisi dari cagar budaya Cangkuang.

Candi Cangkuang Wisata Sejarah Di Garut
Candi Cangkuang Wisata Sejarah Di Garut

Histori Candi Cangkuang Garut

Berdasar pada laporan Vorderman dalam buku Notulen Bataviaasch Genotschap terbitan th. 1893, Candi Cangkuang diketemukan pada th. 1966 oleh tim peneliti Harsoyo serta Uka Tjandrasasmita. Riset itu sukses temukan reruntuhan bangunan candi, makam, arca Syiwa serta serpihan pisau dan batu-batu besar yang diprediksikan adalah peninggalan jaman megalitikum. Makan yang disebut yaitu makan Embah Dalam Arief Muhammad.

Candi Cangkuang di pastikan adalah candi Hindu sekitaran era ke-8. Tetapi yang mengherankan yaitu pada awal riset, diketemukan makam kuno pemuka Islam di samping reruntuhan candi Hindu.

Sesudah dikerjakan penggalian, peneliti yang di pimpin Tjandrasasmita temukan fondasi candi memiliki ukuran 4, 5 x 4, 5 mtr..

Pemugaran Candi Cangkuang dikerjakan pada th. 1974-1975, serta pada th. 1976 dikerjakan rekonstruksi yang mencakup kerangka tubuh, atap serta patung Syiwa dan satu joglo museum untuk menaruh benda-benda bersejarah di Kabupaten Garut.

Candi Cangkuang Wisata Sejarah Di Garut
Candi Cangkuang Wisata Sejarah Di Garut

Transfortasi Menuju Objek Wisata Candi Cangkuang

Untuk hingga di Candi Cangkuang, bila pergi dari Jakarta atau Bandung, Anda dapat naik bus jurusan Garut serta berhenti di alun-alun Leles. Dari situ telah banyak delman yang siap mengantar Anda hingga ke tempat Candi Cangkuang.

Apabila Anda miliki banyak saat liburan, sesudah berkunjung ke Candi Cangkuang di Kecamatan Leles, Anda dapat meneruskan wisata ke pemandian air panas Cipanas Garut untuk berendam di air panas alami serta berburu oleh-oleh khas Garut di jalan Otista, Tarogong.

Tersebut penjelasan tentang tempat wisata Candi Cangkuang Leles Garut, mudah-mudahan artikel ini berguna serta dapat memberi rujukan maksud berlibur Anda.

Baca juga : Wisata Kampung Sampireun Garut Panorama Yang Indah

Selamat liburan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.