Curug Cibadak di Cihurip Garut Mengungkap Keindahan

Posted on

Curug Cibadak di Cihurip Garut Mengungkap Keindahan – Curug Cibadak terdapat di daerah terpencil yang jauh dari keramaian kota, tepatnya ada di Desa Cisangkal Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut, Propinsi Jawa Barat.

Curug Cibadak di Cihurip Garut
Curug Cibadak di Cihurip Garut

Tempat Curug Cibadak tidaklah terlalu jauh dari jalan desa, pas di samping kiri jalan Desa Cisangkal, kita dapat melihat keindahan air terjun yang begitu memanjakan mata. Air terjun mengalir deras hingga membuahkan nada gemuruh dibarengi panorama hijau di sekitarnya bikin kita malas beranjak dari wisata curug yang satu ini.

Baca juga : 5 Wisata Curug di Kecamatan Peundeuy Garut Selatan

Di sekitaran tempat wisata Curug Cibadak ada pesawahan serta rimba warga, oleh karenanya warga sekitaran memakai air Curug Cibadak untuk mengairi tempat pertanian mereka. Mereka juga memakai hasil rimba di sekitaran curug.

Curug Cibadak di Cihurip Garut
Curug Cibadak di Cihurip Garut

Curug Cibadak belum diperkembang jadi tempat wisata alam serta belum tersentuh pembangunan sarana wisata. Wisata Curug Cibadak masihlah alami serta belum terjamah. Belum banyak wisatawan yang tahu keindahan obyek wisata di Garut selatan ini. Bahkan juga orang Garut sendiri juga belum banyak yang tahu kehadiran Curug Cibadak.

Curug Cibadak di Cihurip Garut
Curug Cibadak di Cihurip Garut

Nama Curug Cibadak diprediksikan datang dari cai badag (air besar). Diberi nama Curug Cibadak lantaran debet airnya besar. Terkecuali debet airnya besar, Curug Cibadak juga mempunyai ketinggian yang meraih kian lebih 100 mtr.

Baca juga : Candi Cangkuang Tempat Wisata Sejarah Di Garut

Sebagai info, tebing Curug Cibadak setinggi 100 mtr. yang terbagi dalam 2 step ini pernah dijajal oleh tim panjat tebing Skyger berbarengan tim ekpedisi Metro TV.

Curug Cibadak di Cihurip Garut
Curug Cibadak di Cihurip Garut

Air di Curug Cibadak masihlah begitu jernih serta beri kesegaran, tetapi Anda mesti waspada bermain dibawah aliran air terjunnya. Bila tiba musim penghujan, debet airnya makin besar. Hebatnya, air terjun tetaplah jernih serta tak membawa material lumpur lantaran di atasnya berbentuk batuan.

Akses jalan menuju ke tempat Curug Cibadak memanglah termasuk susah serta jauh dari pusat kota Garut. Untuk meraih ibukota Kecamatan Cihurip, dari terminal Guntur Garut Anda dapat naik elf jurusan Garut – Cihurip. Tetapi apabila membawa kendaraan pribadi, Anda dapat ikuti jalur Garut – Pameungpeuk lalu belok kiri dari dekat Pos Polisi sebelumnya gunung gelap. Cirinya di situ ada gapura yang bertuliskan Kecamatan Cihurip.

Curug Cibadak di Cihurip Garut
Curug Cibadak di Cihurip Garut

Lama perjalanan dari pusat kota Garut ke Cihurip lebih kurang 3 jam. Transfortasi umum yang ada berbentuk elf. Dari terminal Garut ke persimpangan di gunung gelap jalannya telah bagus serta lebar, tetapi dari persimpangan Pos Polisi di gunung gelap hingga Cihurip jalannya kecil, banyak tanjakan curam serta banyak tikungan. Anda mesti ekstra hati-hati lantaran di kiri kanan jalan banyak jurang.

Baca juga : Wisata Kampung Sampireun Garut Panorama Yang Indah

Tetapi demikian, sepanjang perjalanan dari persimpangan gunung gelap menuju Cihurip, Anda bakal disuguhi panorama alam yang menakjubkan. Setiba di pertigaan Desa Jayamukti, ambillah jalan lurus. Jalannya terjal serta berbatu, medan ini cocoknya ditempuh oleh motor trail atau mobil tipe 4 WD.

Curug Cibadak di Cihurip Garut
Curug Cibadak di Cihurip Garut

Sebagian menit sesudah melalui pertigaan Desa Jayamukti, di samping kiri bakal tampak panorama Curug Cibadak yang menakjubkan. Untuk meraih ke tempat Curug Cibadak, Anda dapat melalui jalan setapak di tepi kiri jembatan.

Berwisata ke Curug Cibadak Anda akan tidak dipungut cost atau ticket masuk, selama ini masihlah gratis. Terkecuali nikmati keindahan pemandangan alam yang disuguhi Curug Cibadak, Anda dapat juga meneruskan perjalanan ke Curug Nyogong yang berada tak jauh dari tempat air terun Cibadak.

Curug Cibadak di Cihurip Garut
Curug Cibadak di Cihurip Garut

Sekianlah informasi tempat wisata Curug Cibadak yang masihlah alami di Cihurip Kabupaten Garut, mudah-mudahan berguna serta memberi rujukan berlibur Anda.

Bantu berbagi ke sosial media supaya tempat wisata Curug Cibadak di kenal oleh beberapa wisatawan serta memberi efek positif untuk penambahan kesejahteraan masyarakat setempat. Terima kasih.

Baca juga : Sunset di Pantai Puncak Guha Garut Yang Mempesona

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.