8 Oleh-Oleh Khas Purwakarta Istimewa Yang Sangat Populer

Posted on

Oleh-Oleh Khas Purwakarta – Jaman saat ini, di mana telah ada sangat banyak beberapa tempat wisata di Indonesia. Tak ser rasa-rasanya bila cuma memandangnya saja di internet. Sesekali kita sempatkan diri untuk berlibur ke beberapa tempat wisata yang telah banyak serta begitu bagus untuk dikunjungi.

Pakaian serta Kebaya Purwakarta Istimewa
Pakaian serta Kebaya Purwakarta Istimewa

Beragam obyek wisata di Indonesia mulai dari taman, tempat rekreasi, taman binatang, kolam renang, jelajah gunung, tempat bersejarah, serta yang lain yang ada banyak lagi. Untuk dapat kita nikmati berbarengan keluarga maupun berbarengan rekan sekolah maupun rekan kerja, untuk melepas capek serta nikmati indahnya alam Indonesia ini.

Nah, satu diantara kota yang menyuguhkan sangat banyak referensi obyek wisata yakni Kota Purwakarta. Di mana di Kota Purwakarta sendiri telah banyak obyek wisata maupun tempat kuliner yang sayang untuk ditinggalkan. Terlebih waktu akan pulang tak membawa oleh-oleh yang telah khas di Purwakarta.

Untuk anda yang belum tahu oleh-oleh khas Purwakarta, bakal saya katakan dalam artikel kesempatan ini. Seperti apa sih oleh-oleh khasnya, karenanya selalu simak penuturannya berikut ini :

1. Simping

Simping
Simping

Simping adalah camilan yang terbuat dari adonan tepung terigu yang dibuat dengan cetakan spesial yakni berupa bulat serta pipih. Rasa-rasanya yang enak serta gurih juga harga yang murah serta terjangkau. Membuatnya jadi satu oleh-oleh khas purwakarta yang jangan pernah anda terlewat. Untuk tempat pembeliannya, begitu gampang kok untuk diketemukan, lantaran ada di tepi jalan. Umumnya simping di jual dengan peuyeum serta colenak.

2. Kerupuk Miskin

Kerupuk Miskin
Kerupuk Miskin

Mungkin saja sebagian dari anda masihlah asing dengan kerupuk yang satu ini. Namanya saja seperti nama apaan ya, tak melukiskan kalau nama itu yaitu satu kerupuk. Umpamanya bila kerupuk jengkol, pasti kita bakal tahu kalau kerupuk itu terbuat dari jengkol. Namun ya sudahlah, serta itu utamanya untuk kamu supaya jangan pernah melupakan oleh-oleh khas itu.

Baca juga : 5 Kolam Renang Di Purwakarta Istimewa Yang Populer

Kerupuk Miskin (R-O) terbuat dari aci singkong. Di mana langkah membuatnya nyaris sama juga dengan kerupuk biasanya. Tetapi yang lebih keren itu adalah kerupuk R-O ini disangrai memakai pasir lho, serta waktu penggorenganpun, juga tak memakai minyak. Namun janganlah cemas lantaran ada pula yang digoreng memakai minyak seperti umum.

Kerupuk R-O ini dipercaya sebagai jajanan khas Purwakarta yang memiliki rasa yang khas serta tidak sama rasa-rasanya dengan krupuk R-O yang di buat di tempat lain. Jadi jangan pernah melupakan ya, anda dapat memperolehnya di daerah Plered Purwakarta.

3. Bendo/Iket Sunda

Bendo/Iket Sunda
Bendo/Iket Sunda

Mungkin saja untuk oleh-oleh yang setelah itu yakni bendo atau iket, anda akan tidak asing dengan namanya, lantaran iket atau bendo ini banyak juga yang jual di kota-kota yang lain. serupa dengan belangkon yang miliki khasnya Jogja. Iket sunda sendiri mulai popular pada th. 2013 yang ditujukan untuk golongan pria.

Lantaran manfaat iket dulu adalah sebagai bantalan kepala waktu mengangkut beban. Tetapi untuk saat ini, pemakaian iket cuma untuk aksesori usaha melestarikan budaya. Iket di Jawa Barat sendiri di kenal dengan sebutan iket, totopong, serta udeng.

Untuk waktu inipun, Bupati Purwakarta senantiasa memakai iket waktu dinas maupun bertandang ke satu diantara daerah di Purwakarta.

4. Pakaian serta Kebaya Purwakarta Istimewa

Pakaian serta Kebaya Purwakarta Istimewa
Pakaian serta Kebaya Purwakarta Istimewa

Mulai sejak Dedi Mulyadi dipilih sebagai Bupati Purwakarta pada th. 2008, beberapa PNS tidak lagi memakai seragam linmas serta PDH. Semuanya pegawai, beberapa guru, mempunyai seragam spesial. Yaitu menggunakan baju untuk lelaki serta kebaya untuk perempuan.

Pakaian serta kebaya ini memanglah banyak dipakai oleh beberapa guru, pegawai PNS serta murid-murid di Purwakarta. Namun tak ada kelirunya untuk beli serta membawanya pulang sebagai oleh-oleh. Terlebih untuk anda yang sukai bakal fashion, tentu tertarik untuk membelinya. Meskipun kebaya telah banyak di kota-kota lain, ya, sebagai koleksi mengapa tak.

5. Sentra Keramik Plered

Sentra Keramik Plered
Sentra Keramik Plered

Sesudah lezatnya nikmati wisata kuliner khas Purwakarta, janganlah lupa juga untuk singgah serta beli sebelumnya ke tempat tinggal terkasih yaitu oleh-oleh asal Plered ini. Bukan sekedar terkenak dengan tempat wisatanya, Purwakarta juga populer dengan oleh-oleh keramik khas Purwakarta. Sangat banyak kerajinan keramik yang dapat anda tentukan, sebagai hiasan cantik dirumah anda. Seperti vas bunga, guci, terakota, gerabah, meja, kursi, tempat payung, serta ada banyak lagi.

Baca juga : 28 Tempat Wisata di Karawang Yang Populer Dan Menarik

Bila anda tertarik, anda dapat temukan tokonya di Jl. Raya Plered, Purwakarta, Plered, Kabupaten Purwakarta. Gampang sekali temukan sentra plered ini, lantaran toko-tokonya ada di tepi jalan.

6. Opak Gurih-Gurih

Opak Gurih-Gurih
Opak Gurih-Gurih

Satu diantara camilan seperti simping initerbuat dari tepung beras, serta bahan lainya yaitu gula, garam serta penyedap yang lain. Opak juga memiliki kandungan banyak karbohidrat. Untuk langkah membuatnya : Beras yang telah dihaluskan, lantas di buat jadi adonan serta di bakar/dipanggang dengan bara api.

7. Gula Cikeris

Gula Cikeris
Gula Cikeris

Gula Cikeris terbuat dari Gula Aren serta digabung dengan Kelapa lalu dibungkus dengan pelepah jagung, namun dapat pula digabung dengan makanan lain bergantung kreativitas pembuatnya.

8. Rengginang Ketan Hitam

Rengginang Ketan Hitam
Rengginang Ketan Hitam

Rengginang adalah makanan ringan semacam kerupuk yang terbuat dari beras ketan, garam serta penyedap rasa. Yang di buat lewat cara beras yang di beri garam serta sedikit penyedap rasa lantas dimasak seperti masak nasi serta sesudah masak, nasi tersebut di bikin berupa bulat lantas dijemur dibawah sinar matahari serta lalu di goreng.

Tidak sama dengan kerupuk biasanya dengan bahan yang dihaluskan seperti kerupuk amplang, kerupuk udang, dsb. ketan hitam ini memiliki cita rasa yang gurih serta asin. Dengan macam rasa yang manis dengan memberikan gula pasir pada bumbunya.

Nah, jadi, tersebut sebagian oleh-oleh khas Purwakarta yang dapat anda peroleh waktu bertandang ke Kota Purwakarta. Komplit bukan? Mulai dari makanan sampai oleh-oleh khasnya dapat anda peroleh di Purwakarta. Mudah-mudahan berguna, janganlah lupa tinggalkan jejak dengan meng-klik like atau berbagi serta komen ya. Terimakasih.

Baca juga : 15 Tujuan Tempat Wisata di Purwakarta Yang Populer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.