Taman Laut Bunaken Tempat Wisata Snorkling Serta Diving Yang Terbaik

Posted on

Taman Nasional Laut Bunaken – Beberapa traveler selekasnya merapat! Kesempatan ini kita bakal mengulas sekitar destinasi wisata yang ada di Indonesia nih. Lebih tepatnya destinasi wisata di Kota Manado yakni laut bunaken. Bila pada artikel terlebih dulu kita telah mengulas makanan khas dari Kota Manado, agar komplit kita ulas tempat wisatanya.

Bunaken yang ada di Propinsi Sulawesi Utara ini adalah obyek wisata yang telah populer dengan tempat divingnya lho. Bahkan juga termasuk juga kedalam sepuluh besar tempat diving paling baik di Indonesia. Wow. Tetapi janganlah sangat berkesan dahulu lantaran ada banyak lagi beberapa tempat menarik serta wow di pulau bunaken. Oke bila demikian kita segera saja.

Histori Taman Laut Bunaken

Indahnya Taman Laut Bunaken
Indahnya Taman Laut Bunaken

Baca juga : Keindahan Tempat Wisata Kampung Cina, Manado

Sebelumnya kita mengulas beberapa tempat paling baik di pulai bunaken, alangkah sebaiknya kita kenali histori dari pulau bunaken itu. Bunaken yang saat ini populer dengan keindahan alam taman lautnya, nyatanya wisata ini diketemukan pada th. 1975 yang lalu jadikan sebagai obyek wisata andalan Sulawesi Utara.

Namun mulai sejak th. 1400 pulau bunaken ini telah ditempati oleh masyarakat imigran dair kerajaan Bowontehu (Manado Tua) dan bebrapa lokasi yang lain seperti pulau Siladen, Naen, Mantehage, Gangga, Talise, pulau Bangka serta lokasi dari pesisir utara semenanjung Minahasa.

Lalu pada th. 1850 an, masyarakat yang tempati Tanjung Parigi beralih ke arah Tenggara yang ada di pinggir pantai pas bertemu dengan Kota Manado. Lantas orang-orang membangun satu negeri kecil yang dinamakan “Wunakeng” yang mana adalah singkatan dari nama “Kinawungakeng”, yang bermakna rumah.

Sesudah sebagian lama bersamaan dengan perubahan pulau itu, kata “Wunakeng’ ditukar jadi Bunaken yakni singkatan dari kata “Pamunangken” yang bermakna tempat mendarat dari satu perahu. Sampai sekarang ini nama bunaken itu bertahan.

Mula-mula, Taman Laut Nasional Bunaken diketemukan oleh sekumpulan beberapa penyelam dari Kota Manado yang bakal coba aktivitas ekspedisi penyelaman yakni pada th. 1975. Tetapi beberapa nelayan memperingatkan pada beberapa penyelam itu supaya tak ke sana. Kata mereka ditempat itu, terdapat banyak roh jahat.

Seolah penasaran dengan tempat itu, pada akhirnya beberapa penyelam itu bersikukuh untuk menyelami bawah laut pulau bunaken. Alhasil sesudah mereka hingga ditempat penyelaman, serta mulai menyusuri bawah laut bunaken, saat menyusuri kalau laut, mereka temukan tumbuhan laut di dinding karang yang masihlah murni dan ikan-ikan yang langka.

Terkagum-kagum lihat keindahan bawah laut yang masihlah murni, lalu sejak tersebut Bunaken jadi obyek wisata paling menakjubkan di Sulawesi Utara. Dan jadi satu diantara Taman Nasional di Indonesia pada th. 1991 serta jadi satu diantara warisan dunia sesudah di daftarkan ke UNIESCO pada th. 2005.

Tempat Snorkling serta Diving Paling baik di Taman Laut Bunaken

Indahnya Taman Laut Bunaken
Indahnya Taman Laut Bunaken

Sesudah tahu histori dari pulau Bunaken, pastinya bukan sekedar satu tempat dong sebagai tempat paling baik untuk nikmati keindahan bawah lautnya? Yap, terdapat banyak tempat sebagai tempat favorite untuk bersnorkling atau diving untuk nikmati pesona keindahan laut Bunaken dengan cara terang serta utuh.

Untuk anda beberapa travelers yang menginginkan lakukan snorkling disini, tak perlu membawa perlengkapan untuk menyelam. Lantaran telah banyak penyedian alat-alat selam di sekitar tempat itu untuk di sewakan pada beberapa pengunjung. Harga sewa perlengkapan untuk satu harinya yakni sekitaran 100 ribu.

Baca juga : Tempat Wisata Taman Bunga Tomohon, Manado

Pastinya harga itu bakal tergantikan dengan pesona bawah laut yang begitu indah memukau yang sayang buat kamu terlewat. Ada banyak type terumbu karang yang begitu mengagumkan dengan warna serta bentuk yang begitu indah memanjakan mata. Tersebut tempat penyelaman paling baik yang dapat anda cobalah.

1. Bunaken Timor

Satu diantara tempat yang menarik pertama yang perlu anda coab untuk bersnorkling yaitu Bunaken Timor. Tetapi, butuh anda kenali ditempat ini memiliki arus yang demikian kuat. Bakal panorama yang bakal anda saksikan pastinya begitu menakjubkan. Saat menyelusuri bawah lautnya, anda bakal disapa oleh ikan-ikan cantik yang hidup di lokasi itu.

Tidak kalah dengan terumbu karangnya yang indah, dan ikan-ikan seperti pari elang, penyu, serta ikan besar yang lain ke sana-kemari. Seolah dihipnotis dengan juntaian rumput laut dan gua-gua kecil yang indah menghiasi dinding-dindingnya.

2. Mandolin

Mandolin yaitu satu taman laut yang mempunyai dinding-dinding serta puncak karang yang indah serta ditempati dengan ikan-ikan yang bergerombolan seperti surgeonfish, unicornfish, serta bannerfish. Diluar itu ikan-ikan di sini sangat jinak serta gampang untuk didekati.

3. Puncak Barakuda

Indahnya Taman Laut Bunaken
Indahnya Taman Laut Bunaken

Puncak barakuda adalah tempat snorkling yg tidak kalah menariknya. Tetapi tempat ini yaitu tempat snorkling paling jauh serta ada di barat laut Bunaken. Yang menarik dari tempat ini, bila anda ke tempat ini, anda bakal temukan segerombolan barakuda memiliki ukuran besar yang berenang diantara ikan tuna serta jack. Oleh sebab tersebut, tempat ini di sebut puncak barakuda.

4. Muka Gereja

Muka gereja yakni satu diantara tempat paling baik untuk bersnorkling. Tempatnya yang begitu indah, juga ada beberapa ribu ikan-ikan ke sana-kemari di perairan dangkal serta palung-palung yang terbentang menuju dinding-dinding laut.

5. Reruntuhan Kapal di Kota Manado

Satu diantara tempat paling baik untuk bersnorkling setelah itu yakni reruntuhan kapa di Manado, satu kapal yang memiliki ukuran 60 m ini ada dibawah laut bunaken denga kedalaman 78 kaki atau sekitaran 23 m dibawah laut. Menurut sejarahnya, kapal itu yaitu kapal beberapa pedagan dari Jerman yang terbenam pada th. 1942 di Pantai Molas.

Saat ke tempat ini, anda bakal lihat kapal yang terbelah di bagian tengahnya, hingga beberapa penyelam akan lihat ruang kemudi serta pegangan kargonya.

6. Siladen

Indahnya Taman Laut Bunaken
Indahnya Taman Laut Bunaken

Seperti tempat snorkling yang lain, siladen mempunyai dinding-dinding karang yang halus serta membuat satu panorama yang begitu indah, ditambah saat arus datang bakal tampak hidup. Dengan tempat laut yang dangkal, bakal memerlihatkan keindahan sendiri dengan ikan-ikannya serta schooling snappers.

7. Tanjung kopi

Indahnya Taman Laut Bunaken
Indahnya Taman Laut Bunaken

Tanjung kopi yang disebut tempat indah untuk beberapa penyelam yaitu tempat yg tidak bisa anda terlewat waktu berlibur ke Pulau Bunaken. Menariknya, ada satu tembok kecil tempat beberapa ikan barakuda serta ikan sweatlip. Walau demikian jarak pandang air yang demikian dangkal membuatnya tak demikian menarik.

Namun yang kian lebih tempat tanjung kopi yaitu beberapa penyelam dapat nikmati bermacam type ikan. Seperti type ikan Nudi branch serta ikan Api Gobi..

8. Tembok Lekuan (I, II, III)

Tembok lekuan yaitu satu tembok yang memiliki ukuran panjang di Bunaken. Tempat ini terdiri jadi III tempat tempat yaitu Lekuan I, II serta Lekuan III. Ketiga lekuan itu memiliki satu taman laut paling baik dari beberapa tempat yang lain di Bunaken.

Tembok lekuan ini memiliki dinding-dinding yang curam serta celah-celah dinding yang demikian dalam. Namun bukan sekedar itu saja, di sini anda bakal temukan kipas angin laut dan spons raksasa. Ditempat ini dapat ditempati oleh sebagian ikan seperti ikan Kakak Tua Besar dan penyu-penyu.

Nah, jadi ke delapan tempat itu dapat jadi rujukan untuk kalian yang menginginkan coba bersnorkling/diving di Pulau Bunaken yang memiliki keindahan alam yang demikian mengagumkan. Namun bukan sekedar panorama laut saja yang dapat anda nikmati. Bunaken juga memiliki keelokan pulau-pulaunya.

Sebut saja pulau Bunaken, Mantehage, Siladen serta pulau Nain. Diluar itu, beberapa pengunjung dapat juga menikmatik budaya dari suku Bajo yang tinggal di pulau itu.

Baca juga : 14 Makanan Khas Manado Ternikmat Yang Paling Populer

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *