Wisata Air Terjun ke Curug Luhur Sukabumi Yang Mempesona

Posted on

Wisata Air Terjun ke Curug Luhur Sukabumi – Janganlah bosen ya baca artikel di zonalibur. com informasi yang dihidangkan bakal begitu menolong Anda terlebih untuk yang tengah mencari rujukan destinasi wisata.

 Air Terjun ke Curug Luhur Sukabumi
Air Terjun ke Curug Luhur Sukabumi

Kesempatan ini saya bakal berbagi zona libur di daerah Sukabumi. Curug Luhur (jika bhs Indonesianya sih mulia itu bermakna tinggi) atau lebih di kenal dengan Curug Cikaso mengalir dari anak sungai Cikaso yang bernama Cicurug. Ada di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

Baca juga : Curug Cimarinjung Sukabumi Wisata Yang Mempesona

Bertandang ke Curug Luhur baiknya dikerjakan saat pagi hari lantaran bias cahaya matahari yang baru terbit bakal terwujud dengan terang dari butir-butir halus cipratan air terjun. Baiknya memakai layanan pemandu yang ada supaya tak tersesat lantaran untuk menuju tempat curug ini tak ada panduan jalan. Cost layanan pemandu sekitar Rp. 50. 000, – hingga Rp. 70. 000, -.

 Air Terjun ke Curug Luhur Sukabumi
Air Terjun ke Curug Luhur Sukabumi

Curug Cikaso terbentuk dari tiga titik air terjun yang berdampingan dalam satu tempat dengan dibagian bawahnya ada kolam dengan warna airnya hijau kebiru-biruan. Ke-2 titik air terjun bisa tampak dengan terang sedang yang satu agak tersembunyi dengan tebing yang menghadap ke timur. Semasing air terjun memiliki nama masing. Yang kiri bernama Curug Asepan, tengah bernama Curug Meong serta kanan bernama Curug Aki. Ketiga curug ini mempunyai ketinggian sekitaran 80 mtr. dengan lebar tebingnya sekitaran 100 m.

Di lokasi ini dapat ada curug yang lain yakni Curug Calem, Curug Cikatomas serta Curug Cigangsa yang berjarak tempuh ± 30 menit atau sekitaran 10 km.

Untuk menuju Curug Cikaso Anda bakal meniti jarak sekitaran 8 km. dari Surade, 15 km. dari Jampang Kulon, 30 km. dari Ujunggenteng, serta sekitaran 110 km. dari Kota Sukabumi. Atau +/- 70 km dari Palabuhanratu. Biasanya perjalanan menuju Curug Cikaso dimulai dari kota kecil Surade yang mengonsumsi saat tempuh sekitaran 1/2 jam (berjarak tempuh sekitaran 8 km) dengan kendaraan roda dua atau empat sampai tiba di pertigaan Jalan Cikaso dengan keadaan jalan yang berliku serta beraspal baik, tetapi diakhir perjalanan bakal didapati keadaan jalan mulai berbatu. Untuk Anda yang memakai kendaraan umum bisa naik angkot dari kota Surade dengan rute Surade – Cikaso. Tarif angkot ini sekitaran Rp 6. 000, – per orang. Turun di Jalan Raya Cikaso, di simpang tiga menuju curug.

 Air Terjun ke Curug Luhur Sukabumi
Air Terjun ke Curug Luhur Sukabumi

Dari Simpang tiga (sebagai jalan masuk serta tempat parkir untuk Anda yang membawa kendaraan) ini perjalanan diteruskan dengan jalan kaki sekitaran 2 km menuju tempat melalui pematang sawah serta ladang masyarakat. Atau dapat juga menumpang truk pasir yang umum lewat menuju curug ini. Diluar itu bisa pula memakai sampan dengan menyusuri sungai Cikaso. Sampan ini tersedia banyak di sekitaran Jembatan Cikaso. Saat tempuh sekitaran 15 menit dari warung dekat pertigaan atau persimpangan jalan menuju Curug Cikaso serta Curug Cigangsa. Harga sewa sampan sekitaran Rp. 75. 000, -/sampan (untuk 12 penumpang). Setelah tiba di dekat tepian daratan menuju curug, perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki menyusuri jalan setapak sejauh 100 m sampai tiba di tempat curug.

Sarana yang ada di Curug Cikaso diantaranya ada banyak warung makan serta kios yang jual sovenir. Juga ada dua buah toilet. Sayangnya tempat sampah tak ada hingga banyak sampah berantakan dimana-mana. Terkecuali sampah yang dibuat oleh warung serta pengunjung juga sampah ini datang dari limpahan dari hulu sungai air curug yang terbawa waktu hujan besar serta banjir (Nah untuk Anda, janganlah buang sampah asal-asalan ya. Lantaran beberapa Zobur Lovers bakal senantiasa melindungi kebersihan alam. Hihi)

Baca juga : 20 Tempat Wisata di Sukabumi Jawa Barat yang Harus Dikunjungi

Sebagian tempat wisata yang didapati sekitaran Curug Cikaso antar lain Jeram Seungkeu, Goa Aul serta muara dan pantai Cikaso. Mari berwisata beberapa Zobur lovers.

Selamat liburan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.